Windows 8 (Ver.Terbaru),Windows 7,Windows XP,Windows Vista dan Linux

Windows 8 (WIN 8)

Windows terbaru 2011,

Yang jadi perhatian dari Windows 8 ini ialah kemampuan bootingnya yang super cepat bahkan bisa lebih cepat dari hidupnya monitor pc kita saat ini. Waktu Booting windows 8 hanya 8 detik. Tak ada lagi flashing layar BIOS. “Tak ada karakter aneh yang terlihat windows 8 saat dihidupkan akan langsung ke layar awal.

Kalau windows 8 bootingnya 8 detik seharusnya Windows 7 bootingnya 7 detik juga dong…hehehe…

Lebih aman saat booting, Windows 8 dilengkapi dengan Secure Boot yang bekerja dengan BIOS berbasis UEFI sehingga bisa melindungi PC dari malware saat booting

Semua software yang berjalan di Windows 7 akan juga bisa dipakai pada Windows 8.

Windows 8 juga mendukung chip ARM yang banyak dipakai di perangkat tablet juga bukan hanya bisa dipakai di PC tapi juga bisa digunakan untuk Tablet.

Windows 8 atau win 8 memiliki tampilan yang segar, menu yang disusun rapi dengan desain Metro. Akses ke jejaring sosial juga bisa langsung dilakukan di layar awal.

Windows 8 sebagai platform teranyar untuk perangkat komputer tablet. Sistem operasi ini, oleh Microsoft, disebut sebagai penciptaan kembali Windows.

Sistem operasi ini diluncurkan dalam Konferensi BUILD di Anaheim, California, Selasa, 13 September 2011. Sejumlah fitur dipamerkan, seperti tampilan antarmuka yang dinamai Metro, dukungan layar sentuh, peningkatan performa dan adanya Windows app store.

8 KELEBIHAN DARI WINDOWS  8 :

Windows 8 membawa sejumlah perubahan dibanding sistem operasi Microsoft generasi terdahulu. Apa saja kelebihannya ketimbang Windows 7? Berikut 8 di antaranya seperti detikINET kutip dari TechRadar, Rabu (14/9/2011):

1. Dioptimalisasi untuk layar sentuh

Windows 7 memang support layar sentuh, namun tidak optimal dari sisi desain dan kemudahan pengoperasian. Berbeda dengan Windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro benar-benar dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.
2. Mendukung chip ARM

Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.

3. Toko aplikasi Windows Store

Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

4. Mendukung NFC (Near Field Communications)

Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.

5. Waktu boot yang singkat

Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.

6. Internet Explorer 10

Internet Explorer 10 dijanjikan membawa perubahan besar ketimbang versi IE terdahulu. Browser ini diklaim sangat ramah digunakan baik dalam tablet maupun PC. 

7. Sekuriti lebih baik

Windows 8 dikatakan akan memiliki fitur sekuriti lebih baik untuk menghadang serangan cyber. Di antaranya fitur Windows Defender lebih ditingkatkan kemampuannya di OS ini.

8. Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC

Microsoft menyatakan komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini

Penyempurnaan Windows 7

Kalau kamu mengatan WIndows 7 adalah “keren”, maka Windows 8 merupakan penyempurnaan dari kata “keren” tadi. Perbaikan kinerja, keamanan, privasi, serta reliabilitas sistem adalah beberapa landasan utama yang disempurnakan dari Windows 7 untuk kemudian disuguhkan di Windows 8. Di versi anyar ini pula Microsoft menyempurnakan Task Manager-nya, Windows Explorer-nya, serta fleskibilitas yang lebih baik buat yang mau menggunakan banyak layar monitor (multi screen).

Bagaimana dengan kebutuhan hardware?

Pertanyaan di atas banyak dilayangkan oleh penggila Windows dengan sistem lawas. Tapi sebelumnya PCplus kasih info dulu nih kalau Windows 8 nantinya bisa berjalan di beragam sistem dengan beragam ukuran layar. Ia mendukung prosesor berbasis arsitektur ARM dan prosesor  x86 (termasuk 32bit dan 64bit). Ini berarti selain di tablet PC Windows 8 juga bisa dijalankan di netbook, notebook atau desktop PC. Bahkan Microsoft mengklaim produknya ini bisa dijalankan mulai dari tablet berukuran 10 inci sampai layar berdefinisi tinggi ukuran 27 inci.

 

PERBEDAAN WINDOWS XP DENGAN WINDOWS 7 :

  1. Windows 7 memiliki Windows Aero yang sangat cantik dan sangat berguna. Sedangkan XP tidak memiliki itu.
  2. Fitur sleep, hibernate, dan resume jauh lebih cepat dengan menggunakan WIndows 7. Bisa dihitung, sleep hanya 2 detik dan hibernate maksimal 5 detik dan resume maksimal 7 detik. Kalau XP akan lebih lama lagi.
  3. Windows 7 dapat digunakan dengan mudah karena Start menu sudah didesain ulang agar terlihat lebih cantik namun lebiih powerful. Sekarang kita tidak perlu membuka windows explorer untuk mencari, cukup dengan buka Start menu pada windows 7 dan mulai mencari. Dan ada juga fitur Jump List pada taskbar, agar mengakses program yang penting dapat digunakan dengan mudah
  4. Windows 7 pun memiliki Windows Virtual PC yang memungkinkan anda untuk menjalankan OS lain bersamaan dengan Windows 7, jadi anda tidak perlu merestart komputer untuk mengaksesnya.
  5. Masalah keamanan, Windows 7 lebih unggul. Karena ada Windows Firewall yang sudah di tingkatkan level keamanannya. Dan juga Windows Defender yang siap memproteksi anda kapan saja. Semua file Windows 7 akan lebih aman dari Windows XP
  6. Sistem UAC (User Account Control) akan memeringatkan anda jika sebuah program akan dijalankan. Fitur ini dapat anda atur di Control Panel sesuai keinginan. Jadi, jika ada virus yang masuk ke Windows 7 dan virus tersebut menjalankan sebuah program, maka secara otomatis UAC akan muncul dan memblokir program dan virus tersebut karena dijalankan tanpa seijin pengguna komputer.
  7. Naah, ini yang kusuka. Personalisasi desktop sekarang lebih mudah. Hanya klik kanan terus personalize deh. Anda dapat memilih wallpaper dan tema dengan mudahnya
  8. kalau komputer anda jadul lebih baik anda menggunakan windows xp saja,namun jika rig anda cukup kuat dan sudah ( minum jamu komplit .ngakak.) diupgrade bolehlah menggunakan windows seven sehingga bisa memaksimalkan graphis game DX 11 dan memaksimalkan slot ram anda minimal hingga 16 gb.

WINDOWS 7 MEMILIKI FITUR :

  1. Start Menu
    Start menu di windows 7 telah mengalami perubahan yang sangat jauh bila dibandingkan kepunyaan Xp, kalian tidak perlu lagi scroll lewat all programs untuk mencari program yang ingin dijalankan.

    Hanya dengan mengetikkan nama dari program tersebut maka akan langsung ditampilkan di start menu. Dan tentunya tampilan jauh lebih menarik.
  2. Windows Explorer
    Saat kalian membuka windows explorer maka tampilan yang diberikan akan lebih rapi dan lebih mudah untuk mengakses setiap drive dan folder di komputer kalian.
  3. Taskbar
    Di windows 7 setiap program yang sedang dibuka hanya akan menampilkan icon dari program tersebut saja di taskbar, dan jika kalian arahkan cursor mouse ke icon tsb maka akan menampilkan thumbnail program tersebut. Da bila diarahkan lagi ke dalam tampilan thumbnail, full window dari program yang dibuka akan ditampilkan.
  4. DirectX 11
    Windows xp hanya mendukung DirectX sampai versi 9.0c saja. Jika kalian seorang gamer dan selalu update terhadap game baru, maka ada baiknya segera bepindah ke windows 7 karena game game baru lebih banyak menggunakan DirectX 10 dan DirectX  11.
  5. 32-bit vs. 64-bit
    Meskipun windows xp juga tersedia dalam versi 64-bit (Windows XP x64) namun banyak orang yang tidak mengetahui akan hal ini. Beda dengan windows 7 dengan memberikan pilihan jika kalian ingin mengunakan 32-bit version (x86) atau 64-bit version (x64).
  6. Aero Desktop
    Aero desktop merupakan koleksi untuk tampilan destop windows 7 untuk tampak lebih menarik, seperti juga disebutkan aero glass yang memberikan effect tembus pandang dari tampilan windows.
  7. Email Client
    Dikarenakan banyak orang yang tidak memakai lagi email client bawaan windows Outlook Express (OE), maka fitur yang satu ini telah dihilangkan dari windows 7.

Mau install windows seven?? Coba lihat spesifikasi komputer anda dulu. Apakah memenuhi spesifikasi minimum yang diminta untuk mengistall si seven ini. berikut minimum requirementnya:

  • 1GHz processor (32- or 64-bit)
  • 1GB of main memory
  • 16GB of available disk space
  • Support for DX9 graphics with 128MB of memory (for the Aero interface)
  • A DVD-R/W drive

Spesifikasi di atas adalah nilai minimum.. jika mengharapkan performa yang lebih layak, tentunya komputer atau laptop anda harus memiliki spesifikasi di atas minimum requirement tersebut.

Memang, cap “Windows XP sebagai OS terbaik sepanjang masa” emang betul. Karena, Windows XP merupakan OS paling stabil. Microsoft pun menyadari hal itu dan akan terus mendukung Windows XP sampai tahun 2014 nanti. He he, Aku aja  masih setia pake Windows XP karena berbagai alasan mudah digunakan dan SO-nya cocok dengan berbagai program aplikasi yang aku gunakan.

PERBEDAAN WINDOWS 7 DENGAN VISTA :

  1. Dari tampilan, memang sama – sama menggunakan Windows Aero, tetapi di Windows 7 lebih disempurnakan lagi. Taskbar sekarang sudah di transparan dan ada fitur baru di Windows 7 yaitu, Aero Flip 3D dan Aero shake
  2. Sistem UAC (User Account Control) pada Windows Vista tidak bisa dimatikan dan terus berjalan. Ini sangat mengganggu, karena setiap menjalankan program, anda harus klik OK pada setiap peringatan. Tidak dengan Windows 7, anda bisa mengaturnya agar UAC dimatikan saja, atau dihidupkan sesuai dengan level keamanan. Mau pilih aman, atau pilih sangat aman, atau pilih sangat 100x aman bisa anda atur sendiri.
  3. Windows Search di Windows 7 lebih cepat dan relevan. Dibandingkan search di Windows Vista.
  4. Windows Vista tidak bisa menggunakan layar sentuh. Beda dengan Windows 7 yang 100% mendukung
  5. Soal kenyamanan dalam penggunaannya. Windows 7 lebih unggul dengan fitur Jump List dan search yang mudah.
  6. Windows 7 lebih cepat dibandingkan Windows Vista Dan masih banyak yang lain.

 

PERBEDAAN WINDOWS  DENGAN LINUX :

1. User Interface
Di Windows, Kita tidak banyak memiliki pilihan user interface. Sebagai misal, di Windows 95/98 Kita hanya mengenal user interface bawaan Windows 95/98. Kita sedikit lebih beruntung jika menggunakan Windows XP, karena Kita bisa berpindah dari interface milik Windows XP ke Windows 98 yang lebih ringan.
Di Linux, kita bisa menemukan banyak macam user interface. Dan biasanya pilihan user interface ini dapat Kita sesuaikan dengan spesifikasi komputer atau lingkungan kerja. Misalnya, pada komputer yang lambat kita bisa menggunakan user interface yang ringan, seperti XFCE atau Fluxbox.
Atau jika Kita menyukai gaya Mac, Kita bisa memilih desktop model GNOME atau menggunakan utility Docker. Dan jika Kita terbiasa di Windows dan memiliki komputer yang cukup cepat, Kita bisa memilih desktop KDE.
Dengan KDE, Kita masih bisa memilih untuk menggunakan gaya Windows XP ataupun Windows Vista. Pilihan dan variasinya sangat banyak di Linux, Kita bisa mengatur sesuai dengan favorit Kita.

2. Sekuriti dan Virus
Salah satu masalah utama di Windows yang paling sering Kita temukan adalah virus dan spyware. Dari tahun ke tahun permasalahan ini bukan semakin mengecil tetapi malah semakin membesar. Ini semua terjadi karena banyak lubang keamanan di Windows yang bisa dieksploitasi oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.
Linux diturunkan dari sistem operasi Unix yang memiliki tingkat sekuriti lebih kuat. Itu sebabnya tidak ada banyak virus di Linux dan kalaupun ada tidak bisa berkembang biak dengan pesat dan biasanya tidak mampu membawa kerusakan yang besar.
Sekalipun tidak sepenting di Windows, Kita tetap bisa menemukan program-program anti virus di Linux, seperti ClamAV dan F-Prot. PCLinux telah menyediakan anti virus ClamAV yang bisa ditemukan pada menu Start > Applications > FileTools > KlamAV.
3. Spyware
Spyware adalah suatu masalah yang cukup umum di dunia Windows. Biasanya program spyware mengamati, mengumpulkan dan mengirimkan data Kita ke suatu server. Untuk hal yang lebih positif, program ini biasanya dipergunakan untuk keperluan marketing.
Sayangnya, ada juga yang berniat buruk yaitu dengan mencuri identitas, kartu kredit, dan tindakan negatif lainnya.
Tidak banyak program spyware yang menginfeksi Linux mengingat cara kerja Linux yang lebih susah untuk ditembus. PCLinux telah menyediakan pre-instal Firewall untuk melindungi sistem Kita dan bisa diaktifkan melalui PCLinux Control Panel.
Instalasi dan Kelengkapan Program
Windows adalah sistem operasi, itu sebabnya Windows tidak menyediakan banyak program setelah diinstal. Kalaupun ada mungkin Kita hanya akan menemukan Internet Explorer, Media Player, Notepad, dan beberapa program kecil lainnya.
Ini sangat berbeda dengan Linux. Sekalipun Linux juga suatu sistem operasi, tetapi Linux disertai dengan banyak program didalamnya. Setelah diinstal, Kita akan menemui banyak program dari hampir semua kategori program. Sebut saja kategori Office Suite, Multimedia (Sound, Video, Graphics), Internet (Browser, Email, Chat, Downloader, Messenger, Torrent, News), 3D, Games, Utility, dll.
Dengan waktu instalasi yang hampir sama, Kita bukan hanya mendapatkan suatu sistem operasi tetapi juga semua program yang diperlukan untuk kegiatan sehari-hari di Linux.

4. Konfigurasi Sistem
Kita mungkin sering mendengar di Linux Kita perlu menyunting file secara manual melalui command line. Sebagian berita ini benar, tetapi dengan PCLINUX Control Center konfigurasi sistem bisa Kita lakukan semudah point n click. PCLINUX memiliki deteksi perangkat keras yang baik sehingga hampir semuanya berjalan secara otomatis. Dan hampir semua program di PCLINUX disertai dengan konfigurasi yang sudah siap pakai. Sebagai contoh, browser Internet telah disertai dengan sejumlah plug-ins. Tidak perlu men-download dan menginstal plug-ins flash ataupun yang lainnya.

5. Hardware Support
Kita sering mendengar suatu hardware tidak bekerja di Linux. Hal ini terjadi karena pembuat hardware tidak menyediakan driver versi Linux. Untungnya, belakangan ini cukup banyak vendor yang sudah memberikan dukungan driver Linux. Dan pengenalan Linux akan hardware semakin lama semakin meningkat sehingga mulai jarang terdengar permasalahan hardware di Linux.

6. Menangani Crash
Linux secara umum terlihat sebagai sistem operasi yang stabil. Dan jika Kita membandingkan Linux dengan Windows 95/98/ME, Linux jauh lebih stabil. Windows XP – jika Kita mengikuti petunjuk sistemnya dengan baik – akan cukup stabil.
Dan seperti halnya dengan Windows, suatu saat Kita juga akan menemui masalah di Linux. Sekalipun jarang, tetapi program yang crash atau hang bisa saja terjadi. Ini adalah suatu fakta dari kehidupan di dunia komputer.
Sekalipun demikian ada beberapa perbedaan di Windows dan Linux. Unix dan Linux mempunyai sifat multi-user. Linux menjalankan aplikasi secara berbeda dengan Windows. Ketika suatu aplikasi terkunci, Kita dapat mematikannya dengan mudah. Cukup menekan kombinasi tombol Ctrl + Esc, dan Kita dapat memilih aplikasi (atau proses) mana yang bermasalah.
Dan jika sistem grafis yang terkunci, Kita bisa berpindah ke command-prompt (dengan menekan Ctrl+Alt+F1) dan membunuh proses software secara manual. Kita juga mempunyai pilihan untuk merestart desktop saja dengan menekan Ctrl+Alt+Backspace. Ini berarti Kita tidak harus melakukan reboot sekalipun sistem Linux sedang mengalami masalah.

7. Partisi Harddisk
Linux tidak mengenal penamaan drive C: untuk suatu partisi. Semua drive disatukan dalam suatu sistem penyimpanan yang besar. Folder /mnt merupakan tempat untuk Kita mengakses semua media yang ada di komputer, baik partisi lain, CD-ROM, Floppy, ataupun FlashDisk.
Belakangan KDE telah memperudah akses ke media dengan menyediakan sistem Storage Media yang dapat diakses melalui My Computer ataupun file manager Konqueror.

8. Penamaan File
Linux menggunakan “/” untuk memisahkan folder dan bukannya “\” yang biasa digunakan DOS/Windows. Linux bersifat case-sensitive, ini berarti file “Hello.txt” berbeda dengan file “hello.txt”. Linux juga tidak terlalu memperhatikan ekstensi file. Jika Kita mengubah nama file “Hello.txt” menjadi “Hello”, Linux masih tetap mengetahui bahwa file ini adalah suatu teks. Dan ketika Kita mengklik file “Hello”, Linux secara otomatis tetap akan membuka program editor teks.

9. Kemudahan dan Keamanan
Kita mungkin sudah mengetahui, bahwa sebagai user biasa (bukan Root) Kita tidak bisa menulis file di sembarang folder. User biasa hanya memiliki akses tulis di folder home mereka. Sebagai user biasa, Kita tidak akan bisa mengubah bagian penting dari sistem Linux. Ini memang terkesan terlalu membatasi dan merepotkan, tetapi cara ini jauh lebih aman, karena hanya orang tertentu yang mempunyai akses Root saja yang bisa menyentuh sistem. Bahkan viruspun tidak bisa dengan mudah menyentuh sistem Linux. Itu sebabnya Kita tidak banyak mendengar adanya virus di Linux.
Hal ini berbeda jauh dengan Windows yang sangat rentan dengan virus. Ini terjadi karena user biasa di Windows juga sekaligus mempunyai hak sebagai administrator. Kebanyakan pemakai Windows tidak mengetahui hal ini, sehingga sistem mereka sangat rentan dengan serangan virus. Windows Vista sekarang telah mengadopsi sistem sekuriti Linux ini.

10. Defragment
Di Linux Kita tidak akan menemukan program untuk men-defrag harddisk. Kita tidak perlu melakukan defragment di harddisk Linux! Sistem file Linux yang menangani ini secara otomatis. Namun jika harddisk Kita sudah terisi sampai 99% Kita akan mendapatkan masalah kecepatan. Pastikan Kita memiliki cukup ruang supaya Linux menangani sistemnya dan Kita tidak akan pernah mendapatkan masalah deframentasi.

11. Sistem File
Windows mempunyai dua sistem file. FAT (dari DOS dan Windows 9x) dan NTFS (dari Windows NT/2000/XP). Kita bisa membaca dan bahkan menyimpan file di sistem FAT dan NTFS milik Windows. Hal ini tidak berlaku sebaliknya, Windows tidak akan bisa membaca atau menyimpan file di sistem Linux.
Seperti halnya Windows, Linux memiliki beberapa macam file sistem, diantaranya ReiserFS atau Ext3. Sistem ini dalam beberapa hal lebih bagus dari FAT atau NTFS milik Windows karena mengimplementasikan suatu tehnik yang disebut journaling. Jurnal ini menyimpan catatan tentang sistem file. Saat sistem Linux crash, kegiatan jurnal akan diselesaikan setelah proses reboot dan semua file di harddisk akan tetap berjalan lancar.

1 Komentar (+add yours?)

  1. Anwar
    Okt 20, 2011 @ 14:31:31

    Hi, Thanks info bagusnya. Saya dah download dan dah install windows 8 di Acer Iconia Tab W500 saya. Semuanya berjalan lancar, semua driver tetap terpasang kecuali bluetooth dan device manager. Tapi waktu saya coba konek ke internet make modem external 3G, saat connected selalu tertulis no acces to internet (limited), mungkin bang Danny ada solusi tuk masalah ini, thanks

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: