Cara Mengatasi Port USB Yang Tidak Berfungsi Serta Fungsi dan Jenis Port Pada PC/Laptop

Port USB tidak terdeteksi, mungkin membuat Anda merasa kesal, gak tau apa yang mesti dilakukan.
Dengan berulang kali menghubungkan port USB ke slot yang telah tersedia, bahkan ada yang semua 
portnya gak berfungsi sama sekali. Yah, kemungkinan terjadi kerusakan, namun juga perlu pengecekan
apakah mengalami kerusakan atau hanya kesalahan teknis aja.

Apa itu Port ?

Dalam bahasa inggris Port berarti Pintu Gerbang, kalo dikaitkan dengan komputer yakni sebagai pintu gerbang penghubung input dan output pada komputer.

Pasti udah pada tau kan itu colokan yang terpasang di bagian belakang cassing komputer, fungsinya ya sebagai penghubung antara komponen di dalam unit sistem dengan piranti diluar. namanya aja pintu gerbang.

Contohnya port untuk menghubungkan camera digital, monitor, mouse, printer dsb.

Mungkin ada sebagian dari komputer/laptop yang tiba-tiba semua port USB nya tidak berfungsi/rusak padahal jika kita colok USB pada port komputer lain tidak jadi masalah dan kemungkinan yang terjadi adalah:
– setting bermasalah (Bios, Windows)
– driver bermasalah
– port USB rusak
– rusak secara fisik

Pengecekan dilakukan untuk mengetahui apakah hanya satu port USB yang tidak berfungsi atau semuanya. Dan jika seluruh port USB tidak berfungsi di akibatkan port USB di dalam pengaturan BIOS masih disable / tidak aktif. Maka lakukan cara berikut.

Cara mengatasinya dapat dilakukan beberapa cara berikut ini :

  1. Coba colok USB tsb pada Port USB yang lain /pindah-pindah, jika belum berhasil coba colokan ke PC lain, apabila berhasil maka USB kita tidak bermasalah dan kecurigaan 100% kepada PC.
  2. Lakukan sebaliknya, coba colokan USB lain di PC kita (jika ada)/ atau perangkat lain yang menggunakan usb port. dengan asumsi, jika alat yang kita hubungkan terdeteksi, maka port USB tidak bermasalah.
  3. Cek di settingan BIOS barangkali disable sengaja atau tidak, hal ini bisa saja terjadi perubahan setting dengan tidak kita sadari manakala baterai MotherBoard kita udah soak / lemah.
  4. Cek di Device Manager, caranya :
  • klik start > settings > Control Panels.
  • dobel Klik pada icon system,
  • setelah terbuka jendela System Properties, klik tab Hardware
  • klik tombol Device Manager,
  • kemudian cek di bagian Universal Serial Bus Controllers, terlihat ada masalah,
  • tanda tanya pada bagian ini menandakan hardware tidak dikenal atau tidak ada driver,
  • tanda silang berwarna merah pada bagian ini menandakan disable, maka jika ini terjadi lakukan klik kanan dan pilih enable termasuk dalam hal ini kemungkinan perlu install ulang driver.

       5. Cek pada registry, caranya :
– klik Start > Run
– ketik : regedit kemudian enter
– masuk ke : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControl…
– pada value Dwords harus bernilai 3(enable), jika bukan 3 maka update dengan 3 lalu close dan restart.

     6. Kemungkinan yang lainnya adalah PC terjangkit Virus, maka harus dibersihkan dari virus dengan menggunakan anti virus.

      7. Jika mencurigai sebuah software yang baru diinstall sebagai penyebabnya maka coba uninstall dahulu software tersebut.

 

Apabila cara itu sudah di lakukan tetap aja gak terbaca pada semua port-nya, maka penyebab adalah rusaknya controller USB pd PC/Laptop atau masalah pd software-nya.

Berikut caranya :

  1. Uninstall semua entri driver USB di device manager, restart laptop dan biarkan kembali mendeteksi port USB lalu menginstall driver USB-nya. Kemudian uji port USB dengan mencoba mencolokkan mouse atau Flashdisk.
  2. Jika tidak berhasil juga, lakukan back up semua file pribadi dan menginstal ulang windows-nya. karena kemungkinan semua port USB berhenti bekerja akibat ada file sistem operasi menalami kerusakan.
  3. Nah jika belum berhasil juga, setelah menginstall ulang sistem operasi windows-nya, pasti akibat kegagalan hardware atau pada motherboard yang terdapat USB controller yang rusak. Silahkan Anda segera membawanya ke service terdekat.

 

Fungsi dan Jenis-Jenis Port pada Komputer

Port merupakan colokan yang terpasang di bagian belakang case yang berfungsi sebagai penghubung antara komponen di dalam unit system dengan piranti diluar, sebagai contoh, port untuk menghubungkan camera digital, monitor, mouse dsb.

Port dibagi menjadi 2, yaitu :

  1. Port fisik, adalah soket atau slot atau colokan yang ada di belakang CPU sebagai penghubung peralatan input-output komputer, misalnya Mouse,keyboard,printer…dll.
  2. Port Logika (non fisik), adalah port yang di gunakan oleh Software sebagai jalur untuk melakukan koneksi dengan komputer lain, tentunya termasuk koneksi internet.

Berikut yang termasuk dalam Port Fisik yaitu : Port Serial, Port Parallel, Port USB, port SCSI, Port Infra merah serta port-port yang lain.

a. Port Serial


Biasa digunakan untuk melakukan tranmisi data yang beroreintasi pada pengiriman sebuah bit per waktu, kareana sifatnya demikian pegiriman data berjalan agak lambat, biasanya digunakan untuk mengoneksi piranti seperti : printer, mouse, modem, PLC (programmable Logic controller), pembaca kartu maknetik dan pembaca barcode. Port ini sering dinyatakan dengan nama COM. Konektor yang digunakan adalah RS-232C dengan 9 pin atau 25 pin.

b. Port Parallel


Port Parallel atau sering disebut port LPT bekerja atas dasar 8 bit perwaktu, cocok untuk pengiriman data dengan cepat, tetapi dengan kabel yang pendek (tidak lebih dari 15 kaki). Umumnya digunakan untuk printer parallel, hard disk eksternal dan zip drive. Konektor yang digunakan adalah DB-25 yang terdiri dari 25 pin.

c. Port USB


Port USB merupakan port yang akhir-akhir ini sangat populer digunakan, yang dapat digunakan untuk menghubungkan berbagai piranti seperti camera digital, printer, scanner, zip drive dan sebagainya, port ini mempunyai kecepatan tinggi bila dibandingkan dengan port serial maupun port paralel.

d. Port SCSI


Port SCSI adalah Small Compter System Interface yang merupakan jenis port yang memungkinkan koneksi antar piranti dalam bentuk sambung menyambung. Port mempunyai kecepatan tinggi, dengan kecepatan tranfernya 32 bit per waktu, biasa digunakan untuk menghubunkan hard drive, scanner, printer dan tape drive, konektor yang digunakan adalah DB-25 dan 50 pin Centronics SCSI.

e. Port Infra Merah


Port ini digunakan untuk mendukung hubungan tanpa kabel, misalnya untuk menghubungkan mouse yang menggunakan infra merah sebagai media tranmisi, mengirim data dari ponsel, dan sebagainya.

f. Port-Port Lain
Banyak port lain yang tidak tergolong pada port-port diatas, misalnya port untuk monitor, port keyboard, port mouse, port speaker, port jaringan, port dll.

Dan berikut yang termasuk dalam Port Non Fisik :
• Port 80, Web Server


Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80,

• Port 81, Web Server Alternatif
ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port altenatif hosting website

• Port 21, FTP Server
Ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port 21 dengan ftp server

• Port 22, SSH Secure Shell
Port ini digunakan untuk port SSH

• Port 23, Telnet
Jika anda menjalankan server telnet maka port ini digunakan client telnet untuk hubungan dengan server telnet

• Port 25, SMTP(Simple Mail Transport Protokol)
Ketika seseorang mengirim email ke server SMTP anda, maka port yg digunakan adalah port 25

• Port 2525 SMTP Alternate Server
Port 2525 adalah port alternatifi aktif dari TZO untuk menservice forwarding email. Port ini bukan standard port, namun dapat diguunakan apabila port smtp terkena blok.

• Port 110, POP Server
Jika anda menggunakan Mail server, user jika log ke dalam mesin tersebut via POP3 (Post Office Protokol) atau IMAP4 (Internet Message Access Protocol) untuk menerima emailnya, POP3 merupakan protokol untuk mengakses mail box

• Port 119, News (NNTP) Server

• Port 3389, Remote Desktop
Port ini adalah untuk remote desktop di WinXP

• Port 389, LDAP Server
LDAP Directory Access Protocol menjadi populer untuk mengakses Direktori, atau Nama, Telepon, Alamat direktori. Contoh untuk LDAP: / / LDAP.Bigfoot.Com adalaha LDAP directory server.

• Port 143, IMAP4 Server
IMAP4 atau Pesan Akses Internet Protocol semakin populer dan digunakan untuk mengambil Internet Mail dari server jauh.Disk lebih intensif, karena semua pesan yang disimpan di server, namun memungkinkan untuk mudah online, offline dan diputuskan digunakan.

• Port 443, Secure Sockets Layer (SSL) Server
Ketika Anda menjalankan server yang aman, SSL Klien ingin melakukan koneksi ke server Anda Aman akan menyambung pada port

• 443. This port needs to be open to run your own Secure Transaction server.
Port 445, SMB over IP, File Sharing
Kelemahan windows yg membuka port ini. biasanya port ini digunakan sebagai port file sharing termasuk printer sharing, port inin mudah dimasukin virus atau worm dan sebangsanya

• Ports 1503 and 1720 Microsoft NetMeeting and VOIP
MS NetMeeting dan VOIP memungkinkan Anda untuk meng-host Internet panggilan video atau lainnya dengan.

• Port 5631, PCAnywhere

• Port 5900, Virtual Network Computing (VNC)

Bila Anda menjalankan VNC server remote kontrol ke PC Anda, menggunakan port 5900. VNC berguna jika anda ingin mengontrol remote server.

• Port 111, Portmap

• Port 3306, Mysql

• Port 981/TCP

 

Berbagai Sumber

22 Komentar (+add yours?)

  1. agung
    Okt 09, 2012 @ 21:00:08

    gak nyambung ambek ambek judulmu mbot…….

    Balas

  2. wong ndeso
    Mar 27, 2013 @ 01:47:44

    jelas2 mouse ga jaln…malah dsuruh klik….klik pake apa coba …???????????????

    Balas

    • norma07dp
      Mar 28, 2013 @ 22:56:13

      Hehehe…maaf klo salah..
      kalau dengan komputer memang sulit, tp klo komputer touchscreen bisa dengan alternatif lain,dengan On-Screen Keyboard diaktifkan..
      klo laptop kan udah ada touchpadx…

      Balas

  3. gogon
    Agu 23, 2013 @ 15:13:24

    dwords itu nyang mana bu guru?

    Balas

    • norma07dp
      Sep 03, 2013 @ 10:44:14

      hehe.. sorry aku bukan seorang guru yah.. ^_^

      Dwords adalah key value data (kata kunci nilai), data dengan key ‘volume’ value-nya 0-10. Untuk key sllu menggunakan tife data string sedangkan value menggunakan object (true / false, on / off)

      makasih udah berkunjung ke sini..

      Balas

  4. Ricky Austin
    Jan 21, 2014 @ 08:45:13

    dear ibu,
    saya baru beli harddisk external merk WD HDD 1 TB dengan koneksi USB 3.0
    jika saya koneksi dengan USB 3.0 tidak terbaca
    jika saya koneksi dengan USB 2.) justru terbaca
    jika saya bawa ke Laptop lain dengan koneksi 3.0, bisa terbaca

    apa masalahnya ya ?

    Laptop ya ASUS N43SM ; windows7

    mohon bantuannya

    Thank you

    Balas

    • norma07dp
      Jan 24, 2014 @ 07:43:26

      mungkin port USB pd laptopx udah kurang bagus atau kabel UsB-nya yg terkoneksi lngsung dgn harddisk-nya tidak terbaca dan biasanya kabelnya longgar.
      Klo cukup bermasalah sebaiknya, dibawa konsultasikan ke tokonya langsung, masih baru kan?

      Balas

  5. rudi
    Feb 10, 2014 @ 17:06:32

    thank u

    Balas

  6. jumran
    Des 30, 2014 @ 08:15:24

    saya mau tanya, laptop saya ga ga bisa pake cabang usb… saya konsul dengan perbaikan komputer di suruh ganti modhter both… apakah memang harus seperti itu atau ada cara lain..? port usb nya lemah… kadang colokan modem putus nyambung… putus nyambung… apa masalahnya itu

    Balas

    • norma07dp
      Des 30, 2014 @ 20:53:50

      Ada banyak masalah yg dtemui pd Port USB yg gk brfungsi..bisa dgn modem atau flash disk yg rusak secara fisik, atau kah ada masalah pada driver USB-nya, Port USB-nya rusak (Port = tempat nyolok USB), Setingan bios, lalu Windows yg bermasalah..
      Dan tidak selamax, hrs mngganti motherboardx, kecuali memang udah di lakukn pngecekan lalu gk bs brfungsi lg..yahh mngkin itu saran dari tukang servicex..namun ada byk cara yg bs di lakukan bila memang msh bs diperbaiki.

      Balas

  7. Rio
    Jan 23, 2015 @ 09:52:36

    Maaf, mw tnya, kalau ada permasalahan dgn port USB apakah bisa slsai hanya dgn menginstal ulang laptop/netbook saja? Atau ada alternatif lain yg lbih baik lg?
    Trima kasih.

    Balas

  8. Ahmad Baihaqi, S.Kom
    Feb 19, 2015 @ 00:21:54

    mantaaap gan.. (y)

    Balas

  9. fiyah
    Mar 13, 2015 @ 17:40:43

    gan kalau baru di install, eh tiba-tiba port usbnya gak bisa, itu penyebanya kenapa ya ?

    Balas

    • norma07dp
      Mar 14, 2015 @ 19:24:20

      Apakah semua port-nya gk berfungsi? sebenarx byk faktor yg menyebabkan, terjadi konflik port, misalx ketika mencabut FD tanpa save remove, kurangx tegangan yg masuk pd komputer bgian CPU, atau system datax hrus di install ulang, driver-driverx..atau BIOS yg corrupt..

      Balas

  10. agus
    Mei 10, 2015 @ 08:06:53

    bu guru kan usb 3 ku ku masukin port harddisk dan hardisknya muter tapi gak kebaca itu salahnya di mana yak??? tapi saat di coba dgn mouse gak jalan sama sekali,,,, mohon pencerahannya 😀

    Balas

    • norma07dp
      Mei 10, 2015 @ 20:22:59

      Hehehe…aku bukan bu guru mas, org biasa aja..!! 😀
      Siapa tau perangkat lunaknya yg gak kompatible yah dgn sistem operasi yg anda gunakan. Nah klo segala macam udah di colokin gk bisa juga mengenali perangkat USB trsebut, berarti Port yg rusak. Apalgi klo semua Port-nya gk brfungsi sama skli.
      Penyebabx adlh rusaknya controller USB pd PC/Laptop atau masalah pd software-nya.

      Balas

  11. Alip jhoni
    Jul 14, 2015 @ 20:29:37

    makasih mbak udah bisa lagi nih berkat bimbingan nya

    Balas

  12. Dry Kereta Terakhir
    Nov 14, 2015 @ 16:38:58

    100% work.. terima kasih… postingan yang sangan bermanfaat

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: