Perbedaan antara Ipad, iphone dan Ipod

Ipad, iphone dan Ipod diproduksi oleh apple dan memiliki aplikasi yang hampir mirip, namun fitur yang tersedia pada ketiga gadget ini tidaklah sama, yang identik adalah ketiga-tiganya menggunakan layar sentuh untuk keseluruhan opersionalnya.

Berbicara tentang iPad dan iPhone 4 tentunya tak terlepas dari fungsi dan kegunaan antara keduanya. Perlu diingat iPhone 4 adalah sebuah telepon (handphone) jadi sudah bisa dipastikan bahwa iPhone memiliki fitur-fitur selayaknya sebuah Handphone, dimana Anda bisa melakukan percakapan (nelepon), kirim SMS, MMS sampai Video Call (FaceTime). Sedangkan iPad bukanlah sebuah telepon karena pada awalnya saja ditujukan sebagai eBook Reader/Tablet yang tentunya tidak disertai dengan fungsi telepon (meski dengan berbagai Tweak/Jailbreak dan aplikasi, Anda bisa merubah iPad untuk memiliki fungsi sebagaimana layaknya sebuah telepon).

Ipad

iPad adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X dan juga Ipad mengusung sistem operasi iOS.
salah satu tablet PC yang mirip Ipad adalah Samsung Galaxy Tab tetapi menggunakan sistem Operasi Android.

 iPad 2

Bukan Steve Jobs namanya kalau tidak bisa melakukan inovasi untuk mengatasi para kompetitor-nya. Terbukti, awal maret 2011, Apple secara resmi merilis iPad generasi kedua (iPad 2) yang tentu saja akan jauh lebih baik dari versi sebelumnya.

Apa saja kelebihan iPad 2 dari iPad 1:

  • Lebih Tipis dan Ringan
    Pad 2 memiliki ketebalan 8,8 milimeter, lebih tipis 4.6 mm dari iPad 1 (13,4 mm). Bahkan lebih tipis dari iPhone 4 (9.3 mm). Dengan berkurangnya ketebalan yg dimiliki sekarang, berhasil mengurangi beratnya dari 1,5 pon menjadi 1,3 pon.
  • Prosesor Berbasis ARM Cortex A9
    Jika pada iPad generasi pertama menggunakan prosesor A4 single-core 1GHz, maka pada iPad 2, menggunakan prosesor Apple A5 dual-core 1GHz, rancangan ARM Cortex A9. Dengan prosesor yang baru ini, maka iPad 2 memiliki performa dua kali lebih cepat dari iPad 1.
  • Memiliki Kamera
    Tidak adanya kamera pada iPad 1, banyak disayangkan oleh para pecinta PC tablet, khususnya pecinta Apple tablet  (iPad). Oleh karena itu,  iPad 2 telah dilengkapi dengan dua kamera (depan dan belakang). Dengan penambahan kamera ini, maka Video chat atau video conference pun bisa dilakukan dengan fitur FaceTime. Sayang, belum diketahui berapa pixel resolusi kameranya tersebut.
  • Sistem Operasi iOS 4.3
    Operating sistem iPad 2 telah diupgrade dari iOS 4.1 menjadi iOS 4.3. Operating sistem terbaru ini menawarkan performa kecepatan browsing internet yang lebih baik melalui browser Safari-nya.
  • Grafis Yang Hebat
    Berdasarkan pernyataan bos Apple,Steve Jobs, kemampuan grafis iPad 2 sembilan kali lebih hebat dari generasi iPad yang pertama. Jika pernyataan itu benar, maka kemampuan ini akan memanjakan para pecinta game (gamers).
  • Terdapat HDMI Out
    IPAD 2 ini memiliki fasilitas HDMI (High-Definition Multimedia Interface) untuk menghubungkannya pada televisi. Namun sayang, untuk bisa menggunakannya masih butuh konektor tambahan yang harus dibeli terpisah.
  • Smart Cover
    Smart Cover yang merupakan aksesoris pelapis layar depan iPad 2, yang bisa otomatis mengunci perangkat dalam keadaan tertutup. Cover ini mengandung magnet sehingga bisa terpasang dengan baik. Selain itu, Cover ini juga bisa dilipat untuk dijadikan dudukan iPad.

 

Dibalik semua kelebihan atau kecanggihan yang ditawarkan iPad 2, ternyata menurut seorang pengamat Apple, Mattew Powell, menilai iPad 2 tidak memberikan perubahan radikal, seperti yang banyak diharapkan banyak orang. Contohnya, resolusi layar (1024 x 768) yang sama saja dengan versi sebelumnya. Katanya lagi, “memang ada prosesor dual core dan kamera, tapi para kompetitor pun memilikinya”.

 

Kemudian pada bulan Maret 2012 Apple kembali meluncurkan produk terbaru mereka yaitu The New iPad 3. Apakah perbedaan antara iPad 2 dengan The New iPad 3?

–          Harga

Ini merupakah harga jual di Amerika bukan di Indonesia yang setelah di bundle dengan salah satu provider telekomunikasi di Indonesia harganya melonjak tajam. Di Amerika iPad 2 dengan memory 16 GB, wi-fi di jual dengan harga $399 sedangkan untuk iPad 3 dengan spesifikasi memory yang sama dijual $499. Perbedaan $100 ini mungkin menggambarkan bahwa iPad 3 memiliki kelebihan di banding iPad 2 yang tentunya harus dibayar dengan uang yang lebih besar.

–          Konsumsi Energi

iPad 3 memiliki efisiensi energy yang lebih baik dibandingkan dengan iPad 2 sehingga memungkinkan untuk digunakan lebih lama.

–          Bluetooth

Pada iPad 2 perangkat bluetooth yang digunakan adalah 2.1 + EDr sedangkan pada iPad 3 menggunakan Bluetooth Smart 4.0. Bluetooth pada iPad 3 juga digunakan pada produk apple lainnya seperti MacBook Pro, iPhone dan Mac Mini. Jangkauan dari bluetooth ini 70 meter lebih luas di bandingkan dengan yang ada di iPad 2.

–          Daya Baterai

iPad 2 menggunakan 25-watt-hour lithium polymer yang mampu bertahan 10 jam, sedangkan iPad 3 menggunakan 17.5-watt-hour-lithium juga mampu bertahan 10 jam dan 9 jam jika dalam 4G (saat ini Indonesia belum support 4G). gadget besutan Apple memiliki baterai yang relatif lebih awetdibandingkan dengan baterai blackberry.

–          Kamera

Kamera iPad 2 adalah 5 MP dengan 720p HD, 0,7 MP video kamera, 5x digital zoom dan 30 fps. Sedangkan pada iPad 3 1080p HD , 5x digital zoom dan 30 fps dengan auto focus pada kamera belakang.

–          Dimensi

iPad 2 memiliki ketebalan yang lebih tipis dibandingkan dengan iPad 3. ketebalan iPad 2 adalah 8,8 mm sedangkan iPad 3 9,4 mm.

–          Berat

Karena iPad 3 memiliki ketebalan yang lebih besar dibandingkan dengan iPad 2 maka dari itu tentu memiliki berat yang lebih besar. Ambil contoh iPad 2 dengan Wi-Fi memiliki berat 601 gram sedangkan iPad 3 dengan spesifikasi yang sama beratnya 652 gram.

–          Wireless (Wi-Fi 3G/4G LTE)

seperti yang telah digembor-gemborkan sebelumnya iPad 3 supprot untuk jaringan 3G Cellular HDSPA dan 2G cellular EDGE, sedangkan iPad 3 supprot LTE untuk model 4G yang tentunya memiliki kecepatan akses internet lebih cepat.

–          Processor

iPad 2 menggunakan processor clocked dual core Apple A5 system-on-a-chip 1 GHz sedangkan iPad 3 menggunakan dual core A5X system-on-a-chip yang memiliki performa lebih baik.

–          Display

iPad 2 dan iPad 2 sama-sama menggunakan layar 9,7 inch namun resolusi pada iPad 2 sama seperti generasi pertama iPad yaitu 1024 x 768 sedangkan iPad 3 memiliki resolusi 4x lipatnya yaitu 2048×1536 dengan LED backlighting dan multi touch Retina display.

 

Samsung Galaxy Tab 2(10,1)

Diluncurkannya iPad generasi kedua oleh Apple, sepertinya sudah ketehui oleh Pesaing terdekatnya saat ini, samsung. Sehingga sebelum iPad 2 resmi diluncurkan, Samsung sudah terlebih dulu memperkenalkan tablet generasi keduanya (Samsung Galaxy Tab 10.1) pada ajang Mobile World Congress 2011, di Barcelona, Spayol, bulan februari lalu.

 

Apa saja kelebihan Samsung Galaxy Tab 2 dari versi sebelumnya :

  • Ukuran layar lebih besar dan lebih tipis
    Samsung Galaxy Tab 2 hadir dengan ukuran layar yang jauh lebih besar dari versi sebelumnya (7 inchi) menjadi 10,1 inchi dengan resolusi 1280 x 800 pixel. Sedangkan ketebalan dan beratnya, saat pertama kali diperkenalkan pada Mobile World Congress 2011, adalah: tebal 10mm, berat 599 gram. Namun kemudian didesain ulang sehingga lebih tipis dan lebih ringan. Sekarang tebalnya tinggal 8,6 mm, dan berat 595 gram.
  • Menggunakan Prosesor Dual Core
    Sama dengan iPad 2, Galaxy Tab 2 juga menggunakan prosesor dual core 1GHz, yang kecepatannya dua kali lebih cepat dari versi awal.
  • Resolusi kamera lebih tinggi
    Resolusi kamera mengalami perubahan yang cukup signifikan, terutama untuk kamera belakang. Kalau Galaxy Tab generasi pertama resolusi kamera depannya 1,3 megapixel dan kamera belakang 3 megapixel, maka pada Galaxy Tab generasi kedua, kamera depan 2 megapixel dan kemera belakang 8 megapixel.
  • Menggunakan Android Honeycomb
    Jika pada samsung Galaxy Tab generasi pertama masih menggunakan sistem operasi Android untuk Smartphone, maka pada tablet generasi kedua sudah menggunakan Android Honeycomb, yang kabarnya memang dirancang khusus untuk PC Tablet.

Memang masalah ukuran layar yang tepat bagi PC Tablet, masih menjadi perdebatan. Masing-masing mengkalim, bahwa ukuran tablet mereka lah yang paling ideal. Namun sepertinya samsung masih belum yakin dengan ukuran layar tablet-nya, sehingga sampai mengeluarkan 3 ukuran layar. Atau samsung hanya ingin menghadirkan variasi ukuran saja. Berbeda dengan iPad yang sepertinya sudah yakin dengan ukuran layar tablet-nya (9,7 inchi).

Iphone

 

Iphone, adalah salah satu merk ponsel buatan Apple Inc. Fiturnya lebih banyak dari ponsel biasa karena sudah didukung fitur multimedia, web, dan fitur-fitur canggih yang biasanya hanya ada pada PC. Iphone menggunakan sistem operasi iOS. Dan memiliki fitur kamera plus kemampuan berkomunikasi seperti handphone, dan segala fitur yang dimiliki oleh Handphone seperti adanya GPS dan semua fitur yang terdapat pada ipod juga ada didalam iphone ini.

Iphone ini terdiri dari iphone 2G (EDGE), iphone 3G, iphone 3GS, iphone 4G, iphone 4S.

  • iphone 2G

 

  • iphone 3G
  • iphone 3GS

 

  • iphone 4G

 

  • iphone 4S

 

Ipod

Sedang ipod lebih di utamakan pada segi hiburannya, seperti Photo, Video, bahkan bisa membaca ebook walau dengan tampilan yang lebih kecil dibandingkan dengan ipad yang berukuran 9.7″ dengan resolusi 1.024 x 768 pixel, yang tentunya akan memberikan rasa nyaman pada pengguna saat membaca e-book (buku elektronik / electronic book ) dan bahkan menggambar dengan ipad. Jadi bisa dikatakan ipad itu besarannya ipod, dengan kemampuan yang hampir mirip namun banyak aplikasi yang menarik ditujukan untuk ipad.

Dari sisi kapasitasnya pun ketiga perangkat itu memiliki perbedaan. IPad dan iPhone memiliki kapasitas penyimpanan data sebesar 16 GB, 32 GB, dan tertinggi 64 GB. Sedangkan iPod, kapasitas penyimpanan datanya 8 GB, 32 GB, dan 64 GB.

 

berbagai sumber.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: