Kelainan Genetik dan Hormon pada Manusia di Dunia

Jujur, aku sangat prihatin terhadap saudara-saudara kita yang terlahir begitu kurang beruntung, mereka hanya menghabiskan sisa hidupnya dengan penuh rasa sakit yang tak pernah bisa kita bayangkan sebelumnya, seandainya kita mengalami hal yang sama seperti mereka itu.Apa yang Anda rasakan??

Kita, sesempurna ini, masih saja mengeluh dengan apa yang merasa masih kurang kita miliki. Seharusnya, kita tuh bersyukur atas pemberian-Nya dengan apa yang kita miliki, dengan fisik dan kehidupan yang serba lengkap, tapi lihat dengan mereka-mereka yang hidupnya serba kekurangan, yang masih bisa tertawa, yang masih bisa tersenyum meskipun rasa sakit yang mereka rasakan begitu parah dan rasa putus asa pun yang kadang menghantui mereka. Tapi, ada juga dibalik segala kekurangannya, ada kelebihan yang mereka miliki.

Kita bisa menemukan beberapa penyakit yang sangat aneh pada manusia. Selain berbeda dengan penyakit lain, jenis penyakit ini benar-benar mengganggu kehidupan si penderita.

Ada beberapa orang di dunia yang lahir dengan kondisi fisik yang berbeda dengan orang kebanyakan, bahkan beberapa diantaranya memiliki kemampuan yang terkadang diluar nalar kita. Yuk simak kisah-kisah hidup mereka…

 Progeria


Progeria adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh perubahan tunggal dalam kode genetik anak, yang bisa meningkatkan proses penuaan. Akibatnya, anak tersebut mengalami kebotakan dini, penyakit jantung, penipisan tulang, dan masih banyak lagi. Anak-anak yang menderita progeria hanya bisa hidup sampai usia 13 tahun. Namun, dalam beberapa kasus, ada yang hidup sampai awal dua puluhan.
Biasanya dikenal hanya sebagai Progeria, kondisi ini adalah salah satu yang hanya mempengaruhi satu dari sekitar 8 juta anak yang lahir. Kebanyakan lahir dengan kondisi hanya hidup menjadi sekitar 13, sementara yang lain telah mampu hidup sampai usia awal dua puluhan. Progeria adalah kondisi genetik yang terjadi karena mutasi baru yang ditandai oleh penampilan, dramatis cepat mulai penuaan di masa kecil. Dalam kebanyakan kasus, penyakit ini tidak diwariskan, meskipun telah ada kasus serupa di mana kondisi orang tua membawa protein genetik dan kemudian menyebarkannya ke anak-anak mereka. Tidak ada obat untuk Progeria, meskipun dokter telah mencoba terapi hormon pertumbuhan serta obat antikanker. Biasanya dokter berusaha untuk fokus pada mengurangi komplikasi penyakit.

Hypertrichosis atau Werewolf Syndrome

Manusia serigala bisa muncul pada kehidupan nyata. Werewolf syndrome adalah salah satu dari jenis penyakit langka di dunia. Anehnya, seluruh wajah panderita hypertrichosis akan ditutupi oleh rambut. Hal ini membuat mereka terlihat seperti manusia serigala.

Parasit Twin (Janin dalam janin)

Ini adalah penyakit tak biasa dari kasus kembar siam. Dalam hal ini, satu janin menjadi sangat kuat, sedangkan lainnya tetap tergantung sepenuhnya pada yang lain. Yang lemah tetap hidup dalam tubuh si kembar yang sehat sepanjang waktu. Hal ini dianggap sebagai parasit.

Kelainan kulit biru atau Argyria

Argyria adalah salah satu penyakit yang paling jarang ditemukan pada manusia. Ini adalah kelainan genetik yang menyebabkan kulit berwarna biru, nila atau bahkan ungu. Meski termasuk jenis penyakit aneh, argyria tidak berakibat fatal bagi kesehatan. Terbukti, kebanyakan orang yang didiagnosis terkena argyria, tetap hidup sampai usia delapan puluh.

Walking Corpse Syndrome

Sindrom ini membuat seseorang berpikir bahwa ia sudah mati. Ini adalah salah satu penyakit langka yang dikaitkan dengan gangguan bipolar dan skizofrenia. Pada tingkat lanjut, mereka akan berpikir telah kehilangan bagian tubuh yang vital atau jiwa.

Manusia Pohon

 

Dede, Manusia Akar Pohon

Ini terjadi pada Dede. Akibat penyakit ini tangan dan kakinya berbentuk layaknya akar pohon. Penyakit ini adalah sejenis kutil yang mengganas. Diperkirakan, penyakit ini disebabkan oleh virus HPV (Human papilloma Virus). Kutil pada Dede mulai nampak setelah dia terkena luka goresan di kulitanya sewaktu remaja dan bertambah banyak ke sekujur tubuh. Kulitnya juga telah terinfeksi dan banyak bakteri dan serangga-serangga kecil banyak hidup di kulitnya.

Gigantisme (Acromegali)

 

Pertumbuhan tinggi badan pada penderita gigantisme (akromegali)

Gigantism adalah kelainan genetik dimana seseorang tumbuh sangat tinggi melebihi batas normal rata-rata tinggi manusia. Ada dua macam gigantism: pertama, Pituitary Gigantism yang menyebabkan pertumbuhan tinggi badan yang tidak terkendali. Sedangkan yang kedua adalah Cerebral  Gigantism, dimana sel-sel otak akan tumbuh secara berlebihan, sehingga penderitanya mengalami keterbelakangan mental

Dwarfisme (cebol)

 

Penderita dwarfisme (kanan)

Peneliti medis masih belum menemukan penyebab pasti dari dwarfisme primordial. Kondisi ini tidak diyakini timbul karena setiap kekurangan nutrisi atau hormon pertumbuhan.

Kelainan ini seharusnya muncul terutama karena faktor genetik. Hal ini diduga menjadi penyakit keturunan yang terjadi ketika embrio menerima salinan gen cacat dari setiap ayah-ibu. Kondisi ini mungkin tidak terlihat pada ayah-ibu. Namun, mereka mungkin memiliki gen yang cacat secara resesif. Sebuah kerdil primordial dapat dibentuk jika gen resesif digabungkan satu sama lain selama reproduksi. Meskipun kondisi yang sangat jarang, beberapa keluarga telah ditemukan memiliki lebih dari satu anak dengan masalah ini. Kasus dwarfisme saudara biasanya merupakan indikasi dari gen autosom resesif yang diwariskan. Adanya sifat genetik secara jelas diindikasikan untuk gangguan ini.

Sebuah laporan yang diterbitkan pada Januari 2008 disebutkan mutasi pada gen Pericentrin (PCNT) sebagai penyebab dwarfisme primordial. Gen ini memiliki peran dalam sitokinesis, mengatur pemisahan kromosom dan pembelahan sel.

Arnold-Chiari Syndrome

 

Cacat tubuh pada bayi penderita Arnold-Chiari Syndrome

Arnold-Chiari syndrome adalah cacat dalam pembentukan otak kecil (bagian kecil bawah otak) dan batang otak. Cacat ini dapat mencegah aliran darah dari otak ke kanal tulang belakang. Arnold-Chiari syndrome biasanya disertai dengan myelomeningocele, yang merupakan bentuk dari spina bifida. Ada empat jenis Sindrom Chiari, dengan derajat keparahan yang berbeda. Tipe 2 adalah salah satu yang berhubungan dengan spina bifida.

Arnold-Chiari syndrome terjadi selama perkembangan otak sebelum lahir. Ruang tulang indentasi di bagian belakang bawah tengkorak lebih kecil dari normal, sehingga otak kecil dan batang otak didorong ke bawah. Alasan otak tidak berkembang secara normal tidak dipahami dengan baik.

Sindrom ini menyebabkan penderitanya tidak mempunyai tulang selangkasehingga bahu yang satu menyentuh bahu lainnya.

Cyclopia

 

Sel kromosom yang abnormal pada penderita Cyclopia

 

Cacat kelahiran yang satu ini menyebabkan kedua mata menyatu dan tidak terpisah satu sama lain. Kemungkinan terjadinya cyclopia ini yaitu satu dari 250 kelahiran. Bentuk wajah cyclopia menjadi tidak beraturan bentuknya atau hidung menjadi tidak berfungsi semestinya dan bisa jadi hidungnya terdapat di atas mata maupun di bagian belakang kepala. Kebanyakan penderita kelainan ini akan mati saat masih di kandungan.Cacat ini kemungkinan karena disebabkan oleh gangguan genetik pada kromosom X ataupun karena adanya paparan toksik (racun) terhadap ibunya.

Mermaid Syndrome (Sindrom Putri Duyung)

 

Bentuk morfologis tulang tungkai penderita sindrom duyung melalui foto rontgen

 Kakinya menyatu bagaikan sirip ekor putri duyung

 Penderita sindrom duyung kedua kakinya bergabung dan menjadi satu dan berbentuk seolah-olah seperti sirip ekor putri duyung. Cacat ini kemungkinan terjadinya 1: 100.000 kelahiran.

Penyakit Fields

 

Penyakit Fields ‘dikatakan sebagai penyakit paling langka di dunia. Hal ini dinamai setelah dua kembar, Catherine dan Bidang Kirstie dari Wales. Penyakit ini tidak memiliki nama medis, tetapi dokter telah mampu menyebutnya penyakit neuromuskular. Otot-otot dalam tubuh secara perlahan memburuk, yang membatasi gerakan. Penyakit perempuan ‘telah dipelajari oleh dokter dari seluruh dunia. Karena penyakit ini sangat langka dan tidak diketahui, dokter tidak yakin apa yang akan terjadi selanjutnya. Penyakit ini sejak membatasi kehidupan gadis-gadis, yang mengikat mereka untuk kursi roda dan membuat tugas sederhana seperti menulis, keras.

Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP)

 

Fibrodysplasia ossificans progressiva (FOP) adalah penyakit genetik langka yang mempengaruhi jaringan ikat. Penyakit ini dikatakan hanya mempengaruhi 1 dalam 2 juta orang. Di seluruh dunia ada 700 kasus yang dikonfirmasi dari penyakit, 285 dari mereka yang di FOP AS diklasifikasikan ketika tubuh menyebabkan jaringan berserat, seperti ligamen, otot, dan tendon, untuk menjadi kaku, atau untuk mengubah ke dalam tulang ketika rusak . Ini berarti yang jatuh dapat menyebabkan tulang untuk tumbuh dalam otot dan tendon di seluruh tubuh. FOP berdiri sebagai penyakit yang hanya dikenal yang menyebabkan satu jenis sistem organ untuk berubah menjadi yang sama sekali berbeda. Saat lahir, gejala klasik dari penyakit ini adalah malformasi jempol kaki. Tidak ada pengobatan dikenal untuk FOP, sebagai operasi untuk menyingkirkan tulang, tampaknya menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak lagi.

Von Hippel-Lindau (VHL)

 

on Hippel-Lindau penyakit (VHL) dikatakan mempengaruhi satu dalam 35.000 orang. Ini adalah kondisi genetik yang sangat langka yang ditandai dengan pertumbuhan tumor di berbagai bagian tubuh. Banyak tumor akan tumbuh dalam sistem saraf pusat dan sering jinak, tetapi terbuat dari pembuluh darah. Medis dikenal sebagai hemangioblastomas, tumor ini dapat mulai tumbuh di retina, otak, dan sumsum tulang belakang. Tumor yang berbeda juga diketahui tumbuh di pankreas, kelenjar adrenal, dan ginjal. Jika tidak diobati, penyakit ini bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, dan penyakit kardiovaskular.

Microcephaly

 

Mikrosefali adalah kondisi yang sangat langka yang terlihat langsung saat lahir, dan kadang-kadang bahkan sebelum. Ini mempengaruhi 1 dalam setiap 666.666 di AS Dengan microcephaly, otak tidak dapat berkembang dengan baik, atau dalam beberapa kasus berhenti untuk tumbuh sama sekali, sementara bayi masih dalam kandungan. Hal ini menyebabkan kepala lebih kecil dari kepala bayi normal saat lahir. Banyak yang percaya bahwa penyakit ini disebabkan oleh paparan zat berbahaya sementara dalam paparan, rahim untuk radiasi, atau masalah genetik. Penyakit ini biasanya dipasangkan dengan sindrom Down. Mereka yang memiliki microcephaly biasanya mental terbelakang dan akan memiliki masalah dengan hiperaktif, kekerdilan, kejang, masalah keseimbangan, masalah bicara dan motorik, serta yang lain.

Paraneoplastic Pemfigus (PNP)

Meskipun ada banyak bentuk pemfigus, pemfigus paraneoplastic adalah yang paling umum dan paling serius. PNP adalah penyakit bulosa langka autoimun yang menyebabkan terik. Keratinosit, yang adalah apa yang membentuk, yang terpisah dari satu sama lain epidemus, meninggalkan kesenjangan. Banyak kali kesenjangan menjadi penuh dengan cairan mengelupas, meninggalkan kulit mentah dan terbuka untuk infeksi. Lepuh ini biasanya muncul di mulut, tenggorokan, bibir, dan tempat-tempat acak pada kulit. Penyakit ini juga sangat fatal, karena 90% dari mereka yang didiagnosis dengan penyakit mati karena kegagalan sepsis, multi-organ, atau kanker yang menyebabkan penyakit.

Morgellons

 

Hari ini, Morgellons berdiri sebagai penyakit yang sangat kurang dipahami bahwa beberapa dokter tampaknya percaya jika penyakit menular kronis. Sa

yangnya, penyakit ini biasanya menodai serta melumpuhkan. Penyakit ini diklasifikasikan oleh menggigit, gatal, atau merangkak sensasi, filamen yang tumbuh dari kulit, dan lesi kulit, serta kehilangan memori, cat sendi, dan kelelahan. Morgellons masih belum diakui oleh seluruh komunitas medis, tetapi sudah ada sekitar 2.000 orang di AS yang percaya bahwa mereka menderita penyakit tersebut. Beberapa laporan adalah anak-anak, yang dikatakan tidak mampu untuk melakukan hal-hal normal seperti pergi ke sekolah atau bermain olahraga. Tidak ada obat diketahui atau pengobatan yang efektif untuk Morgellons.

Noorsyaidah,  Si Manusia Kawat

DUNIA semakin tua dan aneh. Dari Sangatta, Kutai Timur, seorang perempuan bernama Noorsyaidah memproduksi kawat dari dalam tubuhnya. Seperti tampak dalam gambar, kawat-kawat yang tertanam di dalam tubuhnya tembus hingga keluar. Jika pada bagian telapak tangannya, kawat-kawat itu hanya tercetak di bawah lapisan kulit, justru pada bagian perut, batang-batang kawat berukuran 10-20cm itu melesak keluar.

Fenomena Noor ini tergolong aneh. Bahkan beberapa dokter mengaku belum menemukan gejala medis seperti yang dialami perempuan yang sehari-hari bekerja sebagai seorang guru TK itu. Upaya serius pun dilakukan tim medis, Beberapa pejabat setempat hingga menteri kesehatan menaruh perhatian serius pada penderitaan Noor.
Menurut Noor, kawat-kawat itu sudah bersemayam di dalam tubuhnya selama 20 tahun. Ia sendiri pernah mencoba mencabut kawat tersebut dari luar perutnya, anehnya kawat itu mencelup masuk ke dalam dan keluar lagi pada beberapa saat kemudian. Kawat-kawat itu juga seperti tumbuh secara acak. Adakalanya kawat itu jatuh sendiri dan anehnya kemudian muncul lagi.
Sejauh ini, sudah beberapa kali operasi ditempuh Noor, termasuk mendatangi dukun. Tapi, upaya itu menemui jalan buntu. Manusia Kawat dari Kalimantan Timur masih terus menanti keajaiban.

Penyakit Kaki Gajah (Elephantiasis)

Penyakit kaki gajah atau Lymphatic Filariasis dapat langsung dikenali dari bentuk kaki atau lengan penderita yang membesar. Penyakit ini disebabkan oleh cacing parasit yaitu Wuchereria Bancrofti, Brugia Malayi dan B.Timori yang semuanya dapat ditularkan oleh nyamuk. penyakit ini telah menyerang lebih dari 120 juta orang didunia.Ketika nyamuk betina yang terinfeksi menggigit seseorang, larva yang disebut microfilariae menyebar di dalam aliran darah, larva ini dapat bertahan hidup tahunan. sering kali efek penyakit ini baru muncul setelah setahun terinfeksi.

Halifah, Betis yang Membesar

Halifah (37) warga Sotek Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur sejak tahun 2000 menderita penyakit aneh berupa benjolan seberat 30 kg di sekitar betis kirinya.

Di wajah Halifah terdapat puluhan benjolan sebesar kelereng. Di lengan kanannya terdapat puluhan benjolan sebesar bola tenis dan kelereng, begitu juga di telapak kakinya. Yang lebih mengagetkan, di betis kirinya terdapat benjolan sebesar bola sepak. Benjolan tersebut seperti balon yang diisi air. Lembek dan lentur.

Halifah tinggal di Jl Haji Pelori RT 3 Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. Ia mengidap penyakit tersebut sejak lahir. Kedua orangtuanya sudah meninggal sejak Halifah berusia 8 tahun. Awalnya, benjolan-benjolan tersebut tidak begitu dipedulikan keluarganya. Namun, awal tahun 2000 benjolan di betis kirinya semakin membesar. Padahal, sebelumnya benjolan tersebut hanya sebesar biji jagung.

Abdul Hazem, Kulitnya Hitam dan Bersisik

Bangkalan – Sudah setahun lebih, Abul Hazem (17) warga Dusun Naro’an Timur, Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burneh, Bangkalan, Madura terbaring di rumahnya. Pria lulusan SD itu, mengalami penyakit aneh. Dokterpun tidak tahu jenis penyakitnya, tapi pihak keluarganya menyebut penyakit bersisik dan seluruh tubuhnya berwarna hitam pekat.

Semula, anak kedua dari pasangan Mat Rakis (38) dan Mukdiyah (36) mengalami benjolan kecil yang menyerupai penyakit cacar di pipi kanannya. Kemudian menjalar ke dada dan punggungnya hingga akhirnya tumbuh di sekujur tubuhnya. Yang tersisah hanya mulut dan telapak tangan dan kakinya yang kelihatan sempurna.

Lambat laun, tubuh Abul Hazem sulit digerakkan. Bahkan, panas dan gatal lebih mendominasi. Sedangkan hasrat makan normal seperti layaknya manusia yang sehat. Dalam sehari makan 3 kali, dan snack apapun juga dilahap.

Pihak keluarga Abul Hazem yang tergolong keluarga kurang mampu ini, tetap berusaha memeriksakan penyakit aneh tersebut. Mulai dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkalan hingga RSU dr Soetomo, Surabaya. Namun, tidak ada hasilnya.

Pihak dokter pun juga tidak menyebut secara jelas apa jenis penyakit tersebut. Setiap obat yang diberikan dokter selalu diminum, tapi tidak ada hasilnya. Pihak keluarga Abul Hazem akhirnya memutuskan untuk dirawat di rumah, sebab, tidak lagi mempunyai biaya untuk pengobatan.

Mat Rakis, bapak penyandang penyakit aneh menuturkan, upaya medis sudah dilakukan.
Bahkan, minta barokah kepada para Kyai juga seringkali diupayakan, tapi tidak ada hasilnya. Malah, kondisi tubuh Abul Hazem semakin parah.

“Saat ini sering gatal bercampur panas. Dia sering minta digaruk hingga berjam-jam,” ujar Mat Rakis pada wartawan di rumahnya, Dusun Naro’an, Kelurahan Tunjung, Kecamatan Burneh, Bangkalan.

Dia berharap ada kepedulian dari masyarakat untuk pengobatan Abul Hazem. Sebab, pihak keluarga sudah tidak lagi mempunyai kemampuan berobat. “Saya sudah tidak mempunyai kemampuan lagi untuk berobat. Ya semoga ada orang yang peduli,” harapnya.

Ari, Bocah berkulit Kadal

Ari (12) anak pasangan Ernawati dan Nurali, warga Jalan Palem Indah RT 07/01, Kelurahan Ponduk Pucung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang, Banten, sungguh menyedihkan. Dari sekujur kulit tubuhnya bersisik. Penyakit aneh?

Kondisi Ari saat ini masih bisa bermain seperti layaknya anak-anak. Hanya, sebagian aktivitasnya dilakukan di dalam rumah. Maklum, dari sekujur tubuhnya bersisik. Mmebuat orang yang melihatnya merasa iba.

Kakek Ari, Sharfan, menuturkan bahwa , kelainan kulit yang diderita cucunya itu muncul sejak lahir dan sangat sulit untuk disembuhkan. “Dokter hanya menyebutkan ada kelainan kulit yang sulit disembuhkan,” tutur Sharfan.

Masih menurut cerita sang kakek, penyakit aneh yang diderita Ari diduga karena Ernawati saat mengandung pernah menyiksa biawak saat Ari dalam kandungan berusia empat bulan. Namun, ini hanya dugaan sang kakek, karena dokter belum melakukan pemeriksaan detail apa yang sebenarnya diderita Ari.

Yani, Manusia Tumor

Warga Riungasih Rt 03/12 Kelurahan Tuguraja, Kec. Cihideung, Kota Tasikmalaya, Yani Suryani (39), hanya bisa pasrah dengan nasib yang dialaminya. Setiap saat ia senantiasa berdoa Kepada Allah swt agar penyakit aneh yang dideritanya sejak 39 tahun lalu bisa segera sembuh dan normal kembali seperti sediakala.

Anak ke dua dari empat keluarga pasangan Ny E Maskiah dan Kodir (alm) tersebut di sekujur tubuhnya dipenuhi dengan benjolan-benjolan. Benjolan itu tumbuh dari mulai sebesar jari tangan hingga sebesar kepalan orang dewasa, sehingga badan aslinya seperti sudah tidak terlihat jelas dan tertutup oleh benjolan tersebut.

Benjolan itu tumbuh dari kepala hingga kakinya, dan beberapa di antaranya sudah membesar, terutama di bagian kaki dan paha termasuk punggung. Sementara benjolan di bagian punggung yang diduga sebagai induknya kondisinya terus membesar, dan semakin memanjang hingga bentuknya seperti ekor dengan panjang sekitar 30 senti meter.

Ternyata benjolan itu bukan hanya tumbuh di bagian kulit luar saja, tapi juga tumbuh di bagian dalam hidung dan juga tumbuh pada lidah. Dampaknya, pernapasanya menjadi terganggu. Bukan itu saja, Yani saat ini sudah tidak bisa berjalan jauh, karena benjolan pada kaki dan betisnya terus membesar, sehingga terasa berat untuk dibawa jalan kaki. “Ayeuna mah tos teu tiasa mapah kanu tebih asa bareurat. Janten upami ngiring ngaos oge mung dinu caket we,” ungkapnya saat ditemui di rumahnya Rabu

Sumini, Wajahnya Hilang Akibat Penyakit Aneh

Sumini (54), warga Desa Nglanduk, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, Jatim, selama puluhan tahun menderita penyakit aneh.
Suami Tumini, Marto (65), Minggu (21/6), mengatakan, akibat penyakit aneh tersebut, sebagian wajah Tumini telah hilang dan berlubang. Bagian kedua matanya, hidung, dan bibir hilang. Yang tersisa hanya tinggal dagu dan kening saja.

Menurut dia, penyakit aneh tersebut telah menyerang istrinya selama hampir 30 tahun lebih. Namun, karena keajaiban Tuhan, Sumini bisa bertahan meski jaringan hidung untuk bernafasnya juga tidak sempurna akibat penyakit tersebut. Bahkan kesadaran dan indera pendenagaran Sumini juga masih bagus.

Ahmad Yunus, Manusia Sisik Ikan

Ahmad kini hanya bisa pasrah oleh penyakit yang aneh, seluruh tubuhnya bersisik dan kulitnya terus mengelupas. Bahkan, kedua matanya nyaris buta karena tertutup kulit yang mengelupas.

Tubuhnya pun kini tidak bisa digerakkan lagi karena terasa sakit luar biasa. Penyakit ini datang berawal ketika tumbuh benjolan-benjolan kecil di wajahnya, tetapi kemudian seluruh bagian kepala dan punggungnya terasa gatal yang amat sangat.

Ahmad sebenarnya pernah dirawat di RSUD Karawang dengan menggunakan Kartu Gakin, namun setelah dirawat selama tiga minggu Ahmad dipaksa pulang oleh pihak rumah sakit dengan alasan sudah terlalu lama dan hanya menggunakan Kartu Gakin. Tragisnya lagi, pihak rumah sakit menyatakan penyakit Ahmad sudah tidak bisa disembuhkan lagi.

Sejak saat itu, Ahmad sudah tidak pernah berobat atau pergi ke rumah sakit karena takut ditolak. Sudah tiga bulan ini Ahmad hanya bisa pasrah dan tergeletak tak berdaya. Namun, Ahmad masih berharap ada perhatian dari pemerintah daerah atau bahkan pemerintah pusat untuk dapat menyembuhkan penyakitnya.

Ahmad berharap dengan adanya bantuan para dermawan, penyakitnya tidak akan semakin parah. Pria ini hanya hidup dalam keterbatasan di sebuah rumah yang sangat sederhana bersama ibunya, Cici (50), sementara sang ayah sudah meninggal beberapa tahun lalu.

Pria yang tidak bisa gemuk

Namanya Perry berumur 59 tahun, pria ini dapat memakan makanan apapun yang diinginkannya dalam jumlah tak terbatas termasuk makanan tinggi lemak seperti makanan fast food dan dia tidak perlu khawatir kegemukan. Pria ini menderita kelainan yang disebut Lipodystrophy, kondisi yang membuat tubuhnya secara cepat membakar lemak.

Dahulu Perry adalah anak yang cukup gendut, tetapi ketika berumur 12 tahun tiba-tiba berat tubuhnya turun bebas hanya dalam waktu semalam. Meski berusaha makan sebanyak apapun tetapi tidak menimbulkan efek apa-apa. Pada akhirnya ketika diperiksa ditemukan kelainan tersebut, tubuh Perry ternyata memproduksi hormon insulin 6x lebih banyak dibandingkan orang kebanyakan. Benar-benar kondisi yang diimpikan oleh para pengingin tubuh ramping.

Wanita yang mampu orgasme sebanyak 200x setiap hari

Nama wanita ini, sarah Carmen berumur 24 tahun tinggal di UK. Merupakan wanita yang luar biasa karena dapat dengan mudah mendapat rangsangan dari hampir semua hal sehingga mampu orgasme sebanyak 200x dalam sehari. Bayangkan!

Kondisi ini disebut Sexual Arousal Syndrome (PSAS) yang menyebabkan meningkatnya aliran darah ke organ kelamin. Sarah mengatakan sesekali dia melakukan banyak hubungan sex untuk sekedar menenangkan dirinya dan bagi pihak pria tampaknya tidak perlu bersusah payah karena Sarah dapat mencapai klimaks dengan mudahnya.

Pria yang tidak merasakan dingin

Dutchman Wim Hof namanya, dikenal juga dengan sebutan Iceman, pria ini mampu berenang di air es dan mengubur dirinya ditimbunan es. Bahkan dia pernah memanjat gunung Blanc hanya dengan celana pendek saja!

Para ilmuan tidak dapat menjelaskan kondisi fisik ini, bagaimana bisa pria berumur 48 tahun ini tahan bahkan betah didalam suhu dingin yang seharusnya fatal bagi orang kebanyakan.

Bocah yang bisa melihat tanpa mata

Ben Underwood belajar sendiri untuk menggunakan tempat yg bergema untuk berkelana ke seluruh dunia. Dia buta, kedua matanya dibuang (kanker) ketika ia berusia 3 tahun, tapi ia berencana membuat sebuah prestasi yg membanggakan. Sebenarnya, dia adalah Daredevil. Dia dapat melihat dunia dengan mendengarkan suara seperti gelombang sonar. kayak lumba-lumba.

Pria yg memindahkan benda dengan pikirannya

Miroslaw Magola sedang unjuk kebolehannya.
“Ingat, sendok itu tidak ada”. Seperti bocah dalam film “The Matrix”, Miroslaw Magola – “Pria Magnet” – menentang hukum gravitasi dengan kekuatan yg luar biasa — menerapkan kekuatan kegilaan kinesis , dia dapat mengangkat apapun dari panci logam hingga patung marmar, memindahkan mereka melewati udara untuk ditambahkan ke badannya, dan menciptakan kekuatan untuk menjaganya agar tetap bertahan di badannya — dengan hanya menggunakan kekuatan pikiran yg sederhana.
Pecandu dari kejadian dari energi fisika, Miroslaw telah mengembangkan kemampuannya untuk memanipulasi benda mati di udara untuk mengikuti pikirannya, bahkan memaksa mereka untuk berputar dan bergetar. Kekuatan mentalnya sangatlah tajam hingga dia dapat melompat² sementara barang²nya masih melekat di kepalanya tanpa menjatuhkannya.
Miroslaw menjelaskan bagaimana dia menggunakan kegilaan kinesis untuk memainkan prestasi yg unik ini, “Itu semua bekerja karena saya because I membebani diri saya dengan energi (Saya menghubungkan diri saya dengan itu) dan pada waktu yg sama saya berharap benda² tersebut dapat melayang.” Miroslaw telah menjalani banyak test terhadap kemampuannya yg membingungkan yg masih menjadi misteri bagi para ilmuwan hingga kini.

Wanita yg dapat tertawa dengan maximum volume hingga 110 dB (deciBels)


Ini adalah Jittarat Wongsomboon, wanita yg berusia 55 tahun dari Thailand, yg dapat tertawa dengan maximum volume hingga 110 dB! Dapatkah kamu percaya ini? Kelihatannya aneh, tapi ini benar adanya. Tanggal 5 bulan Juli, 2008, Jittarat berpartisipasi di Ripley’s International Laughing Contest di Pattaya, dan memenangkan di kompetisi yg amat mengherankan, dgn tertawa terus menerus selama 12 menit dan 26 detik dan menghasilkan dentuman volume hingga 110 dB.

Biksu yg dapat menghasilkan energi panas dari badan mereka

Para ahli telah mempelajari tentang biksu Buddha selama lebih dari 20 tahun untuk mencari tahu bagaimana mereka melakukannya. Dengan menggunakan tehnik meditasi yang disebut Tum-mo. Biksu ini dapat menurunkan kadar metabolisme tubuhnya sebesar 64 persen, sebagai pembanding di saat anda tidur kadar metabolisme dalam tubuh akan berkurang sebanyak 10 hingga 15 persen. Jauh lebih hebat dari ini, biksu² ini juga bisa meningkatkan temperatur dari jari jari mereka sebanyak 17 derajat. Tidak ada yang tahu bagaimana caranya.

Pria yang mampu bertepuk tangan sekeras suara helikopter

 

Seorang pria Cina berusia 70 tahun mampu bertepuk tangan sekeras suara helikopter dan akan dimasukkan ke dalam Buku Rekor. Tepukan tangan Zhang Quan yang berasal dari Chongqing tersebut selama ini diawasi oleh Departemen Lingkungan Hidup. Tepukan tangannya menimbulkan suara yang sedikit lebih kecil dibandingkan suara baling-baling helikopter yang sedang berputar dengan kecepatan penuh. Petugas Departemen Lingkungan Hidup berkata Zhang akan ditangkap apabila membuat polusi suara karena terlalu banyak bertepuk tangan.

Blue skin disorder

 

Sebuah keluarga besar yang dikenal sebagai `orang biru` tinggal di bukit di sekitar Troublesome Creek di Kentucky sampai tahun 1960an. mereka adalah Blue Fugates, kebanyakan dari mereka hidup sampai umur 80 tahunan, mereka tidak punya penyakit serius, hanya kulit yang berwarna biru, penyakit ini diteruskan secara turun-temurun. orang dengan penyakit ini kulitnya akan berwarna biru, plum, atau hampir ungu.

 Anak yang tidak tidur: terjaga selama 24 jam selama setahun

Rhett Lamb terlihat seperti anak berumur 3 tahun kebanyakan, tetapi ada satu hal yang membuatnya benar-benar berbeda dengan anak sebayanya, yaitu kondisi dimana dia mampu tidak tidur meski hanya sekejap saja.

Rhett terjaga hampir 24 jam penuh selama setahun! membuat orang tua dan dokternya berjaga bergantian untuk mengamati Rhett untuk menemukan solusi. Akhirnya dokter mendiagnosa Rhett mengalami kondisi yang disebut Chiari Malformation.

Otak Rhett secara harafiah terdesak oleh kolom tulang belakang, Sehingga mengacaukan sistem kerja otak, padahal otak mempunyai fungsi vital untuk mengantur rasa ngantuk, berbicara, emosi, sistem sirkulasi tubuh, bahkan mengatur pernafasan.

Gadis remaja yang alergi terhadap air

Namanya Ashleigh Morris, dia tidak bisa pergi berenang, berendam di bak air hangat dan bahkan mandi sekalipun karena dia alergi terhadap air, Bahkan berkeringat pun membuat gadis berumur 19 tahun ini kesakitan.

Ashleigh berasal dari Malbourne, Australia, alergi terhadap air bertemperatur berapapun, kondisi ini terjadi sejak dia berumur 14 tahun. Dia menderita kelainan kulit yang disebut Aquagenic Urticaria, suatu kondisi yang benar-benar langka terjadi didunia.

Wanita yang tidak dapat lupa

Merupakan kemampuan dari wanita bernama AJ (nama asli dirahasiakan untuk menjaga privasi), berumur 40 tahun. McGaugh dan beberapa peneliti dari UCI Researchers telah mempelajari kemampuan luar biasa dari wanita ini. kemampuan untuk menyimpan secara terus menerus dan otomatis pengalaman pribadi dan kejadian umum yang dialami oleh AJ. Jika kita menanyakan hal secara acak peristiwa yang terjadi selama 25 tahun belakangan, AJ dapat menjelaskannya secara detail apa yang terjadi pada waktu itu, hari apa, dan bagaimana cuaca pada hari itu.

Gadis yang hanya makan permen tic tac

Namanya Natalie Cooper, berumur 17 tahun. gadis remaja yang memiliki penyakit misterius yang membuatnya sakit setiap kali makan sesuatu. hampir semua makanan kecuali satu, yaitu permen tic tac!

Dokter tidak dapat menjelaskan, jadi hanya tic tac yang dia makan, selebihnya untuk mendapatkan gizi Natalie mendapatkannya dari makanan dalam tabung (infus).

Gadis yang pingsan setiap kali tertawa
Namanya Kay Underwood, berumur 20 tahun, menderita Cataplexy yang berarti ketika si penderita mengalami emosi berlebihan, ototnya akan melemah. hal seperti gembira,ketakutan, terkejut, kagum dapat membuatnya langsung jatuh tepat dimana dia berada.

Kay menderita penyakit ini sejak 5 tahun yang lalu, pingsan lebih dari 40x dalam sehari. Kay mengatakan “orang menganggap hal ini sangat aneh dan tidaklah mudah menghadapi reaksi orang lain”.

Selain Cataplexy Kay juga harus melawan Narcolepsy, yaitu kondisi yang dapat membuatnya tertidur secara tiba-tiba. Narcolepsy menyerang lebih dari 30.000 orang di UK dan sekitar 70% nya juga memiliki penyakit Cataplexy.

Wanita yang alergi terhadap teknologi

Untuk sebagian besar orang, Handphone, memasak dengan Microwave adalah bagian dari kehidupan di abad 21. tetapi benda ini sangat tidak mungkin dimiliki bagi Debbie Bird, karena dia alergi terhadap Handphone dan Microwaves.

Wanita berumur 39 tahun ini sangat sensitif gelombang elektromagnetik (EMF) yang dihasilkan oleh komputer, handphone, microwave dan beberapa mobil. efek bila terkena kulit Debbie adalah luka ruam memerah dan bisa melebar 3x jika berada terlalu dekat dengan sumber EMF. Maka Suami Debbie yang bekerja sebagai manager health spa merubah rumah mereka menjadi bebas EMF.

Bocah Yang Tak Pernah Merasa Kenyang

Kasus kelainan makan yang pertama terjadi pada seorang anak bernama Ben Green yang berusia 10 tahun. Ben menderita sindrom langka yang disebut prader-willi, sehingga membuatnya terus merasa lapar sepanjang hari. Kelainan genetik ini biasanya hanya diderita 1 dari 25.000 anak.

Bila tidak diawasi, bocah 10 tahun ini bisa memakan apapun yang ada di hadapannya, termasuk makanan kucing dan pasta gigi, bahkan dirinya sendiri. Sindrom ini juga dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan kognitif dan gangguan perilaku, masalah berat badan, masalah dalam mengendalikan amarah, dan kesulitan dalam bersosialisasi
Kondisi ini membuat kedua orang tua Ben, Paul Green dan Angela Booth harus menjaga anaknya dengan ketat agar tidak melakukan hal-hal berbahaya, seperti memakan dirinya sendiri.

Namun, mengekang keinginan Ben untuk makan bisa menyebabkannya mengalami tantrum, yaitu sifat marah yang meledak-ledak yang dapat berlangsung selama berjam-jam.
Sindrom prader-willi membuat otak Ben tidak menyadari bahwa perutnya sudah kenyang. Kedua orang tuanya telah diberi tahu untuk memantau dan mengendalikan kebiasaan makan Ben, karena ia sudah sangat kelebihan berat badan dan itu bisa membunuhnya. Saat masih bayi, Ben sangat lemah dan sulit untuk diberi makan. Lalu ia mulai tumbuh dan mulai memiliki nafsu makan yang rakus.

Tak Pernah Merasa Lapar dan Haus

Berbanding terbalik dengan kelainan yang diderita Ben Green, Molly Smith justru menderita kelainan yang membuat tubuhnya tidak bisa menyerap makanan, sehingga ia tidak pernah merasa lapar dan haus. Saat masih anak-anak, Molly pernah dilarikan ke rumah sakit karena mengalami masalah pada ususnya. Ia menderita kondisi langka yang disebut intussusceptions. Kondisi ini membuat dokter terpaksa membuang organnya. Operasi tersebut membuatnya tidak mampu mencerna makanan atau minuman dan harus diberi makan melalui tabung langsung ke dalam jantungnya selama 15 tahun setelahnya.

Selama 15 tahun, Molly harus menghubungkan dirinya dengan mesin selama 12 jam setiap hari untuk memasukkan nutrisi langsung ke darah melalui jantungnya. Dia meletakkan tabung dengan lubang di dadanya, yang harus ditutupi oleh plester pada siang hari. Namun, hati Molly rusak parah karena mencerna nutrisi konsentrasi tinggi yang dimasukkan oleh tabung. Kondisi ini membuatnya membutuhkan transplantasi untuk menghindari kematian.

Menjelang usia 16 tahun, Molly menjalani transplantasi berbahaya untuk 3 organ selama 12 jam di Birmingham Children’s Hospital. Transplantasi dilakukan untuk menggantikan hati, usus, dan pancreas. Ia pun belajar untuk makan dan minum lagi. Namun, karena bertahun-tahun tumbuh tanpa makanan, Molly tidak pernah bisa merasakan lapar dan haus. Menurutnya, setiap waktu dia harus mengingatkan diri sendiri untuk makan dan minum pada saat jam makan tiba. Namun, ia menyatakan tidak pernah merasakan kenikmatan dari mengunyah makanan, Molly mengatakan makan adalah pengalaman baru baginya. Ada begitu banyak rasa dan tekstur yang harus ia biasakan. Menurutnya, pengalaman makan sangat sulit untuk diungkapkan dengan kata-kata.


Harus Memakan Makanan yang Tinggi Lemak

Dewasa ini banyak orang yang khawatir makanan yang dikonsumsinya mengandung kolesterol tinggi. Karena itu, mereka berlomba-lomba menerapkan pola hidup yang sehat dengan gizi yang seimbang. Namun, hal berbeda dialami seorang gadis dari Inggris bernama Amy Peterson. Sekilas, Amy seperti anak lainnya. Tubuhnya kecil dan terlihat sehat. Akan tetapi saat ia mulai makan, mungkin Anda akan tercengang dibuatnya.

Gadis berusia 9 tahun ini memiliki kelainan genetis yang membuat tubuhnya membutuhkan makanan dengan kandungan lemak tinggi setiap hari. Ia harus mencampurkan minyak zaitun dalam setiap makanan yang akan dikonsumsinya agar lemaknya tercampur dengan sempurna dan memberikan nutrisi bagi otaknya yang kelaparan. Tanpa asupan makanan berlemak tinggi, nyawa Amy bisa melayang sewaktu-waktu.

Kondisi langka yang dialami Amy disebut sindroma defisiensi glut 1 yang hanya terjadi pada 25 orang Inggris dan 100 orang di dunia, ini berarti, otaknya tidak dapat menerima nutrisi dari makanan normal.
Tidak seperti orang lain, otak Amy tidak bisa menerima asupan gizi dalam jumlah yang memadai dalam porsi makanan orang biasa. Karena itu, Amy harus makan 3x lipat makanan berlemak. Apabila orang lain bisa kegemukan, maka bagi Amy menyantap makanan dengan double cream serta minyak zaitun merupakan konsumsi wajib kalau mau berumur panjang.
Hingga saat ini Amy sanggup bertahan berkat ketelatenan orangtuanya, Michelle dan Alan Peterson yang selalu memantau asupan makanan putri mereka yang mencengangkan selama sehari penuh.

Terobsesi untuk Menelan Sendok dan Garpu

Ketika berada di sebuah meja dengan hidangan lengkap, maka pasti mata kita akan berbinar-binar melihat makanan enak yang disajikan, tetapi tidak demikian dengan Margaret Daalman. Wanita asal Belanda ini justru akan lebih tertarik untuk menyantap peralatan makanan yang tersusun rapi di meja seperti sendok dan garpu. Daalman mengidap kelainan psikologis yang membuatnya terobsesi untuk menelan sendok dan garpu daripada menyantap makanan. Ada keinginan yang kuat pada para penderita untuk menelan benda-benda dari logam ini dan sepertinya mereka tidak menyadarinya bahwa tindakan itu bisa berakibat sangat fatal.

Seperti yang dialami Margaret, yang harus dibawa ke rumah sakit karena mengeluh sakit perut. Tim dokter kemudian dibuat tercengang karena mereka menemukan 78 sendok dan garpu dari perut Margaret. Tim dokter dari Rotterdam akhirnya melakukan operasi untuk mengeluarkan sendok dan garpu satu per satu dari perut wanita berusia 52 tahun ini.

Tim dokter kemudian menyarankan Margaret untuk mengikuti terapi kejiwaan untuk menghilangkan kelainannya itu. Mereka pun mengingatkan pihak keluarga untuk selalu memantau dan menjaga wanita tersebut agar tidak terjadi hal fatal yang dapat membahayakan jiwa.

Yang digendong ini bukan boneka barbie, tapi manusia sungguhan. Wanita yang anda lihat namanya Kenadie Jourdin. Bayi perempuan kelahiran tahun 2003. Sekarang beratnya hanya 2 lbs 8 ons. Menurut dokter anak ini nggak bisa tinggi melebihi 30 inch dan melebihi 8 pound.
Kelainan ini hanya terjadi pada 100 orang dari seluruh dunia alias ini kelainan genetika yang langka.

 

 Dan masih banyak yang lainnya…..

10 Hormon Penting Tubuh Manusia

Seperti dilansir dari Ehow, NLM, medicinenet, dannetdoctor, Senin (19/4/2010), dari ratusan hormon yang ada berikut 10 macam hormon terpenting dalam tubuh manusia, yaitu:

1. Melatonin
Hormon ini diproduksi di kelenjar pineal dan berfungsi sebagai antioksidan dan mengontrol tidur. Meskipun hormon ini diproduksi secara alami oleh tubuh, tapi kelebihan maupun kekurangan hormon dapat berakibat buruk bagi tubuh.

Kelebihan hormon melatonin dapat menyebabkan lesu, gangguan hati, gangguan mata, kelelahan, disorientasi, pikiran dan perilaku psikotik, kebingungan, mengantuk, gangguan berbicara, gemetar, sakit kepala dan pusing.Sedangkan defisiensi atau kekurangan hormon melatonin akan menyebabkan kesulitan tidur atau insomnia, tidur tidak nyenyak, pembesaran prostat, depresi, kelelahan, siklus haid tidak teratur, gelisah, sindrom premenstruasi (PMS), katarak, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, gangguan irama jantung (aritmia).

2. Serotonin

Hormon serotonin diproduksi di saluran pencernaan. Hormon ini berfungsi mengontrol mood atau suasana hati, nafsu makan dan tidur.

Kelebihan hormon serotonin bisa menyebabkan kegelisahan, kebingungan, peningkatan denyut jantung, pupil melebar, kehilangan koordinasi otot, berkeringat, diare, sakit kepala, menggigil, mual, muntah, kejang, demam tinggi, detak jantung tak teratur, gerakan tidak terkendali dan hilangnya kesadaran.

Kekurangan hormon serotonin dapat menyebabkan kecemasan, tertekan, fobia, pesimistis, gelisah, tidak percaya diri, mudah marah, gangguan tidur, PMS, sakit kepala dan sakit punggung.

3. Tiroid
Hormon tiroid diproduksi di kelenjar tiroid. Hormon ini berfungsi untuk peningkatan tingkat metabolisme basal dan mempengaruhi sintesis protein.

Kelebihan hormon tiroid dapat menyebabkan diare, denyut jantung tidak teratur, sakit kepala, menggigil, gugup, kejang perut, demam, sakit dada, atau kesulitan tidur.

Sedangkan kekurangan hormon tiroid dapat menyebabkan lelah, lesu, sembelit, nyeri sendi dan otot, ramput atau kuku tipis dan rapuh, kurang dorongan seksual, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, detak jantung lambat, gangguan konsentrasi dan memori. Bahkan beberapa dapat menyebabkan depresi dan gangguan jiwa lainnya.

4. Adrenalin
Hormon adrenalin diproduksi di medula adrenal. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan pasokan oksigen dan glukosa ke otak dan otot (dengan meningkatkan denyut jantung), meningkatkan katalisis dari glikogen dalam hati, kerusakan lipid dalam sel lemak, serta menekan sistem kekebalan.

Kekurangan hormon adrenalin dapat menyebabkan pening, pusing, kelelahan, penurunan berat badan. Beberapa mengalami gangguan usus, peningkatan pigmentasi kulit, depresi, nyeri otot dan sakit pinggang akut.

5. Dopamin
Hormon ini diproduksi di ginjal dan hipotalamus. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, menghambat pelepasan prolaktin dan TRH dari hipofisis anterior.

Kelebihan dopamin dapat menyebabkan mual, muntah, sakit kepala, detak jantung tidak teratur, sakit dada, kesulitan bernapas, perubahan jumlah urin, perubahan warna kulit, sakit di kaki dan lengan.

Kekurangan hormon dopamin dapat menyebabkan tertekan, motivasi rendah, kesulitan memberikan perhatian dan berkonsentrasi, berpikir lambat, rendah libido dan impotensi, mudah lelah, berat badan cepat naik, dan mengalami gangguan tidur.

6. Gastrin
Hormon ini diproduksi di duodenum (usus 12 jari), yang befungsi untuk sekresi asam lambung oleh sel parietal.
Kelebihan gastrin dapat menyebabkan penyakit gastrinoma yaitu tumor jinak.

7. Hormon pertumbuhan (HGH)

Hormon ini diproduksi di pituitari anterior, dan berfungsi merangsang pertumbuhan dan reproduksi sel, melepaskan faktor pertumbuhan 1 mirip insulin dari hati.

Kelebihan hormon pertumbuhan dapat menyebabkan tumor hipofisis yang jinak dan tumbuh secara perlahan. Juga dapat menyebabkan sakit kepala, gangguan penglihatan, tekanan saraf optik, kelebihan tulang rahang, jari tangan dan kaki, kelemahan otot, resistensi insulin. Bahkan dapat menyebabkan diabetes tipe 2 dan berkurangnya fungsi seksual.

Kekurangan hormon ini pada anak-anak dapat menyebabkan kegagalan pertumbuhan dan tubuh pendek dan tertundanya kematangan seksual. Sedangkan pada orang dewasa kekurangan hormon pertumbuhan jarang terjadi, tapi dalam beberapa kasus dapat menyebabkan obesitas, penurunan massa otot dan pengurangan energi dan kualitas hidup.

8. Insulin
Hormon ini diproduksi di pankreas dan berfungsi untuk pengambilan glukosa, glikogenesis dan glikolisis di hati dan otot dari darah.

Kelebihan insulin dapat menyebabkan kadar gula darah sangat rendah, detak jantung tidak teratur, berkeringat, gemetaran, mual, kelaparan berat dan kecemasan. Kadang-kadang juga menyebabkan hipoglikemia (gula darah rendah).

kekurangan insulin dapat menyebabkan hiperglisemia (peningkatan kadar gula darah) yang dapat mengakibatkan penyakit diabetes mellitus.

9. Testosteron

Hormon ini diproduksi di testis dan berfungsi sebagai hormon seks pria. Hormon ini merangsang pematangan organ-organ seks pria, skrotum, pertumbuhan jenggot, pertumbuhan massa otot dan kekuatan, dan peningkatan kepadatan tulang.

Kelebihan hormon ini dapat menyebabkan peningkatan libido berlebihan dan mudah marah. Kekurangan testosteron dapat menyebabkan penyakit atau kerusakan pada hipotalamus (kelenjar di bawah otak) atau testis yang menghambat sekresi hormon dan produksi testosteron (hipogonadisme).

Kekurangan testoreton juga dapat membuat kerutan di wajah, kehilangan otot tubuh, pinggang menggendut, kelelahan yang kronis, penurunan libido, disfungsi ereksi dan kesulitan mencapai orgasme ini bisa terjadi pada pria juga wanita.

10. Progesteron
Hormon ini diproduksi di ovarium, kelenjar adrenal dan plasenta (saat hamil). Hormon progesteron berfungsi menaikkan faktor pertumbuhan epidermal, meningkatkan temperatur inti selama ovulasi, mengurangi kejang dan rileks otot polos (memperluas saluran pernapasan dan mengatur lendir), anti-inflamasi, mengurangi kandung empedu kegiatan, normalisasi darah dan pembekuan pembuluh darah.

Hormon progesteron juga membantu fungsi tiroid dan pertumbuhan tulang dengan osteoblast Relsilience di tulang, gigi, gusi, sendi, tendon, ligamen dan kulit. Penyembuhan dengan mengatur fungsi kolagen saraf dan penyembuhan dengan mengatur mielin, serta mencegah kanker endometrium dengan mengatur efek estrogen.

Kekurangan progesteron bisa membuat kecemasan, susah tidur, susah beristirahat, panik, gelisah, kekurangan cairan dan payudara membengk

Sumber :

http://www.merdeka.com

http://duniainfoilmu.blogspot.com/

http://www.jelajahunik.us/

http://esabiwibowo.blogspot.com/

http://amalulasudira.blogspot.com/

http://palingseru.com/

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.145 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: