Cara Mudah Reset Printer Canon

canon printerLagi ngerjain tugas-tugas kampus tapi tiba-tiba terjadi hal yang sangat tidak diinginkan, dan tugas tersebut lagi-lagi harus dikumpulin sekarang. Terpaksa kamu pasti nyariin tempat fotocopy print terdekat, belum lagi di sana harus ngantri. Wahh parah butuh waktu lebih banyak.  Terkadang Printer hanya terjadi ngadat yang masih bisa diatasi, silahkan diperbaiki sendiri.Yah, lagi butuh waktu lama juga. Tapi masih mending sih, daripada ke tempat fotocopy. Bila Printernya mengalami kerusakan dari yang ringan sampai yang rusak parah, pastinya kamu akan menghubungi service kan? Yah, ngapain, buang-buang duit aja..mending uangnya dimanfaatin buat makan, hehehe..makan aja yang dipikir ^_^’

Buktinya berhasil kok, bertahun-tahun yah memiliki sebuah printer, dan udah berkali-kali mengalami kerusakan.  Sama sekali aku gak berpikir membawanya ke tukang service printer… mau gak mau aku mengotak-atik sendiri… dan hasilnya selalu berhasil jika memang ada kemauan untuk mencari tau apa permasalahannya. Jika ketemu titik kerusakannya, So pastinya cari referensi juga untuk menemukan cara memperbaikinya, bukan?

Ok, kita mulai dengan Berbagai cara baik manual atau menggunakan software :

1. Mengecek printer terlebih dahulu apakah masih dalam keadaan normal siap reset atau belum

Apakah terjadi blinkking (lampu indikator berkedip-kedip) ? kalau terjadi blinking harus di normalkan terlebih dahulu dahulu. Reset software nggak akan bisa mengirimkan data ke printer jadi percuma saja di reset ribuan kali.

Blinkking biasa terjadi karena :

  • tinta habis, jadi harus segera diisi
  • tinta kepenuhan, jadi harus di kurangi
  • printer tidak bisa mendeteksi keberadaan Cartridge,maka Cartridge di bersihkan terlebih dahulu atau  connector di Cartridge berkarat, atau malah Cartridge sudah gak berfungsi lagi jadi harus beli  Cartridge yang baru.

Kalo sudah diisi, tapi masih blinking aja. coba lakukan langkah ini :

  1. Cabut semua kabel (kabel power dan USB) di printer.
  2. Dalam keadaan mati tekan tombol power dan jangan di lepas sambil masukkan kabel power ke printer.(hanya kabel Power-nya aja). maka lampu indikator di power akan menyala hijau.
  3. Dengan posisi tombol power masih ditekan. Jari yang lain tekan tombol resume sebanyak 2 kali. tekan pertama untuk lampu resume menyala oranye dan tekan kedua untuk lampu resume mati.
  4. Sekarang lepaskan tombol power dan tunggu beberapa saat.
  5. Harusnya sekarang sudah tidak blinkking lagi. bila masih blinkking ulangi langkah pertama. Jika tidak teruskan masukkan kabel USB dan usahakan di printer and fax pada CPU dalam keadaan atau status “ready”.

2.  Apabila sudah tidak blinking lagi kemudian me-reset ink-nya, dengan langkah berikut :

  1. Tekan tombol Resume button dan tahan selama 1 – 2 menit
  2. Buka cover printer
  3. Lapas Cartridge dan pasang kembali Cartridge ke tempat semula
  4. Tutup cover printer
  5. Turn Off (matikan printernya dan bukan di cabut kabelnya)
  6. Turn On (hidupkan kembali printer anda)

3.   Sekarang secara permanen menggunakan Software Reset

Silahkan anda mengdownload Aplikasinya, seperti ipTool.exe

Cara menggunakannya :

  1. Centang “Cleaning” dan “EPROM Clear” lalu tekan “Test Pattern1″ tunggu sampai muncul kertas hasil test print kmd “Test Pattern2″ kmd dst sampai “Test Pattern3″ lalu tekan “Main” dan “Platen” pada Group wasteink.
  2. Tutup/close reseter kmd cek di printer properties apakah tinta sudah terdeteksi full, kalo belum ulangi lagi.
  3. Usaha ini umumnya  banyak kegagalan karena softwarenya sendiri yang masih mempunyai banyak. Harus diulangi sampai terdeteksi rata rata 4-5 kali baru kita bisa berhasil tapi ada yang berulang ulang tidak berhasil, banyak faktornya dari segi User tersebut mempunyai cukup pengalaman dan tidak punya basic teknisi atau tidak, pikiran fresh atau di kejar waktu, dsb.
  4. kalo sudah matikan printer (bukan di cabut kabelnya). Kemudian hidupkan lagi. Selesai.
  5. Selamat Mencoba, moga berhasil!!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: