Deteksi Penyakit Lewat Tangan dan Kaki

Anda dapat mendeteksi apapun dari diabetes hingga penyakit kekurangan gizi hanya dengan memeriksa kaki” ungkap Jane Andersen, DPM, presiden dan pembicara untuk Asosiasi Pengobatan Podriatik Amerika Serikat.

Kaki bawah bagian kiri dan kanan menyediakan banyak data yang lengkap, secara bersamaan mereka mengandung seperempat jumlah tulang dari seluruh tubuh Anda, dan setiap kaki juga memiliki 33, 100 tendon dan otot, dan ligament, dan syarar-syaraf dan pembuluh darah yang seluruhnya mengalir ke jantung, dan otak yang tak terhitung jumlahnya.

Masalah kaki yang tidak terpecahkan dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak diharapkan. Sakit yang tidak segera dirawat dapat mengakibatkan seseorang untuk menjadi lebih lamban dan meningkatnya berat badan, contohnya, untuk keseimbangan denggan cara yang tidak alamiah, meningkatkan resiko jatuh dan patah tulang.

Jadi ketika telapak kaki mengirimkan 18 pesan peringatan ini, pasti ada sesuatu :

  1. Kuku kaki dengan bentuk agak sedikit masuk ke dalam, lekukan berbentuk sendok.

Apa artinya: Anemia (kekurangan zat besi) sering menunjukkan bentuk tidak alami, atau seperti sendok hingga ke pangkal kuku, terutama pada kasus sedang hingga parah. Hal ini disebabkan oleh jumlah hemoglobin dan protein kaya zat-besi sel-sel pada darah yang mengangkut oksigen, tidak cukup. Pendarahan dalam (seperti mencret) atau menstruasi yang tidak lancar dapat memicu anemia.

Petunjuk lain: Pada jari seperti pada kaki, kulit dan kuku muncul warna pucat. Kuku tersebut juga, dan kaki mungkin terasa dingin. Kelelahan adalah gejala utama anemia, sama dengan nafas yang pendek-pendek, merasa pusing ketika berdiri, dan sakit kepala.

Apa yang harus dilakukan: Pengecekan jumlah sel darah merah paling sering dilakukan untuk mendiagnosa anemia. Pemeriksaan fisik bisa. Pertolongan pertama yaitu dengan mengkonsumsi suplemen zat besi dan perubahan menu diet untuk menambah zat besi dan vitamin yang mempercepat penyerapan zat besi.

  1. Kaki atau Jari Ujung kaki yang tidak berbulu

Apa artinya: sirkulasi yang buruk, biasanya disebabkan oleh penyakit jantung, dapat membuat rambut rontok dari kaki. Ketika jantung kehilangan kemampuan untuk memompa darah yang cukup ke tempat yang paling ujung dikarenakan asterosklerosis (biasanya sering dikenal sebagai penyumbatan arteri), tubuh harus memprioritaskan penggunaannya.

Petunjuk lain: Berkurangnya suplai darah juga membuat sulit untuk merasakan rangsangan di kaki. (Cek pada bagian atas telapak kaki atau di dalam sendi.) Ketika Anda berdiri, kaki Anda bisa menjadi merah atau, ketika menekuk, tiba-tiba berubah menjadi merah. Orang-orang dengan sirkulasi darah yang buruk cenderung telah tahu bahwa mereka memiliki kondisi kardiovaskular (seperti penyakit jantung atau ateri carotid) tetapi bisa saja tidak menyadari bahwa mereka memiliki masalah sirkulasi.

Apa yang harus dilakukan: Mengobati jaringan vascular dapat meningkatkan sirkulasi. Bulu rambut jarang bisa tumbuh kembali, tetapi tak seorangpun yang terlalu mengkomplain hal itu.

  1. Sering kram kaki atau kesemutan

Apa artinya: Kram tiba-tiba di kaki pada dasarnya, kontraksi yang keras pada otot dapat dipicu oleh permasalahan yang berurutan seperti olahraga atau dehidrasi. Tetapi jika itu sering muncul, diet Anda kemungkinan kurang kalsium, kalium, atau magnesium. Wanita hamil pada trimester yang ketiga khususnya sangat rentan karena peningkatan volume darah dan mengurangi sirkulasi ke kaki.

Petunjuk lain: Kesemutan cenderung muncul secara sering ketika Anda hanya berbaring. Kesemutan bisa muncul pada sebuah otot yang tajam dan muncul secara menjalar. Rasa nyeri dapat bertahan lama setelahnya.

Yang harus dilakukan: Cobalah untuk memijat pada area yang sakit. Anda juga bisa merelaksasikan otot dengan mengaplikasikan kain dingin atau mengusapnya dengan alkohol. Untuk mencegah kram, selonjorkan kaki sebelum tidur. Kemudian minumlah segelas susu hangat. (untuk kebutuhan kalsiumnya)

  1. Nyeri yang tidak sembuh-sembuh pada telapak kaki

Apa artinya: Ini adalah bukti utama gejala diabetes. Level glukosa dalam darah membahayakan rangsangan pada kaki yang artinya bahwa luka ringan atau iritasi disebabkan oleh tekanan atau sering tidak diperhatikan, terutama oleh seseorang yang tidak menyadari bahwa dia memiliki penyakit. Tidak langsung diobati, luka-luka ini dapat menyebabkan infeksi, bahkan amputasi.

Bukti lain: potongan berbau tidak enak khususnya terdeteksi karena memang sudah ada sebelumnya. Gejala diabetes lain yaitu selalu merasa kehausan, sering buang air kecil, keseringan lelah, pandangan menjadi kabur, lapar yang berlebihan, dan turunnya berat badan.

Apa yang harus dilakukan: Rawat luka segera dan periksakan ke dokter untuk evaluasi diabetes. Penderita diabetes harus memperhatikan kaki mereka setiap hari (para lansia atau orang yang obesitas harus meminta orang lain untuk melakukannya) dan datanglah ke klinik kesehatan yang profesional setiap tiga bulan.

  1. Kaki dingin

Apa artinya: Perempuan, terutama melaporkan kaki dingin (atau lebih jelasnya, pasangan mereka komplain tentang itu). Bisa jadi itu bukan apa-apa atau itu mungkin mengindikasikan gangguan jaringan tiroid. Perempuan berumur lebih dari 40 tahun yang memiliki kaki yang dingin sering memiliki masalah fungs pada tiroidnya, kelenjar yang mengatur suhu dan metabolisme. Sirkulasi yang buruk (pada setiap jenis kelamin) adalah penyebab lain yang mungkin terjadi.

Bukti lain: Gejala hipotiroid sering muncul dengan gejala lain (kelelahan, depresi, naiknya berat badan, kulit yang kering).

Yang harus dilakukan: (Coba kaos kaki wool dan sepatu kain). Jika Anda juga memiliki masalah kesehatan lain, sebutkan juga kaki dingin Anda kepada dokter. Sayangnya, berdasarkan perawatan denga pengobatan yang berhubungan dengan masalah tiroid, cenderung menjadi gejala yang tidak mudah teratasi.

  1. Kuku yang Tebal, Kuning, dan mengarah kebawah secara aneh.

Apa artinya: Infeksi jamur sedang menjalar di bawah permukaan kuku. Onychomicosis dapat mengakibatkan rasa sakit selama bertahun-tahun. Karena tidak beraksi secara kasat mata, infeksinya semakin meningkat dan dapat menyebar ke seluruh kuku bahkan hingga ke jari kuku.

Petunjuk lain: Kuku juga berbau kemudian berubah menjadi kehitaman. Masyarakt harus menyadari hal ini; para penderita diabetes gangguan sirkulasi, atau kelainan berkurangnya system imun (seperti rematik kritis). Jika seorang lansia mengalami kesulitan berjalan, kadang-kadang masalahnya dapat ditelusur dengan fakta sederhana bahwa kuku yang terinfeksi menjadi lebih tebal, akan sangat sulit dipotong dan mengabaikan pusat sakit.

Apa yang harus dilakukan: Periksakan ke spesialis kaki atau ahli perawatan. Pada kasus yang serius, penggunaan obat anti jamur tidak selalu efektif seprti kombinasi antara pengobatan luar dan yang diminum dan pemotongan untuk membuang penyakit secara professional.

  1. Jari Kaki yang Tiba-Tiba Membesar dan Terlihat Menakutkan

Apa artinya: Kemungkinan encok. Ya, penyakit jadul (jaman dulu) ini masih ada dimana-mana dan Anda tidak harus berumur lebih dari 65 tahun untuk mengalamaninya. Encok merupakan sakit sejenis arthritis yang biasanya disebabkan oleh terlalu banyak asam urin, substansi alami. Asam urin yang berlebihan membentuk Kristal yang seperti jarum, terutama pada temperature yang sangat rendah. Pada bagian yang terdingin, yang merupakan bagian terjauh dari jantung, menjadi bengkak.

“Hampir 75% Anda terbangun dengan jari kaki yang membengkak yang merupakan gejala pertama sakit encok,” Andersen, seorang podriatis, mengungkapkan.

Petunjuk lain: Kulit yang merah membangkak dan berwarna keunguan dengan rasa panas dan nyeri juga dapat muncul pada instp, tendon Achilles, lutut, dan paha. Setiap orang dapat terkena encok, meskipun laki-laki yang berumur 40 dan 50-an yang paling mungkin. Wanita yang mengalami encok biasanya terjadi pasca menstruasi.

Yang harus dilakukan: Periksakan ke dokter untuk mengontrol penyebab encok dengan menggunakan menu diet atau pengobatan. Ahli penyakit kaki dapat mengobati rasa sakit dan mempertahankan fungsi kaki.

  1. Rasa Kaku di kedua kaki

Apa artinya: Tidak mampu untuk merasakan kaki Anda atau merasakan sensasi tekanan berat seperti menginjak paku merupakan tanda utama terganggunya system syaraf peripheral. Terganggunya system syaraf peripheral memiliki beberapa penyebab tapi yang paling sering adalah diabetes dan kecanduan alcohol. Kemoterapi adalah penyebab umum lain.

Petunjuk lain: Rasa terbakar dapat juga muncul pada tangan dan secara bertahap menyebar ke lengan hingga kaki. Rasanya seperti Anda mengenakan sarung tangan atau kaos kaki yang sangat berat.

Yang harus dilakukan: Periksakan ke dokter untuk menentukan penyebabnya (terutama jika bukan karena kecanduan alkohol). Belum ada pengobatan untuk gangguan system saraf peripheral, tetapi ada obat untuk mengurangi rasa sakit hingga anti depresan.

  1. Nyeri di Sendi Jari Kaki

Apa artinya: Rheumatoid arthritis (RA), penyakit melemahnya fungsi sendi, sering dirasakan pertama kali pada sendi-sendi yang lebih kecil, seperti jari kaki dan lekukan jari tangan.

Petunjuk lain: Rasa kaku dan bengkak biasanya muncul bersamaan ketika merasa sakit. Sakit ini cendirung simetris, contohnya, sakit ini terjadi secara simultan di kedua jempol kaki atau jari kaki lainnya. RA berkembang lebih cepat daripada jenis penyakit arthritis lainnya, dan bisa datang dan pergi. Wanita terkena dampak empat kali lebih besar dari laki-laki.

Yang harus dilakukan: harus dilakukan pemeriksaan secara penuh untuk menentukan penyebab nyeri sendi. Untuk RA, ada beberapa pengobatan dan terapi yang dapat menimalisir rasa sakit, dengan diagnose sejak dini, resiko cacat secara permanen dapat dihindari.

  1. Kuku Kaki Seperti Berlubang

Apa artinya: hampir separo penderita psoriaris, penyakit kulit juga muncul pada kuku dengan ciri banyak lubang-lubang kecil, yang tipis atau dalam. Lebih dari 75% penderita psoriatic arthritis, kelainan yang berkaitan dengan sendi dan kulit juga memiliki lubang-lubang dalam kuku ini.

Petunjuk lain: Kuku, baik kaki maupun tangan akan menebal. Kuku-kuku tersebut akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan atau berwarna seperti ikan salmon. Buku jari yang terdekat dengan kuku juga cenderung kering, merah, dan meradang.

Yang harus dilakukan: lakukan pengobatan yang variatif untuk psosiaris dan pasosiaric arthtritis dan mengembalikan kondisi buku jari kaki, terutama jika perawatan telah dilakukan sejak dini.

  1. Tidak Bisa/Kesulitan Mengangkat Kaki ke Atas

Apa artinya: Gangguan pada otot dan syaraf bisa berasal dari kaki Anda. Obat kemoterapi tertentu dapat juga mengakibatkan kesulitan mengangkat kaki bagian depan ketika berdiri maupun berjalan.

Petunjuk lain: Ada kemungkinan sakit dan terasa kaku. kadang-kadang rasa sakit ini dirasakan pada kaki bagian depan atau tulang belakang bagian bawah, dimana syaraf (karena kelainan atau tumor). Pada beberapa kasus, kaki. Hal ini jarang terjadi pada kedua kaki.

Yang harus dilakukan: Periksakan ke dokter, karena gangguan ini bisa permanen, tergantung pada penyebab dan perawatannya.

  1. Kulit Kering

Apa artinya: Jika wajah atau tangan terasa kering jangan abaikan kondisi kulit ini pada bagian telapak kaki Anda. Infeksi jamur biasanya dimulai pada kulit kaki yang kering dan gatal kemudian menjalar hingga rasa terbakar dan muncul bentolan-bentolan. Ketika bentolan itu pecah, infeksi akan menyebar.

Petunjuk lain: Infeksi jamur/kutu air ini biasanya muncul diantara sela jari kaki. Kemudian bisa menyebar ke bagian tubuh lain, seperti ketiak, biasanya penularan terjadi ketika menggaruk.

Apa yang harus dilakukan: Kasus sederhana biasa diatasi dengan membasuh kaki sesering mungkin dan keringkan secara menyeluruh. Kemudian pastikan kaki tetap kering, termasuk mengunakan bedak kaki pada sepatu dan kaos kaki. Jika tidak ada peningkatan dalam dua minggu dan infeksi semakin parah, dokter akan memberikan resep pengobatan antijamur baik obat luar maupun dalam.

  1. Perubahan Warna Kaki secara Ekstrim

Apa artinya: Pada suhu dingin, penyakit Raynaud menyebabkan perubahan warna kaki secara ektrim, dari putih kemudian berubah menjadi biru, dan pada akhirnya berubah menjadi merah sebelum kembali ke warna semula. Untuk alasan yang masih belum jelas, pembuluh darah mengalami over reaksi yang menyebabkan perubahan warna pada kaki.

Petunjuk lain: Ada area lain yang terinfeksi seperti jari, hidung, bibir dan daun telinga. Bagian kulit yang terkena akan terasa kaku. Wanita dan orang-orang yang tinggal di daerah dingin lebih sering terkena penyakit Raynaud tersebut. Biasanya muncul pada usia sekitar 25 hingga 40 tahun.

Yang harus dilakukan: Periksakan ke dokter tentang pengobatan yang dapat melebarkan pembuluh darah, yang akan mengurangi infeksi kemungkinan yang lebih parah.

  1. Telapak Kaki Terasa Amat Sakit untuk Berjalan

Apa artinya: faktor stress yang tidak terdiagnosa umum menyebabkan nyeri pada kaki. Rasa sakit ini dapat dirasakan pada seluruh bagian telapak kaki. Faktor ini sering muncul secara berulang-ulang dapat disebabkan oleh masalah lain seringnya osteopenia (kurangnya kepadatan tulang terutama yang terjadi pada perempuan yang berumur lebih dari 50 tahun atau kasus malnutrisi lainnya, termasuk kekurangan vitamin D, masalah penyerapan kalsium, atau anoreksia.

Petunjuk lain: Anda masih bisa berjalan ketika kaki patah, hanya terasa sakit.

Apa yang harus dilakukan: Periksakan ke dokter tentang semua sakit yang dirasakan.

  1. Jempol Kaki Mencuat

Apa artinya: Ketika bentuk jempol kaki mencuat ke arah yang tidak semestinya, itu tandanya ada masalah paru-paru, termasuk fibrosis dan kanker paru-paru. Penyakit jantung dan gangguan pada perut juga bisa terjadi.

Petunjuk lain: Jari kaki lainnya juga terihat mencuat, dan terjadi pada beberapa jari saja, atau bahkan seluruhnya.

Yang harus dilakukan: Perawatan bergantung pada penyebab, jadi laporkan gejala serius ini kepada dokter.

  1. Rasa Sakit yang Menusuk pada Tumit

Apa artinya: Plantar fasciitis nama umum untuk rasa terbakar pada jaringan ikat yang menjalar pada kaki penegangan yang abnormal pada jaringan ikat.

Petunjuk Lain: Rasa sakit muncul ketika Anda menapakkan kaki di pagi hari dan sering meningkat ketika Anda memakai alas kaki. Lari dan melompat terlalu sering dapat menyebabkan rasa sakit ini. Anda akan berada dalam bahaya jika Anda hanya berjalan dengan kaki telanjang pada permukaan jalan yang keras.

Yang harus dilakukan: Jika rasa sakit munul lebih dari beberapa minggu dan terasa semakin buruk, bawalah ke ahli podiatri. Pastikan untuk meminta saran dalam menggunakan alas kaki yang tepat selama perawatan.

  1. Bau Kaki

Apa artinya: Kaki yang bau cenderung memberikan alarm yang lebih banyak dibanding gejala lain. Kaki biasanya lebih berkeringat dibanding bagian tubuh lain. Penggunaan sepatu dan kaos kaki yang melembabkan kaki, membuat kaki bau.

Yang harus dilakukan: Cuci dengan sabun antibakteri dan keringkan dengan sempurna. Usap anti perspirant pada telapak kaki. Seringlah menggunakan alas kaki yang terbuat dari bahan alami, seperti kulit dan kain. Buka tali sepatu dan keringkan. Itu saja.

   18.  Sepatu Tua

Berbahaya! Anda sedang menjalankan bom kesehatan jika sepatu setiap hari anda sudah lebih dari 2 tahun atau jika sepatu berjalan atau berlari anda sudah digunakan lebih dari 350-500 mil. Sepatu tua kurang mendukung kebutuhan kaki – dan alas kaki lebih cepat habis dibandingkan dengan yang dikira kebanyakan orang, kata para spesialis kaki.

Petunjuk lainnya adalah melepuh (terlalu ketat), bengkak pada ibu jari (terlalu sempit), sakit pada tumit (tidak cukup penyangga) – jika Anda memiliki masalah kaki seperti ini, setidaknya ada kemungkinan 50-50 alas kaki anda buruk atau tidak pas. Orang-orang yang lebih tua khususnya lebih rentan karena mereka memiliki kebiasaan sudah terbiasa mengenakan sepatu tua yang mungkin kurang penyangga, fleksibilitas atau kurang memiliki daya lekat atau cengkram yang bagus.

Mendeteksi Penyakit dari Telapak dan Jari Tangan

Tangan adalah bagian tubuh yang paling penting untuk melakukan aktifitas sehari-hari mulai dari mengetik, menulis, mengambil barang dan lain-lain. Hal ini menyebabkan orang seringkali menyepelekan perubahan kondisi tangan yang merupakan pertanda gejala-gejala penyakit yang bisa jadi berbahaya.

Berikut adalah 7 petunjuk penting yang dapat diungkapkan oleh tangan mengenai kesehatan manusia :

1. Noda Merah pada Telapak Tangan
Dalam jangka pendek, telapak tangan berwarna merah dapat disebabkan mencengkeram benda terlalu keras, terlalu lama mencuci tangan atau mengangkat teko yang masih panas.

Pada ibu hamil, telapak tangan merah adalah kondisi yang normal karena aliran darah yang meningkat menyebabkan kemerahan pada perempuan. Tetapi jika telapak tangan tetap memerah untuk jangka waktu yang panjang, kondisi ini disebut eritema palmaris, yaitu tanda penyakit hati kronis (sirosis) dan penumpukan lemak pada hati.

“Peradangan hati secara bertahap mengganggu kinerja hati sehingga hati tidak lagi mampu membuang limbah dari tubuh secara efisien,” kata Blanchard. Hasilnya adalah kelebihan hormon-hormon yang pada gilirannya menyebabkan pembuluh darah di tangan dan kaki membesar sehingga dapat terlihat dari kulit.

Jika hal ini terjadi, segera periksa ke dokter untuk mengevaluasi gejala lain penyakit hati seperti kaki dan perut bengkak, urat yang menonjol pada perut dan tubuh bagian atas, serta kelelahan. Tes yang paling umum untuk mengetahui kerusakan hati adalah mengukur jumlah bilirubin dan enzim hati.

2. Panjang Jari
Perbandingan panjang jari dapat memberitahu kemungkinan penyakit tertentu. Jari manis pria cenderung lebih panjang daripada jari telunjuknya, namun sebaliknya pada wanita. Wanita dengan pola ‘maskulin’ memiliki jari manis lebih panjang daripada jari telunjuknya dan dua kali lebih berisiko menderita osteoartritis, demikian menurut penelitian tahun 2008 yang diterbitkan dalam jurnal Arthritis and Rheumatism.

Penelitian ini menemukan bahwa osteoartritis lutut lebih umum ditemui pada pria dan wanita dengan jari manis yang lebih panjang, tetapi efeknya paling menonjol pada wanita. Jari telunjuk yang lebih panjang juga dikaitkan dengan tingginya risiko kanker payudara pada wanita dan risiko kanker prostat pada pria. Sebuah penelitian tahun 2010 menemukan bahwa laki-laki yang jari telunjuknya lebih panjang dari jari manis 33 persen lebih berisiko terserang kanker prostat.

Para ilmuwan belum yakin mengapa, tetapi percaya bahwa panjang jari dipengaruhi oleh jumlah hormon testosteron dan estrogen di dalam rahim. Jari manis yang lebih panjang mengindikasikan paparan testosteron yang tinggi ketika dalam kandungan, sementara jari telunjuk yang lebih panjang menunjukkan paparan estrogen yang lebih tinggi. Karena estrogen adalah bahan bakar kanker payudara, jari telunjuk yang lebih panjang berkorelasi dengan risiko kanker payudara yang lebih tinggi. Pada pria, testosteron yang lebih banyak terkait risiko kanker prostat yang lebih tinggi.

Wanita yang memiliki jari manis lebih panjang sebaiknya waspada terhadap gejala lemah sendi, terutama di lutut. Pria yang berisiko tinggi terkena kanker prostat harus proaktif melakukan pengetesan kanker. Perempuan yang berisiko tinggi terserang kanker payudara sebaiknya menjalani mammogram atau menjadwalkan MRI. Beberapa peneliti percaya bahwa panjang jari sebaiknya digunakan sebagai kriteria untuk mencari tahu keberadaan kanker secara komprehensif. Namun gagasan ini masih diperdebatkan.

3. Jari Bengkak
Jari bengkak dapat terjadi karena penyebab sederhana seperti cuaca panas akan mengalami menstruasi, atau terlalu banyak makan makanan asin. Tetapi jika jari-jari terasa tebal dan kaku atau tidak muat dimasuki cincin setelah banyak minum atau mengurangi makanan asin, pembengkakan dapat jadi pertanda kekurangan hormon tiroid (hipotiroidisme).

Ketika tiroid kurang aktif, hormon-hormon penting yang mengatur metabolisme dan menjaga fungsi tubuh dengan benar juga berkurang. Dan ketika metabolisme melambat, hasilnya adalah pertambahan berat badan dan pengumpulan air.

“Salah satu tempat pertama yang dapat dilihat bahwa berlebihnya air adalah jari. Yang bersangkutan juga dapat merasakan jari-jari terasa kaku karena sulit ditekuk,” kata Kenneth Blanchard, endokrinologi yang menulis ‘What Your Doctor May Not Tell You About Hypothyroidism’.

Mintalah kepada dokter untuk melakukan pemeriksaan tiroid secara rutin dengan tes darah untuk mengukur tingkat thyroid-stimulating hormone atau TSH. Pastikan dokter menyadari pedoman skrining baru yang menyatakan bahwa tingkat TSH harus antara 0,3 dan 3,0.

4. Kuku Pucat
Dalam keadaan normal, kuku yang ditekan akan menjadi putih. Dan ketika tekanan dilepas, kuku berubah merah muda lagi. Jika kuku tetap putih lebih dari satu menit setelah ditekan atau terlihat pucat sepanjang waktu, bisa jadi pertanda anemia.

Anemia atau kekurangan zat besi menyebabkan kuku pucat kerana tidak cukup terdapat sel darah merah yang beredar dalam aliran darah. Jika tidak diobati dari waktu ke waktu, kekurangan zat besi yang parah juga dapat menyebabkan kuku berbentuk sedikit cekung. Jika anemia adalah penyebab kuku pucat, garis tipis di bagian bawah kuku cenderung terlihat sangat pucat.

“Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kelelahan. Gejala ini dapat diobati dengan cara meningkatkan asupan makanan yang kaya zat besi seperti seperti bayam, daging merah, sayuran hijau, dan kacang-kacangan. Tetapi mungkin perlu mengkonsumsi suplemen zat besi juga,” kata Blanchard.

Jika zat besi menyebabkan masalah pencernaan, sebaiknya minum formula anti sembelit. Akan lebih baik jika mengkonsumsi vitamin C pada saat yang sama karena membantu penyerapan zat besi.

5. Garis-garis Kecil Berwarna Merah di Bawah Kuku
Garis-garis ini disebut sempalan perdarahan karena terlihat seperti serpihan kecil berwarna merah atau kecoklatan di bawah kuku. Ini dapat menjadi pertanda infeksi jantung atau darah. Seiring dengan arah pertumbuhan kuku, area ini menyerupai pecahan yang terjebak di bawah kuku. Serpihan perdarahan terjadi ketika gumpalan darah menghambat aliran darah dalam pembuluh kapiler kecil di bawah kuku. Gejala ini paling sering terjadi karena infeksi pada katup jantung yang disebut subacute bacterial endocarditis.

Jika terdapat bintik-bintik merah di bawah kuku namun tidak pernah didiagnosis dengan masalah jantung, jangan panik. Kemungkinan besar ini disebabkan hal lain. Bisa jadi hanya luka pada tangan. Periksalah suhu tubuh untuk memastikan kemungkinan demam, sebab bacterial endocarditis biasanya disertai dengan demam ringan. Jika belum pernah diperiksa namun cemas tentang gejala-gejala ini, hubungi dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Dokter akan menjalankan serangkaian tes untuk mengevaluasi aliran darah di jantung.

6. Ujung Jari yang Tebal dan Bulat
Penebalan ujung jari bisa jadi tanda penyakit jantung atau paru-paru. Biasanya terlihat juga pembulatan kuku sehingga jari-jari terlihat melengkung ke bawah. Jika sistem peredaran darah dari jantung atau paru-paru terganggu, kadar oksigen dalam darah cenderung menurun. Seiring waktu, hal ini menyebabkan jaringan pada bantalan jari tumbuh, sehingga ujung jari tampak menonjol keluar.

Jika jari-jari tangan dan kaki telah menebal, kemungkinan sudah terjadi gejala lain seperti sesak napas atau batuk kronis. Penebalan juga terjadi pada penyakit katup jantung yang menyebabkan kelelahan dan nyeri dada. Temui dokter untuk memeriksa jantung dan paru-paru secara menyeluruh.

7. Ujung Jari Berwarna Biru
Ujung jari berwarna abu-abu, kebiru-biruan, atau mati rasa dapat menjadi tanda gangguan sirkulasi yang dikenal sebagai penyakit Raynaud atau sindrom Raynaud. Sindrom Raynaud menyebabkan kejang mendadak sementara dalam pembuluh darah dan arteri. Arteri menyempit dan menyulitkan aliran darah ke tangan dan jari. Gejalanya adalah ujung jari mati rasa, semburat kebiruan, serta tangan terasa dingin.

Sebanyak 5 hingga 10 persen orang dari populasi mengalami kondisi ini. Sindrom Raynaud lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria dan memburuk dalam cuaca dingin. Bisa juga disebabkan karena stres. Perubahan suhu mendadak, misalnya memegang es batu, dapat meyebabkan sindrom Raynaud. Pakailah sarung tangan jika pergi ke luar rumah dalam cuaca dingin, karena dingin merupakan salah satu pemicu utama sindrom Raynaud. Suhu di bawah 15 derajat Celcius sudah menjadi masalah bagi penderita sindrom Raynaud.

Sangat penting untuk tidak mengabaikan gejala ini, karena serangan sindrom Raynaud dari waktu ke waktu dapat membatasi sirkulasi dan menyebabkan kerusakan jaringan.

Cara terbaik untuk mencegahnya adalah mengubah gaya hidup untuk menjaga sirkulasi darah tetap sehat. Merokok dan kafein dapat menyempitkan pembuluh darah. Berhentilah merokok dan kurangi kopi, teh, dan cola. Perbanyak latihan aerobik untuk meningkatkan denyut jantung dan membuat darah tetap terpompa.

Lebih detailnya sebagai berikut tentang warna kuku :

  1. Lingkaran sabit (lengkungan kecil) dikuku ibu jari berwarna merah muda berarti peredaran darah pankreas kurang baik. Akibatnya pasien mudah lesu, bila dibiarkan dapat berkembang menjadi kencing gula. Pijatlah titik dibawah ibu jari.
  2. Lingkaran sabit dikuku jari telunjuk bewarna merah muda berarti usus dan lambung lemah. Dalam kasus ini peredaran darah di usus dan lambung kurang lancar. Pijatlah titik dibawah kuku jari telunjuk.
  3. Lingkaran sabit dikuku jari tengah  bewarna merah muda berarti mudah gelisah dan terjadi kelemahan energi dibagian jantung. Pijatlah titik dibawah kuku jari tengah bila tidur tak nyenyak, banyak mimpi, sering mengeluh sakit kepala, tidak dapat berkonsentrasi.
  4. Lingkaran sabit dikuku jari manis bewarna merah muda berarti haid tidak teratur karena suhu badan naik turun akan mengganggu peredaran darah, daya tahan tubuh menjadi lemah. Pijatlah titik dibawah kuku jari manis bila anda menderita gejala tersebut.
  5. Lingkaran sabit dikuku jari kelingking bewarna merah muda berarti energi jantung menjadi lemah. Sakit jantung biasanya sulit diketahui secara dini. Bila telah diketahui biasanya sakit jantung sudah kronis. Untuk mendeteksi secara dini sering-seringlah memijit 2 titik dibawah kuku jari kelingking dibagian dalam dan luar.
  6. Kuku  masuk/ tenggelam kedalam daging berarti hati lemah. Pasien dengan kondisi demikian karena terlalu banyak makan daging, kurang makan sayuran dan buah-buahan. Hal tersebut menyebabkan hati jadi kurang sehat. Pijatlah titik diruas kedua jari manis dibagian jari dalam.
  7. Di kuku timbul garis-garis mendatar berarti pasien supaya berhati-hati dengan usus dan lambung. Kuku manusia setiap hari selalu tumbuh. Bila terjadi gangguan pencernaan maka pertumbuhan kuku akan terhambat akibatnya timbul garis-garis mendatar. Pijatlah titik ditempat kuku ada garisnya.
  8. Dikuku timbul garis vertikal berarti metabolisme kurang bekerja dengan baik. Garis-garis vertikal tersebut adalah daging dibawah kuku yang berkerut. Bila kuku jari tengah ada garis vertikal berarti hati dan ginjal kurang baik dan kurang sehat. Pijitlah titik dibawah ujung kuku bagian tengah.
  9. Di kuku berbintik-bintik hitam dan merah. Berarti peredaran darah di otak kurang lancar, sehingga menyebabkan lesu, mengantuk dan aktivitas menurun. Bila jari telunjuk ada bintik-bintiknya, peredaran darah di otak kurang baik. Pijatlah titik di bawah ujung kuku jari telunjuk.
  10. Untuk menjaga kesehatan anda secara teratur pijatlah semua titik-titik dibawah kuku setiap hari. Bila kuku jari menjadi merah setelah ditekan, berarti peredaran darahnya baik dan organ yang berhubungan dengan meridian ditangan cukup baik. Bila kuku jari setelah ditekan tidak segera memerah, berarti peredaran darah tidak lancar, dan organ yang berhubungan dengan meridian ditangan kurang sehat. Organ-organnya ialah paru-paru, jantung, usus besar dan usus kecil.

 

Berikut ini adalah beberapa hubungan tangan dengan meredian syaraf dan tanda-tanda yang dapat membantu kita mendeteksi penyakit :

1.Meredian paru-paru

dimulai dari titik di sisi luar atas ibu jari tepat di bawah kuku ibu jari. melintasi gunung-gunungan jempol.jalur ini berhubungan dengan paru-paru dan saluran pernafasan. bila di pijat terasa sakit berarti si penderita terkena flu, asma, infeksi saluran pernafasan dan lain-lain. Bila ibu jari kanan yang sakit berarti organ pernafasan kanan yang sakit, begitu juga sebaliknya.

2. Meredian jantung

dimulai dari titik bawah kuku kelingking sebelah dalam. melinatasi gunung-gunungan di bawah jari kelingking. jalur ini berhubungan dengan jantung dan peredaran darah. bila di pijat sakit berarti si penderita mengalami gangguan dengan jantung atau penyakit yang berhubunngan dengan ginjal, mengompol, rasa tidak enak dalam dada, berdebar-debar, pusing, pikiran tegang dll.

3.  Meredian selaput jantung

dimulai dari titik yang terletak di bawah kuku jari tengah melintasi telapak tangan bagian tengah.jalur ini mempengaruhi kegiatan jantung, peredaran darah, usus kecil. bila di pijat sakit berarti pasien dalam keadaan gelisah, sakit mulut, sakit perut, juga sakit kelainan pada limfa.

4.  Meredian usus besar

dimulai dari bawah kuku jari telunjuk melewati punggung tangan. Bila di pijat sakit berarti pasien mengalami gangguan sistem pencernaan, pundak dan bahu terasa nyeri, sakit kepala depan, sakit di pinggang, bokong dan paha.

5.  Meredian usus kecil

di mulai dari titik yang terletak di bawah kuku jari kelingking sebelah luar melewati punggung tangan sebelah luar. Jalur ini berhubungan dengan usus kecil. bila di pijat sakit berarti pasien mengalami sembelit, sakit di bagian perut, sakit bagian kepala belakang, nyeri tangan.

6.  meredian tri pemanas

dimulai dari titik yang terletak di bawah kuku jari manis. meredian ini mengatur sistem lymfe dan sistem hormonal. bila di pijat sakit berarti penderita mengalami suhu badan yang panas atau dingin, migrain, nyeri dada, kolik kandung empedu.

dari telapak tangan dan punggung kita dapat mengetahui penyakit yang ada di tubuh kita dengan cepat dan jelas. Menurut ilmu akupuntur tradisional, dengan melihat warna, elastisitas daging dan otot tangan serta kelembabannya, dapat menolong mengurangi dan menyembuhkan penyakit yang bersarang di tubuh kita.

Gangguan usus besar/Sembelit

1. Garis ruas jari pada pungung tangan berwarna gelap warnanya, mengindikasikan sembelit yang semakin parah

2. garis-garis pada telapak tangan dan ruas seluruh jari tangan berwarna gelap, indikasi sembelit semakin parah

3. ada bayangan kehitaman secara keseluruhan dari telapak tangan, menandakan sembelit lebih kronik dari pada garis berwarna gelap pada ruas jari

4. jari telunjuk dan jari tengah di renggangkan terasa sakit

5. ibu jari ( jempol) bengkok, biasanya bengkok kearah belakang

6. jari telunjuk bengkok ( kekiri, kekanan atau ke belakang juga mengindikasikan adanya permasalahan pada usus besar

Masalah Angin

Masalah angin pada seseorang bisa di lihat dari warna telapak tangannya, warna yang tidak merata ( terdapat bintik-bintik warna atau putih) mengindikasikan bahwa di tubuh terdapat banyak angin. Warna dasar telapak tangan adalah putih atau merah, apabila warna dasar telapak tangan putih maka gangguan angin di  tandai dengan bintik-bintik merah pada telapak tangan, sedangkan apabila warna dasar telapak tangan merah maka gangguan di tandai dengan adanya bintik-bintik warna putih.

Masalah Jantung

Tanda-tanda yang nampak apabila ada gangguan jantung sbb:

1. Jari kelingking bengkok

2.  jari tenggah bengkok. indikasi gangguan pembungkus jantung ( perikardium)

3. Telapak tangan berkeringat. indikasi gangguan jantung, paru-paru, sesak nafas dan stress.

4. kuku bergelombang

Masalah Ginjal

Masalah ginjal di tandai dengan tanda-tanda di tangan sebagai berikut:

1. Ruas pertama seluruh jari terlihat kembung (bengkak air)

2. Ruas pertama jari telunjuk keriput, indikasi kurang air atau sering menahan air kencing

3. Terasa sakit di tiga Jari ( ibu jari, telunjuk dan jari tengah)

4. ujung-ujung jari relatif tidak meruncing menandakan seseorang mengalami masalah ginjal, untuk wanita biasanya letak rahim tidak pada tempatnya.

5. mata kaki bengkak atau mata berkantong, indikasi masalah ginjal dan jantung.

6. ruas ujung-ujung jari bengkok.

 

 Infeksi HPV Sebabkan Kutil seperti di jari tangan, kuku dan telapak kaki

Human Papilloma Virus (HPV) biasanya diketahui sebagai virus yang menyebabkan penyakit kanker rahim. Selain itu, ternyata infeksi HPV bisa menyebabkan kutil pada tubuh manusia. Ada lebih dari 100 varietas human papillomavirus (HPV). Berbagai jenis infeksi HPV dapat menyebabkan kutil di berbagai bagian tubuh. Ada yang menyebabkan kutil pada kaki dan yang paling sering yaitu yang menyebabkan kutil pada tangan atau wajah.

Ada lebih dari 40 jenis HPV berbeda yang secara khusus mempengaruhi daerah genital. Kebanyakan infeksi HPV tidak menyebabkan kanker, tetapi beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kanker leher rahim.

Gejala

Pada banyak kasus, sistem kekebalan tubuh mengalahkan infeksi HPV sebelum memiliki kesempatan untuk menciptakan kutil. Ketika kutil tampil, bentuknya dapat bervariasi tergantung pada jenis HPV yang terlibat, antara lain:

  1. Kutil kelamin dapat muncul sebagai luka yang datar, kecil, berbentuk seperti kembang kol, atau berbentuk seperti tonjolan batang kecil. Pada wanita, kutil kelamin muncul paling sering pada vulva tetapi mungkin juga terjadi di dekat anus, pada leher rahim atau di vagina. Pada pria, kutil kelamin dapat muncul pada penis dan skrotum atau sekitar anus. Kutil kelamin jarang menimbulkan ketidaknyamanan atau rasa sakit.
  2. Kutil umum berbentuk benjolan kasar yang biasanya muncul pada jari tangan atau sekitar kuku. Dalam kebanyakan kasus, kutil umum mengganggu karena bentuknya tetapi juga mungkin menyakitkan atau rentan terhadap cedera atau perdarahan.
  1. Kutil telapak kaki. Kutil telapak kaki biasanya muncul pada tumit atau mata kaki atau daerah kaki yang paling merasakan tekanan. Kutil ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau rasa sakit.
  2. Kutil datar berbentuk datar, sedikit terangkat, dan lebih gelap dari warna kulit biasa. Biasanya muncul pada leher, wajah, tangan, pergelangan tangan, siku atau lutut. Infeksi HPV yang menyebabkan kutil datar biasanya mempengaruhi anak-anak, remaja dan dewasa muda.
  3. Kanker serviks. Kebanyakan kasus kanker serviks disebabkan oleh dua varietas spesifik HPV genital. Kedua jenis HPV biasanya tidak menyebabkan kutil, sehingga perempuan seringkali tidak menyadari bahwa mereka telah terinfeksi.

Tahap awal kanker serviks biasanya tidak menimbulkan tanda atau gejala. Itulah mengapa penting bagi wanita untuk melakukan tes Papsmeer secara teratur. Tes ini dapat mendeteksi perubahan prekanker pada serviks yang dapat menyebabkan kanker.

Perawatan & Pengobatan

Kutil sering hilang sendiri tanpa pengobatan. Walaupun kutil sudah hilang atau dihapus, pasien masih dapat mengeluarkan HPV dan dapat menularkan virus kepada orang lain.

Obat untuk menghilangkan kutil biasanya dipakai langsung ke bagian kutil dan biasanya memerlukan pemakaian yang teratur sebelum berhasil. Obat tersebut antara lain:

  1. Asam salisilat. Perawatan dengan obat yang mengandung asam salisilat bekerja dengan menghapus lapisan kutil sedikit demi sedikit. Jangan menggunakan produk ini untuk kutil kelamin, karena akan menyebabkan iritasi parah.
  2. Imiquimod (Aldara, Zyclara). Krim yang dapat meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan HPV.
  3. Podofilox (Condylox). Krim podofiloks bekerja dengan menghancurkan jaringan kutil kelamin.
  4. Asam Triklorasetik. Obat kimia yang membakar habis kutil kelamin.

Jika obat tidak manjur, dokter mungkin akan menyarankan salah satu dari prosedur berikut:

  1. Pembekuan dengan nitrogen cair (cryotherapy)
  2. Elektrokauter, yang menggunakan arus listrik untuk membakar kutil atau lesi
  3. Bedah
  4. Operasi Laser

 

Sumber

http://informasitips.com

http://akupuntur.wordpress.com

http://sehatharmoni.com

http://doktersehat.com

 

 

About these ads

32 Komentar (+add yours?)

  1. andi K
    Des 04, 2012 @ 20:54:26

    Tulisan yang sangat bagus dan info yang berguna bagi kita semua, terimakasih atas infonya yang lengkap itu, mantap boss!

    Balas

  2. makcetar
    Des 21, 2012 @ 16:26:30

    bagus sangat bermanfaat :)
    boleh saya copy :D
    mampir ke wordpressku yaa :)
    nurmusamada.wordpress.com

    Balas

  3. Rio Milanisti Tahaka
    Feb 03, 2013 @ 15:20:34

    bagaimana cara menghilangkan kecanduan Dextromethorphan.????balas karena sy skarang sedang kecanduan barang tersebut.

    Balas

    • norma07dp
      Mar 03, 2013 @ 17:29:06

      Dextromethorphan atau Dextro hanya dgunakan untuk obat batuk..
      Nah ini lah obat yg disalah gunakan hanya untuk kesenangan sesaat..sprt untuk mabuk, mengkonsumsi bersama alkohol atau narkoba.
      pertanyaan saya, Anda memang mengkonsumsinya untuk Apa??

      Memang kecanduan tidak bisa di hilangkan 100%, tapi bila ada kemauan yang kuat pasti bisa dihilangkan dgn cara dialihkan,
      maksudx untuk menghilangkan kecanduan dengan membuat kita kecanduan dengan hal yang lainnya.
      memilih untuk melakukan hal2 yg lebih positif…

      Balas

  4. Sabdaalam M SAlehntobu
    Mar 04, 2013 @ 08:39:15

    mau nanya tangan kiri saya tepatnya jari kelingkingnya bengkok.?gejala apa ne yaa.???

    Balas

    • norma07dp
      Mar 04, 2013 @ 17:02:18

      Mungkin Ada Gangguan jantung…
      tapi, gak secepat itu mendiagnosa tubuh kita mengidap sebuah penyakit tanpa ada pemeriksaan yg intensif oleh dokter yang bersangkutan.
      Apalagi hanya dgn beberapa tanda-tanda yg kurang akurat.

      Balas

  5. wildana 6
    Apr 10, 2013 @ 21:31:20

    saya mw tanya……….kuku kaki saya yang ibu jari kok tebal ya dan bau??? itu gejala apa ya…………..mohon dibalas ya………..
    terimakasih.

    Balas

    • norma07dp
      Apr 14, 2013 @ 18:33:57

      Kuku yg Tebal, kuning, berbau..
      itu adalah infeksi jamur yg menjalar di bawah permukaan kuku.
      ketika kuku berbau dan kemudian berubah warna menjd kehitaman trs kaki terasa nyeri, merasa kehausan, sering buang air kecil, kelelahan, rasa lapar yg brlebihan, turunx berat badan..gejala seperti inilah Klo Anda Alami, termasuk gejala diabetes atau kekurangan sistem imun (rematik)
      solusix adalah periksakan ke dokter spesialis kaki dan ahli perawatan, krn pemberian obat anti jamur tdk selamax efektif..

      makasih udah berbagi di sini yah..^_^

      Balas

  6. wildana 6
    Apr 17, 2013 @ 19:24:31

    trimakasih………!!!
    sangattt………brmanfaat….

    Balas

  7. ayub
    Mei 01, 2013 @ 02:59:05

    dear mbak norma..
    susah tidur di malam hari,telapak tangan dan kaki sering terasa panas serta sedikit sesak di rongga dada..itu ada kemungkinan terkena gangguan apa ya..?
    atas perhatianya saya ucapkan terimakasih..

    Balas

    • norma07dp
      Mei 16, 2013 @ 22:54:14

      iya,,
      Jika keringat dingin disertai nyeri dada dan perut itu adanya ganguan pada jantung..

      dan jika disertai dengan kesulitan bernafas, demam, panas dingin, batuk berdahak dlm jngka panjang dan masalah jantung itu kemungkinan gangguan paru-paru / paru-paruh basah (Pneumonia)…

      Tapi, sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter dengan gejala-gejala yg anda keluhkan itu, saya tidak bs mendiagnosa anda mengalami pennyakit apa, saya hnya menggambarkn dengan ciri-ciri di atas, jadi saya tdk dpt mengambil kesimpulan anda menderita tersebut…

      Balas

  8. azaharina
    Agu 16, 2013 @ 00:43:26

    thanks ya atas info nya…:)

    Balas

  9. yusni
    Sep 02, 2013 @ 11:34:28

    hatur nuhun pisan infonya …

    Balas

  10. jail mumeta
    Nov 08, 2013 @ 11:09:48

    kaki kiri pada jempol kaki ada benjolan diatas tapi ga sakit.. tapi pada alas jempol kadang nyeri..?

    Balas

  11. ekoadi
    Nov 12, 2013 @ 22:25:44

    Info yang sangat berguna, terimakasih …

    Balas

  12. Yusi Nourma Susanti
    Feb 24, 2014 @ 15:27:18

    kalau jempol tangan kanan bawahnya tiba tiba terasa sakit dan uratnya menjadi lebih terlihat. itu knapa yaa??
    thanks before~~ \(^o^)/

    Balas

    • norma07dp
      Feb 26, 2014 @ 15:40:42

      mungkin hnya sebatas keseleo, biasanya otot2 jari-jarinya tegang, atau sehabis trjepit atau hbs bekerja berat. maka otot-otot di tangan menjadi tegang. coba deh di urut dgn minyak gosok..
      maaf yaah udah telat ngebalasx..

      Balas

  13. babanbabon
    Apr 04, 2014 @ 20:55:13

    manfaat….

    Balas

  14. jogjaminded
    Agu 08, 2014 @ 01:52:21

    manteb banget. share yang bermanfaat. keren.
    makasih.

    Balas

  15. guslia
    Agu 15, 2014 @ 08:59:37

    jari kuku saya berwarna biru semua itu kenapa ya mbak?

    Balas

    • norma07dp
      Agu 15, 2014 @ 15:17:20

      Terjadinya gangguan sirkulasi darah, dan tubuh menunjukkan kekurangan oksigen, dan dapat mengindikasikan gangguan pd paru-paru,sprti gejala pneumonia.

      Balas

  16. Mickhell Lutfi
    Agu 21, 2014 @ 17:11:00

    asslamualaikum … mba norma , saya ingin konsul scara detail . karena memang selama ini penyakit saya blum sembuh juga, dan stiap kali saya konsul k dokter sllu tanggapannya tidak memuaskan . pertama saya istilahkn penyakit saya ini “nembak” ,pertama saya rasakan pnyakit ini di tahun 2010 saat itu saya over dosis oleh 3 mcam “ganja, miras, obat”tn” . kronologi yg saya rasakan yaitu “merinding dari pinggang k atas”bagian blakang/punggung, lalu jantung berdetak kencang, nafas sesak , susah kencing terasa tegang di bagian kandung kemih, dehidrasi hingga mulut sangat kering wlaupun minum hnya bertahan 2 menit lalu haus lagi , rasa gelisah yang sangat hebat dan menakutkan ” itu penyakit apa ya mba , dan kemarin kambuh lagi di tahun ini , saya coba cek k dokter dan dokter menganjurkan untuk di cek jantung , saya datangi spesialis jantung dan hasilnya saya hnya menderita kendurnya katup jantung yang katanya tidak terlalu bermasalah ,, selang beberapa bulan kmudian di bulan juli kemarin sya terasa lagi “nembaknya”: padahal saya sudah stop dari konsumsi miras sudah 4 tahun saya stop hingga sekarang , dan saya sempat di rawat , hasil diagnosa doktr saya mnderita penyakit pencernaan lambung dan usus di balik pusar sering tersa sakit ..tp hingga kini “nembak” itu terkadang datang tiba” , di awali dengan merinding dari pinggang ke atas hingga iga di ikuti rasa gelisah yang hebat dan jantung berdebar , 2 telapak tangan berkeringat dan telapak kaki juga , sekarangpun saya tengah merasakan usus ini terasa sakit , kdang lambung kembung , dan tangan berkeringat dan gelisah yang hebat juga “rasa takut yang berlebihan seperti akan mau mati” …. mohon dengan sangat bantuan diagnosanya mba ,, terimakasih

    Balas

    • norma07dp
      Agu 27, 2014 @ 12:04:30

      Maaf yah sdh telat ngebalasx..
      Saya turut prihatin dgn kondisix kwan..
      jujur anda sangat bruntung bisa trbebas dari sang “Pembunuh” itu.. Anda pun brniat untuk berhenti total setelah merasakan dampaknya.
      Intinya sih, anda harus benar2 brtaubat untuk tidak lagi menggunakannya. Kesakitan yang dialaminya itu adalah efek obat yang anda telah konsumsi. hingga menyebabkan terjadinya kerusakan organ tubuh anda. Saya tidak bisa mengdiagnosa anda mengalami penyakit apa? karena saya juga bukan seorang dokter. Karena anda pernah sakau sampai mengalami over dosis dan anda pun sangat beruntung mendapatkan pertolongan. Jangan menyerah untuk berobat agar anda bisa pulih kembali. obatnya hanya satu bertahan hingga gak tergoda kembali, hilangkan dan alihkan pikiran anda ke arah positif.
      terima kasih yah udah share di sini… :) :)
      Semangatlah Menjalani hidup, jgn pernah menyerah..!!

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.098 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: