Proyek Printer 3D Dari Kickstarter

printer 3DApa saja sih macam-macam printer? Printer inkjet, laser dan pita mungkin adalah macam-macam printer sudah familiar. Semuanya diperuntukan untuk mencetak citra di kertas atau media yang lain. Hasil cetakannnya tentunya berupa gambar atau teks 2 dimensi. Tapi tahukah anda, ada juga jenis printer yang diperuntukan untuk mencetak obyek 3 dimensi.

Printer jenis ini memang biasa digunakan untuk kebutuhan khusus. Karena itu tidak sefamiliar printer 2 dimensi yang biasa ada dirumah-rumah. Saat ini, masih asing menemukan printer 3 dimensi dirumah-rumah, kira-kira sama asingnya seperti menemukan komputer dirumah tetangga saat era 80 an.

Orang-orang yang membutuhkan printer ini biasanya adalah mereka yang bekerja dibidang desainer produk, perancang bangunan atau bahkan pabrik manufaktur.  Dan harga mesinnya memang terbilang mahal, terutama untuk mesin dengan presisi dan kecepatan tinggi. Tapi saat ini, printer 3 Dimensi tidak hanya dikuasai oleh pekerja profesional dan pabrik, namun sudah mulai merambah ke penggunaan rumahan.  Terutama untuk kalangan hobiis dan yang antusias dengan desain 3 dimensi. Harganya juga makin terjangkau, dari yang tadinya ratusan juta, sekarang dapat dijangkau dengan beberapa juta.

Ada beberapa proyek-proyek pembuatan printer 3D dari hobiis dan profesional dibidang elektronik dan permesinan. Mereka mencoba membuat sebuah printer 3 dimensi dengan harga terjangkau, sehingga bisa digunakan oleh siapapun. Tidak harus seorang desainer produk atau pengguna profesional.

Teknimos tertarik? berikut ini adalah proyek-proyek printer 3 dimensi yang dipublikasikan di website kickstarter.

Untuk yang belum tahu, kickstarter adalah website social-funding. Digunakan oleh orang yang memiliki sebuah proyek dan membutuhkan dana, nantinya pengunjung kickstarter dapat memberikan dana seiklasnya kepada pemilik proyek tersebut, hingga terkumpul target dana yang di inginkan.

Delta Maker

Delta Maker printer

Delta Maker merupakan printer 3 dimensi pertama yang kita bahas kali ini.  Desainnya agak sedikit berbeda dibandingkan dengan  printer 3 dimensi lainnya.  Terdiri dari 3 rangka alumunium membentuk prisma segitiga dan 3 buah lengan robot untuk mencetak bentuk 3 Dimensi. Nama Delta sendiri diambil dari cara kerjanya yang menggunakan 3 buah lengan fleksibel  untuk menggerakan kepala pencetak. Dengan menggunakan 3 lengan ini, kepala pencetak bisa digerakan kesegala arah dengan cepat dan tetap memiliki presisi tinggi.  Tidak hanya efektifitas cetak,  proses pencetakannya juga menarik untuk dilihat. Dengan desain ini, DeltaMaker juga memungkinkan untuk mencetak obyek dengan resolusi tinggi tanpat dibatasi oleh kecepatan yang lambat.

 

Siapa memang yang menciptakan Delta Maker? Timnya terdiri dari 4 orang, dengan bidang pendidikan masing-masing adalah Aerospace, Elektro, Teknik Mekanik dan Rekayasa perangkat lunak. Dan mereka memang memiliki pengalaman cukup lama dibidang pembuatan produk semacam ini. Pembuatnya memang memiliki visi untuk menciptakan printer dengan desain yang elegan, bersih dan simetri. Mereka ingin membuat printer 3D yang biasa ada di lingkungan industri menjadi printer yang bisa digunakan di ruang keluarga, ruang tunggu ataupun ruang kelas. Tidak hanya untuk mencetak produk, printer ini juga bisa menjadi hiasan diruang tamu. Pastinya menarik melihat mesin bergerak-gerak menciptakan bentuk  tertentu.

 

Mekanisme 3 lengan ini pertama dibuat oleh tim yang dipimpin oleh Reymonc Clavel pada awal 1980an, dan disebut sebagai Delta Robot. Karena kecepatan dan tingkat presisi dari delta robot ini, membuat teknologi ini banyak dipakai dilingkungan industri.

Harga printer ini sekitar 15-20 juta. Untuk ukuran printer 3 Dimensi, harga ini masih terbilang standar.

 

Robo 3D Printer

RoBo 3D printer

Sedikit berbeda dengan Delta Maker, Robo 3D ini bentuknya lebih futuristik. Bagian dasar berbentuk persegi panjang dan menyempit dibagian atasnya. Tidak seperti Delta Maker yang menggunakan Delta robot untuk mencetak obyek, Robo 3D menggunakan mekanisme mirip seperti yang diterapkan pada printer 2D, dengan tambahan gerakan atas-bawah.  Printer ini juga memiliki alas yang bisa bergerak maju mundur.

Dengan kombinasi alas yang bergerak maju-mundur, dan head printer yang bergerak atas-bawah dan kiri-kanan, membuat printer ini bisa menciptakan bentuk 3 Dimensi. Produk ini menarik, selain karena memiliki presisi tinggi (maksimal 100 mikron), printer ini juga direncanakan dijual dengan harga cukup murah, yakni $520 atau sekitar 5 juta rupiah. Di bandingkan dengan printer 3D lain, harga ini termasuk sangat murah.

Karena ini pula, robo 3D menarik banyak perhatian pengguna kickstarter, membuatnya bisa mencapai target dana sebesar $49.000 (sekitar 500 juta rupiah) dalam waktu 3 hari. Diakhir, Robo 3D mampu mengumpulkan dana sebesar $649.663 atau sekitar 6 Milyar rupiah.

Jika Delta Maker dibuat sebagai printer 3D yang elegan dan enak dilihat, Robo 3D dibuat sebagai printer yang murah dan mudah digunakan, tanpa harus mengorbankan kualitas produk dan kualitas obyek yang dihasilkan printer ini. Untuk mencetak, Robo 3D menggunakan filamen plastik yang berdiameter 1,75 mm.

 

Form 1

form 1

Tampilan form 1 memang terlihat seperti gabungan antara blender dan microwave. Dengan material semi transparan berwarna orange dan bagian bawah terbuat dari alumunium, membuatnya terlihat kokoh dan profesional. Ya, Form 1 memang lebih ditujukan untuk kalangan profesional. Saat ini masih ada gap antara printer 3D yang berharga sangat mahal dengan yang murah, dari segi kecepatan hingga akurasi.

Memang, membuat printer dengan kecepatan dan akurasi tinggi dengan harga murah mungkin masih jauh saat ini, namun inilah yang dicoba dibuat oleh pembuat Form 1. Form 1 berpotensi untnuk membawa printer 3D dengan kualitas profesional ke lingkungan rumahan.

Mereka menganggap desainer saat ini belum bisa membeli printer berkualitas yang membuatnya bisa bekerja lebih efektif, karena terlalu mahal. Sebagai perbandingan, printer berkualitas profesional bisa berharga hingga 100 juta. Karena itu, produk ini diusahakan memiliki harga lebih murah.

Dari sini terlihat perbedaan market yang dituju antara delta maker dan Robo 3D, yang lebih ditujukan untuk kalangan hobiis dan rumah tangga.

Dari sisi material, bahan yang digunakan oleh Form 1 bukanlah plastik, namun resin. Penggunaan resin bertujuan untuk meningkatkan akurasi printer. Dengan bahan ini, printer bisa mencetak obyek transparan dan dengan bentuk geometri yang kompleks, dengan ketelitian hingga 25 mikron atau 4 kali lebih detail dibanding Robo 3D. Namun resin ini memang lebih mahal dari plastik. Tapi tentunya sebanding dengan kualitasnya.

Di Kickstarter, printer ini akan dijual seharga $2,299-2,699, atau sekitar 23 hingga 27 juta rupiah.

Potensi Printer 3D

Ketika printer ini sudah umum dipakai dirumah tangga, banyak hal yang bisa kita lakukan. Membuat ornamen sendiri, sekedar untuk hiasan atau barang-barang yang benar-benar berfungsi. Misalnya membuat tempat menaruh ponsel dengan desain sendiri, tempat pensil, hingga pigura. Dan desain bisa kita tentukan sendiri, tanpa harus memilih yang cocok di toko. Namun selama materialnya sesuai.

Tidak menutup kemungkinan juga, barang-barang fisik yang kita miliki adalah hasil dari download di internet. Pilih desain yang disukai, download lalu print dengan printer 3D. Dan dengan keberadaan mesin-mesin diatas, aktifitas tersebut bisa kita lakukan tidak lama lagi.

Tapi tentunya tetap membutuhkan waktu hingga printer ini familiar, khususnya di Indonesia. Namun, diluar sana sudah banyak lho kreasi orang-orang yang menggunakan printer 3D. Salah satunya adalah yang ditunjukan oleh website thingverse. Disana ada banyak etalase produk dari printer 3 dimensi.

Selain 3 printer tersebut, masih banyak lagi printer 3D lainnya, tentunya dengan target pasar dan harga yang berbeda-beda.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: