Apa Saja Keuntungan Bekerja Di Google

google1Anda bermimpi bekerja di Perusahaan Besar Di Dunia!! Pasti semua orang tahu kan “Google” itu apa?? Tentu sebuah Search Engine Terbesar di Dunia Maya ini. Tak heran jika reputasi sebagai perusahaan terbesar yang terus meningkat dan menjadi target prioritas utama dari para Job Seeker. Tetapi Google tidak sembarang menerima staff, meski harus memiliki skill yang handal dan punya kreatifitas yang tinggi. Namun semampai dengan gaji magang yang diberikan Rp. 57 Juta per bulan, atau USD 5.787. magang aja gaji segitu, apalagi udah menjadi karyawan tetap di sana yah….@_@…  Mereka yang magang sebagai teknisi software bahkan gajinya bisa mencapai USD 6.432 per bulan. Meski Gak perlu dengan ijazah untuk dapat bekerja di sana. Fantastik, kan?!! Menurut Juru bicara Google, Google hanya menerima 1.500 anak magang dari 40 ribu yang melamar setiap tahunnya.

Google pun menempati posisi kedua sebagai perusahaan yang memberikan gaji tertinggi bagi orang magang. Yang pertama adalah Microsoft dengan gaji rata-rata USD 7.050. google2
Magang di Google mensyaratkan tiga bulan kerja full time. Dan tidak hanya mendapat gaji besar, namun pekerja magang ini juga boleh menggunakan semua fasilitas melimpah di kantor Google. 

Akan tetapi, proses perekrutan calon karyawan  sangat panjang hingga sampai 7 kali proses wawancara yang memiliki pertanyaan-pertanyaan yang sangat sulit bagi mereka yang pernah melaluinya untuk mencoba menjadi pelamar di beberapa jaringan di beberapa bagian Negara.

Berapa jumlah bola golf yang bisa ditampung ke dalam satu bus sekolah?

Berapa tarif yang harus dikenakan untuk jasa membersihkan semua jendela yang ada di Kota Seattle?

Bagaimana cara Anda menjelaskan apa itu database dalam 3 kalimat, kepada anak yang berumur 8 tahun?

google4

Sekilas seperti itulah pertanyaan-pertanyaan abstrak dan unik yang diberikan, yang tidak ada hubungannya dengan keahlian yang akan kita kerjakan di Perusahaan Google tersebut. Tapi dengan pertanyaan yang membutuhkan kreatif dan bersifat teknis yang tentu sangat menguras otak, bukan….??

Tapi, jika Anda udah bekerja di sana, pasti sangat menyenangkan. Seperti bebas melakukan apa aja yang kita suka, seperti rumah anda sendiri. Seperti yang aku jelasin di bawah ini.

Pastikan Anda sebagai sebagai seorang Profesional dalam Dunia IT, pastinya dengan web master, coding, programmers handal yang paling utama dibutuhkan mereka dibagian engine

Mereka yang terpilih bekerja di Google boleh dibilang beruntung, berikut hanya beberapa keuntungan :

  • Pertama, mereka pernah merasakan bergabung dengan orang-orang hebat di raksasa internet dunia yang juga disebut-sebut sebagai perusahaan impian.

 

  • Kedua, selepas dari Google mereka dibekali banyak ilmu dan pengalaman untuk diterapkan, meski tak lagi bekerja di Google. Perusahaan ini bahkan punya sederet ‘peraturan tak tertulis’ yang harus dilakukan semua karyawan mereka sebelum meninggalkan Google. Bukan untuk memberatkan karyawan, melainkan Google ingin memastikan mereka yang keluar punya bekal ilmu maupun pengalaman untuk menjadi orang hebat.

 

  • Berikut adalah sejumlah hal yang harus dilakukan karyawan sebelum resign, dan menjadi keuntungan tersendiri bagi mereka. Menjadi ‘badass coder’ Google menginvestasikan dana yang tidak sedikit untuk urusan pendidikan di bidang engineering dan memproduksi codelab detail yang membuat orang-orang di dalamnya harus belajar keras. Di balik itu, Google ingin karyawannya di bidang ini menjadi ‘badass coder’, demikian istilah bagi orang yang jago coding. Mereka diharapkan menjadi software engineer yang lebih baik setelah keluar dari Google.

 

  • Karyawan diminta untuk memanfaatkan sebaik-baiknya semua fasilitas pembelajaran yang diberikan. Ngobrol dengan Selebriti Bekerja di Google, Anda akan bertemu dengan banyak orang terkenal entah dari kalangan selebriti seperti Lady Gaga, politisi seperti Presiden Amerika Serikat Barack Obama atau para jenius di bidang teknologi. Google memang rutin mendatangkan orang terkenal ke kampusnya. Tujuannya, agar karyawan aktif dalam pertemuan ini dan bisa belajar banyak hal dari pengalaman mereka.

 google7

  • Makan yang banyak Aturan yang satu ini terdengar unik. Sebelum seseorang resign, Google harus memastikan karyawannya tersebut sudah mencicipi semua makanan yang ada di kantin Google. Artinya, Google menyediakan banyak makanan gratis dan sehat. Semua karyawan tidak boleh menolak untuk merasakannya. 
    Karyawan Google senang datang ke kantor karena tersedia makanan dan cemilan snack yang berlimpah ruah. Dan semuanya bisa dimakan secara cuma-cuma. Para karyawan bisa sarapan, makan siang dan makan malam tanpa dipungut biaya sedikit pun. Untuk minuman, tersedia antara lain kopi dan jus di bar. “Makanan gratis menghemat waktu dan biaya dan membuatku membangun hubungan baik dengan kolega kerja,” kata seorang karyawan Google. “Aku memulai pagiku di salah satu bangunan yang ada kantin kopinya di mana barista akan membuatkan apapun minuman yang kuminta. Kemudian aku mengambil sarapan dan membawanya ke mejaku,” kata seorang karyawan yang lain. “Saat waktu makan siang, aku pergi ke kafe untuk mengambil makanan. Di Google, Anda tidak akan pernah jauh jauh dari makanan karena dapur dengan minuman dan snack ada di mana mana. Jika Anda lembur, Anda juga bisa makan malam di sana.

 

  • Mencoba hal di luar zona nyaman. Setiap karyawan Google didorong untuk melakukan hal yang disukai, namun berada di luar zona nyaman. Google akan merotasi karyawannya bekerja untuk platform atau program yang mungkin tidak nyaman bagi mereka. Namun keuntungannya, mereka bisa mencoba bekerja dengan tim berbeda dengan proyek beragam.

 google3

  • Bersepeda. Jika tempat tinggal karyawan tidak terlalu jauh dari kantor, Google menyarankan mereka untuk bersepeda. Nyatanya memang ada banyak karyawan Google yang bersepeda ke kantor. Mungkin melelahkan, tapi perjalanan bersepeda yang melelahkan ini memberi kesempatan karyawan menikmati keindahan jalanan kompleks kantor. Tentunya, membuat badan lebih sehat juga bukan?

 

  • Bekerja di Google berbagai negara. Ini adalah hal yang paling dinantikan karyawan Google. Raksasa internet ini akan menawarkan karyawannya kesempatan untuk bekerja di Google seluruh dunia. Rotasi semacam ini rutin dilakukan di kantor Google termasuk Google di New York, Mountain View dan Sydney. Mencari tahu proyek Google selanjutnya Google mempersilakan karyawan untuk menemukan apa yang sedang digarap Google untuk diluncurkan. Perusahaan ini terbilang terbuka dan ada banyak informasi produk tersedia di wiki internal mereka.

 

  • Betemu dengan Orang-orang hebat. Di Google, banyak kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang hebat di dunia teknologi. Tentu saja termasuk pendiri Google, Sergey Brin dan Larry Page. Atau mungkin chairman Eric Schmidht yang juga mantan CEO Google. Para rekan kerja pun banyak yang berkualitas hebat karena seleksi masuk Google begitu ketatnya. Sehingga mereka bisa saling belajar. Kami dikelilingi orang-orang yang pintar dan bersemangat, yang menyediakan lingkungan terbaik untuk belajar.

 

  •  Support IT 24 Jam. Google mempekerjakan banyak spesialis IT yang sangat cemerlang. Sehingga dukungan IT untuk karyawan selalu tersedia. Google punya divisi terdedikasi untuk membantu dan memandu karyawan dalam soal kebutuhan software dan hardware. Mereka akan membantu menyelesaikan masalah IT selama 24 jam penuh. Dukungan IT ini dirasa sangat membantu karena karyawan merasa bisa lebih berkonsentrasi dalam bekerja. “Karena ada pendekatan praktis untuk menyelesaikan masalah yang terjadi, contohnya jika Anda melupakan power supply laptop, Anda akan segera mendapat gantinya.

 

  • Merasa Bekerja di Masa Depan. Karena Google adalah salah satu perusahaan terdepan dan paling inovatif di dunia teknologi, para karyawannya seolah bekerja di masa depan. Sebabnya, para karyawan berkesempatan mencoba produk dengan teknologi baru sebelum dikeluarkan ke publik. Untuk mengetahui apa masih ada kelemahannya. “Chrome adalah browser yang paling banyak kupakai sebelum produk ini diluncurkan ke publik. Aku menggunakan ponsel, tablet dan Chromebook sebelum mereka dijual. Ini merupakan hal yang fun,” tutur seorang karyawan. “Aku melihat seperti apakah masa depan dan jika aku juga memberikan umpan balik, aku bahkan bisa terlibat dalam pembuatannya.” Tuturnya.

 

  • Cuti Panjang Saat Melahirkan. Karyawan Google yang baru saja melahirkan anak bisa merasa tenang. Sebab, Google memberikan cuti panjang tanpa sedikit pun mengurangi hak-hak karyawan. “Di Google, ayah baru mendapatkan cuti enam minggu dengan tetap dibayar dan ibu baru mendapatkan cuti 18 minggu. Mereka bahkan tetap mendapatkan bonus,” kata seorang karyawan Google. Tidak hanya itu saja. Google juga memberikan insentif khusus untuk membeli perlengkapan sang bayi yang baru lahir. “Diberikan sesaat setelah bayi kami lahir untuk membantu pengeluaran seperti membeli diaper dan susu formula. Saya tidak pernah mendengar perusahaan lain melakukan hal itu,” Katanya.

 

  • Tetap Digaji Meski Meninggal Dunia. Selain gaji yang besar, ada pula tunjangan istimewa yang bakal didapatkan karyawan bila meninggal. Ya, karyawan Google tetap mendapatkan gaji walaupun sudah tiada. Google masih akan memberikan separuh gaji karyawannya yang telah tiada tersebut kepada ahli waris atau keluarganya selama 10 tahun. Tidak hanya itu, bila karyawannya sudah memiliki anak maka si buah hati akan diberikan tunjangan sebesar USD 1.000 sampai dia berusia 19 tahun.

 

  •  Fitness Gratis. Memang banyak fasilitas gratisan yang disediakan. Termasuk di antaranya ruang fitness dapat digunakan oleh semua pekerja secara cuma-cuma untuk menjaga kebugaran tubuh. Google juga menyediakan divisi khusus bernama Googlers Corporate Concierge untuk membantu karyawan. Karyawan bisa memanfaatkannya untuk melakukan hal-hal yang mereka perlukan. Misalnya mengganti oli mobil, laundry, menyewa DVD, memperbaiki sepeda sampai mencuci mobil. Sehingga para karyawan tetap bisa tenang dalam melakukan pekerjaannya.

google8

  • Kendaraan Gratis dan Membawa Hewan Peliharaan. Google menyediakan kendaraan gratis untuk mengantar karyawan pulang pergi. Dengan catatan masih berada di dekat kantor pusat Google di San Francisco. Selain itu, karyawan Google juga diperbolehkan untuk membawa hewan peliharaan kesayangannya ke kantor. Banyak juga yang melakukannya. “Anjingku yang bernama Shar Pei menemamiku dikantor dua sampai tiga kali seminggu. Meskipun kadang berat untuk mengendalikannya di sela tugas kantor, kehadirannya menambah energi bagiku,” kata salah seorang karyawan.

http://www.sebenarnya.com/

http://riobruakakaka.wordpress.com/

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: