(Spesial) Mengenal Apa itu Android?

Bagi sebagian orang, Android adalah hal yang asing, karena selama ini di Indonesia sudah terlebih dahulu nyaman dengan Symbian milik handphone sejuta ummat: NOKIA. Gadget berbasis Java, kemudian disusul dengan ledakan Blackberry yang menggunakan Blackberry OS-nya.

Sebenarnya, Apa Sih Android itu? 

Let’s check it out!!

Android (maskot Robot Hijau) adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.

Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD).

Versi OS Android

OS Android memiliki beberapa versi sejak awal penggunaannya pada 9 Maret 2009. Secara berurutan, berikut adalah versi-versi Android dari awal hingga saat ini:

  1. Android versi 1.1 – Maret 2009
  2. Android versi 1.5 (Android Cupcake) – Mei 2009
  3. Android versi 1.6 (Android Donut) – September 2009
  4. Android versi 2.0/2.1 (Android Eclair) – Desember 2009
  5. Android versi 2.2 (Android Froyo: Frozen Yoghurt) – Mei 2010
  6. Android versi 2.3 (Android Gingerbread) – Desember 2010
  7. Android versi 3.0 (Android Honeyc0mb) – 2011
  8. Android versi 4.0 (Ice Cream) – Akhir 2011

Versi Android yang masih beredar

~ Android Eclair (versi 2.0/2.1)

Pada versi 2.0/2.1 ini, mulai banyak vendor produk gadget yang melirik Android. Beberapa upgrade versi ini dari versi sebelumnya diantaranya adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

~ Android Froyo (versi 2.2)

Saat ini masih sangat banyak handset smartphone yang menggunakan Android Froyo. Bahkan produk yang rilis pertengahan 2011 pun masih menggunakan Froyo sebagai sistem operasinya. Froyo menjadi populer karena dianggap sangat cocok digunakan pada smartphone masa kini. Banyak perubahan pada versi ini, antara lain peningkatan kecepatan, fitur Wi-Fi hotspot tethering dan dukungan terhadap Adobe Flash.

~ Android Gingerbread (versi 2.3)

Muncul di akhir tahun 2010, Gingerbread mulai banyak digunakan pada PC Tablet. FYI, Android Froyo sempat juga digunakan pada gadget tipe tablet, tapi dengan fitur yang minim dan hampir serupa dengan smartphone lainnya. Gingerbread hadir dengan peningkatan pada kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

~ Android Honeycomb (versi 3.0)

Nah, kalau versi terbaru ini memang dirancang khusus untuk Tablet. Vendor gadget saat ini mungkin sendang mengembangkan produk-produk andalan mereka dengan menggunakan OS Honeycomb, sehingga masih sedikit PC Tablet yang menggunakannya. Sebut saja yang sudah bocor duluan seperti Motorola XOOM (Motorola) dan Eee Pad Transformer (ASUS).

~ Android versi 4.0 (Ice Cream)

         Android versi 4.0 akan dirilis akhir tahun 2011. Ice Cream Sandwich adalah versi terbaru dari keluarga Android yang dirilis pada kukartal keempat 2011. Dikatakan oleh petinggi Google, Mike Cleron, Ice Cream Sandwich adalah proyek paling ambisius dari Google.

Keunggulan OS Android

Secara umum, produk mobile berbasis Android tidaklah terlalu berbeda dengan gadget lain . Perbedaan paling mencolok tentu saja pada interface atau tampilan serta sistem navigasi di dalamnya. Tapi, gadget dengan OS Android, khususnya Tablet, memiliki keunggulan tersendiri bagi usernya. Antara lain:

1.      Multitasks

Dengan fitur multitasks, user dapat menjalankan beberapa aplikasi sekaligus seperti layaknya di komputer. User bisa mengerjakan tugas mengetik sambil mendengarkan musik plus chatting-an dengan teman.

2.       Merk gadget yang lebih beragam

Tentu saja pilihannya lebih beragam. Blackberry dan iPhone menggunakan OS milik perusahaan mereka sendiri. Vendor lain seperti Samsung, Motorola, HTC, Acer, Asus dan banyak lainnya umumnya mengeluarkan produk terbarunya dengan menggunakan Android.

3.       Open Source

Seperti layaknya aplikasi open source populer lainnya, Android juga memiliki komunitas pengembang yang kuat dan kemudahan bagi user untuk membuat aplikasi sendiri dan menyebarkannya di situs resmi Android.

4.      Fitur Widget

dengan kebebasan membuat widget di homescreen, user bisa dengan mudah mengakses berbagai folder dan aplikasi dengan cepat dan mudah.

5.      Integrasi mudah dan cepat ke produk-produk Google

Terakhir, karena Android adalah milik om Google, maka akses ke berbagai produk Google lainnya. Sebut saja Google Docs, Gmail, Google Reader, Blogger, dan banyak lainnya.

Beberapa fitur lainnya  yang tersedia di Android adalah :

  • Kerangka aplikasi: itu memungkinkan penggunaan dan penghapusan komponen yang tersedia.
  • Dalvik mesin virtual: mesin virtual dioptimalkan untuk perangkat mobile.
  • Grafik: grafik di 2D dan grafis 3D berdasarkan pustaka OpenGL.
  • SQLite: untuk penyimpanan data.
  • Mendukung media: audio, video, dan berbagai format gambar (MPEG4, H.264, MP3,

AAC, AMR, JPG, PNG, GIF)

  • GSM, Bluetooth, EDGE, 3G, dan WiFi (hardware dependent)
  • Kamera, Global Positioning System (GPS), kompas, dan accelerometer (tergantung hardware)

Apa yang Spesial dari Android?       

          Tidak seperti OS Apple, Research In Motion (RIM) atau Windows Mobile Microsoft, Google merilis Android sebagai OS open-source di bawah naungan Open Handset Alliance. Hal lainnya Android adalah OS yang sangat baik, cepat dan kuat serta memiliki antarmuka pengguna intuitif yang dikemas dengan pilihan dan fleksibilitas. Google terus mengembangkannya.

Mengapa memilih Ponsel Android daripada iPhone?         

              Salah satu alasannya adalah Android terintegrasi dengan layanan Google seperti Gmail, Google Calendar, Google Contacts dan Google Voice dan sempurna bagi siapa saja yang menggunakan layanan Google.
Salah satu hal dari Android adalah saat pertama menyalakannya Anda diminta memasukkan nama pengguna Google dan password dan semua pesan Google, kontak dan info lainnya mulai tersinkronisasi ke handset tanpa sync ke desktop. Selain itu Android merupakan open source yang di mana kita bebas melakukan apapun perihal aplikasinya.

Apa beda versi-versi Android, seperti Donut, Cupcake dan Froyo?                                                                   

         Sama seperti Apple iOS, Google terus mengupdate Android dengan fitur baru. Versi terbaru Android adalah 2.2 dengan kode nama Froyo menambahkan fitur penarikan USB langsung, fungsi hotspot mobile dan dukungan Flash. Ini berarti Flash video dan modul Flash yang tidak bekerja pada iPhone akan bekerja pada web browser Android. Versi 1.6 disebut Donut yang menambahkan kecepatan, peningkatan resolusi layar dan aplikasi kamera dan perekam lebih cepat. Versi 1.5 cupcakes menambahkan perekam video.

Apa Ponsel Android disebut Droids?                                                                          

           Tidak. Droid adalah merek ponsel Android milik Verizon Wireless (Droid X, Droid Eris, Droid Incredible dan sebagainya). HTC Evo 4G Sprint bukanlah Droid tapi masih merupakan smartphone Android.

Bagaimana Memilih Ponsel Android?                                                 

          Ponsel Android tersedia dengan beraneka macam bentuk. Apakah Anda ingin ponsel QWERTY atau lebih suka dengan touchscreen? Mencari layar besar atau yang mudah masuk saku? Apakah Anda pemakai e-mail dan pesan teks atau tertarik menonton film dan video dalam layar besar? Semua pertanyaan itu terjawab oleh produk Android saat ini.

Berikut ini contoh hp – hp yang menggunakan Android :

  1. Google Nexus one
  2. HTC Desire
  3. HTC Droid Incredible
  4. iMobile iE6010
  5. HTC Hero
  6. Motorola Milestone
  7. Sony Ericson Experia
  8. Samsung Epic 4g:
  9. HTC EVO shift 4G
  10. Motorola Droid X
  11. HTC Thunderbolt
  12. Samsung Galaxy S 4G
  13. Motorola Atrix 4G:
  14. Samsung Galaxy Mini
  15. LG Optimus Black P970
  16. Samsung Galaxy Tab
  17. Dan masih banyak lagi….

Keuntungan Dari SO Android :

  • peluncuran Android menjelaskan dimasa mendatang ponsel akan mempunyai kemampuan layaknya PC, bahkan lebih.
  • merupakan sistem operasi open source (terbuka) sehingga tiap orang berhak mengembangkannya.(Karena Android adalah sebuah open source platform maka banyak banget aplikasi dan game yang gratis)
  • kinerja aplikasi di platform Android adalah di atas rata rata, semua aplikasi termasuk game 3D berjalan sangat lancar dan TIDAK ngehang.
  • Linux (kernel 2.6) yang menjadi Operating System di Android ini sangat stabil (bagi Linux sudah biasa lah)
  • browsing internet pakai Android sangat enak karena kompatible dengan lebih dari 90% website di dunia
  • Android juga dapat membawa pengguna telepon genggam menjelajahi kawasan yang diinginkan melalui teknologi Sistem Pemetaan Global (GPS)
  • dengan terintegrasinya VoIP(Voice over Internet protocol) pada GPhone menelpon tidak perlu lagi menggunakan pulsa tapi cukup menggunakan Google Talk yang telah disediakan pada akun Gmail.
  • menggunakan touch screen capative (hanya bisa dipakai dengan jari tangan ASLI alias tidak bisa pakai Stylus) dan memiliki Accelerometer chip untuk membolak balik layar dari potrait ke landscape untuk berbagai kebutuhan yang berbeda beda.
  • kelebihan Android dari yang lainnya adalah harganya yang relatif lebih murah.

Kekurangan Dari SO Android :

  • belum ada market yg bisa kita gunakan dari PC layaknya AppStore punya Apple
  • platform berbasis di Java, sehingga manfaat dan sistem operasi Linux di Android tidak digunakan sepenuhnya
  • konsumen akan sulit membedakan produk dari berbagai vendor. Sejauh ini, perangkat Android yang telah diumumkan terlihat sangat mirip.

Istilahistilah Flashing dalam Ekosistem Android :

Custom ROM
Sebenarnya orang sering bilang custom rom itu menurut saya sedikit membingungkan. ROM itu sendiri kan = read only memory. Data2 yang ada di read only memory itu merupakan data2 sistem operasi. Jadi, ketika orang menyebutkan custom rom, sebenarnya itu merupakan modified OS untuk Android yang di develop oleh kalangan publik secara bebas. Mengapa bisa begitu? ya karena android itu open source. sehingga setiap individu dapat dengan bebas memodifikasi sistem operasi android itu sendiri. Ada berbagai Custom ROM yang terkenal di ekosistem Android itu sendiri seperti CyanogenMod, MIUI ROM, dll

Root
Nah setelah itu kita coba mengenal root itu sendiri. Root itu semacam hak akses tertinggi di dalam sistem android. Ketika kita pertama kali menggunakan handset android yg baru beli dari toko, kita belum mendapatkan hak akses tersebut. kalo di windows, istilahnya kita hanya sebagai guest, belum jadi administrator. nah apa gunanya kita melakukan root untuk mendapatkan hak akses tertinggi? Ok begini, seandainya kita punya komputer baru. sudah kita instal windows. namun kita hanya bisa masuk dan mengakses sebagai guest saja. bagaimana rasanya? hal itu sama rasanya ketika menggunakan Android tanpa di-root. Banyak aplikasi2 penting seperti titanium backup utk membackup data, shoot me & drocap untuk print screen halaman, setCPU untuk mengatur clock cpu, dll yang tidak dapat dijalankan. Tentu rasanya kita ini dibatasi kan? Padahal OS kita ini open source. jadi kalo Android ga di root, itu rasanya seperti bukan Android. hehe.. root itu merupakan gerbang awal dari permainan berikutnya. permainan di sini merupakan istilah saat kita flashing custom rom / OS, kita overclock cpu, ganti kernel bawaan, semuanya gerbangnya dari root itu. tanpa root, kita ga bisa melakukan hal2 tersebut.

Kernel
Untuk kernel, kernel itu merupakan sistem inti yang menjadi jantung dari sistem operasi. operasi2 yang dijalankan oleh os, itu diproses oleh kernel. kernel di android juga bisa dimodifikasi. dan tentunya akan membawa keuntungan bagi sistem operasi atau custom romnya itu sendiri. biasanya, orang mendevelop kernel itu disesuaikan dengan custom rom nya. Kita tidak bisa seenaknya mengganti kernel kita dengan kernel lain yang tidak direkomendasikan oleh pembuat custom rom. di saat kita memflashing custom rom pada handset android kita, di dalam custom rom itu sendiri sebenarnya sudah tersedia kernel. dan terkadang kernel tersebut sudah dimodifikasi. Namun tidak semua handset menyediakan custom kernel. Ada beberapa handset, yang bootloadernya dikunci oleh perusahaan handsetnya. sehingga kita hanya dapat mengganti OSnya, tanpa dapat mengganti kernelnya. Kalian bisa mengecek di forum XDA Developer apakah handheld android kalian masih terkunci bootloadernya atau tidak.

Flash OS & Kernel
Flashing OS & kernel merupakan suatu cara memasukkan data sistem operasi atau menginstall sistem operasi & kernelnya di dalam handset android kita. Hampir sama caranya dengan ketika kita menginstall ulang komputer. pertama kita masuk recovery mode (cara masuk Recovery Mode di Galaxy Mini: Tekan Home dan Power Button bersamaan). Setelah itu kita hapus / wipe seluruh data sistem operasi yang lama. Kita hapus cache memory dari sistem operasi yang lama. Jadi intinya kita melakukan full wipe. Nah setelah itu baru kita install os baru / custom rom. Di dalam clockworkmod recovery, semuanya telah tersedia. kita tinggal menggunakan saja. instalasi osnya itu yang dimaksud sebagai flashing.jadi kalo denger2 flashing, sebenarnya itu ya instalasi, namun dilakukan lewat recovery.

Beberapa hal yang perlu ketahui ketika ingin menggunakan Handphone Android  :

  1. Android bersifat open source (bukan free) tetapi bebas di gunakan, segala aplikasi yang di buat untuk handphone android tidak lah free, tergantung pembuatnya.
  2. Handphone android di peruntukkan untuk memudahkan mengakses internet terutama, jadi jika hanya ingin menggunakan handphone untuk sekedar nelpon dan sms jadinya akan mubassir.
  3. Masih terkait dengan point ke 2, handphone android saat ini di arahkan untuk berjejaring social dan berinternet,  jadi pintar – pintarlah memilih provider yang mempunyai paket internet murah. Jadi android tanpa koneksi internet jadinya percuma.
  4. Karena handphone android saat ini bersifat multi aplikasi, maka mesti pintar – pintar mengatur daya baterai untuk menghemat baterai handphone android Anda.
  5. Tambahan, android menggunakan navigasi touchscreen. Jadi kita harus terbiasa dengan ini.

Adakah salah satu punya Anda tersebut di atas? Saya belum punya nih, yang make maskot robot hijau itu, entar klo udah punya rejeki lebih….hehehe, tapi pilih yang mana ya, bagusan yang mana ya……???

Untuk lebih banyak mengetahui tentang android dan beragam aplikasinya, silahkanrkunjungi ke forum-forum yang membahas lebih detail tentang Operating System yang satu ini.Terimakasih telah mengunjungi, semoga bermanfaat.

Dari Berbagai Sumber….:D

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: