Yuk, Deteksi Penyakit Lewat Kaki!

 

Ada banyak hal yang bisa dikatakan kaki tentang kesehatan. Semua penyakit bisa dideteksi dengan memeriksa kaki dengan cara yang tepat. Penasaran dengan kesehatan Anda? Berikut adalah cara mengecek kesehatan tubuh melalui kaki, seperti dilansir Boldsky.

1. Rambut pada kaki dan jari kaki

Seseorang yang tidak memiliki rambut pada kaki atau jari kaki, punya sirkulasi darah yang buruk. Maka dari itu, kita kesulitan untuk merasakan denyut nadi pada kaki. Ini merupakan indikasi yang sangat buruk pada kesehatan kaki.

2. Kaki sering kram

Kaki Anda sering kram? Jika ya, Anda harus segera mendiagnosa gejala tersebut ke dokter. Anda mungkin mengalami kekurangan kalsium, kalium atau magnesium dalam tubuh.

3. Kaki terasa dingin

Gejala ini menunjukkan adanya masalah sirkulasi. Hal itu mungkin disebabkan karena rokok, anemia, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung. Jika Anda termasuk penderita diabetes, gejala ini bisa menunjukkan kerusakan sistem saraf. Konsultasikan dengan dokter dan cari tahu alasan di balik kaki yang dingin.

4. Warna jari kaki

Jari kaki berubah warna jadi merah, putih atau biru. Ini biasa disebut penyakit Raynaud, penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah. Masalah ini juga dapat dipicu perubahan iklim dan masalah kesehatan lainnya.

5. Borok di kaki

Ini merupakan tanda-tanda penyakit diabetes. Luka akan sulit sembuh dalam waktu cepat. Bahkan, peningkatan glukosa dalam darah menyebabkan kerusakan pada arteri kaki.

6. Gatal di kaki

Gatal di kaki adalah jenis infeksi jamur yang mempengaruhi kaki sehat karena beberapa reaksi kimia. Hal ini juga bisa disebabkan reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh.

7. Bintik gelap di kaki

Kita cenderung mengabaikan bintik gelap pada kaki. Padahal ini bisa jadi tanda melanoma, bentuk yang paling berbahaya dari kanker kulit. Jika Anda menemukan bintik gelap di kaki atau kuku, segera lakukan diagnosis medis.

Kaki menunjukkan seberapa sehat tubuh Anda. Jadi, kenali tanda-tandanya dan segera lakukan diagnosa medis. Kadang, penyakit berbahaya bisa terlihat sepele, jika tidak terdeteksi dengan baik.

 

Sumber http://www.merdeka.com/

 

 

 

 

1 Komentar (+add yours?)

  1. nafiin
    Apr 20, 2013 @ 12:50:40

    Terima kasih atas semua infonya,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: