Tips Menghilangkan Stress

Pasti pernah Anda merasa Stress, bukan?? 

Stress bisa disebabkan oleh berbagai hal. Misalnya ada keinginan yang tidak tercapai, masalah besar datang menghadang atau berita buruk yang tak diharapkan. Semua manusia tak peduli siapa dan dimana pasti pernah mengalaminya.

Stress memiliki tingkatan dari yang ringan sampai berat. Dampak yang ditimbulkannya pun beragam sesuai dengan tingkatannya. Dimulai dari hal yang ringan seperti banyak melamun, keluar keringat dingin, resah, tidak nafsu makan walaupun ada juga yang malah tidak bisa mengontrol apa yang dimakannya ketika stress.

Emosi tak terkendali dan mudah marah adalah cirri stress tingkat menengah. Bahkan jika sudah sampai kondisi stress berat bisa mengakibatkan seseorang berbuat nekat. Salah satunya adalah bunuh diri karena tak mampu menanggung beban. Hati-hati jangan biarkan stress menguasai diri.

Satu hal penting yang harus kita pahami adalah stress bersifat akumulatif. Artinya jika stress ringan tidak bisa dihilangkan maka akan terus menumpuk hingga terakumulasi. Akhirnya stress itu menjadi beban berat yang tentu jauh lebih sulit untuk ditanggulangi.

Ini merupakan salah satu penyakit modern yang sering bermunculan. Sebetulnya jika kita dapat berfikir jernih dan sering bersyukur pasti stress dapat dihindari. Stress adalah proses pendewasaan diri karena anda sedang menghadapi sebuah tantangan hidup berupa tuntutan, peluang dan masalah hidup tingkat lanjut (next level) yang harus anda lalui, percaya ataupun tidak kedewasaan anda dinilai sejauh mana anda dapat menyelesaikan masalah dengan baik.

Banyak diantara kita yang tidak mampu untuk menerima masalah yang datang dan memilih jalan singkat seperti bunuh diri. Sebetulnya hal ini jangan dinggap serius untuk menghadapinya, akan tetapi kita dapat mengambil semua hikmah yang baik dari perkara persoalan hidup. Hal ini yang dapat mendewasakan kita untuk mengambil jalan terbaik bagi hidup kita.

Oleh karena itu, jika stress datang menyerang segera hilangkan dengan cara-cara di bawah ini :

  1.  Aktif. Jangan mengurung diri dalam kamar, duduk melamun atau tidur-tiduran apalagi tidur beneran ketika sedang stress. Berdiam diri tidak akan menghilangkan stress. Justru anda harus banyak bergerak. Bisa dengan berjalan kaki, lari atau olahraga lainnya. Gerakan badan akan membuat tubuh anda menjadi lebih segar. Olahraga yang bersifat permainan seperti sepak bola akan membantu menghilangkan stress karena bersifat menyenangkan. Jalan kaki ke taman akan membuat anda rileks karena menghirup udara segar dan melihat pemandangan indah.
  2. Makan yang benar. Berikan makanan yang segar dan bergizi untuk tubuh anda. Makanan ini akan meningkatkan metabolisme hingga tubuh menjadi lebih fit. Ada kecenderungan orang stress lebih memilih makanan yang asem, pedes, atau berlemak. Hati-hati jangan sampai stress anda tidak hilang tapi bertambah dengan gangguan pencernaan karena sembarangan makan.
  3.  Tidur yang cukup. Jika kita kurang tidur akan menyebabkan kurang konsentrasi dan badan kurang fit. Untuk itu, kalau stress jangan ditambah dengan begadang karena akan menambah masalah. Jauh lebih baik anda tidur yang cukup agar ketika bangun nanti badan akan lebih segar dan pikiran kembali jernih.
  4. Ekspresikan perasaan anda. Keluarkan apa yang menjadi beban pikiran anda, apapun yang menyebabkan anda stress. Ekspresikan melalui media yang paling anda sukai. Jika lebih suka berbicara, carilah orang dekat yang akan mendengarkan curhat anda. Kalau mengungkapkan dengan tulisah jadi pilihan, buatlah puisi atau cerita. Bisa ditulis di buku harian atau blog kesayangan. Ekspresi perasaan juga bisa lewat gambar atau lukisan. Biarkan ekspresi perasaan mengalir seperti air, jangan ditahan atau didiamkan karena akan membobol benteng pertahanan anda.
  5. Tertawalah. Apabila anda sudah bisa tertawa dengan bebas dan tak dibuat-buat, boleh jadi stress anda telah hilang. Tapi jangan tertawa sendiri tanpa sebab yang jelas, nanti dianggap gila. Untuk itu, anda bisa membaca buku atau majalah humor, menonton film komedi atau acara lawak. Tertawa itu membuat bahagia dan membebaskan diri dari beban pikiran.
  6. Maafkan kesalahan anda. Lupakan apa yang telah membuat anda stress dan maafkan diri sendiri jika melakukan kesalahan. Berbuat salah itu tak apa-apa karena kita hanya manusia biasa. Manusia yang paling baik bukanlah manusia yang tidak berbuat salah tapi mereka yang belajar dari kesalahannya dan terus memperbaiki diri.
  7. Perbarui sikap. Berfikir postif selalu ketika menghadapi masalah apapun. Pikiran postif akan menghasilkan perkataan dan perbuatan yang positif juga. Segala sesuatu itu tergantung dari sudut mana kita memandangnya. Semuanya pasti memiliki sisi positifnya. Yakinlah.
  8. Bersyukurlah atas apa yang kita miliki. Terkadang stress datang karena kita mempermasalahkan apa yang tidak kita miliki. Padahal bisa jadi kita banyak memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh orang lain. Bisa jadi kita kurang bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Kita lebih sering iri hati melihat apa yang dimiliki orang lain. Tanpa pernah menyadari masih banyak orang lain yang lebih kekurangan dari kita.
  9. Berjalan kaki
    Nikmatilah udara pagi yang segar dengan berjalan kaki. Syaratnya adalah, Anda harus mau bangun pagi kira-kira jam 5 pagi, sebelum jalanan dipenuhi oleh kendaraan bermotor yang menghasilkan polusi udara. Beruntung bagi Anda yang tinggal di kompleks perumahan yang jarang dilewati mobil, motor atau pun transportasi umum. 
  10. Membaca
    Carilah buku bacaan yang memang benar-benar disukai. Kalau perlu, habiskanlah waktu berjam-jam di toko buku untuk memilih satu buku yang paling menarik hati. Dengan membaca, perhatian yang tadinya tertuju pada stres, akan teralihkan pada hal-hal yang disenangi. 
  11. Lagu bernuansa tenang
    Anda bisa membeli CD lagu-lagu yang memang khusus diciptakan untuk mengurangi stres. Musik seperti itu akan menenangkan hati, pikiran, serta memperbaharui jiwa. 
  12. Permainan seru
    Ajaklah kerabat Anda untuk menikmati permainan papan yang seru, bahkan permainan-permainan yang sering Anda mainkan sewaktu kecil. Dijamin dalam sejekap otak Anda akan berpindah haluan dari stres menjadi senang. 
  13. Mainan pelepas stres
    Anda bisa mencari bola atau mainan pelepas stres di toko tertentu atau toko peralatan olahraga. Mainan ini memiliki bermacam bentuk dengan figur yang lucu. Jadi, saat Anda sedang stres di kantor atau dimana pun, Anda hanya perlu melihat mainan Anda tersebut, tersenyum dan meremasnya. 
  14. Bermain dengan anak-anak
    Tidak ada yang lebih seru dari bermain dengan anak-anak. Selain dapat membantu Anda mengenang masa kecil, Anda juga bisa tahu bagaimana rasanya kembali menjadi anak-anak dan melupakan tanggung jawab serta segala permasalahan Anda sebagai orang dewasa. 
  15. Sholat malam bagi yang muslim dapat menjadi solusi utama dalam menghindari stress. Luangkan waktu untuk sholat malam dan jangan lupa berdo’a dan ingat selalu pada tuhan yang menciptakan kita yang memberikan kehidupan kepada kita agar kita dapat selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan kepada kita. Walaupun semua pemberiannya tidak selalu baik dimata kita tapi kita dapat mengambil hikmahnya. Dan pasti semua oraang mempunyai kelebihan masing-masing dan mempunyai kekuraangan masing-masing yang ada.
  16. Rendah hatilah dan jujurlah pada diri anda sendiri agar anda dapat dengan mudah melihat kesalahan yang telah anda lakukan sehingga dapat mengevaluasi diri untuk mengambil langkah yang lebih baik dari sebelumnya.
  17. Cobalah untuk berbagi pemikiran dengan orang-orang yang anda percayai (curhat gitu lho) yang netral dalam melihat permasalahan sehingga anda dapat mendapatkan saran, nasehat yang orisinil tanpa tanpa dipengaruhi ego dan kepentingan.
  18. Perbanyaklah berdzikir dan berdoa, memohonlah kepada-Nya agar diberikan jalan keluar terbaik dari masalah yang kita hadapi. Memintalah kepada-Nya dengan segala kerendahan hati karena Tuhanlah sebaik-baiknya pemberi jalan keluar.
  19. Milikilah pandangan positif terhadap diri anda dan berupaya menahan diri dari pikiran negatif sehingga akan membantu untuk berpikir jernih dan objektif dalam mengambil keputusan dan bergaullah dengan orang-orang yang berfikir positif.
  20. Cobalah jangan sampai mengganggu kehidupan orang lain apalagi sampai merugikan orang tersebut. Sebab hal ini yang sering kita abaikan dalam keseharian. Tapi usahakan semua semua orang dapat senang saat anda hadir dikehidupannya.  SeLamat MenCoba…!!!

1 Komentar (+add yours?)

  1. Miladieyah El Fawaid
    Feb 05, 2012 @ 19:25:58

    ziip

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: