20 Gejala Kanker Yang Kerap Kali Diabaikan

Kanker merupakan penyakit yang boleh dibilang banyak ditakuti oleh semua orang. Sebab, dari berbagai kasus yang ada, beberapa penderitanya berhasil sembuh, namun tak sedikit juga yang ‘dikalahkan’ olehnya.

Yang perlu dicamkan di sini juga adalah bahwa kita tidak bisa hanya mengandalkan tes rutin yang dilakukan. Adalah hal yang penting untuk ‘mendengarkan’ tubuh Anda, apalagi bila ada yang gejala yang ‘aneh’.

Agar tidak terlambat dalam menangani atau mendeteksi penyakit berbahaya ini, maka tak ada salahnya jika Anda waspada sejak dini. Salah satunya adalah dengan mewaspadai 20 gejala berikut ini.

1. Nafas pendek atau disertai dengan bunyi ‘menciut’. Salah satu tanda pertama yang biasanya didapat pada penderita kanker paru-paru adalah adanya gangguan pada pernafasan.

2. Batuk kronis atau sakit di dada. Beberapa jenis kanker, termasuk leukemia, atau tumor paru-paru, bisa tampak dari gejala batuk yang parah atau bronkhitis. Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan sakit pada dada yang menjalar pada bahu hingga lengan bawah sebagai awal dari penyakit yang mereka derita sekarang.

3. Demam atau infeksi berkala bisa menjadi salah satu gejala leukemia, kanker darah yang menyerang sumsum tulang. Leukemia menyebabkan sumsum memproduksi sel darah putih abnormal yang mampu melemahkan ketahanan tubuh untuk menangkis berbagai infeksi.

4. Kesulitan menelan berhubungan erat dengan kanker tenggorokan, dan terkadang merupakan tanda mula-mula dari adanya kanker paru-paru.

5. Kelenjar getah bening membengkak atau bengkak di leher, lengan bawah, atau kunci paha. Pembengkakan getah bening mengindikasikan adanya perubahan pada sistem kerja kelenjar tersebut, yang bisa jadi menandakan adanya gejala penyakit kanker.

6. Timbulnya luka berlebihan atau berdarah yang tidak kunjung berhenti, ini biasanya dikaitkan dengan ada yang tidak beres dengan trombosit atau sel darah merah, yang menandakan rawan timbulnya leukemia. Dari waktu ke waktu, sel leukemia mendesak keberadaan sel darah merah dan trombosit dan memperlemah kemampuan darah untuk mengalirkan oksigen.

7. Kelelahan. Secara umum kelelahan dan tubuh lemah merupakan gejala dari semua jenis kanker bila dipadukan dengan gejala lainnya. Namun, jika Anda mengalami kelelahan tanpa sebab yang jelas dan tidak membaik dengan istirahat banyak sekalipun, maka segeralah temui dokter. [break]

8. Perut menggembung. Wanita yang didiagnosa mengidap kanker ovarium biasanya melaporkan adanya penggembungan pada bagian perut yang tidak diketahui sebabnya, dan hal ini biasanya terjadi dalam waktu yang cukup lama.

9. Merasa kenyang dan tak bisa makan juga merupakan tanda mula-mula adanya kanker ovarium. Pengidap gejala ini mengatakan bahwa mereka bisa hilang nafsu makan dan tidak makan untuk beberapa waktu lamanya.

10. Sakit pada bagian perut atau pelvic sering menunjukkan tanda-tanda bahaya kanker ovarium. Leukemia juga bisa diawali dengan sakit pada bagian perut yang menimbulkan pelebaran bagian limpa.

11. Pendarahan pada area sekitar dubur. Yang ini umumnya merupakan gejala dari kanker colorectal (kanker yang ada di saluran pencernaan, antara usus besar dan dubur). Darah yang keluar tanpa sebab jelas harusnya merupakan alasan kuat untuk segera menghubungi dokter.

12. Kehilangan berat badan drastis tanpa sebab. Kebanyakan wanita bakal melonjak kegirangan bila berat badannya turun drastis. Namun, hati-hati, karena hal ini merupakan tanda adanya gangguan pada usus besar dan pencernaan. Juga merupakan tanda adanya gangguan pada hati, yang mempengaruhi nafsu makan Anda dan kemampuan darah untuk membersihkan kotoran dalam tubuh.

13. Sakit perut berlebihan bisa menjadi tanda timbulnya kanker colorectal.

14. Payudara merah, sakit dan bengkak bisa menjadi gejala yang menandakan adanya peradangan pada bagian dada/ payudara. Segera hubungi dokter bila hal ini menimpa Anda.

15. Puting susu berubah. Salah satu gejala yang paling diingat oleh penderita kanker payudara adalah bahwa puting susu mereka tampak rata, miring, atau terbalik.

16. Rasa sakit yang berlebihan selama menstruasi. Banyak wanita melaporkan hal ini sebagai peringatan adanya kanker endometrium atau kandungan.

17. Wajah bengkak. Beberapa pasien kanker paru-paru melaporkan timbulnya bengkak atau iritasi pada wajah. Sel tumor paru-paru yang terkecil sekalipun bisa memblokir aliran darah pada bagian dada, mencegah darah mengalir dengan bebas ke bagian wajah dan kepala.

18. Luka pada kulit yang tak kunjung sembuh, malah menjadi keras, atau mudah berdarah. Ini bisa menjadi indikasi adanya kanker kulit.

19. Perubahan tanpa sebab pada bagian kuku bisa menjadi peringatan bagi banyak jenis kanker, misalnya warna kuku dicemari dengan noda atau titik hitam atau cokelat, merupakan tanda adanya kanker kulit. Sedangkan kuku pucat bisa menjadi tanda adanya kanker hati.

20. Sakit punggung atau punggung bagian kanan bawah. Banyak pasien kanker mengklaim ini adalah gejala awal dari timbulnya kanker hati. Kanker payudara juga bisa bermula dari sakit punggung, karena adanya tumor pada payudara yang menekan bagian dada ke belakang.

Diet yang tepat dan mengubah pola hidup bisa mencegah atau mengubah gerak maju kanker. Entah Anda pria atau wanita, adalah hal yang penting untuk mengamati segala perubahan tak wajar yang timbul pada tubuh Anda agar kanker bisa dideteksi lebih dini. Semakin dini Anda mendapati keanehan, maka peluang untuk pencegahan juga makin besar.

Tentu saja, Anda disarankan untuk mengikuti pola hidup anti kanker seperti menjauhi ‘agen-agen’ penyebab kanker itu sendiri, misalnya seperti tembakau, bahan-bahan kimia berbahaya, radiasi, radiasi handphone, kurang gizi, dan lain-lain.

Berikut ada 12 tips mengurangi resiko terkena kanker.

1. Normalkan kandungan vitamin D dalam tubuh Anda dengan membiarkan tubuh mendapat banyak sinar matahari dan berhati-harilah memilih suplemen bila Anda tidak sempat berjemur.

2. Kurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak gula dan karbohidrat, juga makanan kemasan. Pilihlah makanan organik yang menyehatkan, bebas bahan pengawet dan bebas pestisida juga.

3. Rajinlah mengontrol kadar insulin dan letin Anda.

4. Normalkan kandungan omega-3 hingga omega-6 Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kandungan tersebut.

5. Berolahragalah secara teratur.

6. Tidur cukup dan berkualitas.

7. Makanlah makanan bergizi yang sesuai dengan jenis darah Anda.

8. Jauhkan diri dari lingkungan kotor dan penuh radiasi atau polusi.

9. Kurangi penggunaan alat teknologi yang radiasinya bisa merusak tubuh, seperti handphone.

10. Kurangi makan makanan gorengan, Sebaiknya pilih yang direbus atau dikukus saja.

11. CDC (Center for Disease Control) mengatakan bahwa 85% penyakit disebabkan oleh emosi buruk. Jadi kurangi stres.

12. Sesekali konsumsilah makanan mentah.

97 Komentar (+add yours?)

  1. riz maesa agung
    Okt 28, 2012 @ 14:35:15

    bnyk org blg skrg sya kurus, sy jg sring skt kpla dan sring mrsa lelah tnpa sbab,punggung kiri trsa skt. pa itu kanker ?

    Balas

    • norma07dp
      Mar 07, 2013 @ 19:24:03

      Gak semua ciri-ciri itu menandakan bahwa Anda mengidap penyakit kanker…
      Tidak semudah itu mendiagnosa diri kita mengidap sebuah penyakit, tanpa pemeriksaan intensif dari dokter yg bersangkutan.

      Jadi, sebaikx Lakukan pemeriksaan terhadap gejala-gejala yg anda derita..
      sya tidak byak memberi solusi, krn sya bukan pakar kesehatan.

      tapi, terima kasih udah berbagi dsini..^_^

      Balas

  2. riz maesa agung
    Okt 28, 2012 @ 14:38:29

    byk yg blg skrg sya kurus, sya jg sring skt kpala, punggung sblah kiri jga sering skt, lelah tnpa sbab, pa itu kanker ?

    Balas

    • norma07dp
      Mar 06, 2013 @ 21:40:57

      Tidak Semudah itu ya mengdiagnosa ttg diri kita mengidap sebuah penyakit, hanya dengan mengandalkan tanda-tanda yg kurang akurat, karena berbagai penyakit memiliki gejala2 yg sama..
      Sebaiknya Anda memeriksakan ke dokter special menangani ttg penyakit tersebut…

      mngkn krn saya bukan pakar kesehatan..jd kurang memberikan banyak solusi…

      Balas

  3. widia wanti resti
    Jun 20, 2013 @ 08:17:45

    ibu saya wajahnya membengkak..sudah 5 hari ini..pdahal gak kena alergi..saya takut..udah dbw ke dokter juga..tp katanya gapapa..

    Balas

    • norma07dp
      Jul 12, 2013 @ 20:01:29

      ikut prihatin ya mbak,
      jgn prnh menyerah untuk periksa ke dokter, sapa tau dari dokter yg lain mengatakan hal yg berbeda..
      dan dari hari ke hari jg kan pasti ada perkembangan tentang gejala di derita oleh ibux mbak..
      biarlbh waspada aja yah…
      tapi semoga aja yah ibux gk papa..

      Duh, maaf ya baru sempat balas..
      ok makasih ya mbak udah berkunjng ke sini..

      Balas

  4. miko
    Jul 15, 2013 @ 12:42:39

    matur nuwun infonya.istri saya sakit perut berlebihan dan nyeri pada punggung.

    Balas

    • norma07dp
      Jul 17, 2013 @ 20:44:37

      iya sama-sama….
      Sakit perut sampai nyeri punggung itu adalah gangguan pencernaan, gangguan pankreas, ginjal, sistem lambung dan kerongkongan sehingga menyebabkan rasa nyeri hingga ke punggung.

      Balas

  5. dyna
    Jul 19, 2013 @ 23:03:44

    kakak saya sering mimisan dan mudah lelah,serta demam dan mnggil , bgaimana ya tu

    Balas

    • norma07dp
      Jul 23, 2013 @ 19:21:38

      Banyak faktor dan penyebab seseorang itu mimisan sampai beberapa kali, bisa dengan perubahan cuaca dingin atau panas, tumor yg trdpt di lubang hidung, demam berdarah, hipertensi, Mengalami trauma berat seperti terpukul, terjatuh, patah tulang hidung, Infeksi sinusitis atau rinitis, rinitis jamur, tuberkulosis, lepra, sifilis atau lupus.
      jika sedang mimisan penderita jangan dibiarkan tidur terlentang, sebaiknya duduk, pencet hidung slama 2-5 menit, biarkn brnafas lewat mulut, bisa djuga dengan menyiram air langsung ke kepala (berdasarkn pengalaman sendiri).
      Jika sdh dilakukan di atas mimisan masih terus terjadi, segera bawa ke dokter, karena jika dibiarkan pendarahan terlalu lama akan mengakibatkan terjadinya anemia, syok sampai pembengkakan jantung.

      Balas

  6. ANI
    Jul 22, 2013 @ 15:04:45

    kalo sakit saat haid itu kenapa ya bu?😮
    saya khawatir😦

    Balas

    • norma07dp
      Jul 23, 2013 @ 18:03:37

      Nyeri saat menstruasi disebabkan oleh kontraksi rahim.
      Ketika seorang perempuan menstruasi, hormon tertentu dilepaskan ke tubuh.
      sebagian besar perempuan mengalami hal yg sama. ketika baru mengalami menstruasi dlm usia belia rasa sakit itu akan selalu ada smpai 2-3 tahun setelah haid pertama.
      jika usia anda lebih dari 20 tahun itu termasuk nyeri haid sekunder yg memiliki kelainan dari panggul dan organ didalamnya.
      jika kurang dari usia itu, hanya nyeri primer yg tidak berhubungan dgn kelainan, rasa sakit akan semakin berkurang dengan pertambahan usia.
      cara yg bisa anda lakukan adalah mandi dengan air hangat, hindari minuman yg dingin, berkafein, coklat, perbanyak makan sayuran dan buah-buahan dan vitamin E.

      Balas

  7. lis
    Agu 04, 2013 @ 20:02:14

    kak, batuk kronis itu apa ya ??

    Balas

    • norma07dp
      Agu 10, 2013 @ 13:33:22

      Batuk Kronis adalah Batuk yang sudah agak lama atau sudah jangka panjang selama lebih dari 14 hari atau terjadi selama 3 bulan berturut-turut dan tidak menghilang karena batuk ini merupakan gejala-gejala dengan penyakit lain, seperti Asma, TB, alergi, bauk 100 hari.

      Balas

  8. cassandra
    Sep 09, 2013 @ 23:56:34

    apa akibat terbesar dari kanker darah ini apakah kematian ?
    dan bisakah penderita kanker ini bisa sembuh total

    Balas

    • norma07dp
      Sep 21, 2013 @ 12:23:23

      Kanker darah atau leukimia adalah penyakit yang sangat menakutkan bagi semua orang.
      kenapa? Karena penyakit ini belum ada obat yang bisa menyembuhkan..
      terapi yang dilakukan tujuannya hanya untuk bs memperpanjang masa pertahanan tubuh untuk melawan sel virus.
      saya tidak bisa mengatakan bahwa kematian adalah ujung penyelesaian dari penyakit ini, namun keajaiban bisa saja terjadi dan hanya Tuhan yang telah mengatur segalanya.

      Balas

  9. Hana Kawai
    Sep 12, 2013 @ 06:20:22

    makasih buat infonya.. ^_^
    o ya saya sering sakit kepala sebelah kanan, kalo udah sakit kepala biasanya merembet ke nyeri bahu n lengan kanan, kadang disertai demam. Saya juga mudah lelah, saya msih mrasakan lapar tp kurang nafsu makan..

    Balas

    • norma07dp
      Sep 18, 2013 @ 12:01:24

      itu perlu diwaspadai yah, jika sakit kepala sudah menimbulkn berbagai keluhan, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter, untuk mengetahui dan dapat mewaspadai penyakit apa yg akan ditimbulknnya.

      Balas

  10. Nares
    Sep 23, 2013 @ 12:16:44

    Sering muncul memar-memar ungu di kaki ( tangan pernah beberapa kali ) secara tiba-tiba, lalu saat hari pertama Haid, terasa sakit dan nyilu disekitaran perut-panggul. Dan bila batuk, selalu sembuhnya lama ( 1-2 minggu ). Apa ini termasuk gejala juga? Tindakan apa yang mesti dilakukan ?

    Balas

    • norma07dp
      Sep 23, 2013 @ 23:40:34

      klo memar-memar saat menjelang haid itu sering terjadi bagi sebagian wanita, gak perlu terlalu diwaspadai jika memar hilang ketika udah brhenti masa haid, itu pun sama dgn rasa nyeri pada perut. Nyeri saat haid dapat kita kategorikan menjadi dua, yaitu nyeri primer dan sekunder. Nyeri haid primer yaitu nyeri Haid yang tidak berhubungan dengan kelainan patologis yang berasal dari panggul dan organ di dalamnya. Nyeri ini dapat terjadi 2-3 tahun setelah Haid pertama dan mencapai puncaknya saat wanita mencapai usia 15-25 tahun, nyeri saat haid muncul saat anda berumur lebih dari 20 tahun maka ini masuk dalam kategori kedua yaitu nyeri haid sekunder, yaitu nyeri haid yang berhubungan dengan kelainan yang berasal dari panggul dan organ didalamnya.Biasanya nyeri ini terjadi 2 hari atau lebih sebelum Haid dimulai dan rasa nyeri akan semakin hebat saat haid, kemudian menghilang 2 hari atau lebih setelah haid berhenti.
      tips untuk mencegah nyeri saat haid :
      hindari olahraga berat.Hindari konsumsi alkohol, kopi, dan juga coklat karena dapat meningkatkan kadar estrogen yang nantinya dapat memicu lepasnya prostaglandin. Hindari juga makanan bersuhu dingin misalnya es krim. Konsumsi vitamin E, vitamin B6, atau minyak ikan. Konsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan rendah lemak.
      klo batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, dll. akan mnimbulkn asma, tuberkolosis (TB), dan pertusis (batuk rejan/batuk 100 hari). bila batuk kronis prlu di waspadai, krn itu merupakan sebuah gejala suatu penyakit.

      Balas

  11. ami
    Sep 25, 2013 @ 10:51:16

    saya sakit kanker usus stadium 3, udah satu tahun sejak operasi pengangkatan, selama ini saya hny minum herbal saja dan tidak mengikuti kemotrapi, dan udah satu minggu ini kondisi saya drop, kelelahan yang amat sangat, tidak nafsu makan, pusing, dan mual. dari perut pinggang sampai kaki sakit semua, kira2 itu kenapa ya? mohon jawabannya. tks

    Balas

    • norma07dp
      Sep 25, 2013 @ 11:15:33

      Turut prihatin ya mbak dgn kondisinya, udh stadium 3 yah, pasti udah melakukan pemeriksaan ke dokter kan. mungkin sebaiknya mengikuti prosedur pemeriksaan sperti hrs menjalani Kemoterapi, gejala sakit yg timbul itu adalah efek dari kanker tersebut, kemungkinan sudah menjalar ke bagian tubuh yg lain, sebaiknya mbak harus ke dokter secepatnya. untuk pemeriksaan lbih lanjut.
      karna aku tidak bisa mengatakan apa penyebabnya, karena aku bukan seorNG dokter dan juga bukan dari dunia kesehatan. aku hanya bisa berbagi pengetahuan yg aku tau.
      Jangan putus asa yah… mencoba, berdoa dan berusaha adalah solusinya. ^_^

      Balas

  12. gugum
    Okt 13, 2013 @ 22:31:04

    Maaf mba mau bertanya.? Apakah orang mantan pemabuk dan narkoba bisa mengalami kanker.? Dan apakah gejala pusing selama 2 minggu itu ciri ciri dari kanker.? Terima kasih

    Balas

    • norma07dp
      Okt 13, 2013 @ 23:59:34

      Ya kemungkinan sih ada, tapi balik lagi jika memang dia memiliki suatu penyakit yg dapat memicu kerusakan pada organ tubuh, maka narkoba bisa menjadi penyebab kanker menjadi ganas.
      pusing yg dialami itu memiliki banyak faktor, dan kanker itu tidak hanya didefinisikan satu atau dua saja gejala2 yg ditimbulkan, tp perlu bukti dan pemeriksaan yg detail untuk mengetahui apakah itu gejala kanker atau bukan?
      sebaiknya, periksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa penyebabnya..

      Balas

  13. Ifaituya Ilhy
    Okt 15, 2013 @ 22:21:06

    mbak mw tanya cara menghilangkan merkuri di wajah bgmn ya? kyanya sya salah kosmetik jdnya timbul jerawat besar2 trus panas, merah2 trus kepala saya sakit kalau jerawat baru sudah timbul.

    Balas

    • norma07dp
      Okt 17, 2013 @ 15:22:03

      Merkuri bs dikatakan sbg air raksa yang tergolong logam berat yg hnya digunakan untuk industri. lalu bgmn jika digunakan pada tubuh manusia. tentu Sangat fatal,bukan? Bisa mengalami kerusakan pada kulit, susunan saraf, otak, ginjal, gangguan perkembangan janin smp kanker kulit.
      Nah, bgmn jika udah terlanjur memakainya, udah kena dampak negatif. Terus apa yg kita lakukan?
      Tentu menghilangkan penggunakan produk tersebut, lalu perlu pemeriksaan ke dokter kulit, atau dokter ahli toksologi untuk mengetahui kadar merkuri di dalam tubuh Anda saat ini. Selanjutnya dokter akan menyarankan solusi apa yg tepat untuk pengobatan wajah anda. Dan kebanyakan untuk pengobatan melakukan detoksifikasi untuk menghilangkn racun tersebut.

      Balas

  14. bunda hafidz
    Nov 12, 2013 @ 10:11:52

    maaf mw tmya,saya sering merasakan sakit pada tangan kiri..kdng smp ke bahu.kira kira gejala APA ya..mksh.

    Balas

    • norma07dp
      Nov 22, 2013 @ 21:34:43

      Mohon udah telat ngebalasnya,
      dan q mhn maaf jg klo jawaban ini kurang membantu. karna q bukan ahli dalam dunia kesehatan, hanya pengetahuan umum yg bisa q share ke teman-teman.
      klo dari gejala nyeri tangan sampai, itu kemungkinan asam urat atau gejala rematik, jika memang disertai sakit dan nyeri pada kaki dan lutut.
      q gk memprediksikan gejala apa, karena kurang dari keluhan-keluhan yg dialami. mungkin sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter.

      oh ya, makasih udah berkunjung ke sini..

      Balas

  15. Dea
    Nov 13, 2013 @ 18:09:55

    Punggung saya skrg sering sakit, bru duduk sbntar saja sdh kecapekan. Perut saya buncit dan saya ada benjolan di pydra. Saya skit apa ya dok

    Balas

    • norma07dp
      Nov 22, 2013 @ 21:27:38

      Mohon maaf sebelum udah telat ngebalasnya, dan maaf q bukan seorang dokter yah dan q jg bukan dari bidan kesehatan pula.
      karena q suka dgn pengetahuan umum, apa aja q bisa pelajari. Jadi pengetahuan yg q dapatkn q bs share kepada teman-teman semua.
      Jadi, saya gak bisa mengdiagnosa penyakit apa yg mbak derita, sebaiknya mbak secepatnya melakukan pemeriksaan langsung ke dokter, karena benjolan itu bisa jadi gejala tumor smp kanker…
      semoga bermanfaat…

      Balas

  16. iis
    Nov 19, 2013 @ 00:09:52

    Mhon bantu info nya🙂
    Stiap sya menstruasi 1-3 hri trasa saki sekali, bahkan smpe bdan sya pucat, ap itu tanda nya kanker rahim ?
    Trima kasih..

    Balas

    • norma07dp
      Nov 22, 2013 @ 21:17:40

      Sebelumnya q mohon maaf telat balasnya. Gini yah rasa sakit pada saat menstruasi itu adalah hal lumrah mbak,nyeri disebabkan oleh kontraksi rahim.Hormon tertentu dilepaskan ke tubuh.
      Hormon-hormon tersebut, yang disebut prostaglandin, bekerja merangsang kontraksi otot yang diperlukan untuk meluruhkan lapisan rahim. Penderita nyeri menstruasi parah dianjurkan berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui kondisi lain yang memicu atau memperparah nyeri menstruasi yang dialaminya.

      kanker serviks (kanker mulut rahim), merupakan kanker pembunuh nomor 2 bagi wanita, namun pemicu dari terjangkitnya penyakit ini biasanya kanker serviks baru akan menunjukkan gejala serius, setelah 10-20 tahun kedepan pada wanita yang menikah atau aktif secara seksual. Karena pada fase prakanker dan stadium awal, memang tidak menujukkan gejala apapun. ciri-cirinya seperti pendarahan, gatal dan panas. jadi mungkin klo hanya gejala nyeri haid itu mungkin gak hubungan secara langsung, tapi untuk mendapatkan banyak informasi sebaiknya melakukan pemeriksaan langsung ke dokter.
      Namun bisa juga diatasi dgn berbagai cara yaitu :
      Olahraga ringan saat haid, namun hindari olahraga berat.
      Hindari konsumsi alkohol, kopi, dan juga coklat karena dapat meningkatkan kadar estrogen yang nantinya dapat memicu lepasnya prostaglandin. Hindari juga makanan bersuhu dingin misalnya es krim.
      Konsumsi vitamin E, vitamin B6, atau minyak ikan.
      Konsumsi sayuran dan buah-buahan serta makanan rendah lemak.

      Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mengatasi sakit perut saat haid :
      Kompres dengan botol panas (hangat) tepat pada bagian yang terasa kram (bisa di perut atau pinggang bagian belakang)
      Mandi air hangat, boleh juga menggunakan aroma terapi untuk menenangkan diri
      Minum minuman hangat yang mengandung kalsium tinggi
      Mengosok-gosok perut/pinggang yang sakit
      Ambil posisi menungging sehingga rahim tergantung ke bawah. Ini bisa membantu relaksasi
      Tarik napas dalam-dalam secara perlahan untuk relaksasi.

      Balas

  17. fikri
    Apr 15, 2014 @ 22:10:26

    sebaiknya periksa ke dokter, yang disebutkan di sini hanyalah gejala umum bukan berfungsi untuk mendiagnosa, hanya untuk menambah pengetahuan untuk sekedar waspada terhadap perubahan kesehatan pada tubuh kita.

    baru saja mendapat kabar duka kehilangan teman yang menderita leukimia

    Balas

  18. eka dwi jayanti
    Mei 11, 2014 @ 11:08:39

    Kalau gnti gnti kosmetik ap bsa mnybabkan kanker kulit wajah
    Mksih

    Balas

    • norma07dp
      Mei 17, 2014 @ 09:30:32

      Tergantung juga mbak, klo kosmetiknya itu gak cocok dengan wajah anda smpai mengalami beberapa keluhan seperti gatal2 atau lain-lainnya bisa sangat berpotensi mengebabkan kanker kulit..sebaiknya pilihlah kosmetik yang cocok dngn wajah anda..

      Balas

  19. Fajriani
    Mei 12, 2014 @ 23:47:42

    Sy mo tanya, kenapa gatal2 sy tk kunjung sembuh padahal sy sdh minum obat n jamu. Tadinya hanya d perut sekarang melebar k seluruh tbuh. Kira2 kenapa y?? Payudara sy pun lecet n mengeluarkan cairan yg tak sedap. Mohon bantu y?

    Balas

    • norma07dp
      Mei 17, 2014 @ 11:11:44

      Mungkin anda hanya alergi makanan, ataukah efek samping dari obat atau jamu yang anda minum sebelumnya.
      pastikan minum obat sesuai resep dokter. apalagi jamu yang gak menjamin dengan tujuan apa anda meminumnya. sebaiknya jika payudara sampai mengeluarkan cairan tanpa sebab, segera periksakan ke dokter..

      Balas

  20. Diana monica
    Jun 16, 2014 @ 21:08:51

    Dok , saya kan habis warnai rambut tpi hbis warnai kulit kepala saya gatal habis gatal di sebagian kulit kepala saya merah bengkak itu kenapa ya dok ? Biasa di sembuhin ga dok ?

    Balas

    • norma07dp
      Jul 01, 2014 @ 20:23:36

      maaf yah telat ngebalasx..
      sekali lg maaf, saya bukan seorang dokter… sya hnya org biasa yg suka brbagi ilmu.
      Nah, disini lah penyebabnya kenapa dunia kesehatan itu melarang mencat/mewarnai rambut, karena perwarna itu mengandung bahan zat kimia yang dapat memicu timbulnya brbagai gangguan kesehatan. mulai dri gatal-gatal, merusak rambut bahkan bisa sampai menyebabkan kanker otak.
      sebaiknya, dihentikan pemakaian, mungkin produknya sudah tak layak di pakai/kadarluarsa, atau pewarna rambut itu tidak cocok dgn kepala anda.

      Balas

  21. aisyah mujahidah
    Jun 18, 2014 @ 18:28:50

    ka’ saya sering sakit kepala sebalah tapi yang di bagian kanan terus. sembuhnya itulama paling lama itu 1-2 jam. itu kenapa ya ka’?

    Balas

    • norma07dp
      Jul 01, 2014 @ 20:21:56

      maaf yah udah telat ngebalasnya…
      mungkin adek hanya sakit kepala biasa, kurangi aktivitas padat dulu,rasa tegang dibagian leher belakang mungkin adek terlalu banyak mempekerjakan mata seperti terlalu lama di depan tv atau komputer, suka begadang.
      minum obat sakit kepala bukan solusi utama tapi butuh istirahat lebih banyak.
      saya juga pernah sakit kepala sebelah namun sudah berhenti dengan sendirinya..
      semoga cepat sembuh yah dek…^_^

      Balas

  22. wanti
    Jul 25, 2014 @ 23:58:00

    Keren. Thanks infonya kaq

    Balas

  23. Mito blora
    Agu 02, 2014 @ 09:47:51

    Dibawah daun telinga saya ada benjolan sebesar isi rambutan, apakah itu kangker kulit?
    Tlng dijwb ya, mkch.

    Balas

    • norma07dp
      Agu 10, 2014 @ 23:42:46

      maaf yah udah telat blsx..
      sebaiknya ke dokter untuk mengetahui itu tumor atau gejala kanker..untuk lbh mengetahui penanganannya..
      jangan dibiarkan sprti itu..waspadalah..
      makasih udah brkunjung ke sini yah..

      Balas

  24. Grap
    Agu 04, 2014 @ 14:11:05

    Dok ,saya sakit dada sebelah kiri dan disertai sakit leher, kadang2 saya lagi meludah keluar darah,
    bgaimana cara mngobatinya

    Balas

    • norma07dp
      Agu 10, 2014 @ 23:39:06

      maaf udh telat blsx..
      skali lg maaf ya, saya bukan seorang dokter..
      saya tidak bs memberikn tips pengobatanx, karena sy bukan dokter..
      kemungkinan anda mengalami penyakit serius, mohon periksa kan ke dokter..untuk mengetahui penyakit dan cara penanganan dan pengobatannya..
      trima kasih udah berbagi di sni..

      Balas

  25. caca
    Agu 06, 2014 @ 14:22:44

    Mba saya suka memar tiba tiba , badan lemas , berat badan juga menurun .. apa itu kanker ? saya takut untuk periksa ke dokter..

    Balas

    • norma07dp
      Agu 10, 2014 @ 23:07:25

      memar gmn mbak, biasanya sebagian wanita suka memar brwarna kebiruan jika akan mendapatkn haid..
      knp harus takut ke dokter mbak? anda akan mnjd smkin takut bila dokter mendiagnosa krn anda trlambat memeriksakan..
      tp semoga anda sehat2 saja..

      Balas

  26. Lathifah Mufridah
    Agu 12, 2014 @ 14:42:21

    Ibu sy nyeri di perut bagian kanan atas, berat badannya turun drastis, sdh dilakukan foto, usg, lab hasilnya baik2 saja. Terakhir diminta melakukan MRI dan pengambilan sum sum tulang belakang, apakah tindakan itu menandakan positif kanker?

    Balas

    • norma07dp
      Agu 13, 2014 @ 09:31:35

      Hanya dokter yg bisa mmberikan diagnosa, klo sudah diminta melakukan tindakan tersebut, oleh dokter yang berbeda.. itu artinya ibu Anda dalam keadaan skit yg serius..
      sebaiknya, jgn trlalu brpatokan pada hasil USG nya, bisa saja gk terdeteksi. Jangan putus asa untuk ttp mencari tahu dan melakukan pemeriksaan ulang, mencegah lebih baik drpd mengobati, kan??

      trima kasih yah mbak udah berbagi disni..

      Balas

      • Lathifah Mufridah
        Okt 23, 2014 @ 11:10:36

        Ternayat ibu saya terkena Anemia Aplastik, apa benar penyakit tersebut blm ada obatnya? dan tingkat sembuhnya kecil? adakah testimoni ttg penyakit ini?
        Terima kasih atas sharingnya

  27. bagus setiawan
    Sep 05, 2014 @ 04:26:09

    di tenggorokan saya ada benjolan kecil pas di tengah” …tdk kelihatan tapi jika di pegang secara keras saya merasakan ada benjolan di dalam tenggorokan …. itu normal atau gk y ,, T_T

    Balas

    • norma07dp
      Sep 06, 2014 @ 13:24:11

      saya kurang paham maksud anda..benjolan itu ada di bgian luar leher atau di bagian dalam tenggorokan??
      tidak semua benjolan itu bisa dikategorikan sebagai tumor, juga bisa dikatakan bila tidak ada rasa sakit. Dan gak semua benjolan itu dirasakan sakit tp brpeluang menjadi tumor dan bisa berakibat kanker. kalau anda merasa itu cukup mengganggu, patut di waspadai, sebaiknya diperiksakan ke dokter.

      Balas

      • bagus setiawan
        Sep 12, 2014 @ 17:05:16

        contoh gambarnya ini dok

        di leher saya ada benjolan kecil di bagin di submental dan di submandibular seperti di gambar di atas….itu normal apa tidak y dok… T_T saya panik kalau ini penyakit pasti susah pengobatannya karna di bagian leher….dan umur aku cuma masih 16tahun
        saya tunggu ba;asannya dok ….makasih sebelumnya🙂

  28. yani
    Okt 26, 2014 @ 11:28:49

    Kedokter THT aja dek

    Balas

  29. Simon
    Des 08, 2014 @ 15:19:39

    Saya mau tanya,
    di bagian dada kanan saya agak sakit kalau di pencet, dan saat di pencet ada sedikit benjolan. Dan rasanya sedikit panas, itu kenapa ya dok??
    Masa kanker payudara, kan saya cowok….

    Balas

    • norma07dp
      Des 21, 2014 @ 16:58:06

      tidak semua benjolan itu ada adalah gejala kanker, kita gk bisa langsung mendiagnosa seseorang tanpa pemeriksaan langsung oleh dokter.
      jangan salah meski anda cowok, tpi cowok juga berpotensi mengalami kanker pada payudara..sama seperti cewek..
      maaf yah udah telat ngebalasnya, dan maaf sekali lagi saya bukan seorang dokter apalagi dari tenaga kesehatan sekalipun. dsini saya hanya bisa berbagi ilmu…🙂

      Balas

  30. riska mly
    Feb 04, 2015 @ 19:40:34

    maaf. saya riska baru berusia 15 tahun. mau nanya, saya haid tidak lancar.. paling lambat hampir 3 bln sekali(7 hari) . apa itu bahaya??
    lalu saya akhir2 ini sakit perut, sdah 4 hari tp gk smbuh2, bgaimana mnurut anda bu?

    Balas

    • norma07dp
      Feb 07, 2015 @ 16:18:44

      Di lihat dari umur kamu yang masih baru mengalami menstruasi, itu tidak menjadi masalah. jika masih belum teratur. Saya pun di umur hmpir kepala 3, masih belum teratur haidnya.
      Sebenarnya nyeri saat Haid merupakan hal yang lumrah dialami oleh setiap wanita, akan tetapi yg membedakannya adalah apabila hal tersebut mengganggu aktivitas sehari-hari. Dengan Umur masih belia, maka termasuk Nyeri haid primer yaitu nyeri Haid yang tidak berhubungan dengan kelainan patologis yg berasal dari panggul dan organ di dalamnya. Nyeri yg terjadi 2-3 tahun setelah Haid pertama dan mencapai puncaknya saat wanita mencapai usia 15-25 tahun. Kemudian nyeri akan menurun intensitasnya seiring dengan pertambahan usia dan menghilang saat wanita melahirkan secara alami.
      Tak perlu terlalu mengkhawatirkan jika tidak disertai gejala lain seprti mual, muntah, sakit kepala, cemas, gelisah, diare, dan perut kembung.
      Dan apabila, sakitnya sampai gak tertahankan sebaiknya, langsung cek dokter.
      makasih dek, udah mampir ke sini, maaf udah telat ngebalasnya..

      Balas

  31. Aisyah Puspita Anggraini
    Feb 05, 2015 @ 04:35:53

    Assalamu’alaikum.mw tanya,entar takutny gejalany sama,sekarang saya jadi kelelahan tapi g tau sebabnya,truz tiba2 ada luka di bag.punggung tapi g tau sebabny,truz ama yg badanny jadi putih truz wajah jadi,…gitulah,truz gatal di bag.ketiak juga ketiak jadi kehitaman,truz ama telapak tangan menguning.thu gimana y? tlg diksh saranny . ^~^ trims

    Balas

    • norma07dp
      Feb 07, 2015 @ 16:04:35

      waalaikum salam..
      Sebenarx saya kurang ngerti mbak pertanyaanx, saya gk bisa mendiagnosa mbak mengalami skit apa, dari gejala yg mbak sebutkan kurang jelas.
      Trs mengenai luka punggungx sprti apa, mungkin maksudnya mbak badan & wajahx jadi pucat..bukan putih! Ini gejala banyak faktor, mungkin karena kelelahan, klo masalah kuning di bagian kulit kemungkinan mbak mengalami gejala hepatitis, ini bisa disertai demam.
      Sebaiknya untuk mengetahui secara jelas apa yg dialami segera periksa ke dokter.
      mohon maaf udah telat ngebalasnya..
      terima kasih udah share ke sini yah🙂

      Balas

  32. Lipa
    Apr 05, 2015 @ 12:23:39

    Obat herbal yg paling ampuh untuk kangker hati itu apa

    Balas

    • norma07dp
      Apr 05, 2015 @ 17:52:44

      Maaf yah, dsini bukan untuk mempromosikan suatu produk. Klo masalah ingin mengetahui obat herbal yg cocok coba cari di toko herbal atau yang menjual produk tersebut. Di sini sekedar sharing ilmu aja yah.. dan aku pun gak tau hal yang berhubungan dengan obat-obatan seperti itu, ada yg lebih tau dan ahli di bidangnya..

      Tapi makasih yah udah mampir ke sini..🙂

      Balas

  33. hilmanazhar
    Apr 06, 2015 @ 11:55:09

    Map dok mau brtanya,napas sya pendek sma cpet kelelahan,sring batuk,sya perokok jga ,pangen berhenti tapi susah ada tips ga dok

    Balas

  34. lilis
    Apr 22, 2015 @ 14:17:14

    Numpang tnya, saya nyeri bagian payu dara kkiri.. punggung bagian atas juga terasa pegal,, sebenarnya tdk bgtu sakit, tp sya sdkit kawatir kira2 apa ya yg trjd? Lalu apa saya perlu konsultsi ke dokter, kalo perlu itu di dokter umum atau dokter bagian apa!? Terimakasih,,

    Balas

    • norma07dp
      Apr 26, 2015 @ 20:42:14

      Tidak semua rasa nyeri pd payudara di kategorikn sbg gejala kanker yah. Kita sendiri yg lebih tau, byk faktor yg menyebabkan misalkn nyeri karena akan mengalami menstruasi atau setelahnya. Tapi, jika emang menyiksa lebih lebih baik periksa ke dokter. Sepatutnya melakukan memeriksa payudara sendiri apakah terdapat benjolan yg menyebabkan rasa sakit itu. Sebenarnya patut di waspadai sih. Boleh ke dokter umum atau langsung ke spesialis dokter bedah.

      Saya pun sekitar 2 bln yg lalu melakukan pengangkatan tumor payudara juga, saya cepat melakukan pemeriksaan lebih dini soalnya, karena terdapat benjolan yg sakit dan nyeri, jd cepat di tangani. hemm kok aku jd curhat gini yah..? hehehe..
      maaf mbak udah telat ngebalasnya, makasih udah berbagi di sini..🙂

      Balas

  35. asia
    Mei 01, 2015 @ 09:12:59

    ass…
    kak saya sedang sngat khawatir dengan benjolan yang ada pada bagian belakang leher dan kepala serta dibagian depan telinga.Akan tetapi, semua itu tidak terasa sakit.apa itu termasuk kanker dan tolong di berikan tips pengobatannya secara alami? terima kasih banyak atas perhatiannya.

    Balas

    • norma07dp
      Mei 03, 2015 @ 13:31:46

      Waalaikum Salam..
      Tidak semua benjolan itu merupakan kanker, bisa jadi hanya tumor jinak atau kista. Kecuali emang udah termasuk tumor ganas yang tumbuh menjadi kanker. Tapi perlu juga diwaspadai karena gak semua gejala tersebut mengalami rasa sakit atau nyeri. Apakah benjolan itu semakin besar? Sebaiknya harus periksakan ke dokter yah, bisa langsung ke dokter bedah untuk mengetahui lebih lanjut,dengan pemeriksaan lebih detil. Pemeriksaan fisik sendiri itu gak menjamin tanpa pengetahuan kita, jdi saya gak bisa mengatakan itu penyakit apa? Untuk masalah pengobatan secara alami, saya juga kurang tau mbak, konsultasikan dengan ahli herbal.

      Balas

  36. ndari
    Mei 02, 2015 @ 22:39:22

    Sudah hampir 3 tahun saya sakit dileher belakang terasa pegal dan nyeri dan mata sebelah kiri jg pegal sekali itu penyakit apa y???makasih

    Balas

    • norma07dp
      Mei 03, 2015 @ 10:41:41

      Waduuh…Penyakit tuh jangan di simpan2 yah, apalagi udah brtahun2 bgitu. Saya gak bisa mendiagnosa itu penyakit apa? Banyak faktor yg bisa memicu munculnya gejala seperti itu. Seperti kelamaan duduk melihat atau bekerja, menonton tv yg terlalu lama. Sebaiknya periksa ke dokter aja, untuk mengetahui lebih jauh dengan pemeriksaan yg lebih akurat.

      Balas

  37. Dhenindra Bagaskar
    Mei 06, 2015 @ 20:26:29

    tiba-tiba kepala bagian belakang saya keluar benjolan, dan ada tanda garis di kuku apa itu termasuk kanker kulit ya???tolong di jawab

    Balas

    • norma07dp
      Mei 07, 2015 @ 13:21:49

      Banyak faktor dan gejala yang menyebabkan kanker kulit, lalu benjolan tersebut bisa berupa tumor jinak maupun ganas. Untuk membedakannya, apakah ukurannya bertambah besar, rasa nyeri, benjolan dapat digerakkan atau menempel pd kulit?
      Tanda garis gelap, pucat, membiru atau coklat pada kuku juga salah penyebab kanker kulit dan juga disebabkn adanya benjolan yg keluar terasa gatal sakit jika disentuh atau terdapat luka kecil yang mengeluarkan darah sehingga sulit untuk sembuh, bisa jg mengalami pendarahan di kulit atau pengelupasan kulit secara terus menerus, terjadi perubahan pada mata menjadi bengkak, merah atau berbintik hitam, luka dan gatal pada mulut dan telinga, kaki timbul benjolan bersisik.
      Untuk pemeriksaan lebih akurat apakah itu gejala kanker kulit dan penanganan lebih lanjut, segera periksa kan diri ke dokter yah…

      Balas

  38. Yeni sertiyana
    Mei 06, 2015 @ 21:16:37

    Apa sih penyebab penyakit semua sebelah kiri bagian kepala,perut.mata sering panas apa penyebab penyakitnya

    Balas

  39. Yeni sertiyana
    Mei 06, 2015 @ 21:33:26

    Kak boleh nyak apa sih penyebab penyakit d bagian sebaelah kiri bagiannya mata sering panas,sakit kepala,dada sering sesak tapi keluar napas panjang legah dada uluh hati sering sakit kayak terasa d potong tapi kadang hilang dan sering d bawak ke rumah sakit tapi penyakitnya tidak ketemu dokter bilang ituh cuma penyakit batuk ajah tapi yang d alaminnya sangat sakit kali apa ya kak penyebab penykit yang bagian sebelah kiri semuanya kak
    Tolong di balas ya kak q perlu tahu apa penyebab penyakitnya

    Balas

    • norma07dp
      Mei 07, 2015 @ 12:58:02

      Iyaa, boleh adek..tapi aku cuman bisa share aja yah…
      Waduuhh dokter aja gak tau ya apalagi saya nih!! hehehe..😀

      Klo Menurut saya sih, dari gejala yg kamu sebutkan seprtinya kamu menderita sakit kepala cluster. Penyakit itu masih langka, tapi rasa sakitnya sampai gak tertahankan, sering muncul tiba-tiba, dgn frekuensi sehari beberapa kali 15 – 3 jam di waktu yg sama (sprti jam 7 pagi dan jam 7 malam).
      Sakit kepala cluster menyerang dengan cepat, rasa sakit hanya pada satu sisi yang tajam, panas, menusuk atau membakar. Misalnya panas pada mata seperti bola mata mau keluar. mirip dengan migren (sakit kepala sebelah), sakit tak tertahankan di sekitar mata, dan area lain di wajah, kepala, leher dan pundak, gelisah, sampai keluar air mata berlebihan, kelopak mata pucat, ukuran pupil mengecil, berkeringat, keluar lendir dari hidung, bengkak di sekitar mata dan wajah, merasa mual, sensitif terhadap cahaya dan suara dan disertai dengan gejala2 lainnya. Jika gejala tersebut kamu merasakannya, sudah pasti itu sakit kepala cluster headache.
      Saat ini, penyebab belum diketahui pasti karna tdk berkaitan dgn pemicu sprti makanan, perubahan hormon atau stress. Dokter biasanya hanya memberikan resep obat penghilang rasa sakit dan nyeri.

      Balas

      • Yeni sertiyana
        Mei 07, 2015 @ 13:21:45

        Kak beleh nanyak lagi gk kak!
        Kenapa kaki sering denyut dan kalau sudah bengka kaki membengka dan tangan pun juga rasa ngilu apa yah penyebab penyakitnya
        MAKASIH YAH KAK☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺

      • norma07dp
        Mei 07, 2015 @ 14:09:43

        Biasanya kaki menjadi bengkak dan nyeri ketika pernah terjadi cidera jatuh atau keseleo. Akan trjd peradangan dan pembengkakan.Saraf akan lebih sensitif hingga bisa menyebabkan nyeri yang berdenyut.
        Tapi jika tidak, kemungkinan itu adalah nyeri sendi / peradangan sendi (penyebab rematik) biasanya menyerang pd jari-jari kaki, lutut, tumit pergelangan tangan dan kaki, jari-jari tangan dan siku. Biasanya nyeri ketika malam hari. Kulit kemerahan dan bengkak dari sendi.
        Penyebabnya adalah kadar asam urat di dalam darah yg meningkat hingga menyebabkan penumpukan kristal asam urat di dalam sendi.

      • Yeni sertiyana
        Mei 07, 2015 @ 17:08:50

        Lw bleh tau ea kak obat tuk mhhilangkan pnyakit kayuk gthu pha ea kx obatnya
        Blh kan kak nyak sekaligus menenyak obat dari penyakit tuh………..hehehehehehe☺☺😊☺☺☺☺☺☺☺☺☺☺

      • norma07dp
        Mei 07, 2015 @ 20:08:12

        Klo masalah obat saya gak tau dek… dunia kesehatan bukanlah bidang saya jg.
        Silahkan Konsultasi dgn dokter dulu, bru dokter akan memberikan resep obat yang tepat.

  40. Evan Matus Putri
    Mei 08, 2015 @ 16:21:00

    Badan Rasanya Sakit Semua Terutama Kepala Dan Hidung(tersumbat Tapi Bukan Dari Pilek), Lidah Dan Mulut Rasanya Juga Gk Enak..

    Balas

    • Evan Matus Putri
      Mei 08, 2015 @ 16:22:45

      Sudah Ke Dokter AURI 2 Kali Tapi Tidak Juga Sembuh (Belum Cek Darah)

      Balas

    • norma07dp
      Mei 10, 2015 @ 20:58:37

      Kurang tau mas itu penyakit apa yah..
      krn q bkn dri ahli kesehatan, aplg dokter yg bisa tau tnpa hrus periksa ke dokter langsng,
      gejalanya jg kurang jelas, karna banyak faktor yg menyerupai gejala sprti itu dri berbagai penyakit.
      Dokterx udah mendiagnosa apa?

      hmmm tp makasih yah udah share di sini, semoga cepat sembuh..🙂

      Balas

  41. dodisunardi2012
    Jun 17, 2015 @ 12:13:00

    seharusnya disebutkan kalo yg punya web bukan ahli kesehatan/dokter.
    sehingga banyak orang yg terjebak

    Balas

  42. Kristyn
    Jun 18, 2015 @ 20:48:55

    Kak, kalo misalnya ad merah sekitar payudara sebelah kanan itu bisa dikategorigan gelaja kanker atau ada penyebab lain gak kk ?

    Balas

    • norma07dp
      Jun 20, 2015 @ 12:19:20

      Sebaiknya cek/periksa ke dokter yah, karna banyak pemicu dan gak semudah mengdiagnosa berbagai macam gejala di kategorikan sebagai gejala kanker payudara. Biasanya gejala awal ada benjolan lalu menjadi tumor jinak, jika tumor menjadi ganas akan menjadi sebuah kanker. Jadi gak mudah mengetahui dengan mudah klo kita mengidap kanker tanpa pemeriksaan detil oleh dokter.

      Balas

  43. Shelly gucci
    Jul 05, 2015 @ 06:33:50

    Aku penderita kanker stadium awal,dokter menganjurkan aku oprasi,karena positive kanker mucinous (colloid),dan benjolan do payudaraku sebesar3 cm.jd bagi yg kawatir dgn kelainan di tubuh anda segera periksakan sebelum terlambat

    Balas

    • norma07dp
      Jul 07, 2015 @ 11:39:17

      iyaa mbak, periksaan lebih dini itu jauh lebih baik..
      Saya pun juga udah menjalani pengangkatan tumor pd payudara, dan syukur Alhamdulillah masih dlm kategori tumor jinak.

      Balas

  44. YOGI
    Jul 07, 2015 @ 10:28:25

    Td pagi lehar saya terasa kesemutan seperti orang tidur tp tidak berganti posisi, saya urut leher saya sebelah kiri, dan tidak sengaja saya meraba kepala bagian belakang lurus leher sebelah kiri dan ternyata ada benjolan. setelah di sentuh ternyata rasanya seperti luka bekas benturan. hal tersebut potensi tanda2 kangker apa enggak?

    Balas

    • norma07dp
      Jul 07, 2015 @ 11:35:52

      Ada byk hal yg dapat memicu terjadinya atau munculnya benjolan. Kita tak bisa langsung tau dan mendiagnosa tubuh kita bila mengidap kanker. Tumor atau benjolan butuh proses panjang untuk bisa memasuki tahap kronis, benjolan di kategorikan sebuah gejala kanker jika udah berubah menjadi ganas. percepatannya tergntung sistem kekebalan dan imun tubuh kita melawan virus.
      Dokter akan lebih tau, apakah benjolan itu merupakan gejala kanker, sebaiknya di periksakan ke dokter, jika rasanya sangat mengganggu, karna akan melewati pemeriksaan yg lebih detil untuk dpt memastikannya.

      Balas

  45. Flury
    Jul 27, 2015 @ 09:16:48

    saya batuk biasa ngga parah kak tapi kalau batuk bukan dada yg sakit tapi bahu sebelah kiri, kenapa ya?

    Balas

    • norma07dp
      Jul 30, 2015 @ 18:15:16

      Batuk berkepanjangan di sertai keluhan lain di bagian tubuh itu patut di waspadai, jika cukup mengganggu dgn rasa sakitnya, sebaiknya segera periksa kan ke dokter yah,
      aku gak bisa mendiagnosa hal seperti itu, perlu pemeriksaan dokter secara lbih detil.
      terima kasih atas kunjungannya yah🙂, maaf udah telat ngebalasnya..

      Balas

  46. maya
    Jul 27, 2015 @ 22:13:28

    mohon penjelasanya yang di maksud gelenjar TBc.itu apa yach??

    Balas

    • norma07dp
      Jul 30, 2015 @ 19:24:27

      TBC Kelenjar itu pembesaran kelenjar getah bening di area leher yang menonjol keluar seperti benjolan, jika sampai pecah dan menembus kulit di sebut sklofuloderma. Dengan gejala demam yg lama, batuk kronis, nafsu makan berkurang, terdapat benjolan di sekitar leher, ketiak, paha dan daerah sekitar kelenjar getah bening. Tapi tidak menular di bandingkan dengan TBC paru-paru yg mudah menular.

      Balas

  47. fahira
    Agu 20, 2015 @ 10:30:57

    Saya mau nanya, saya sering susah BAB ketika mau BAB saya tergantung dgn obat, ktika halangan juga sering trjdi sakit yg brlebihan bhkan smpai pingsan, beberapa minggu ini jg mata saya merah seperti drah beku dan kadang sakit kepala. Mohon srannya mba, trima kasih

    Balas

    • norma07dp
      Agu 21, 2015 @ 12:30:35

      Itu masalah pencernaan mbak, untuk melancarkannya butuh asupan makanan yg berserat aja.
      Klo masalah sistem reproduksi coba periksa ke dokter yah, gawat bgt itu klo bs smp pingsan. Wanita pd umumnya mengalami keram perut ketika akan atau sedang haid, tp jika menimbulkan dampak lebih sakit sprti itu sebaiknya periksa ke dokter yah🙂

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: