Tips Membuat Presentasi untuk Seminar Proposal Skripsi

           Seminar Proposal biasanya berkisar antara 10-15 menit dengan menjelaskan latar belakang, rumusan masalah, tujuan dan ruang lingkup skripsi yang akan kita buat, pada pertengahan seminar akan diajukan beberapa pertanyaan mengenai apa yang akan kita buat, bagaimana dan kapan akan dibuat, terakhir akan diberikan saran, kritik dan masukan yang sekiranya dapat memperbaiki proposal kita.

Berikut adalah tips  membuat slide untuk  seminar Proposal Skripsi :

  • Buatlah slide proposal hanya pointnya saja, dalam hal ini buatlah slide sesingkat mungkin, cantumkan hanya point yang akan anda bicarakan, jangan mengcopy paste  isi proposal anda di dalam slide. Hal ini akan mencitrakan diri anda sebagai orang yang tidak menguasai materi.
  • Kutiplah sumber yang menjadi argumentasi anda dalam memberikan latar belakang bahwa judul anda layak dijadikan skripsi, misalnya dari pakar yang bersangkutan dan dari beberapa sumber (buku, ebook, jurnal, website independen yang kredibilitasnya tidak diragukan).
  • Kuasai materi seminar proposal anda, buatlah catatan kecil sebagai penjelasan singkat dari point yang sudah anda cantumkan dalam slide.
  • Berlatihlah 2-3 kali presentasi proposal anda untuk meningkatkan kepercayaan diri anda.
  • Bersikap tenang dan fokus, fokuslah pada slide dimana anda sedang presentasikan, berikan agrument untuk setiap pernyataan yang anda kemukakan.
  • Jawablah pertanyaan penguji dengan tegas dan singkat, jangan memancing pertanyaan lain yang mungkin akan menjebak anda dalam kegagalan anda dengan tidak dapat menjawab pertanyaan dari penguji.
  • Kuasai materi seminar anda, belajar dan berlatih untuk menunjukan diri anda bahwa anda benar-benar menguasai materi yang akan anda seminarkan.
  • Jelaskan secara detail ruang lingkup dan batasan masalah dari proposal anda, jelaskan secara rinci bagaimana sistem anda akan bekerja dan bagaimana alurnya.
  • Terimalah saran dan kritik dari penguji, yang sekiranya dapat memperbaiki proposal anda, jika diluar koridor dari poposal anda bantahlah dengan argumentasi yang baik dan benar.
Iklan

4 Komentar (+add yours?)

  1. Joao de araujo
    Mar 15, 2013 @ 18:05:43

    terima kasih atas tips -tips ini, setelah membaca smua tips ini, membankitkan rasa percaya diri dalam hati yang selalu gugup…john “TIMOR LESTE”

    Balas

  2. Agus Zauhari
    Sep 14, 2013 @ 15:31:37

    makasih m’ba..doain ya sy mu presentase TA

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: