Cara yang Harus Dilakukan Ketika Laptop Terkena Air

Laptop adalah salah satu perangkat elektronik yang paling berharga yang memungkinkan anda untuk bekerja, bermain dan banyak hal lainnya. Oleh karena itu laptop harus diperlakukan dengan hati-hati.

Banyak kejadian yang bisa menimpa kita pada saat menggunakan laptop untuk bekerja. Salah satu kasus yang paling banyak menimpa adalah laptop yang terkena air, misalnya kecipratan air, terkena tumpahan air kopi atau bahkan terendam atau tersiram air minum. Jika anda mengalahi hal tersebut, maka jangan sekali-kali menyalakan laptop tersebut, karena dengan menyalakan laptop tersebut akan sangat berpotensi sekali dalam terjadinya konsletin arus listrik. Langkah awal adalah dengan memidahkan laptop yang terkena air tersebut ke tempat yang aman dari sumber siraman air tersebut.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan bila laptop anda terkena air atau cairan lainnya :

1. Apabila saat terkena air laptop terkoneksi dengan sumbel listrik (PLN) maka segeralah cabut kabel power dan lepaskan baterai laptop segera. Cara melepas baterainya adalah dengan membuka pengunci dan melepaskan baterai sesuai dengan petunjuk yang ada pada bagian belakang laptop. Jangan lupa cabut dulu kabel power dari sumber listrik PLN. Lepaskan baterai dan jack power apabila laptop dalam keadaan hidup. Buka flip LCD sampai maksimal terbuka lalu posisikan laptop tertelungkup / terbalik. Biarkan beberapa jam atau lebih lama lebih baik. sehingga cairan yang sudah terlanjur masuk mengalir keluar.
2. Lepaskan semua device yang terhubung dengan laptop dan dengan hati-hati gunakan lap untuk menyeka semua bagian yang terkena air hingga air terserap seluruhnya. Misalnya melepaskan keyboard, jemurlah keyboard ditempat yang tidak terlalu panas dalam keadaan terbalik. Jika cairan yang tumpah berupa kopi (yang lengket), kuas selah-selah keyboard dengan menggunakan air, namun jangan ditekan. Kemudian jemurlah beberapa jam,  lalu blower dengan menggunakan kipas angin satu malam. Pada saat proses pengipasan tekan-tekanlah setiap tuts untuk menghindari adanya uap yang tertinggal pada fleksibel yang menyebabkan keyboard lengket.

3. Blower bagian laptop dalam posisi berdiri menyamping.dengan posisi fentilasi fan dibagian bawah untuk meyakinkan sisa-sisa cairan dapat keluar dari fentilasi tersebut.

Catatan : jika tumpahan terlalu banyak sebaiknya seluruh bagian laptop dibuka dan dikeringkan.jika Anda tidak yakin dapat melakukannya sendiri sebaiknya menghubungi service centre terdekat.

4. Bila laptop anda sudah habis masa garansinya, anda bisa melepaskan komponen-komponen seperti RAM, konektor layar, hard disk dsb. Sebelum anda melakukan hal ini pastikan terlebih dahulu bahwa anda mengetahui informasi cara membongkar komponen dari website laptop anda. Bila anda tidak yakin dapat melakukannya maka jangan sekali-kali melakukan tindakan ini. Keringkan setiap komponen yang basah dengan lap kering atau bisa juga kita mengeringkannya dengan menaruhnya di depan kipas angin dan jangan mengeringkan komponen tersebut di bawah sinar matahari langsung. Anda juga dapat menggunakan pengering rambut dengan setelan panas yang paling rendah. Setelah anda yakin bahwa semua komponen tersebut telah kering maka anda bisa mulai memasangnya kembali. Namun sekali lagi saya ingatkan jika anda tidak yakin dengan langkah ini maka jangan lakukan. Cara sederhana lain adalah simpan laptop pada wadah yang besar dan isilah wadah tersebut dengan beras, karena beras mempunyai kemampuan menyerap air dengan baik. Bila anda masih belum juga yakin dengan langkah ini, lakukan langkah berikutnya.

5. Matikan laptop paling tidak selama 72 jam dengan kondisi baterai tidak terpasang. Sementara itu anda dapat menaruh laptop di depan kipas angin untuk mengeringkannya.

6. Setelah laptop benar-benar kering, anda bisa coba untuk menyalakannya kembali setelah memasang baterai. Bila laptop masih belum menyala juga maka tunggu beberapa hari lagi karena mungkin masih ada sisa cairan di dalam.

7. Jika ternyata masih ada indikasi yang mencurigakan (tidak seperti biasanya), sebaiknya menghubungi service centre terdekat untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

So, Berhati-hatilah mendekatkan minuman pada leptop Anda ya…. Lebih baik mencegah duluan, bukan!!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: