Tips&Trik Menghadapi Ujian Seminar Sidang Proposal & Skripsi

Kalimat apa yang paling sering diutarakan oleh mahasiswa ketika menjelang detik-detik akhir akan meninggalkan kampus tempat mereka menimbah ilmu??
Kayaknya saat ini lagi musim ujian skripsi kali ya..??

Teringat pada saat aku mengalami hal seperti ini dan di saat itu pula bertepatan dengan di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, lagi gencar-gencarnya persiapan untuk maju ke meja sidang..
Mau dalam keadaan puasa udah gak peduli, rasa capek pun bercampur jadi satu menahan rasa lapar dan haus ketika itu. Tapi, hikmah dibalik pengorbananku waktu itu telah membuahkan hasil..Alhamdulillah..

Tentunya rekan-rekan yang telah melewati tahap ini, pasti punya banyak kenangan terindah sampai terpahitpun di alaminya..
Seperti apa sih persiapan mereka menjelang hari-H nya??

Sibuk ngurus sana-sini… dari pagi hingga malam  stand by di kampus…
Mulai mengajukan judul, belum dengan penolakan berkali-kali…
Pengajuan tempat Penelitian, itupun sering mengalami penolakan dari tempat yang ingin diajukan penelitian, otomatis judulpun harus diganti  kembali.

Belum lagi dengan pembagian pembimbing dari kampus…
Sampai dengan penyusunan awal  proposal, perbaikan sampai berpuluh-puluh kali, mencari pembimbing yang tak jelas keberadaannya, untuk perbaikan dan Permohonan ACC untuk bisa maju ke seminar proposal.. ini baru langkah awal, setelah itu penyusunan Skripsi sampai Ujian Meja…
Yang namanya manusia biasa pasti di hantui rasa ketakutan, belum lagi orang tua telah siap menunggu kita…
Andaikan kita tidak lulus ujian, apa yang orang tua rasakan…kekecewaan..pengorbanan materi…
Nah, di saat itu pula rasa deg-degan menghantui kita sepanjang perjalanan itu, kadang gak tidur semalaman hanya hanya untuk memperjuangkan tugas akhir kita.
Tapi, entah gimana rasanya meluapkan rasa kelegahan ketika kita sudah keluar dari tempat tersebut.

Ok, di sini aku gak bermaksud menakut-nakuti kamu-kamu yang berstatus sebagai  mahasiswa-mahasiswi, yang sebentar lagi bakal melewati masa itu. Toh, itu kan tujuan akhir kalian, yang jelas hadapi dengan kesabaran, usaha dan berdo’a tentunya. Semua itu, akan terlewati sampai tujuan.

Nah, berikut aku beri sedikit penjelasan mengenai apa sih proposal ataupun skripsi itu…??
Kita mulai dengan Proposal yah…

Proposal

Proposal dapat dikatakan sebagai rencana penelitian yang akan dilaksanakan. Karena baru berupa rencana maka proposal bisa diterima, diperbaiki, atau diganti. Sedangkan teknis sistematika proposal sendiri bisa berbeda antara satu kampus dengan kampus lainnya. Ada kampus yang menghendaki proposal penelitian memuat Bab I – III, ada juga kampus yang menghendaki sistematika proposal berbeda dengan sistematika skripsi/tesis sebenarnya.

 

Tapi umumnya, proposal penelitian harus memuat hal-hal pokok seperti latar belakang masalah, identifikasi masalah, rumusan masalah, penelitian rujukan, kerangka teoritis dan kerangka pemikiran, hipotesis (jika ada), metodologi berupa desain, sampel, waktu dan tempat, teknik pengumpulan dan analisis data.

 

 Mengapa harus membuat proposal?

 

Prof. Dr. Suharsimi Arikunto (2005:8) berpendapat seperti ini :

“proposal penelitian merupakan sebuah rencana tertulis yang akan diikuti dengan kegiatan nyata. Proposal penelitian ini masih bersifat rancangan yang masih bisa berubah. Walaupun demikian, proposal atau usulan penelitian yang sudah mengandung isi sistematika peneltiian yang akan dilakukan sebagai cermin dari kualitas penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti (mahasiswa) bersangkutan”

 

Jadi..ketika seseorang sudah dapat menyusun proposal dengan baik..maka dapat dipastikan bahwa 50% penelitian sudah terselesaikan.

 

BEDA SIDANG PROPOSAL DENGAN SEMINAR PROPOSAL

Ada kampus yang menggunakan istilah sidang proposal dan ada yang menggunakan istilah seminar proposal.
kayak kampus aku dulu lebih ke Seminar Proposal sih!

Berikut Perbedaaannya adalah:

Pada setting Sidang :

 Umumnya dilakukan selama 45-90 menit. Mahasiwa biasanya berhadapan dengan 3 – 4 dosen (dua penguji dan dua pembimbing). Mahasiswa memaparkan proposal 10 – 15 menit. Pertanyaan setiap dosen penguji biasanya berkisar antara 10 – 15 menit.

 

Pada Setting Seminar  Proposal :

Pada setting seminar, mahasiswa yang akan mengajukan proposal dikumpulkan bersama-sama (dalam ruang seminar). Setiap anggota seminar diperbolehkan bertanya. Dosen di sini ditempatkan sebagai moderator sekaligus penguji yang akan memberikan saran-saran perbaikan.

 

APA YANG AKAN DITANYAKAN PADA SAAT SIDANG/SEMINAR PROPOSAL

Ada beberapa poin masalah yang akan ditanyakan meliputi :

Latar belakang masalah dan rumusan masalah

Apakah permasalahan penelitian di dukung oleh teori (relevansi teori dengan masalah penelitian)

Metodologi (sampel, objek, instrumen penelitian, teknik analisis)

Pemaparan dan penguasaan materi proposal.

 

TIPS MENGHADAPI UJIAN PROPOSAL PENELITIAN

1. Siapkan mental:

 Tidak ada penelitian yang sempurna, pasti ada kekurangannya, hubungi pembimbing dan pakar statistic secara regular. Memang di kita proposal penelitian “menyeramkan” tapi maksudnya untuk kesempurnaan penelitian. Jangan lupa tujuan penguji adalah menguji bukan membantai anda- kalau untuk membantai adalah sangat mudah yaitu dengan memberikan pertanyaan yang sangat sulit. Sering mengikuti ujian proposal dari senior anda akan menudahkan anda

2. Siapkan makalah sbb: ( sebagian dari ini tidak semuanya berlaku pada Universitas atau Perguruan Tinggi)

a. Judul jangan pakai singkatan, sederhana sehingga jelas hubungan antara variable bebas dan  tergantung

b.  Pendahuluan meliputi Latar Belakang seperti magnitude masalah, kronologis dan alternative solusi lain 

c. Pokok Permasalahan, Batasan masalah, Tujuan dan Manfaat Penelitian,  Sistematika Penulisan – ini inti dari penelitian. Research question akan menentukan judul, tujuan,  hipotesis, kerangka konsep, metode, variable dsb

d. Tinjauan Pustaka membahas tentang Kerangka Pikir, kerangka Teori, secara detail variable bebas, variabel tergantungnya serta hubungannya

e. Kerangka konseptual harus menggambarkan penyakit secara keseluruhan dan  variabel yang diteliti serta hubungannya. Harus jelas mana yang diteliti dan mana yang tidak diteliti. Kerangka konsep harus berisi penjelasan jangan hanya gambar

f. Metode Penelitian meliputi Waktu dan Tempat Penelitian, Jenis Penelitian, Teknik Pengumpulan Data, Sumber Data, Alat dan Bahan, Tahapan Penelitian, Jadwal Penelitian.

g. Randomisasi dan blinding akan menambah bobot penelitian secara signifikan. Blinding ini akan ditanyakan oleh tim etik (ethical clearance)

h. Definisi operasional harus menjelaskan variable dan singkatan. Singkatan bisa dimasukkan dalam lembar tersendiri yang berisi daftar singkatan

i. Rencana Dummy table harus ditulis dan jenis datanya sudah diperkirakan sehingga metode statistiknya bisa direncanakan

j.  Cara menuliskan daftar pustaka menurut sistem mana

k.  Mohon perbahasaan diperhatikan. Jangan menulis kalimat terlalu panjang, potong dengan titik atau koma atau dash

 

3.  Persiapan Presentasi:

a.  Ingat waktu hanya 20 menit

b.  Jangan lebih dari 20 slide

c.  Huruf ppt harus maksimal 5-6 ke kanan, 5-6 ke bawah, font 24, arial atau times new roman dengan  kombinasi warna yang sesuai

d. Ingat cara presentasi: introduksi, Rumusan Masalah, Tujuan, Tinjauan pustaka, kerangka pikir atau konseptual,  Hipotesis, metode, dan rencana dummy table

e. Kaji kira-kira yang ditanyakan apa? Siapkan jawaban yang singkat, kalau nggak tahu jawab sejujurnya. Tapi ingat yang paling tahu penelitian ini adalah anda dan pembimbing anda. Sebagian besar penguji dari malahan akan bertanya mengenai yang generik. Jangan sampai tidak tahu apa yang akan anda teliti

f.   Pertanyaan paling sering muncul adalah:

                   i.   Masalah nya apa (ada di pendahuluan dan Research question)

                   ii.  Judul

                   iii.  Pengertian variabel

                   iv.  Hubungan antara variable

                   v.   Kerangka konseptual

                   vi.  Metode- pelajarai jenis-jenis metode sesuai tujuan penelitian

                   vii. Statistic – jenis data- rasio, ordinal, interval sehingga membutuhkan statistic yang mana

                   viii. Koreksi mengenai perbahasaan

                   ix.   Koreksi untuk cara penulisan

g.       Latihan di depan kaca, teman-teman anda atau di depan pembimbing

 

4. Setelah maju ada 2 kemungkinan lulus dan tidak lulus atau lulus dengan perbaikan. Sebagian besar masuk dalam kriteria lulus dengan perbaikan. Bila masuk kriteria ini, mohon pertanyaan atau usulan yang muncul dijawab dan disampaikan jawabnnya ke masing-masing penguji Anda tersebut.

Beberapa pertanyaan seputar ujian skripsi yang biasa dihadapi mahasiswa, diantaranya sebagai berikut:

Kalau kita tidak bisa jawab pertanyaan dari dosen penguji, kita harus diam saja atau bilang lupa /tidak tahu/ atau jawab rada ngaco yg penting jawab, atau gimana ??

Bagaimana menghadapi dosen yang tukang “bantai” apa harus dilawan atau didiamkan saja alias manut saja dan mengikuti apa yang diinginkan sang penguji ataukah melawan saja?

Untuk menghadapi sidang haruskah dengan “super serius” atau tetap “keep smile” dan takutnya kalau cengar-cengir dikira penguji tidak serius, tapi katanya segala sesuatu akan lebih baik jika diawali dengan senyum? Benar gak tuh??

Biasanya perlu berapa lama untuk mempersiapkan dan belajar sebelum menghadapi ujian sidang?

 

Ada kiat-kiat khusus gak sebelum menghadapi ujian sidang?

Ternyata beragam jawaban muncul, Berikut beberapa jawaban dari rekan-rekan yang pernah mencicipi ujian sidang, termasuk aku yah heheh…

Tips & Triks Ujian Skripsi :

Belajar yg benar, kuasain skripsi (waktu itu butuh 2 minggu-an buat kuasain materi)

-          Berdoa

-          Jaga kesehatan

-          Jangan tegang

-          Jumlah pemirsa jangan banyak-banyak (makin banyak pemirsa, sepertinya dosen penguji jadi makin arogan& sangar)

-          Duduk manis

-          Senyum-sapa-salam (tentunya dengan hormat& sopan yg mendalam)

-          Pura-pura tegang (padahal sebenarnya tidak tegang, cuma biar dosennya agak iba dikit) pengalaman dari teman-teman (cewek)  sih dilakuin  jurus jitu sampai nangis-nangis saat dosen penguji mulai membantai  mereka, waduhh..ada-ada ja yah hehe.. tapi aku gak yah??

-          Jangan nyolot/nantang, sering-seringlah kasih smile supaya aga luluh

-          Beri umpan supaya dosen kepancing buat bertanya materi yang anda kuasai

-          Jangan sekali-kali menyebut istilah yang tidak anda kuasai, bisa jadi boomerang bagi anda, nantinya penguji bertanya sampai keakar-akarnya.

-          Tarik napas dalam-dalam & elus dada begitu berhasil menjawab (pura-pura lega sekaligus tegang menghadapi next question, walah!)

-          Ucapkan terimakasih & salamin satu persatu begitu selesai sidang (mungkin bisa nambah poin kesopanan gitu Hehe…)

-          Tunjukkan kebahagiaan& keharuan yang amat sangat karen berhasil mlewati “meja hijau”

-          Seharusnya jawab semua pertanyaan penguji walau salah. Daripada anda diam saja (jadi terlihat anda tidak menguasai materi / otak anda kosong).

-          Jujur, katakan tidak bisa, jangan sok tahu

-          Latihan dulu sama dosen pembimbing kita

-          Percaya diri dengan diri kita sendiri

-          Bilang terus terang anda tidak tahu, atau kalau anda mengira pertanyaan penguji sedikit diluar konteks skripsi anda, bilang anda juga tidak membahas masalah itu, oleh karena di skripsi ada yg namanya “ruang lingkup pembahasan”

-          Kalo anda buat skripsi dan memang baca banyak referensi waktu menyusun skripsi, santai aja. Jangan kebanyakan belajar sebelum hari-H, soalnya beberapa jam sebelum sidang bakal terasa gimana tegangnya,,, hahahah kemeja sampai basah kuyup walau di ruangan ber-ac.

-          Santai saja bos, jarang-jarang yang sidang disuruh mengulang, asal anda terlihat agak sedikit serius pasti lulus, yang namanya dibantai terima aja, pengalaman, jadi ada cerita nantinya.

-          Kalau bisa harus tetap jawab, salah juga bisa juga menjadi bahan penilaian, kalau anda diam ya nilai yudisiumnya kecil.

Berikut juga beberapa saran menghadapi sidang ujian skripsi

Berdoa dulu sebelum sidang, kalau sidangnya lebih dari 1 orang, doa bareng membuat hati anda lebih tenang dan lebih pede. Kalau ada penguji, silakan doa bareng penguji juga.

Salah satu poin penting dari sidang adalah presentasi! Siapkan presentasi anda sebaik mungkin.Waktu presentasi hanya 15-30 menit, oleh karena itu harus latihan dulu. Latihan presentasi di ruangan besar dan kalau bisa di hadapan orang-orang. Cocokkan apa yang dibicarakan dengan slide dan nada berbicara jangan datar dan membosankan. Jangan gugup dan jangan melucu juga.

Jangan terlalu technical. Anggaplah kita sedang menawarkan suatu produk bisnis pada para calon client dan mereka tidak tahu apa-apa tentang apa yang kita tawarkan. Jangan memberi slide terlalu banyak tentang hal-hal technical yang cuma kalian yang ngerti. Misalnya kalau tentang database, sampai memberikan slide berisi daftar class hingga 4 class, dibacakan pula, itu membosankan sekali. Buatlah presentasi anda menekankan pada poin-poin berikut. Apa saja masalah yang ada selama ini, solusi apa yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut, mengapa penelitian anda di skripsi ini merupakan solusi yang sangat baik dan satu-satunya cara terbaik untuk memecahkan masalah tersebut. Jelaskan bahwa mengapa program anda benar-benar dibutuhkan. Kalau pada presentasi anda sudah terlalu teknis dan isinya rumus-rumus angka semua, dan dosen penguji sudah bosan, nilai presentasi anda sudah berkurang. Sadarlah bahwa anda membuat skripsi tersebut selama 1 semester, oleh karena itu anda mengerti semua hal-hal teknis yang anda buat. Tapi dosen penguji bisa jadi hanya membaca skripsi anda beberapa jam sebelumnya. Bukan berarti sama sekali tidak ada bagian teknis yang dijelaskan lho. Maksudnya jelaskannya jangan terlalu rumit. Buatlah sebisa mungkin jadi mudah dimengerti.

Kalau ada revisi pada halaman tertentu, berikanlah sebelum presentasi. Dengan demikian dosen akan melihat terlebih dahulu dan mempelajarinya sebelum mulai sesi tanya jawab.

Sewaktu tanya jawab, jangan gugup. Wajah jangan tegang. Dosen akan menanyakan apa yang anda tulis di buku skripsi anda.

Jawablah semua pertanyaan dengan jawaban (maksudnya, jangan diam). Jangan bilang gak tahu juga. Jelaskan saja apa yang anda tahu dan mengapa anda menulis demikian. Kalau anda terbukti salah, jangan langsung bilang, “ya saya salah”. Cobalah jelaskan sebisanya mengapa anda berkesimpulan seperti itu. Tapi jangan ngotot benar juga kalau memang salah. Katakan saja hal ini akan direvisi nanti. Terima kasih atas masukannya (setelah sidang, apabila lulus, tetap akan ada revisi buku skripsi).

Ketika tanya jawab, jawaban anda juga gak boleh ngambang. Semuanya harus berdasar. Semua yang anda tulis di buku skripsi harus berdasar semua. Kalau anda menulis suatu statement, berikanlah referensi bahwa statement tersebut diambil dari buku ini halaman segini. Kalau berdasar pada pendapat pribadi anda, tuliskanlah hasil penelitian anda, mengapa anda bisa berpendapat demikian. Sehingga kalau ditanya dosen, anda bisa jawab, statement anda diambil dari buku ini halaman segini. Atau anda bisa bilang, “bapak bisa buka buku skripsi saya halaman 345, di situ ada penelitian saya yang hasilnya demikian demikian blablabla”. Penguji paling senang kalau semua jawaban anda berdasar.

Jangan menjelaskan terlalu pendek ketika tanya jawab. Jelaskanlah apa yang ditanyakan sebisa anda.

Kalau bisa demo, demokanlah hasil penelitian anda pada dosen untuk lebih memberikan gambaran pada dosen penguji, apa yang anda buat. Sadarlah lagi bahwa anda membuat skripsi ini selama 1 semester, sedangkan dosen hanya melihat skripsi anda beberapa jam saja, jadi bisa saja mereka menangkap hal yang berbeda jika anda hanya memberi penjelasan.

Sopanlah sejak mulai presentasi hingga tanya jawab. Gunakan bahasa2 yang formal. Ucapkan salam pada awal presentasi dengan menyebutkan nama-nama dosen penguji kalau bisa.

 

Kalau sidangnya bertiga, jangan menjatuhkan jawaban dari teman anda. Kalau memang dia salah, jangan potong di tengah penjelasannya. Koreksilah jawaban teman anda apabila anda diberi kesempatan untuk menambahkan atau menjawab pertanyaan yang sama. Anda bisa bilang bahwa anda mau menambahkan sedikit dari penjelasan teman anda. Hal ini semata-mata untuk menghindari anda dicegat dan dianiaya oleh teman anda ketika pulang nantinya.

Salah satu poin penting dari skripsi anda ialah apa kontribusi dari penelitian anda dari yang selama ini sudah ada. Apakah anda meningkatkan dunia ilmu pengetahuan, mengembangkan metode tertentu atau menjadi solusi masalah yang ada.

Jangan malu-malu mengatakan kalau skripsi anda masih belum sempurna. Di bagian saran, beritahukanlah kekurangan dari skripsi anda dan apa yang diperlukan untuk pengembangan lebih lanjut untuk penelitian berikutnya.

Jangan lupake wc dulu sebelum sidang. Bisa berabe kalau pengen ke wc sewaktu sidang.

Berpenampilan rapi dan tunjukkan bahwa anda sudah siap menjalani sidang. Jangan ada yang ketinggalan ini itu dan lupa ini itu.

Lanjut lagi ya..

Ketahui terlebih dahulu kira-kira siapa dosen penguji anda dan bisa tahu kebiasaan dan kesukaan dosen penguji, itu akan cukup membantu anda (contoh, kalau tahu dapat dosen penguji yang agak ‘gila hormat’, maka kalau menjawab agak ‘merendah’ sambil ‘menyanjung’ kepintaran dosen itu, misalnya)

Anda tidak bisa menjawab karena apa dulu? Kalau karena pertanyaannya tidak jelas, mungkin bisa minta dosennya menjelaskan apa maksudnya, tidak usah malu-malu. Kalau memang tidak tahu, nah ini agak masalah. Coba jawab sebisanya, dengan catatan jangan ngawur tapi sebisanya sesuai dengan pengetahuan yang ada, ingat, dosen itu kalau tanya 60-80% itu mau ngetes mental kita, jadi biasanya sudah tahu jawabannya. Kalau dijawab ngawur, wah bisa tambah beringas pertanyaanya semakin memojokkan kita.

Bukan super serius juga bukan super konyol, hehehe. Intinya: Tampilkan wajah yang penuh percaya diri tapi tidak arogan. Jadi wajah yang: saya siap, silahkan tanya apa saja, hehehe. Ingat, 1 menit pertama mulai masuk ruangan sampai pertama keluar suara anda, itulah yang paling menentukan, karena pada saat itu sang dosen akan ‘menilai’ anda, apa anda siap atau tidak. Jika masuk udah langkah kaku keringatan, terus ucapan pertama gemetaran sama oktaf naik satu tingkat, wah langsung diterkam tuh!

Ini juga saya setuju dengan rekan-rekan yang lain. Intinya, kalau tesis itu anda buat sendiri mulai awal hingga akhir, sebenarnya anda tidak perlu kebut semalam lagi, anda sudah siap! Tinggal siapkan mental anda dan bangun kembali rasa percaya diri anda, jangan kuatir, pasti anda bias melewatinya.

Secara umum, tunjukkan sikap tidak menggurui, kita berasumsi bahwa mereka sudah tahu, jadi tidak perlu dijelaskan secara terlalu detil, cukup intinya aja.

Jangan menggunakan kata-kata yang menyerang, seperti “masa bapak kayak gini aja ga tau?” eh, jangan salah, kata-kata sejenis kalau kita terjebak sering tidak sadar keluar lho!

Kuasai benar bidang skripsi kita, sebelum ujian, bayangkan kira-kira celah-celah mana yang mungkin lemah di konsep kita. Cari dulu jawabannya, biar pas ditanyakan sudah tahu jawabannya.

Jawab dengan kepala dingin, jangan emosi, walaupun dosen memojokkan kita! Yakinlah bahwa semakin memojokkan sesungguhnya dosen itu sayang sama kita, karena ingin kita benar-benar tahu apa yang kita teliti. Emosi bisa mengganggu aliran neurotransmitter di otak (ini hasil penelitian lho), jadi pikiran kita tidak bekerja maksimal

 

Semoga bermanfaat buat kalian yang akan menghadapi ujian skripsi yah..

 

http://skripsimahasiswa.blogspot.com

 

 

156 Komentar (+add yours?)

  1. Indrasty Ntu Ratih
    Agu 15, 2012 @ 03:41:53

    thanks…..bgt say…!!!tipsx sngat bermanfaat bagiku…

    Balas

  2. najeib
    Okt 05, 2012 @ 22:38:49

    Wah wah… tulisan yang bangus nih… Terus berkarya ya jeng ! Sukses selalu.

    Balas

  3. dhiyah
    Okt 20, 2012 @ 11:19:31

    likr this ya…

    Balas

  4. rany
    Okt 25, 2012 @ 11:31:03

    wahhh,, tulisan nya membantu mbngtt bagi saya yang mau sidangg,,,, trimakasihh bnyakk ya mbaa,, buatt info nyaa,,, berkurang sdikit rasa takut saya ;)

    Balas

  5. nandita
    Nov 26, 2012 @ 21:30:02

    lagi deg2an bsk mau semprop, iseng2 cr tips eh ketemu si embak..hehe
    keren tipsnya..
    ty so much sist. di tunggu tulisan2ny lagi yah…
    Allah bless u sist. :)

    Balas

  6. ricky joe
    Des 10, 2012 @ 13:51:15

    mantabs makasih yah Neng Norma tips2 nya mantabs banget……Pa Guru mo ujian tesis dulu besok nie..mohon doa dari temen2 smua yakk..amiin

    Balas

  7. putu amik-bali
    Des 20, 2012 @ 14:54:57

    Thks ya….buat tulisanya.. ini membuat q lbh tenang tuk hdpi sidang nanti… sukses ya jeng! q tnggu karya mu

    Balas

  8. Ita Sang Pemimpi
    Des 23, 2012 @ 16:33:34

    haturnuhun aah infona :)

    Balas

  9. muhammad irwan
    Jan 08, 2013 @ 07:44:12

    Thanks for all

    Balas

  10. JUMAROH & KOMAR
    Jan 18, 2013 @ 09:15:21

    ok dc thx infrmsinya,,

    Balas

  11. chandra
    Jan 26, 2013 @ 22:36:09

    tipsnya donk biasanya untuk penelitian kuantitatif apa yang biasanya dosen penguji tanyakan.. saya nerveus untuk sidang minggu depan

    Balas

  12. Nafisah_Elbanjary (@Naviezh_Adzky)
    Feb 22, 2013 @ 14:16:24

    Keren banget dah..
    mksih bnyak ya mba ats tulisannya,, sangat bermanfaat ini

    suksez selalu ya mba_^

    Balas

  13. DOHCisme
    Mar 07, 2013 @ 12:23:57

    makasih za atas saran dan masukanya tp knp hatiku kok bercampur- campur za binggung

    Balas

    • norma07dp
      Mar 07, 2013 @ 18:46:30

      makasih jg udah mampir ke sini…
      Semua akan mengalami hal yg sama, rasa deg-degan itu pasti ada..
      trikx adalah tetap optimis, yakinkan bahwa Anda bisa melewatix
      ketika sudah berjalan sesuai prosedurx, rasa deg-deganx akan hilang dengan sendiri..

      Ok!! Selamat Berjuang…Semangat yah…^_^

      Balas

  14. syaiful musa
    Mar 12, 2013 @ 22:00:33

    teng yu kak wordpressnya…,,
    insyah ALLAH sya pasti lulus proposal n skripsi amien…..
    2013

    Balas

  15. Mily Smile
    Mar 16, 2013 @ 22:23:25

    Makasi banget, tipsx sangt2 bernfaat bwt aq, secara aq mw menghadpi ujian proposal.

    Balas

  16. ita juita (@ita_juitamine)
    Mar 17, 2013 @ 11:37:28

    bisa bisa ajah…. makasiii ya

    Balas

  17. POLTEKES
    Apr 01, 2013 @ 20:14:37

    TQ ..YA DARI SEMUANYA PENGALAMAN INILAH YANG DITUNGGU….BY

    Balas

  18. yeni
    Apr 05, 2013 @ 00:19:34

    adugh belum sidang, saya baru baca aja deg2an tks banget saranya semoga ini bisa membantu menghadapi ujian, doain lulus yah, amin….!!

    Balas

  19. suwandi
    Apr 08, 2013 @ 19:31:58

    makasih kak,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, toop benget

    Balas

  20. Vidia
    Apr 11, 2013 @ 12:11:30

    Makasih mba…. kebetulan saya mau ujian tesis… pas seminar proposal ada dosen yg sangat menjengkelkan… minta revisi terus menerus…. takutnya kalo tu dosen muncul lagi di 2 seminar berikutnya…; hehehe… thanks sekali lagi

    Balas

  21. iqbal
    Apr 18, 2013 @ 11:51:13

    HEMM…… BISA JADI PERTIMBANGAN BUAT KUAT-KUATIN HATI MENGHADAPI DOSEN KILLER DI SEMINAR PROPOSAL

    Balas

  22. arief
    Apr 26, 2013 @ 09:55:20

    huuuuhhh,,, jadi sdkit rada ad gamaran buat sidang nanti nih…….
    mksh ea mbak,,,

    Balas

  23. Rizky
    Apr 30, 2013 @ 12:31:17

    sangat berguna mbak.. makasih banyak ya.. :)

    Balas

  24. zee
    Mei 07, 2013 @ 19:57:27

    makasih ya mbk atas informasinya sangat membantu buat sidang bulan ini…
    deg-deg.an bissmillah
    skali lgi tnx ya mbk :)

    Balas

    • norma07dp
      Mei 16, 2013 @ 22:14:10

      iya sama2…
      makasih jg udah mampir ke sini ya…^_^

      Semoga Ujianx berjalan dengan lancar, hadapilah dengan penuh keyakinan bahwa anda bisa…

      terus semangat, Selamat Berjuang yah….!!

      Balas

      • srial68@yahoo.com
        Mei 24, 2013 @ 10:58:36

        MAKASIH YA BAK ATAS TIF NYA,,,KARENA TANGGAL 28 MAU SIMINAR NII
        TAPI MASIH DAK DIK DUK NII EMBAK

  25. nurli
    Mei 09, 2013 @ 20:35:10

    trims postingannya bermanfaat banget..mohon doa, bulan ini saya akan seminar proposal

    Balas

    • norma07dp
      Mei 16, 2013 @ 22:05:56

      iya sama2..
      makasih jg udah mampir di sini…

      Amiin….
      Semoga Anda ujianx lancar tanpa ada kendala apapun..
      Semangat trs, selamat berjuang yah!! ^_^

      Balas

  26. Titin
    Mei 19, 2013 @ 17:30:28

    Terimakasih postingnya berguna sekali menjelang detik2 seminar proposal :)
    Doakan saya ya, semoga bisa inget dengan nasehat2 diatas saat hari H nya :)

    Balas

  27. nurdin
    Mei 23, 2013 @ 20:10:09

    maksih buwat triknya ..
    moga aja bermanfaat bagi saya.
    doa’a aja mbk, tanggal 25 saya seminar proposal.

    Balas

  28. Fhias
    Mei 27, 2013 @ 18:30:30

    Makasih ya atas tips and triknya, insya Allah bulan depan saya ujian skripsi.. :)

    Balas

  29. dandy
    Mei 27, 2013 @ 21:12:51

    wahh wahh makasih mba.,.,.,,.

    Balas

  30. achy
    Jun 01, 2013 @ 21:35:16

    makasih teh……
    bermanfaat banget nhi :)
    do’ain y…. besok ujian proposal nhi

    Balas

  31. apriandi putra
    Jun 18, 2013 @ 23:46:14

    Ass.wr.wb……..
    Makasih ya atas mengenai tentang proposal & skripsi ,,,,,,,wasalam

    Balas

  32. rudi barachim
    Jun 20, 2013 @ 04:28:00

    swiiiip……aku ketik “SUKA” (bwat motivasi_na neng)

    Balas

  33. lia
    Jun 29, 2013 @ 08:23:28

    mantaaaap!!!! ini suatu masukan agar besuk sidang bisa berhat-hati dalam bicara. makasih ya atas tips nya,

    Balas

  34. sinah
    Jul 11, 2013 @ 05:04:13

    thanks bgt ya.. Hari ini aku ada ujian proposal.. Bntu do’a yaa

    Balas

  35. ingreat
    Jul 16, 2013 @ 21:27:03

    Terima kasih mbak

    Balas

  36. Betty Nale
    Jul 18, 2013 @ 10:58:57

    thanks banyak ya,,,jarang ada orang yang saling berbagi pengalaman dalam mengahadapi situasi seperti itu….GBU

    Balas

    • norma07dp
      Jul 18, 2013 @ 18:54:07

      iya sama2…
      hehe..masa sih, emang kewajiban sih setiap manusia untk berbagi,
      kt tak akan prnh kekurangan jika hnya berbgi, justru akan banyk pelajaran dan pengalaman yg akan kt terima nntinya. Bukan hanya materi yg bisa diberikn..
      makasih jg ya, udah berkunjung ke sini..^_^

      Balas

  37. Fitri Susanti
    Jul 21, 2013 @ 20:56:24

    mkasih yaa…bermanfaat sekali

    Balas

  38. Ramli Barus,S.Pd
    Jul 24, 2013 @ 18:41:27

    sangat ribuan terima kasih untuk penguatan mental, memang bisa barabee nih,kalau tidak siap

    Balas

  39. roma
    Jul 24, 2013 @ 19:36:26

    besok saya ujian ^_^ 25juli2013

    Balas

  40. bondibee
    Jul 26, 2013 @ 12:26:28

    Barakallah untuk kamu ya jeung, artikelnya sungguh manfaat buat aku yang hari selasa nanti mau ujian sidang skripsi..

    sukses untuk kamu selalu…

    Balas

  41. justri manik
    Jul 27, 2013 @ 21:08:53

    Selamat Malam Aku Mahasiswa Sekolah Tinggi Politeknik Poliprofesi (STPPM) Medan Ingin Bertanya ….. ?????
    1. Apakah TUGAS AKHIR Kebanyakan Mengunakan Program Visual Basic.6.0
    2. Apakah Pas Waktu Sidang Dosen Menayakan Seluruh Isi Tugas Akhir Kita Itu

    Balas

    • norma07dp
      Jul 30, 2013 @ 22:51:46

      1. Tidak, Program Visual Basic hanya untuk jurusan-jurusan tertentu aJa, seperti pada ilmu komputer, tergantung sih dengan pilihan masing-masing kampus.
      Serta Penguasaan dalam program yg akan dikerjakan nantinya. Biasanya sih, mahasiswa yg memilih sendiri program apa yang cocok dengan materi tugas akhirnya.

      2. Tidak semua secara keseluruhan, hanya bagian poin-poin tertentu yang telah saya sebutkn pada postingan ini. Biasanya objeknya dari hasil keseluruhan dalam sebuah program aplikasi yg tlah kita buat.

      Balas

  42. vina
    Jul 31, 2013 @ 22:55:14

    thanx ya…

    Balas

  43. Amm RifQi Ridho
    Agu 02, 2013 @ 06:59:16

    nice tips…. thanks so much…

    Balas

  44. Nur Avni Oktaviaa Taufik
    Agu 16, 2013 @ 21:44:29

    Semoga Program Skripsi saya Aman Coy…
    Amin yarabbal Alamin

    Balas

  45. Widi Laksono
    Agu 25, 2013 @ 11:00:36

    artikel yg membantu,, lanjutkan
    semoga sidang saya rabu besok sukses aamiin

    Balas

  46. rudy noerdiana
    Agu 27, 2013 @ 08:07:37

    besok saya sidang, mohon doa’nya buat smua yaa

    Balas

  47. arisa arsani
    Agu 29, 2013 @ 15:24:57

    wahhhh keren artikell ny ,,,,trimz iy mbak atas tipzz ny,,,,doain iy mbak ag mau sidang jga ….slam sukses ajh buat mbak ny ,,,,

    Balas

    • norma07dp
      Sep 02, 2013 @ 21:03:40

      iya sama-sama, semoga bermanfaat juga..
      selamat menempuh ujian, semoga udah lulus, karna udah telat baca pesanx..

      makasih jg udah mampir ke sini.. ^_^

      Balas

  48. Tanjung V Jazz
    Sep 10, 2013 @ 19:18:31

    kagum, :)

    sungguh memotivasi, makasih kakak…
    izin aq save, buat bekalku nanti.

    Balas

  49. kakhuda
    Sep 17, 2013 @ 20:47:28

    Terimakasih kakak,, sungguh bermanfaat.. dan doakan ya semoga semua bisa sukses..

    Balas

  50. Ramadhana
    Sep 25, 2013 @ 11:24:10

    Makasih bro, informasinya sangat berguna buat saya. Pertengahan bulan oktober ini saya akan sidang skripsi, mohon doanya…

    Balas

  51. Yanie IsMe
    Sep 28, 2013 @ 21:43:17

    Thanks, cukup mmberikan gambaran.. :)

    Balas

  52. tri
    Okt 01, 2013 @ 22:22:48

    makasih ya infonya………..mdh2an bs menambah kepercayaan diri di sidang tgl 3 bsok…..amin

    Balas

  53. rara
    Okt 03, 2013 @ 19:41:36

    ka makasih tulisannya bermanfaat buat memberi semanagat,, “kalo kamu tulis sendiri, pasti bisa” makasih kakaa

    Balas

  54. RULLY FEBRIANSYAH
    Okt 06, 2013 @ 02:27:08

    Sebagai seorang Karyawan Swasta dan Sebagai Mahasiswa Ekstensi (Kelas Malam) dimana Kesehariannya selalu disibukkan dengan aktivitas pekerjaan, saya sangat terbantu dengan Apa yang telah Mbak tuliskan ini.. Tulisan ini memberikan gambaran tentang apa yang “mesti” dan “harus” kita lakukan pada saat Sidang nanti.. Semoga bermanfaat untuk saya, dan juga orang lain yg juga sedang “berjuang” menghadapi Sidang Komprehensif.. Sukses Selalu Mbak.. Doakan saya berhasil yaa.. hee.. hee.. hee..

    Balas

  55. fairuz_kueren (@rahaffilza)
    Okt 09, 2013 @ 11:46:01

    makasih infonya… sedikit membantu menghilangkan stres…
    semoga besok pas seminar lancar… Amin

    Balas

  56. honey
    Okt 26, 2013 @ 05:12:25

    terimakasih masukannya, ada pencerahan sebelum maju yang tadinya berasumsi sendiri, sekarang ada gambaran yang lebih jelas

    Balas

  57. herrydjames (@herrydjames)
    Nov 09, 2013 @ 19:01:23

    siapkan mental dan bangun kembali rasa percaya diri.

    Balas

  58. aisyi
    Des 06, 2013 @ 18:41:13

    thank’s ya kak..

    Balas

  59. Andi Saputra
    Des 17, 2013 @ 05:23:03

    hhmmmm…..
    thanks bgt… lumayan… ada pngetahuan tmbahan buat persiapan sidang ku nanti hari rabu….. doakn ya……

    Balas

  60. noviaritasari
    Des 20, 2013 @ 12:27:13

    mudh2an bisa di praktekan dalm seminar nanti
    thanjs

    Balas

  61. Jimmy situmorang
    Jan 16, 2014 @ 20:52:27

    thanks,,,sangat bermanfaat bagi yang mau ujian proposal
    doain aku juga mbak moga berhasill..

    Balas

  62. FayrUz Doankzz
    Jan 26, 2014 @ 10:20:06

    tips yang bagus, makassih yaa. assalamualaikum>

    Balas

  63. wawan budiawan
    Jan 28, 2014 @ 22:19:03

    sippppppp, sangat membantu.

    Balas

  64. Nama: Erni saya berharap semoga berkasku oleh menpand iterima menjadi cpns ditahun 2014 ini
    Feb 03, 2014 @ 19:07:39

    Trims atas saran yang disajikan semoga saya bisa sukses mau ujian skripsi minggu depan amin…?

    Balas

  65. Yumran ibrahim
    Feb 04, 2014 @ 10:18:59

    Assalamu Alaikum Wr. Wb…Ma’af yach’ sy khn sebentar lagi ujian trus sampai sekarang saya belum tauh gimana caranya pada saat menghadapi penguji

    Balas

    • norma07dp
      Feb 07, 2014 @ 08:47:01

      Waalaikum salam..
      Dengan membaca referensi ini semoga anda lebih tau apa yg harus dilakukan pada saat ujian nanti, ini hanya sebagian kecil pengharapan semoga anda mengatasi apapun yang akan anda hadapi nantinya.
      Optimislah dan tetap berdo’a, semoga di lancarkan. Amin…

      Balas

  66. wayan
    Feb 05, 2014 @ 10:57:44

    thanks.., ya., triknya.., akan sangat membantu.

    Balas

  67. Resty
    Feb 07, 2014 @ 07:36:40

    semoga saya mempraktekkannya saat seminar nanti.. Amien..

    thanks.. membantu bangatt.

    Balas

    • norma07dp
      Feb 07, 2014 @ 09:08:26

      iya, makasih juga udah berkunjung ke sini yah…
      semoga ujiannya nanti lancar dan sukses tanpa menemui kendala apapun.
      Amiin…
      semoga bermanfaat.

      Balas

  68. miati arsyad
    Feb 12, 2014 @ 18:12:19

    salam kenal buat kakak n mksih untuk tipsx ya…..mg tips ini menjadikan q semgt tuk seminar dlm bulan ini…. amin

    Balas

  69. yestina zega
    Feb 20, 2014 @ 13:31:15

    makasih tips nya y mbak
    rasa takut dan deg2an saya agak berkurang,

    Balas

  70. Lie Suyanto
    Feb 21, 2014 @ 15:57:40

    Terima kasih ya Bu Norma atas sharing pengalamannya…….Tentunya tips dan trik ini akan sangat berguna sekali bagi saya yang sebentar lagi akan maju sidang awal….( usulan penelitian )…..Mohon doa restunya supaya saya bisa hadapi sidang yang akan datang dengan lancar……sekali lagi terima kasih…….

    Balas

  71. Ahmad Sahidin
    Feb 22, 2014 @ 06:29:22

    TEgang…tapi thanks ya..keep smile

    Balas

  72. lela mazidah
    Mar 21, 2014 @ 08:33:23

    menarik :) makasih

    Balas

  73. enchan
    Mar 24, 2014 @ 10:57:12

    baca tips&triknya aja udah tegang n dag dig dug duluan, haduuh,
    tenkyu udah ngasih pandangan sikon saat sidang

    Balas

  74. Anno'
    Mar 26, 2014 @ 22:37:01

    thanks… tipsx sngat bermanfaat bagiku Tpi aku sangat2 deg2an nih!!!! mau Proposal minggu ini, doain yah supaya lancar aja tdk ada pembantaian. amien

    Balas

  75. Zee
    Apr 11, 2014 @ 14:25:26

    tegang iniii,, doakan lancar kak ^_^
    thanks buat tipsnya :*

    Balas

  76. derielnino@yahoo.co.id
    Apr 23, 2014 @ 22:11:46

    hmm blom sidang nah,, :( butuh siraman rohani :D

    Balas

  77. khairul
    Apr 25, 2014 @ 21:46:57

    cuma minta doanya aja saya mau sidang proposal di unas
    mudah mudahan lulus amie

    Balas

  78. Ilmiah
    Mei 04, 2014 @ 12:16:24

    Tips.nya sangat bermanfaat untuk mahasiswa yang sedang dalam proses seperti ini…
    Terima kasih ya mbag…
    Mohon doa’nya juga biar sukses ujiannya.. :)

    Balas

  79. Kukuh A Safrilla
    Mei 07, 2014 @ 09:47:35

    Jadi tambah semangat nih garap skripsi mau ngejar biar cepet sidang….. (y) Txs tips & trik nya ;)

    Balas

  80. deden wahyudi
    Mei 14, 2014 @ 08:19:50

    muannnntaaaaaaaab, mengembalikan kepercayaan diri ni tulisan heheheh…

    Balas

  81. riko
    Mei 15, 2014 @ 06:29:53

    thanks yaa

    Balas

  82. Okta Putra Pratama
    Mei 16, 2014 @ 14:28:54

    Keren !!! besok ujian skripsi. Thanks tips2 nya… Join http://aboutme90.wordpress.com/

    Balas

  83. Kaki Besi (@gopegope)
    Mei 28, 2014 @ 01:11:32

    makasih kaka info nya,sangat bermanfaat , ga bisa tidur nih besok jam 8 sidang :'( kepikiran si pembantai hhaha

    Balas

  84. jupriaman
    Mei 30, 2014 @ 09:07:09

    Awesome! Experience is the best tecaher

    Balas

  85. syahduindah
    Jun 03, 2014 @ 22:33:38

    Thanks banget ya.. this is so important for me now. soalnya bentar lagi mau ujian proposal nih.

    Balas

  86. yamiyudi
    Jun 08, 2014 @ 21:03:45

    manfaat bangedddt, thx

    Balas

  87. Akram
    Jun 19, 2014 @ 19:54:29

    mkasih mba… tips nya….!!! besok aku ujian skripsi.. sedikit legah habis baca tips2 dari mba… sekali lagi maksih ya mba….. Nd mohon doa nya ya mba,..

    Balas

  88. Dewi Susilawati
    Jun 24, 2014 @ 22:18:37

    makasih mba, bermanfaat sekali, besok saya sidang..

    Balas

  89. JONI Silva
    Agu 05, 2014 @ 07:21:18

    thx mbak…. it’s very useful for me, oh ya,,,, am a Timorese. hope you know where East Timor is..? he…he..he.. Doakan ya mbak,, sidangny bulan ini tgl 11.

    Balas

  90. Eka purnama
    Agu 11, 2014 @ 11:21:06

    terima kasih yah mba buat saran dan masukan nya , saya jadi termotivasi sebelum menghadapi seminar proposal ,ditunggu tips dan trik selanjutnya

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.090 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: