Program Diet yang Benar (Tips Menurunkan Berat Badan)

A.   Aturan menurunkan berat badan sebagai berikut :

Hindari lemak dan kurangin karhobidrat.
Asupan karbohidrat tetap diperlukan meskipun sedang program menurunkan berat badan, jadi jangan Anda hilangkan asupan karbohidrat ini. Makanlah dengan jumlah karbodihrat yang dikurangin.

Tips 2. Kurangin gula dalam minuman anda.
Soft drink mengandung gula yang tinggi, berhentilah mengkonsumsi soft drink. Selalu biasakan mengkonsumsi air mineral jika Anda sedang berada di luar. Jika Anda ingin minum teh manis, sesekali tidak apa apa. minumlah air putih minimal 8 gelas per hari untuk program menurunkan berat badan

Tips 3. Makanlah minimal 3x sehari untuk diet menurunkan berat badan yang efektif.
Tetaplah untuk makan 3x sehari. Jangan mengurangi frekuensi makan anda menjadi 2x sehari karena justru akan memperlambat metabolisme, bisa bisa justru Anda terkena maag. Tetaplah makan minimal 3x sehari, dengan tentu saja porsi yang sedikit. Melewatkan makan utama merupakan kesalahan dalam diet.

Tips 4. Makanlah paling akhir 3 jam sebelum tidur.
Makan mendekati jam tidur Anda akan menyebabkan makanan yang anda makan tidak sempat diubah menjadi energi untuk aktifitas Anda, akibatnya penumpukan lemak Anda akan bertambah. Jika Lapar, lebih baik Anda mengkonsumsi susu non fat ataupun makanan nutrisi yang rendah kalori.

Tips 5. Latihan kardio (lari, renang, threadmill, aerobik).
latihan kardio sangat efektif untuk membakar lemak, lakukan olahraga ini secara rutin tiap hari.  Selain itu olahraga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Tips 6. Kurangin makanan gorengan, gantilah dengan makanan rebus.
Jangan melupakan bahwa ikan bakar dan ayam bakar kadang kadang diolesin minyak, jadi tetap hindarin juga makanan ini.

Tips 7. Pagi hari yang indah untuk berlatih.
Berlatih pada pagi hari akan lebih efektif, karena perut anda sudah kosong dan tentunya pembakaran yang utama akan mengambil dari lemak anda.

Tips 8. Selalu memilih jalan kaki daripada eskalator.
Pilihlah berjalan kaki jika jaraknya tidak terlalu jauh. jika di kantor selalu pilihlah untuk menggunakan tangga jika Anda hanya ingin turun 1 atau 2 lantai saja. Olahraga kecil ini akan bermanfaat untuk menurunkan berat badan anda jika anda lakukan tiap hari.

Tips 9. Menikmati hidup.
Aturlah semua diet yang meliputin pengaturan pola makan dan olahraga sehingga menjadi sesuatu yang menyenangkan, dengan menjadikan diet Anda sesuatu yang menyenangkan maka akan semakin memperbesar keberhasilan diet .

Tips 10. Istirahatlah secukupnya .
Waktu istirahat yang baik adalah 6 – 8 jam sehari. Jangan lebih dari 8 jam per hari, pernah ada penelitian yang menyebutkan bahwa tidur berlebih meningkatkan resiko kematian.

Tips 11. Jangan mencoba semua jenis makanan pada jamuan buffet.
jangan mencoba semua menu makanan saat ada jamuan buffet. Cukup pilih satu atau dua jenis yang paling Anda suka, lalu lanjutkan dengan salad, ingatlah bahwa Anda sedang mencoba cara menurunkan berat badan .

B.   Cara lain untuk menurunkan berat badan secara alami :

1. Membuat pola makan yang teratur

Untuk menjaga stabilnya berat badan disarankan untuk menjaga pola makan yang teratur. Sudah terbukti dan dijamin berhasil 100% ! Karena dengan mengatur pola jam makan yang tepat waktu membuat metabolisme tubuh bekerja secara maksimal.

2. Bila sudah kenyang, then stop to eat !!

Banyak para dokter mengatakan, diet yang baik adalah dengan porsi makan yang tidak terlalu berlebihan atau jangan terlalu kenyang. Bisa diartikan berhenti makan kalo sudah kenyang bukan kekenyangan. Ntar dikira belum makan selama 1 minggu. Selain makan masih ada step selanjutnya yaitu minum dan pencuci mulut.

3. BAB yang teratur

Sistem pencernaan yang sehat biasanya Buang Air Besar teratur. Hal ini sebagai pedoman yang menunjukkan sistem pencernaan anda tidak ada gangguan.Kalo ga lancar .. biasanya kentutnya bau busuk ! hehehe …

4. Olahraga

Kegiatan membuang lemak yang paling baik adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Dengan olahraga, kalori yang ada di tubuh akan dibakar untuk menurunkan berat badan. Lakukan olahraga secara teratur, minimal 2 kali selama seminggu dan kalo bisa tiap hari. So .. luangkan waktu untuk olahraga.

5. Kurangi Ngemil kalo bisa Berhenti total !

Ngemil kadang memang menyenangkan tetapi bisa menjadi kebalikannya apalagi ngemil di waktu malam hari.Ngemil kan enak ! apalagi pas nonton tipi. Ternyata  Ngemil bisa menjadi musuh utama dan susah untuk dihindari, so hindari ngemil dimalam hari soalnya diwaktu malam hari kita jarang melakukan aktifitas sehingga kalori dan lemak tertimbun dan ngumpul di beberapa titik seperti di perut, leher, paha hingga dipantat. So .. Hindari ngemil di malam hari !!

6. Mengkonsumsi obat pelangsing alami dan Konsultasi ke dokter

Kenapa harus ke dokter ? Kita harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk meminta saran ketika akan menggunakan obat pelangsing. Apakah obat pelangsing alami mempunyai efek samping untuk tubuh atau tidak ? So … berhati2 lah dengan obat2 yang beredar dipasaran karena kadang menyesatkan.

C.   Cara lain Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet :

Menjalankan program pelangsingan tidak berarti bahwa Anda harus mengurangi asupan makanan atau bahkan puasa makan. Jika Anda ingin langsing dengan cara yang sehat dan tidak menyakitkan, cobalah strategi berikut:

1. Lebih banyak mengunyah
Studi menunjukkan bahwa semakin lama waktu yang Anda habiskan untuk mengunyah, maka semakin sedikit jumlah kalori yang Anda konsumsi. Mengunyah lebih lama mencegah seseorang untuk makan berlebihan dengan memberikan otak lebih banyak waktu untuk menerima sinyal dari perut yang penuh. Hal ini tidak hanya bagus untuk mencerna, tetapi juga membantu dalam membatasi ukuran porsi Anda. Cobalah mengunyah makanan Anda 35 sampai 50 kali di mulut.

2. Jangan lewatkan sarapan
Sepadat apa pun aktivitas atau pekerjaan Anda, sebaiknya sempatkan waktu untuk sarapan pagi. Ingat, tubuh Anda bukanlah otak. Tubuh perlu untuk mengisi bahan bakar beberapa kali setiap harinya. Apabila Anda melewatkan sarapan, Anda akan merasa begitu lapar sehingga saat makan siang tiba Anda cenderung makan berlebihan atau mungkin memilih jenis makanan yang tidak sehat. Melewatkan waktu sarapan dapat memperlambat proses metabolisme dalam tubuh.

3. Berkonsentrasi pada makanan
Berapa kali Anda ditegur oleh orang tua untuk tidak berbicara, membaca atau menonton TV saat makan? Teguran ini bukan tanpa alasan. Pasalnya, ketika Anda makan sambil bicara atau menonton televisi, otak Anda tidak akan fokus pada jumlah makanan yang Anda konsumsi dan Anda lebih cenderung untuk mengonsumsi lebih banyak makanan.

4. Jangan masak terlalu lama
Memasak makanan terlalu lama akan membunuh atau mengurangi jumlah nutrisi. Dan ketika Anda tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, Anda tidak akan merasa puas dan mulai mencari cemilan yang tidak sehat. Untuk mengatasi hal ini, cobalah makan lebih banyak makanan mentah seperti misalnya salad, dan hindari penggunaan microwave.

5. Konsumsi buah sebelum makan
Dianjurkan untuk makan buah setidaknya 30 menit sebelum makan berat. Dengan cara ini, buah akan dicerna dengan cepat. Makan buah ketika perut kosong akan membantu detoksifikasi dan memasok energi lebih banyak untuk menurunkan berat badan.

6. Sedikit makan, tapi sering
Idealnya, Anda harus makan 5-6 kali per hari. Makan lebih sering baik untuk menjaga metabolisme tetap bekerja pada tingkat yang lebih tinggi terus menerus sepanjang hari. Tapi, jangan menggunakan aturan ini sebagai alasan untuk makan berlebihan.

7. Stop makan setelah jam 8 malam
Berhenti makan setelah lewat jam 8 malam adalah cara terbaik untuk mencegah kebiasaan ngemil di tengah malam. Jika Anda merasa sulit untuk menerapkannya, cobalah untuk menenggak secangkir teh atau sikat gigi Anda setelah makan malam, dan alihkan pikiran Anda dari dari makan.

D.   Makanan Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

Makanan berserat

Semua bahan makanan nabati, seperti bagi mereka yang sukses menurunkan berat badan dengan diet tinggi serat adalah memasukkan sayur-sayuran hijau ke dalam menu makanan diet nya. Untuk beberapa alasan, serat sangat efektif membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat). Hal ini membuat Anda merasa kenyang dan makan lebih sedikit. makanan serat tinggi memakan waktu lebih lama untuk dicerna. Metabolisme istirahat meningkat karena kerja tubuh tidak mencerna makanan ini.

Berikut daftar yang dapat anda pilih, tidak ada urutan tertentu atau prioritas yang mana yang terbaik. Anda dapat menentukan sesuai selera dan kebutuhan. Sebagai saran cobalah untuk menambah atau meningkatkan jumlah semua makanan diet anda.

Apel

Manfaat Apel sangat banyak untuk makanan diet anda. Pektin (salah satu zat dalam apel) membuat anda merasa lebih kenyang. Ini adalah cara yang efektif untuk makan lebih sedikit. Selain itu, pektin sebenarnya berfungsi sebagai penyerapan lemak. Apel di pagi hari saat sarapan atau mencobanya sebagai snack tengah hari adalah waktu yang dapat anda pilih.

Alpukat

Alpukat adalah bukti bahwa makanan diet tidak selamanya harus rendah lemak untuk membantu Anda menurunkan berat badan. Alpukat mengandung lebih dari 25 nutrisi penting. Ketika Anda makan alpukat Anda dapatkan vitamin B, kalium, vitamin E, dan lutein.

Paprika (atau sayuran hijau lainnya)

Sayur-sayuran hijau (seperti paprika) memiliki fungsi mempercepat metabolisme. Di Negara barat, paprika sering diolah menjadi salad yang menarik dan lezat, sehingga kita dapat asumsikan bahwa makanan diet sehat tidak selalu hambar.

Brokoli

Berbeda dengan paprika, brokoli mempunyai peran yang lain. Brokoli adalah makanan diet antikanker yang kuat, tinggi kalsium, besi, magnesium, vitamin A, dan vitamin C.

Orang mempunyai berat badan berlebih banyak sekali faktornya, baik dari kebiasaan-kebiasaan buruk, makanan-makanan yang dikonsumsi, dan jarang aktifitas seperti olahraga. Jadi hindari kebiasaan buruk Anda.

Mengurangi kebiasaan-kebiasaan buruk seperti :
– Jangan konsumsi alkohol
– Lebih teratur beristirahat atau tidur
– Kurangi yang suka minum soda
– Menonton TV dalam waktu yang lama
– Kurang minum air putih, jadi perbanyak air minum ya
– Emosi dalam makan (dalam arti waktu emosi dilampiaskan dengan makan berlebih)

Well .. semoga tips cara menurunkan berat badan ini bermanfaat untuk Anda. Semoga Anda mendapatkan tubuh yang ideal ya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.090 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: