Perbedaan BLOG dan WEBSITE

Terkadang Masih Banyak Orang Yang Menanyakan  Apa Bedanya  BLOG dan WEBSITE???

Blog dan Website serupa namun tak sama, jadi Blog adalah Website sedangkan Website belum tentu Blog.

Aduuhh…. pada bingung yaa?? Hehehe….

“Ok..Ok..!!”, di sini aku jelas’n sedikit teori yang sering kita tidak menyadarinya  telah ketika membuka sebuah halaman website atau blog, untuk dapat memberikan sedikit pemahaman  kepada newbie.

Sesuai dengan pengalaman sendiri. Menurut aku sih, ada sedikit perbedaan  yang menonjol dari Blog dan Website tersebut :

1.      Pada Blog kita hanya bisa membuat postingan tulisan dan gambar yang berupa catatan harian atau media publikasi lainnya. Sedangkan pada Website memuat informasi umum yang memiliki beragam menu pilihan seperti  kumpulan halaman-halaman web, gambar, video dan aset-aset digital yang terhubung satu sama lain.

2.      Blog tinggal isi postingan dan dapat di up-date setiap saat,  sedangkan Website harus otak-atik  software-nya terlebih dulu untuk membuat postingan baru dan diperlukan keahlian khusus untuk memosting artikel baru dan juga jarang sekali up-date postingannya.

3.      Blog sudah menyediakan Halaman web untuk mengisi artikel postingan jadi tak perlu mendesain dari awal sebuah tampilan blog sedangkan pada Website pengguna sekaligus sebagai pengelola, juga mendesain, merawat agar web tersebut agar tetap berjalan dengan baik.

4.      Blog tidak memerlukan keahlian khusus untuk membuatnya, cukup daftar, terus isi deh, artikel di dalamnya. Sedangkan Website memerlukan Penguasaan Art, Penguasaan tool harus Mampu menggunakan program aplikasi untuk membuat desain grafis, seperti : Adobe Photoshop, AutoCad, Corel Draw, Adobe Ilustrator, Free Hand, Mampu menggunakan program aplikasi untuk mengolah suara, Mampu mendesain layout web, seperti : Ms. Frontpage, Macromedia Dreamweaver, Adobe Go Live, Page maker, Mampu mendesain animasi web, sepert : Macromedia Flash, Macromedia Director, Swish, dan Mampu Menguasai teknik interface web.

5.      Butuh waktu 3 bulanan untuk membuat Website dinamis atau bahkan lebih dari 1 tahun bila ingin secanggih CMS Open Source (dengan asumsi pembuat sudah mahir bahasa PHP). Sedangkan Blog hanya butuh 1 jam untuk membuatnya dan tidak diperlukan bahasa pemograman PHP.

6.      Blog kebanyakan gratis sedangkan Website mengharuskan kita untuk membeli hosting dan domain.

7.      Membuat Blog lebih mudah dari pada Website, karena seorang yang mampu membuat web adalah orang yang menguasai bahasa php, mysql ataupun cms.

8.      Kita memerlukan hosting untuk Website sebagai media penyimpanan materi web kita, dan uploadnya pun cukup susah.  Sedangkan  membuat Blog maka otomatis kita sudah membuat hosting sendiri di blog kita.

9.      Pada Blog biasanya artikel disusun terbalik berdasarkan urutan waktu dimana artikel paling baru akan ditempatkan pada halaman pertama (home). Sedangkan pada Website artikel yang telah diposting akan ditempatkan pada halaman baru.

10.  Pada Blog biasanya pengunjung dapat menulis komentar dimana komentar tersebut dapat dibalas dengan komentar lain sehigga bisa terjadi diskusi dan komunikasi, tetapi pada Website biasanya bersifat satu arah dan hanya bisa dihubungi melalui menu contact. 

11.  Pada Blog bertujuan untuk membuat kisah atau catatan harian sebagai tempat curhat seseorang dan menulis artikel yang hanya sekedar informasi. Sedangkan Website memuat konsep yang bertujuan untuk mengembangkan kreatifitas, sharing informasi dan kolaborasi diantara penggunanya. Pada konsep ini terdapat layanan-layanan hosting seperti blogs, social-networking sites, wikis, dan folksonomies. (Artinya di dalam  web dengan  adanya tambahan fiture blogs di dalamnya, “Makanya , persepsi orang mengatakan bahwa Blog termasuk bagian dari Website.”)

 

Menurut beberapa persepsi orang pada dasarnya, blog dan website itu sama. Tetapi, “penciptaan” mereka memiliki tujuan yang berbeda. Walaupun Begitu, mereka memiliki kesamaan. Yaitu sama sama menggunakan URL. Ada yang mengatakan bahwa perbedaan blog dan situs terletak pada URLnya. Ya, memang benar,, seperti www.google.com {ini termasuk situs website, karena domain-nya mengikuti dan berdiri sendiri. Sebenarnya yang punya URL hanya website. sedangkan blog itu bagian dari website, karena dia berada dalam sebuah website tersebut.

Jadi sekarang aku jelas’n secara singkat aja deh,  Apa itu Blog dan Website ya….??? Yukk…

*BLOG*

Blog merupakan singkatan dari “web log” adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dikelola oleh pribadi dan dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

 

*WEBSITE*

Website terdiri dari dua kata Web Site, karena WEB sendiri merupakan kependekan dari World Wide Web (www), namun sudah terlanjur dipakai secara umum penulisannya menjadi website.

 

Dari alamat situs web dapat dijabarkan menjadi beberapa point (contoh http://www.freehosting.com) :

  1. http:// : Hyper Text Transfer Protocol/ Service transfer yang digunakan di dalam web
  2. www : singkatan dari World Wide Web, Alamat informasi di internet
  3. freehosting : alamat informasi yang dituju/ alamat website yang diaktifkan
  4. .com : domain dari alamat informasi yang dituju

Situs web dapat diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi, gambar gerak, suara, dan atau gabungan dari semuanya itu baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan link-link.

Secara garis besar website dibagi menjadi 2 style/model/tipe = Website Statis dan Website Dinamik

Website Statis è Konten Statis

        Data Tetap, berisi : Latar Belakang, Sejarah, Visi dan Misi, Biodata, Struktur Organisasi.

Website Dinamis è Konten Dinamis

        Data yang harus selalu diupdate, berisi : Galeri Foto, Artikel, Berita Terbaru,  

Website Statis
Informasi yang berada di halaman web-nya diubah secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Dan untuk melakukan perubahan konten tersebut selain diperlukan keahlian dasar mendesain web, juga biasanya menggunakan software teks editor seperti Notepad, Frontpage atau Dreamweaver. Singkatnya, pengunjung website model ini tidak dapat menentukan informasi apa yang ingin dilhatnya, dan tetap pada informasi apa yang ditawarkan.

Website Dinamik
Contoh website yang menggunakan model ini seperti website forum, blog, e-commerce, berita, search engine, dll.

Unsur-Unsur yang ada di dalam Web Site atau Situs :

Untuk membangun situs diperlukan beberapa unsur yang harus ada agar situs dapat berjalan dengan baik dan sesuai yang diharapkan. Unsur-unsur yang harus ada dalam situs antara lain:

1. Domain Name

Domain name atau biasa disebut nama domain adalah alamat permanen situs di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah situs atau dengan kata lain domain name adalah alamat yang digunakan untuk menemukan situs kita pada dunia internet. Istilah yang umum digunakan adalah URL. Contoh sebuah URL adalah http://www.yahoo.com

2. Hosting

Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di situs. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya hosting yang disewa/dipunyai, semakin besar hosting semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam situs.
Hosting juga diperoleh dengan menyewa. Besarnya hosting ditentukan ruangan harddisk dengan ukuran MB(Mega Byte) atau GB(Giga Byte). Lama penyewaan hosting rata-rata dihitung per tahun. Penyewaan hosting dilakukan dari perusahaan-perusahaan penyewa web hosting yang banyak dijumpai baik di Indonesia maupun Luar Negeri.

3. Scripts/Bahasa Program

Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam situs yang pada saat diakses. Jenis scripts sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah situs. Semakin banyak ragam scripts yang digunakan maka akan terlihat situs semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Bagusnya situs dapat terlihat dengan tanggapan pengunjung serta frekwensi kunjungan.

Beragam scripts saat ini telah hadir untuk mendukung kualitas situs. Jenis jenis scripts yang banyak dipakai para designer antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap situs adalah HTML sedangkan ASP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya situs.

Scripts ASP, PHP, JSP atau lainnya bisa dibuat sendiri, bisa juga dibeli dari para penjual scripts yang biasanya berada di luar negri. Harga Scripts rata-rata sangat mahal karena sulitnya membuat, biasanya mencapai puluhan juta. Scripts ini biasanya digunakan untuk membangun portal berita, artikel, forum diskusi, buku tamu, anggota organisasi, email, mailing list dan lain sebagainya yang memerlukan update setiap saat.

4. Design Web

Setelah melakukan penyewaan domain dan hosting serta penguasaan scripts, unsur situs yang paling penting dan utama adalah design. Design web sangat menentukan kualitas dan keindahan situs. Design sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah web site.

Untuk membuat situs biasanya dapat dilakukan sendiri atau menyewa jasa web designer. Saat ini sangat banyak jasa web designer, terutama di kota-kota besar. Perlu diketahui bahwa kualitas situs sangat ditentukan oleh kualitas designer. Semakin banyak penguasaan web designer tentang beragam program/software pendukung pembuatan situs maka akan dihasilkan situs yang semakin berkualitas, demikian pula sebaliknya. Jasa web designer ini yang umumnya memerlukan biaya yang tertinggi dari seluruh biaya pembangunan situs dan semuanya itu tergantung kualitas designer.

Seorang web designer harus memiliki :

         Penguasaan Art

         Penguasaan tool pendukung perancangan web. Untuk pengusaan tool Mampu menggunakan program aplikasi untuk membuat desain grafis, seperti ; Adobe Photoshop, AutoCad, Corel Draw, Adobe Ilustrator, Free Hand, dsb. Mampu menggunakan program aplikasi untuk mengolah suara. untuk desain layout web, seperti ; Ms. Frontpage, Macromedia Dreamweaver, Adobe Go Live, Page maker, untuk desain animasi web, seperti ; Macromedia Flash, Macromedia Director, Swish, dsb.

         Penguasaan teknik membuat interface web.

5. Publikasi

Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi. Publikasi situs di masyarakat dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti dengan pamlet-pamlet, selebaran, baliho dan lain sebagainya tapi cara ini bisa dikatakan masih kurang efektif dan sangat terbatas. cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine (mesin pencari, seperti : Yahoo, Google, Search Indonesia, dsb).

Cara publikasi di search engine ada yang gratis dan ada pula yang membayar. Yang gratis biasanya terbatas dan cukup lama untuk bisa masuk dan dikenali di search engine terkenal seperti Yahoo atau Google. Cara efektif publikasi adalah dengan membayar, walaupun harus sedikit mengeluarkan akan tetapi situs cepat masuk ke search engine dan dikenal oleh pengunjung.

Pemeliharaan Web Site atau Situs

Untuk mendukung kelanjutan dari situs diperlukan pemeliharaan setiap waktu sesuai yang diinginkan seperti penambahan informasi, berita, artikel, link, gambar atau lain sebagainya. Tanpa pemeliharaan yang baik situs akan terkesan membosankan atau monoton juga akan segera ditinggal pengunjung.

Pemeliharaan situs dapat dilakukan per periode tertentu seperti tiap hari, tiap minggu atau tiap bulan sekali secara rutin atau secara periodik saja tergantung kebutuhan (tidak rutin). Pemeliharaan rutin biasanya dipakai oleh situs-situs berita, penyedia artikel, organisasi atau lembaga pemerintah. Sedangkan pemeliharaan periodik biasanya untuk situs-situs pribadi, penjualan/e-commerce, dan lain sebagainya.

 

Kalau kita lagi browsing internet, kita sering melihat berbagai jenis Blog dan Website. Nah, aku punya pertanyaan, pada  https://norma07dp.wordpress.com. Menurut Anda ini termasuk Blog atau Website??

Semoga Bermanfaat….!!!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: