Kebiasaan Buruk Yang Bisa Merusak Otak

Berpikir adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Kurang berpikir akan membuat otak menyusut dan akhirnya tidak berfungsi maksimal.

Nah, Otak kita juga perlu istirahat tapi, gimana yah caranya… so, dalam tidur pun otak kita tetap aja bekerja, nyatanya di saat kita sedang bermimpi,  otak tuh tetap aja bekerja di bawah alam sadar kita.
Jadi, biar otak kita lebih berpikir dengan sehat maka lakukan kebiassan yang sehat yah…??

Dan kita harus dapat menghilangkan kebiasaan buruk berikut ini :

1.    Tidak sarapan pagi
Jika tidak sarapan pagi, kadar gula darah akan rendah, akibatnya suplai nutrisi ke otak jadi berkurang.

2.    Makan terlalu banyak
Terlalu banyak makan berakibat mengerasnya pembuluh darah otak karena penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah sehingga kemampuan kerja otak menurun.

3.    Merokok
Zat dalam rokok yang terhisap akan mengakibatkan penyusutan otak secara cepat, serta dapat mengakibatkan penyakit Alzheimer.

4.    Menkonsumsi gula terlalu banyak
Konsumsi gula yang terlalu banyak akan menyebabkan terganggunya penyerapan protein dan nutrisi, sehingga terjadi ketidakseimbangan gizi yang akan mengganggu perkembangan otak.

5.    Polusi udara
Otak adalah konsumen oksigen terbesar dalam tubuh manusia. Menghirup udara yang berpolusi menurunkan suplai oksigen ke otak sehingga dapat menurunkan efisiensi otak.

6.    Kurang tidur
Otak memerlukan tidur sebagai saat beristirahat dan memulihkan kemampuannya. Kekurangan tidur dalam jangka waktu yang lama akan mempercepat kerusakan sel-sel otak.

7.    Menutup kepala saat tidur
Kebiasaan tidur dengan menutup kepala meningkatkan konsentrasi zat karbondioksida dan menurunkan konsentrasi oksigen yang dapat menimbulkan efek kerusakan pada otak.

8.    Menggunakan pikiran saat sakit
Bekerja terlalu keras atau memaksakan berpikir di saat sedang sakit dapat menyebabkan berkurangnya efektivitas otak serta dapat merusak otak.

9.    Kurang menstimulasi pikiran
Berpikir adalah cara yang paling tepat untuk melatih otak. Kurangnya stimulasi pada otak dapat menyebabkan mengkerutnya otak kita.

10.    Jarang berkomunikasi
Komunikasi diperlukan sebagai salah satu sarana memicu kemampuan kerja otak. Berkomunikasi secara intelektual dapat memicu efesiensi otak.

Berikut Agar Otak Anda tidak tegang, coba praktekkan tips berikut ini :

Kebiasaan untuk menyegarkan Otak

Brande percaya, hanya dengan melakukan pengujian dan peregangan sendiri Anda mengembangkan kekuatan mental. Berikut sembilan latihan yang disarankan oleh Brande yang bisa Anda coba, seperti dikutip dari Divine Caroline.

1. Habiskan satu jam setiap harinya dengan tidak berkata apa-apa. Kecuali, untuk menjawab pertanyaan secara langsung, di tengah-tengah kelompok, tanpa menimbulkan kesan bahwa Anda merajuk atau sakit. Cobalah bersikap sebiasa mungkin.

2. Berpikirlan selama 30 menit setiap hari tentang satu subjek. Mulailah dengan berpikir dalam lima menit jika 30 menit terlalu lama.

3. Berbicaralah selama 15 menit per hari tanpa menggunakan kata “Aku”, “Saya”, dan  “Milik saya”.

4. Cobalah untuk diam di tengah keramaian

5. Lakukan kontak dengan orang baru dan biarkan ia menceritakan banyak hal soal dirinya tanpa ia menyadari.

6. Ceritakan secara eksklusif tentang diri sendiri dan kesenangan Anda tanpa mengeluh, membual atau membuat bosan teman Anda.

7. Buat rencana selama dua jam per hari dan lakukan rencana itu dengan konsekuen.

8. Buatlah 12 kegiatan yang dilakukan secara acak dan spontan. Misalnya, sepulang mendatangi tempat makan yang belum pernah dikunjungi sebelumnya lalu pulang bukan dengan naik taksi tetapi ojek. Atau, biasanya pada pagi hari Anda minum kopi, minumlah air putih atau jus. Usahakan kegiatan tersebut berbeda dari rutinitas Anda.

9. Dari waktu ke waktu, luangkan setiap harinya menjawab “Ya” untuk setiap permintaan orang lain, tapi tentunya yang masuk akal.

 Selamat Mencoba..!!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: