Laptop, Notebook, dan Netbook

Laptop itu sama dengan Notebook… Laptop sendiri gabungan dari dua kata, Lap yang berarti pangkuan dan Top yang artinya atas, yang berarti komputer yang diletakkan diatas pangkuan. Sebenarnya laptop atau notebook cuma sebuah penyebutan istilah belaka. Di Amerika istilah laptop lebih dikenal dari notebook. Juga penyebutan laptop lebih familiar ditelinga orang Indonesia karena lebih dulu populer.

Lalu muncul model laptop yang menjadi lebih kecil dan lebih ringan, dimana besar komputernya sama besar dengan buku tulis yang biasa dijinjing, yang kemudian disebut dengan notebook. Jadi sebenarnya laptop atau notebook itu sama-sama komputer mini. Yang membedakan cuma penyebutan istilah yang muncul akibat pergeseran makna dimana berpengaruh pada penempatan posisi pemakaian komputer itu sendiri.

Peforma:
Laptop/notebook > netbook

-Kegunaan:
Laptop/notebook:
> Bisa digunakan untuk multimedia (nonton DVD, edit mp3, edit foto,dll)
> Bisa games ringan-berat (tergantung spesifikasi)
Netbook
> Multimedia ringan (dengar musik, nonton DVD)
> Games ringan

Efisiensi:
Baterai Netbook cenderung lebih tahan lama daripada Laptop/notebook.
Netbook digunakan untuk aplikasi perkantoran murni plus multimedia ringan.

Spesifikasi:
Netbook : Menggunakan Prosessor Intel Atom atau VIA C7 Series.
Laptop/notebook : Menggunakan Prosessor (Intel) Pentium Dual-Core atau Core Series. Klo AMD menggunakan Turion 64X2.

Netbook adalah istilah yang masih terbilang baru. Akhir-akhir ini netbook sedang naik daun. Awalnya, netbook pertama muncul adalah asus eee PC, kini telah tersedia berbagi merk dan pilihan operating sistem. Pada dasarnya netbook hampir sama dengan notebook, hanya saja netbook lebih portable dan untuk keperluan komputasi yang ringan. Terus bedanya sama notebook??

Dimensi dan ukuran layar

Ada perbedaan yang cukup mencolok antara netbook dan notebook. Ukuran layar netbook lebih kecil dan berkisar di angka 7”-10,2” sedangkan notebook mulai 12” keatas. Selain itu, netbook berukuran lebih kecil dan lebih ringkas untuk dibawa-bawa dibanding notebook. Berat netbook juga jelas lebih ringan di banding notebook umumnya. Memang netbook lebih portable dibanding notebook.

Spesifikasi hardware

Spesifikasi hardware antara netbook dengan notebook berbeda. Biasanya, netbook menggunakan prosesor Intel Atom, VIA C7 yang hemat energi, AMD pun tidak mau kalah dan akan meluncurkan prosesor Athlon Neo untuk pasar netbook. Netbook biasanya dibekali Ram 512mb-1gb untuk mendukung performanya. Netbook biasanya sudah dibekali peralatan untuk berinternet dengan nyaman dengan menyertakan wi-fi dan bloetooth bahkan akhir-akhir ini ada produsen yang menyertakan modem 3G dan 3,5G (HSDPA), tak lupa webcam pun hadir di sebagian besar netbook yang beredar. Beberapa produsen menyediakan opsi SSD (Solid State Drive) sebagai media penyimpananya kerena lebih hemat energi jika dibandinkan dengan hardisk. Sementara notebook biasanya mnggunakan prosesor yang lebih kuat seperti, Pentium Dual-core, Core2 Duo, Turion X2 dengan ram yang sama atau lebih besar dari netbook. Notebook juga dapat menggunakan discrete graphic dari Ati Radeon atau Nvidia GeForce, setahu saya netbook belum ada yang menggunakan discrete graphic.

Daya tahan baterai

Notebook pada umumnya hanya mampu ‘hidup’ dengan baterai selama 1-3jam saja. Sedangkan netbook mampu bertahan lama antara 3-5jam. Ini dikarenakan hardware yang digunakan netbook lebih hemat energi dibanding notebook.

Fungsi dan target pengguna

Dilihat dari spesifikasi hardware yang digunakan, jelas performa notebook jauh lebih cepat dibanding netbook. Notebook ditujukan bagi orang yang membutuhkan komputer yang cukup bertenaga untuk bekerja dan dapat dibawa kemana-mana. Performa notebook sekarang (terutama platform centrino2) sudah mendekati bahkan menyamai komputer desktop kelas mainstream. Performa ini sangat berguna bagi orang yang membutuhkan komputer pekerjaan editing multimedia atau hal-hal yang lebih dari sekedar mengetik. Sedangkan netbook ditujukan bagi orang yang menginginkan mobilitas dalam menggunakan komputer untuk sekedar pekerjaan office dan internet. Performa netbook pun pas-pasan. Saya pernah mencoba netbook MSI Wind dengan menggunakan prosesor Intel Atom N270 1,6Ghz dan menggunakan OS windows XP, performanya dalam penggunaan office dan internet sudah mencukupi.

Untuk mengetahui  perbedaan global antara laptop dengan notebook dari berbagai sisi

Berikut perbedaannya:

  • Secara fisik laptop mempunyai dimensi yang lebih besar dari notebook dilihat dari inchnya.besar inch laptop 13,5″-17″ sedangkan notebook 8,5″-12″
  • Laptop pakai dvd/cd room internal atau sudah terpasang dvd room sedangkan notebook tanpa dvd/cd room biasanya pakai dvd external
  • Laptop lebih tahan panas dibanding notebook karena dimensinya lebih kecil tapi bisa diatasi dengan menggunakan coolingpad/kipas pendingin saat digunakan
  • Harga laptop lebih mahal dari notebook
  • Hdd pada notebook tanpa partisi kalau kita beli baru
  • Spec laptop lebih besar dar notebook (tidak semua), bagi pencinta designer atau games dan program-program berat disarankan pilih laptop dari pada notebook
  • Slot memory pada notebook hanya satu slot jadi jika mau tambah memori harus ganti baru. misalnya memory notebook anda defaultnya 1g dan anda mau tambah jadi 2g maka dengan sangat terpaksa anda harus beli memory 2g satu keping karena slot memorinya cuma satu. Yang 1g nya simpan saja buat cadangan.
  • Port usb pada notebook lebih sedikit dibanding laptop
  • Laptop lebih mudah diatasi kerusakan hardwarenya dibanding notebook
  • Notebook jauh lebih simple dibawa kemana-mana daripada laptop karena bentuknya lebih kecil.Bisa pakai softcase
  • Karena dimensi lcd notebook kecil maka jika kita menggunakannya dalam jangka waktu lama maka bisa menyebabkan lelah mata dibanding laptop


Iklan

1 Komentar (+add yours?)

  1. SaniAgung
    Mei 21, 2011 @ 10:06:41

    lebih milih android 😉
    ditunggu backlinknya 😀
    http://terlampau.wordpress.com/

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: