“So.cl” Jejaring Sosial Baru Buatan Microsoft

“So.cl” Sobat udah punya jejaring sosial dari Microsoft, belum? Klo belum buruan deh, daftar yah terus jangan lupa follow me http://www.so.cl/#/@Norma-Hamzah hehehe… dijamin lebih asyik lo, daripada facebook –an tuh…!!! Entar aku kasih tau caranya, daftar di situs socl.

Yuk cari tau apa sih so.cl itu, bagi yang belum tau jangan ketinggalan yah… baca artikel ini.

Microsoft membuka jejaring sosialnya, So.cl, untuk umum. Sebelumnya, ini merupakan jejaring sosial yang khusus dibuat untuk pelajar dan terbatas bagi undangan di sejumlah kampus serta sekolah di Amerika Serikat. Jadi kita bukan pelajar gak bisa dong…! Ya bisalah ini kan untuk umum, apalagi  orang Indonesia yang suka niru kebiasaan orang barat… biasa nikmatin teknologi yang ada, entar keburu tua tuh, jadi gak tau apa-apa deh…heheheh…pish!

So.cl didesain agar penggunanya bisa share dan memberikan komentar terhadap pencarian yang mereka lakukan. Situs ini juga memungkinkan penggunanya untuk terhubung dengan orang-orang yang memiliki kesukaan sama.

Seperti yang dikutip dari Slashgear, banyak pihak yang memperkirakan hadirnya jejaring sosial So.cl besutan Microsoft ini adalah dalam rangka bersaing dengan situs jejaring sosial populer, Facebook.

Namun Microsoft membantah bahwa jejaring sosial So.cl bukanlah pesaing langsung Facebook karena jejaring sosial So.cl ini mengusung tema pendidikan.

Pada halaman “About” Socl, diterangkan bahwa jejaring sosial ini merupakan sebuah proyek penelitian eksperimental untuk tujuan pembelajaran yang dikembangkan oleh FUSE Labs dari Microsoft.

Socl menggabungkan jejaring sosial dan pencarian guna membantu masyarakat umum, terutama pelajar dan mahasiswa, untuk menemukan dan berbagi halaman web yang menarik.

Data hasil pencarian di Socl didukung oleh mesin pencari Bing.

Di Socl, pengguna dapat melakukan login menggunakan akun Facebook atau Windows Live. Begitu masuk ke Socl, pengguna akan dihadapkan pada berbagai topik dan usulan untuk mengundang teman ke Socl.

Terdapat rentetan menu di sebelah kiri layar, mulai dari post, profile, video parties hingga following dan followers.

Fitur yang cukup menarik adalah video parties, yang memungkinkan pengguna mencari, menonton, dan mengumpulkan video dengan pengguna lainnya.

Tombol ikon “home” berada di kiri atas layar, diapit oleh logo Socl dan kotak mesin pencari. Seperti halnya Facebook, menu home akan menampilkan feed atau kabar terkini dari para pengguna Socl.

Pengguna dapat melakukan posting dan membagi situs web atau konten menarik lainnya. Setiap posting yang muncul di feed bisa dikomentari (comment), dibagi (share) dan ditandai (tag).

Ada cara yang cukup berbeda untuk menanggapi setiap posting di Socl, yakni Riff. Microsoft menjelaskan, Riff merupakan cara baru untuk berinteraksi dan mengimprovisasi konten.

Notifikasi aktivitas di Socl bisa dilihat dengan mengeklik kotak di sebelah nama dan foto pengguna yang terletak di kanan atas layar. Jika ada notifikasi, kotak tersebut akan berwarna oranye.

Tingkatkan Bing

Selain itu, kehadiran So.cl pun diprediksi sengaja dihadirkan Microsoft untuk meningkatkan popularitas mesin pencari Bing. Sebagai perbandingan, berdasarkan data Comscore, mesin pencari Microsoft itu hanya mendapat pangsa pasar 15,4 persen, dibanding Google yang saat ini menguasai 66,5 persen.

Sebelumnya, Microsoft juga mengumumkan akan bekerja sama dengan Facebook dalam meningkatkan kinerja Bing. Caranya adalah dengan mengintegrasikan sejumlah tips di jejaring sosial itu ke hasil pencarian Bing.

Pengguna di AS akan diperlihatkan sidebar baru yang mengidentikasi teman yang bisa menjawab pertanyaan berdasarkan topik yang mereka suka (like) atau foto yang di-post.

Sebenarnya, Google juga berminat untuk bekerja sama dengan Facebook. Namun, Google masih keberatan dengan ketertutupan informasi pengguna Facebook, yang tidak ingin berbagi secara terbuka.

Jejaring sosial So.cl juga telah memiliki tombol share layaknya tombol Facebook Share yang berfungsi untuk membagikan halaman web yang ditemui pengguna ke rekan-rekannya di jejaring sosial So.cl.

Jejaring sosial besutan Microsoft ini juga memiliki fitur chatting yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi atau ngobrol layaknya menggunakan Google talk atau Facebook Chat.

Secara umum, jejaring sosial So.cl ini pada dasarnya adalah mengubah bagaimana cara pengguna berbagai sebuah topik berita yang menarik pada rekan-rekannya dan membungkusnya menjadi sebuah jejaring sosial sosial yeng bertema pendidikan.

 

Cara Daftar jejaring So.cl

Sangat gampang kok. Sobat tinggal masuk aja ke situsnya. www.so.cl ya, nanti akan ada tampilan seperti ini.

Sobat tinggal login aja tuh menggunakan akun facebook. Klik tombolnya.Kemudian Klik “ke Aplikasi”. Beres kan!

Kemudian, akan ada tampilan seperti dibawah ini, Klik “centang” kalau perlu baca dulu tuh term of service-nya. Tapi kalau aku mah gak usah deh, langsung aja. Klik “Done”

Nanti akan ada tampilan seperti dibawah ini, sobat tinggal klik aja “Follow” atau “skip”.

Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini. artinya, sobat udah punya tuh akun di jejeraing sosialnya Microsoft yang baru.

Cara guna’in nya, Sobat tinggal berkreasi sendiri. Cobain aja menu yang tersedia. seperti “invite Friends” untuk mengundang teman untuk bergabung di jejaring sosial ini. Kalau pengen update status, sobat tinggal klik aja tulisan “post” disebelah kiri. Edit Profil dan sebagainya. Untuk gambar yang ditengah itu, itu adalah topik yang sobat sukai, Sobat tinggal pilih aja deh yang mana yang sobat tertarik.

Gampang Kan!!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: