Malware Berbahaya Menyerang Facebook

Lagi-lagi virus menyerang Facebook, dan di tahun 2011 muncul sebuah laporan  mengenai keberadaan sebuah Malware yang hadir menghiasai kejengkelan para pengguna Facebook…Hehehhh…jangan sampai deh,…

Adapun beberapa penemuan dan keluhan dari sekian  banyak pengguna Facebook :

  • Sebuah pesan floating berukuran kecil yang menanyakan apakah kita akan terus login. Dan hanya diberi satu pilihan jawaban yakni “Yes”.  Dan menurut laporan, jika kita klik “Yes”. Maka saat itu pula Windows dan crusor mouse kita hang tidak bereaksi. Selama kira-kira 1 menit. Setelah semuanya normal. Kita kembali ingin login ke account kita di Facebook, ternyata account FB kita sudah diblokir dan tidak bisa dibuka lagi. Kemudian muncul pesan error antivirus.  Jadi sebaiknya jangan klik Yes jika anda menemukan pesan seperti itu, dan klik X pada browser, untuk mencoba membuka Facebook di tab baru atau mungkin gunakan browser lain yang terinstall di Hard Disk komputer Anda.
  • Tampilan chat di facebook, fungsinya adalah  jika anda mengklik link tersebut dengan iming – iming , gambar lucu  / foto – foto jangan di klik , karena anda sebenarnya sedang mendownload virus W32/Kolab.xx , maka berhati hatilah, memang facebook anda tidak apa – apa / tidak ada yang janggal pada FB anda tapi dia memanfaatkan facebook anda untuk menyebarkan link tersebut ke teman-teman anda juga.
  • Pengguna Facebook  memaksa user untuk melakukan ‘Like’ sebuah halaman Facebook, yang kemudian secara otomatis menyebar melalui wall user. Menurut berita dari SocialToo, scammer ini telah menemukan cara bagaimana mengeksploitasi tombol ‘Like’ via JavaScript dan dengan menggunakannya untuk memaksa user menyukai halaman tersebut, kemudian menyebarkan worm tersebut melalui postingan status di wall user.

Bercengkrama dengan situs jejaring Facebook memang sangat mengasyikkan. Akan tetapi jangan sampai keasyikan ini membuat kamu lengah akan bahaya keamanan yang mengancam, terutama masalah privasi. Di bawah ini dibeberkan 9 bahaya Facebook yang mengancam kamu dan Facebooker lainnya jika tidak hati-hati.

Macam-macam bahaya yang ada di facebook :

1. Postinganmu Menunjukkan Jati Dirimu
Apa yang kamu posting secara langsung menunjukkan siapa dirimu. Jika kamu memposting tentang kebiasaan-kebiasaan buruk seperti minum-minuman keras, maka reputasimu akan tercoreng dan ini sangat merugikan. Survey tahun 2009 yang dilakukan Microsoft menunjukkan bahwa 79% pencari karyawan di Amerika Serikat melihat informasi online tentang si pelamar kerja. Dari 70% yang disurvey mengatakan bahwa mereka menolak lamaran berdasarkan temuan mereka di internet.

2. Postingan Temanmu juga Menunjukkan Jati Dirimu
Apabila ada temanmu yang membicarakan kegiatan kalian semalam di mana notabene tidak pantas, maka jangan ragu-ragu menghapusnya dari wall.

3. Pihak Ketiga Bisa melihat Profilemu
Informasi pribadi seperti alamat rumah dan nomer telepon sebaiknya dibuat private. Jangan sampai pihak ketiga dengan mudah mengaksesnya dan memanfaatkannya untuk kepentingan yang tidak baik.

4. Aplikasi Facebook Membahayakan Privasi
Berhati-hatilah dalam memakai aplikasi Facebook karena aksi ini memungkinkan pihak pengembang aplikasi untuk melihat profilemu secara keseluruhan termasuk apa yang kamu posting. Ada kemungkinan mereka menyebarkan infomu ke pihak lain. Bukan hanya privasimu, privasi temanmu nantinya akan menghadapi risiko besar.

5. Iklan (ads) Facebook Bisa Mengandung Malware
Jangan sembarangan mengklik iklan di Facebok karena tidak semuanya bersih dari program jahat (malware).

6. Profilemu Bisa Dilihat Semua Orang
Sampai kamu megatur settingan privasi, semua orang akan bisa melihat profilemu. Usahakan untuk mengecek privacy setting setiap bulan guna memastikan privasimu aman.

7. Fotomu Mengindentifikasi Dirimu
Pelaku scam (scammer) bisa dengan mudah melacak atau mengidentifikasi kamu via foto yang kamu posting. Utak-atik settingan privasi agar hanya orang-orang yang ada dalam kontakmu saja yang bisa melihatnya.

8. Username Juga Membahayakan
Jika tidak ingin scammer melacakmu via username, sebaiknya tidak usah menggunakan nama asli.

9. Mengumbar Lokasi Bisa Mengundang Risiko
Jangan mengumbar keberadaanmu di Facebook karena ini sangat berisiko. Pencurian rumah atau pengintaian (cyberstalking) bisa terjadi saat kamu memberitahukan lokasi di mana kamu berada.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: