Cara Mudah Menjadi Hacker Handal dan Profesional

Hc4Masih berkaitan erat dengan postingan saya sebelum-sebelumnya, tentang Artikel : “Apa itu Hacker?”, “5 Cewek Cantik Hacker & Hacker Terkenal di Dunia” , “Fakta Menarik Tentang Hacker” , “Langkah Apa Saja Yang Dilakukan Para Hacker Ketika Membobol Bank.” Hacker atau Peretas biasanya identik dengan dunia kejahatan jika memang tidak dimanfaatkan dengan baik. Mereka lebih banyak diam dengan menyembunyikan identitasnya, tapi dibalik itu mereka adalah Seorang Profesional yang tak ingin diketahui oleh orang lain. Di mana Hacker adalah mereka yang mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs, mereka punya etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja. Sedangkan Cracker adalah mereka yang mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat destruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan bagi dirinya atau kelompoknya. Hacker sejati bukanlah tipe orang yang mudah menyerah kalah. Mereka memiliki daya juang yang tinggi, dan jarang diantaranya yang bertipe suka pamer kemampuan.

Hc2

Apa yang ada dalam tulisan ini adalah hasil rangkuman dari tulisan salah satu hacker yang ada dalam daftar 6 hacker top sedunia, yaitu Eric S Raymond.

  1. Berpikirlah Seperti Seorang Hacker

Bagaimana seorang hacker berpikir? Apa yang ada di otak seorang hacker? Seorang hacker selalu memikirkan bagaimana caranya menyelesaikan suatu masalah dan bagaimana caranya membuat sesuatu. Seorang hacker juga sangat menghargai kebebasan dan mau menolong dengan sukarela. Kalau ingin menjadi hacker, seseorang harus memiliki attitude ini.

Dunia ini dipenuhi berbagai permasalahan yang sangat menarik untuk diselesaikan. Dengan mencoba menyelesaikan permasalahan-permasalahan ini, seseorang akan mempertajam kemampuan dan melatih kecerdasannya. Ingat juga bahwa suatu permasalahan tidak perlu diselesaikan lebih dari sekali. Oleh karena itu jangan pernah merasa enggan untuk membagikan informasi dan solusi terhadap suatu permasalahan. Ini adalah tanggung jawab moral seorang hacker.

Budaya hacker adalah suatu budaya tentang pengakuan. Seseorang tidak dapat menyebut dirinya sendiri sebagai hacker. Seseorang tidak akan pernah benar-benar menjadi hacker sampai orang lain (para hacker) menyebutnya sebagai hacker. Untuk mendapatkan pengakuan ini tentu saja butuh usaha, kerja keras, dan kontribusi kepada komunitas. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk berkontribusi kepada komunitas:

  • Buatlah perangkat lunak (program) open source.
  • Investasikan waktu luang untuk membantu memperbaiki perangkat lunak open source dengan melakukan debugging.
  • Publikasikan informasi yang berguna.
  • Berikan bantuan untuk menjaga infratstruktur tetap berjalan.
  1. Pelajari Pemrograman

Pelajarilah bagaimana caranya menulis program. Untuk benar-benar menjadi seorang hacker kemampuan pemrograman sangatlah penting. Para hacker menyelesaikan berbagai permasalahan yang mereka temui dengan menulis program. Cara paling mudah untuk mempelajari cara menulis program adalah dengan membaca dokumentasi yang ditulis oleh para masternya. Kemudian cobalah menulis program sedikit demi sedikit. Teruslah berlatih untuk mencapai suatu level kemampuan pemrograman yang cukup baik. Jika sudah cukup percaya diri dengan suatu bahasa pemrograman, cobalah untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya. Mempelajari beberapa bahasa pemrograman akan mengajarkan kita memandang suatu permasalahan dari sisi lain.

  1. Kenali dan Gunakan Unix/Linux

UNIX dan sistem operasi yang mengadopsi konsep yang sama seperti Linux dan BSD adalah sistem operasi utama Internet. Namun untuk menggunakan UNIX seseorang mungkin harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup besar. Solusinya adalah menggunakan sistem operasi yang open source seperti GNU/Linux (dengan berbagai pilihan distribusi) dan FreeBSD (dan turunan BSD lainnya). Pelajarilah Linux, gunakan distro yang mudah dan ramah untuk pemula seperti Ubuntu. Pasanglah sistem operasi ini di PC atau laptop dan gunakan untuk bekerja/bermain sehari-hari.

Mungkin sebagian orang akan berpikir mengapa harus menggunakan Unix/Linux/FreeBSD? Apakah tidak bisa menggunakan sistem operasi lain? Sistem operasi tertutup seperti Microsoft Windows dan Mac OS tidak akan mengizinkan seseorang untuk mempelajari kode sumbernya apalagi melakukan modifikasi. Belajar menjadi hacker menggunakan sistem operasi seperti itu ibarat belajar menari dengan tubuh dicor.

  1. Pelajari HTML

HTML adalah mainan hacker yang telah mengubah dunia. Belajarlah bagaimana cara menggunakan World Wide Web dan menulis kode HTML. Menggunakan Word Wide Web bukan berarti sekedar menggunakan browser dan berselancar di dunia maya melainkan bagaimana caranya membangun suatu situs menggunakan bahasa penanda web (web markup language). Cobalah membangun home page menggunakan sintaks-sintaks HTML.

 

Hc1

Bagaimana Cara Menjadi Hacker. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Persiapkan Jiwa

Persiapan jiwa ini adalah hal yang paling utama dalam menjadi seorang hacker, adapun hal yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Mental dan psikologi: hal ini dibutuhkan karena seorang hacker akan mendapatkan banyak cobaan yang sering kali membuat down dan kadang membuat lupa diri. Seperti caci maki, hinaan, sanjungan dan perkataan manis.
  • Kesabaran, ketabahan dan keikhlasan: hal ini merupakan kunci kesuksesan seorang hacker dimana dengan hal ini akan membuat seorang hacker tidak akan pernah menyesali setiap tindakan yang diperbuat.
  • Semangat, usaha, kemauan, pantang menyerah dan kerja keras: hal ini dibutuhkan seorang hacker untuk berjuang menggapai yang terbaik didalam kehidupan yang dijalani, karena menjadi seorang hacker tidak mudah dan butuh waktu yang cukup untuk memahami setiap seluk beluk ilmu pengetahuan.
  • Percaya dan berserah diri hanya kepada Tuhan Yang Maha Esa: hal ini menjadi pondasi paling penting dan salah satu motto yang digunakan oleh BinusHacker Family yaitu “Tuhan Hanya Engkau Yang Esa” dimana dengan hal ini semua akan dikembalikan kepada Sang Pencipta dan menyatakan bahwa Ilmu Pengetahuan itu Tanpa Batas.
  1. Persiapkan Raga

Persiapan raga merupakan langkah kedua yang perlu dilakukan oleh seorang hacker, dimana raga harus dibangun sedemikian rupa agar bisa mencapai target yang diingikan. Hal yang perlu dipersiapkan adalah:

  • Kesehatan dan kebugaran: hal ini diperlukan agar seorang hacker tetap fit dalam menghadapi setiap tantangan dan perjuangan dalam mempelajari dan mencapai target yang sudah ditetapkan serta kemampuan memory, daya pikir otak, nurani, panca indra bisa dimaksimalkan.
  • Aktif Olahraga: hal ini diperlukan untuk menunjang latihan tubuh agar terhindar dari berbagai ancaman. Misalkan olahraga beladiri untuk melindungi diri ketika ada ancaman, fitness agar tubuh tetap aktif dan sehat  terjaga.
  1. Persiapkan Perbuatan

Persiapan perbuatan adalah langkah ketiga  untuk menjadi seorang hacker, dimana langkah yang perlu dijalani adalah langkah positif dalam kehidupan, senantiasa beramal dan beribadah. Mengurangi, menghindari dan meninggalkan hal-hal negatif adalah perjuangan panjang dan paling berat untuk seorang hacker.

  • Belajar, Berbagi, Senantiasa Update dan Meningkatkan Kemampuan: hal ini menjadi pondasi paling penting dan salah satu motto yang digunakan oleh BinusHacker Family untuk bersama-sama meningkatkan kualitas dan kuantitas kemampuan yang dimiliki.
  • Saling Tolong Menolong, Persahabatan, Hindarkan SARA: hal ini diperlukan agar seorang hacker bisa berkontribusi dalam kehidupan yang global dimana semua sangat universal. Dengan menjadi seorang hacker maka diharuskan memiliki pandangan yang luas sehingga bisa bertindak dengan netral, baik, adil dan bijaksana.

 Hc3

 

Ada 5 hal penting yang perlu dipelajari oleh seorang Hacker :

  1. Logika (Logic)

Seorang hacker harus senantiasa menggunakan logika dimana hal ini menjadi sebuah pertimbangan akal untuk menghasilkan sesuatu yang baik, benar dan tepat. Manusia diberikan kelebihan oleh YME untuk hal ini, maka manfaatkan secara maksimal.

Logika yang sering digunakan dalam bahasa pemrograman adalah OR, AND, NOT, XOR, NAND, dll. Beberapa program tersusun atas komponen program IF..THEN…ELSE, FOR..TO..DO, WHILE , CASE..OF dan lain-lainnya. Logika ini kemudian akan dikolaborasikan dengan matematika untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai Benar (True) atau Salah (False) seperti (<, >, =, +, -, dll).

  1. Perangkat Keras (Hardware)

Seorang hacker harus mengetahui seluk beluk perangkat keras, karena perangkat keras merupakan dasar dari pembentukan teknologi. Perangkat keras disini adalah mengerti seluk beluk pengkabelan, chip, mainboard, switch, hub, elektronika, dll. Apabila seorang hacker sudah memahami perangkat keras, maka akan lebih mudah dalam membuat instruksi untuk perangkat lunaknya. Pernah melihat James Bond & Mission Impossible? Nah, diluarsana banyak orang luarbiasa yang memahami hardware sangat dalam.

Yang perlu dipelajari lebih dalam dari perangkat kerasa adalah komponen pada bagian-bagian berikut:

  • Input Device (Unit Masukan: Keyboard, Mouse): media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor.
  • Process Device (Unit Pemrosesan: CPU, Microchip,RAM): media untuk mengolah inputan guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
  • Output Device (Unit Keluaran: Monitor, Scanner, Speaker): media untuk mengeluarkan hasil informasi.
  • Backing Storage ( Unit Penyimpanan: Harddisk, Disk): media untuk melakukan penyimpanan data dan informasi.
  • Periferal ( Unit Tambahan: USB, Modem): media tambahan yang digunakan untuk mendukung proses kerja perangkat keras.
  1. Perangkat Lunak (Software)

Seorang hacker akan mempelajari software sebagai instruksi kepada hardware untuk melakukan perintah-perintah yang diinginkan. Software ini dibangun dari berbagai bahasa, dimana bahasa yang perlu dipelajari dalam bahasa mesin adalah 0, 1 dan analog. Sebagai dasar adalah bahasa pemrograman adalah assembly. Urutan yang tepat sebagai berikut saya kutip dari wikipedia:

  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110.
  2. Bahasa Tingkat Rendah (ASM) atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
  3. Bahasa Tingkat Menengah (C), yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
  4. Bahasa Tingkat Tinggi (HTML, XML, JSP, JAVA, VB, PASCAL, DELPHI, C#, F#, PHP, ASP, SQL, ORACLE, PYTHON, PERL, dll) yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.

Sebagai seorang hacker, semakin kompleks mengetahui bahasa pemrograman maka akan semakin mudah dalam memolak balikkan software, mencari celah, memperbaiki, memberikan solusi untuk memecahkan masalah dan bahkan membangun sebuah aplikasi baru.

Kuncinya adalah semakin dalam mengetahui bahasa mesin, akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan mesin.

Selain mengenal bahasa pemrograman, yang perlu dipelajari adalah sistem yang dibangun dari software yang sudah ada saat ini, sebagai salah satu contoh yaitu Sistem Operasi: *Nix, Linux, FreeBSD, SunOS, Windows, dll.

  1. Jaringan (Networking)

Seorang hacker perlu mengetahui dan mendalami jaringan elektronik dan komputer yang merupakan bagian penting untuk dipelajari, karena jaringan inilah yang menghubungkan antara satu dengan yang lainnya seperti sebuah jaring laba-laba yang tidak terputus.

Ketika kita sudah memahami jaringan maka akan cukup mudah dalam melakukan setting, konfigurasi dan dapat memegang kendali terhadap jaringan. Didalam jaringan inilah alur komunikasi bergerak antara satu perangkat ke perangkat yang lainnya. Pada jaringan inilah banyak protokol komunikasi yang digunakan sehingga perlu juga untuk dipelajari seperti TCP, HTTP/S, FTP/S, dll. Apabila jaringan berada didalam kendali, maka seluruh informasi yang mengalir didalamnya akan sangat mudah untuk didapat, ditambah, diubah, bahkan untuk dihapus sekalipun.

  1. Kriptografi (Cryptography)

Seorang hacker memiliki tantangan dalam hal kriptografi, karena saat ini hampir seluruh transaksi komunikasi sudah menggunakan cryptography sebagai jembatan pelindung. Dengan modal logika yang matang maka cryptography dapat lebih mudah untuk dipelajari walaupun dalam struktur yang sulit. Seorang hacker memerlukan pengetahuan kriptografi untuk menjaga aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan informasi, keabsahan informasi, integritas informasi, serta autentikasi informasi dan bahkan untuk mendapatkan dan menerjemahkan informasi itu sendiri.

Ada banyak model kriptografi yang saat ini sudah banyak berkembang yaitu MD5, SHA, DES, AES, Base64, IDEA, BLOWFISH, RSA, Dll. Kriptografi ini banyak digunakan untuk konfigurasi, penyimpanan data dalam database, dan komunikasi transaksi pada jaringan.

 

Hc5

Yang paling penting dilakukan jika ingin menjadi seorang hacker sejati :

  1. Niat baik, berdoa, beretika, tekad yang kuat, selalu optimis dan ketekunan yang tak pernah berakhir.
  2. Banyak bertanya dan terus menyimak, terutama kepada ahlinya, kemudian ambil hikmah untuk dipelajari dan dikerjakan.
  3. Banyak begadang untuk belajar, mengoprek alat elektronik, komputer dan hal-hal mengasyikkan lainnya.
  4. Cari referensi ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya baik dari buku, jurnal, ebook, dll.
  5. Lakukan dengan sengaja merusak gadget dimulai dari dengan yang sederhana, kemudian memulai untuk memperbaiki gadget tersebut.
  6. Belajar teknik sosial engineering untuk mengetahui dan memanfaatkan manusia, belajar reverse engineering untuk mengetahui dan memanfaatkan komputer.
  7. Memiliki modal, kemauan yang kuat, berani gagal dan berani bertindak untuk melakukan penelitian.
  8. Jangan pernah malas untuk membaca artikel teknologi, berjalan-jalan mengelilingi blog (blogwalking), belajar jangan terpaku pada salah satu forum saja.
  9. Berani melakukan instalasi beberapa OS pada komputer pribadi, misal Linux, Windows, VWWare, FreeBSD, dll. Kemudian belajar bahasa pemrograman dan scripting yang non-formal (Perl, Python, Ruby, dll).
  10. Persiapkan peralatan pribadi, dan peralatan lainnya yang didapat dari sumber lain untuk memulai proses hacking.
  11. Rajin berdoa kepada Tuhan YME dan berimajinasi yang penuh dengan ilusi agar mendapatkan inspirasi.
  12. KISS: Keep IT Simple Stupid, menjadikan IT sebagai sesuatu yang mudah seperti kegiatan sehari-hari.
  13. Wajib untuk mengenali batasan dan kemampuan diri, agar bisa mengukur apa yang perlu untuk dilakukan dan tidak memaksakan sesuatu.
  14. Jangan bermimpi terlalu tinggi, karena saat jatuh akan terasa parah sakitnya.
  15. Jangan terlalu berdiam diri, tetapi tetap terus berinteraksi dengan rendah hati.
  16. Belajar berbicara dan berinteraksi dengan komputer dengan mempelajari bahasa yang digunakan untuk instruksi komputer.
  17. Jangan mudah menyerah saat dihina, dipermainkan, dibohongi, terus percaya diri dan selalu semangat.
  18. Persiapkan otak yang fun, agar tidak terlalu penat, selalu ceria dan bahagia dalam beraktifitas.
  19. Belajar IT basic merupakan hal yang penting, daripada sekedar menggunakan software yang sudah ada saat ini untuk kegiatan hacking.
  20. Jangan lupa istirahat, jangan lupa makan, jangan lupa minum, jangan lupa cemilan dan jangan lupa olah raga.
  21. Belajar untuk memahami concept, jangan copy paste sembarangan dan mulai dari hal yang paling kecil terlebih dahulu.
  22. Mengerti cara kerja hardware dan software sehingga menjadi selaras sejalan, berani merubah nya bisa juga mengembalikan nya.
  23. Sukai dan cintai dulu komputer, masuk keseluk-beluknya kemudian terus berlatih, perbanyak teman dan memecahkah masalah bersama-sama.
  24. Belajar tidak bergantung kepada yang hanya disekolah saja, belajarlah dari dunia diluar sekolah dan ulangi hal-hal yang sama untuk mempermudah dan menjadi kebiasaan.

 

Ada beberapa tips yang perlu bahkan sangat perlu untuk dipertimbangkan jika Anda ingin menjadi Hacker Sejati diantaranya :

  1. Dedikasi: Dedikasi adalah kunci utama untuk menjadi seorang hacker. Jangan berencana untuk menjadi hacker karena uang. Jika Anda benar-benar memiliki minat, lakukan demi aktualisasi dan dedikasi Anda pada dunia hacker.
  2. Reading: Jadilah seorang kutu buku. Cobalah untuk membaca buku-buku yang berkaitan dengan komputer dan arsitekturnya. Beli buku yang terkait dengan sistem Keamanan dan hacking.
  3. Tahu bagaimana hacker bekerja: Anda tidak dapat memecahkan masalah sampai Anda tahu apa yang ada di balik masalah. Jadi, Anda harus mempelajari metode atau cara kerja para hacker top dunia. 
  4. Pemrograman dan Scripting: Pelajari Beberapa bahasa pemrograman atau scripting karena sebagian besar waktu Anda akan tersedot untuk menulis kode agar dapat menjebol sistem. Anda harus juga tahu coding untuk memahami bagaimana sistem bekerja. Saran saya gunakan bahasa pemrograman C. Bahasa pemrograman ini adalah salah satu yang terbaik di dunia. Beberapa Hacker memang ada yang lebih memilih python.  tetapi bagi saya, lebih menyukai menggunakan C.
  5. Linux: Ok, sekarang saatnya untuk beralih dari Windows ke Linux. Belajarlah untuk bekerja dengan Linux.
  6. Pelajari BackTrack Linux: Backtrack Linux adalah salah satu yang terkenal untuk Penetrasi Pengujian distribusi Linux. Backtrack ini memiliki hampir semua alat pengujian penetrasi yang diperlukan untuk profesional keamanan.
  7. Bergabunglah pada forum-forum Hacker: Berpartisipasi dalam forum terkait Hacking adalah sangat signifikan pengaruhnya bagi perkembangan informasi tentang dunia Hacking. Disana banyak pengetahuan yang sulit didapatkan dan tidak pernah ditulis pada buku manapun.

 

Selamat Mencoba…!!
Iklan

108 Komentar (+add yours?)

  1. ramdhan firmansyah
    Jan 23, 2015 @ 09:04:20

    mantap artikel nya kak 😀

    Balas

  2. sepatu nike murah
    Jan 31, 2015 @ 10:11:46

    Ini artikelnya bagus sekali gan langsung saya praktekkan terimakasih banyak gan atas ilmunya salam sukses selalu buat anda.

    Balas

  3. ogidoankOgi
    Mar 19, 2015 @ 09:46:40

    Saya belum faham, akan tetapi saya sangat suka dengan yang berbau komputer, apakah orang seperti saya bisa menjadi orang seperti itu

    Balas

    • norma07dp
      Mar 20, 2015 @ 18:09:54

      Yah, bisa dong, yg penting ada kemauan untuk belajar… segala sesuatu kan dari hal kecil pun menjadi besar, gk tau menjadi tau, itu semua kan butuh proses.
      mkasih udah berkunjung ksini… 🙂

      Balas

  4. ikiwongtani
    Mar 20, 2015 @ 19:55:10

    sip

    Balas

  5. antony
    Mar 31, 2015 @ 19:07:10

    Meski saya baru akan belajar hacker tapi saya akan trus memplajari tentang hacker tsb trimakasih gan infon
    ya sangat bermanfaat moga, hacker tidak di anggap sebagai musuh tapi di anggap sebagai teman yg ramah sekian dari saya gan sekali lagi trimakasih 🙂

    Balas

    • norma07dp
      Apr 01, 2015 @ 09:32:31

      iyaa sama-sama, itu pun sama denganku..meski waktunya pun entah itu kapan ada, masih dalam tahap rencana..hehehe..
      Sebaiknya emang, kita harus mengetahui dasar-dasar terlebih dahulu, kita harus tau apa yang harus dilakukan dan gak boleh dilakukan. Banyak aturan yg harus dipatuhi. Agar nantinya gak sampai kita salah jalan dan dapat merusak. Hacker sebenarnya gak pernah menjadi musuh kita, itu harus di tanamkan dalam hati.

      Makasih juga udah mampir kesini yahh… 🙂

      Balas

  6. Yudhi
    Apr 06, 2015 @ 11:38:31

    Jos, i like it.

    Balas

  7. esaepul
    Apr 21, 2015 @ 11:32:25

    keren artikelnyaa ^_^
    semoga maju teruss 🙂

    Balas

  8. Solikin
    Mei 02, 2015 @ 06:54:29

    ak izin bergabung kakak, 🙂

    Balas

  9. Nick **-_ASK_-**
    Mei 05, 2015 @ 15:46:55

    makasih untuk ilmunnya.

    Balas

  10. Masnah Gemini
    Mei 06, 2015 @ 18:34:23

    Makasih ya tas ilmunya?

    Balas

  11. aidilbravers
    Mei 16, 2015 @ 11:35:43

    ternyata menjadi seorang Hacker itu tidak gampang….
    semuanya harus didasari dengan kemauan dan etika….

    saya suka artikel ini, dan banyak kata-kata bijak yang saya dapatkan setellah membaca artikel anda…

    siapapun penulisnya, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya…

    mohon izin Copas artikelnya

    Balas

  12. ariekk
    Mei 16, 2015 @ 17:41:15

    makasih atas ilmu.a aq maw na.a cara biar dapat gbung dng para hacker yg lain gmna?

    Balas

    • norma07dp
      Mei 17, 2015 @ 10:23:34

      iyaa sama-sama..
      makasih jg udah berkunjung ke sini..
      Coba deh cari komunitasnya, tapi kebanyakan mereka bersifat rahasia, dan gak menampakkan diri mereka di publik.

      Balas

  13. santri
    Mei 19, 2015 @ 01:46:51

    makasih atas ilmu nya gan.

    Balas

  14. Hacker Newbie
    Jun 18, 2015 @ 21:08:41

    ternyata susah jga jd hacker ….

    Balas

  15. Ygy Gusti
    Jun 19, 2015 @ 00:54:29

    mksh gan ilmunya, bermanfaat

    Balas

  16. deeka
    Jun 22, 2015 @ 19:12:05

    good 👍semakin menambah ilmu &, niat pelajari lbh dlm

    Balas

  17. Zulkifly
    Jun 23, 2015 @ 10:03:52

    makasih gan ilmu nya..semoga bermanfaat nih

    Balas

  18. Haikal
    Jun 23, 2015 @ 10:41:13

    makasi banyak info nya kak , sangat membantuu

    suksess teruss !!

    Balas

  19. Umar Farid
    Jun 28, 2015 @ 00:34:44

    terimakasih gan artikel nya bermanfaat

    Balas

  20. Whoryou?
    Jul 01, 2015 @ 06:00:14

    Makasi gan atas ilmunya…bermanfaat bgt..
    Klo blh nanya forum hack2 gtu salah 1nya apa gan? Pgn join:D

    Balas

    • norma07dp
      Jul 07, 2015 @ 12:52:32

      iya sama2..
      sejauh ini sy gak tau komunitas atau forumnya, coba search aja sapa tau dapat yah.
      Karna komunitas mereka itu, gak terpublic, tujuan mereka memang seperti itu.

      Balas

  21. Muhammad Ishack
    Jul 02, 2015 @ 00:37:59

    mkasih kak,, atas ilmunyaa,,, syaa ingin mnjadi hacker sejati yg tdak d’knal tpii diakui oleh dunia,,

    Balas

  22. Muhammad Ishack
    Jul 02, 2015 @ 04:42:02

    boleh bertanya?,, tdak d’jwab jg gak apa”,, ‘-setelah kita tahu tentang bahasa pemrograman,, langkah apa yang harus kita lakukan,, mksd sy adakah yg hruss mw d’plajari ketika kita sdh kuasai Networking (jaringan) , Programing , Sistem Operasi , Internet,,

    Balas

    • norma07dp
      Jul 07, 2015 @ 12:46:37

      Waduhh, pertanyaan yg lumayan rumit yah,hehehe… semacam ke arah mana tujuan keahlian yg kita miliki, maksudx..
      Nah, itu kan sama dgn kita menjalani kehidupan ini, tujuan dan ke arah mana kita akan berakhir. Itu sebenarnya emang gak perlu di jawab atas pertanyaan itu, toh trgantung dgn persepsi masing-masing orang, kemana jalan yg akan mereka tuju.
      Yang pasti yg utama adalah pengendalian dan pengontrolan diri.. Jika emang tujuannya adalah untuk kebaikan, pasti ilmu-nya akan bermanfaat untuk org lain. Tp jika sejak awal tujuan-nya adalah merugikan org lain, penguasaan kemampuan yg di miliki akan menyalahgunakan ilmu yg mereka miliki dan tentu akan merusak dan merugikan pastinya.

      Balas

  23. nyra
    Jul 02, 2015 @ 18:09:40

    menarik bgt…

    Balas

  24. alan
    Jul 07, 2015 @ 15:33:26

    hehehe lumayan juga…

    Balas

  25. angga88aries
    Jul 09, 2015 @ 11:49:51

    Ribet amat..mumet kpalaqu (pusing)

    Balas

    • norma07dp
      Jul 10, 2015 @ 18:06:22

      Gak semua hasil yg di dapatkan sempurna tuh gak butuh perjuangan dan rintangan.
      Semua butuh proses belajar, siapapun bisa klo dia mau berusaha.
      Jgn putus asa dulu sebelum memulai, optimis yah 🙂

      Balas

  26. gatot
    Jul 09, 2015 @ 18:24:52

    terima kasih ya atas infonya – maunya belajar jadi hacker – tapi kalau lihat bahasa program yg hrs dipelajari rambut di kepala jadi rontok soalnya hanya visual foxpro yg aku bisa.

    Balas

    • norma07dp
      Jul 10, 2015 @ 18:04:23

      Iyaa sama-sama..
      Makasih jg udah mampir yah 🙂
      belajar kan butuh proses, gak secepat kilat gitu udah bisa langsung jadi..
      Semangat, semua org bisa klo dia mau maju.. 🙂

      Balas

  27. Robert Vando Butarbutar
    Jul 18, 2015 @ 01:25:02

    artikel yang bagus tuh…
    nice info..!

    Balas

  28. Diniyatul Izzah Efendi
    Jul 20, 2015 @ 11:11:18

    thx 4 the article

    Balas

  29. stevanus
    Jul 21, 2015 @ 12:08:42

    makasih atas infonya bagus banget nanti gue praktekin

    Balas

  30. sur
    Jul 22, 2015 @ 22:35:37

    mksh ilmunya.hacker ada dmn2,diam2 mnghanyutkan

    Balas

    • norma07dp
      Jul 30, 2015 @ 17:51:54

      Iya sama-sama
      Tentu tapi bukan untuk di publikasikan. Mereka jelas membutuhkan privasi yg tak patut di ketahui banyak orang, dan mereka itu bukan sebagai ajang untuk memamerkan kemampuan mereka. Hacker perusak atau pun bukan yg merugikan orang lain, tetap mereka memilih menyembunyikan identitas mereka dari khalayak umum.

      Balas

  31. Clay
    Jul 24, 2015 @ 00:34:20

    ada kelompok hacker indonesia ga yah?

    Balas

    • norma07dp
      Jul 30, 2015 @ 17:46:58

      Yg jelas ada, tapi bukan untuk di publikasikan. Mereka tentu membutuhkan privasi yg tak patut di ketahui banyak orang, dan mereka itu bukan sebagai ajang untuk pamer yah.

      Balas

  32. FRI3NDS
    Jul 30, 2015 @ 10:06:46

    Mantap gan,

    Pas saya main di warnet saya ingin menginstal aplikasi tp pas mau menginstal gk bisa karena ada admin pasword yg hanya bisa di ketahui oleh admin , saya mencoba berbagai cara supaya saya bisa menginstal Aplikasi di net itu , kemudian saya baca berbagai artikel dan akhirnya saya bisa membobol suatu password tersebut tanpa mengubah sedikit pun , itu pengalaman saya saat beroprasi :v

    Balas

    • norma07dp
      Jul 30, 2015 @ 18:20:41

      Yah, yang penting gak merugikan orang lain dan diri kamu sendiri, jika emang kebutuhan mendesak dan sesuatu yg lebih bermanfaat gak ada salahnya. Yang perlu ditekankan untk menjadi seorg profesional adalah di dalamnya gak ada niat buruk sedikitpun untuk berbuat kejahatan. OK!
      Makasih atas kunjungannya.. 🙂

      Balas

  33. anynomousehack
    Agu 14, 2015 @ 12:47:25

    ingin jadi hacker ahhh… buat buat menghack hatimu, yupzzz!!! hehehe.

    Balas

  34. D'LOX
    Agu 14, 2015 @ 20:04:41

    HAI CANTIK BOLEH KENALAN GA
    AKU SIH CRAKER KALO JADI HACKER RUGI BANGET KALO AKU SELALU BUAT PROGRAM YANG CLOSE SOURCE YAA SETELAH DI BUUAT DI JUAL DI PLAY STORE LUMAYAN PENGHASILAN

    Balas

  35. rifqi sahbana
    Agu 20, 2015 @ 19:53:40

    Saya udah beberapa kali mencoba tapi tetap aja gagal. Tapi saya belajar dari kegagalan. Sampai saat ini saya masih mencoba. Dan terima kasih artikel nya sangat membantu. Semoga suksess selalu

    Balas

  36. noval
    Agu 21, 2015 @ 09:37:10

    ikut gabung ya kak

    Balas

  37. Uwet Biru
    Agu 22, 2015 @ 11:11:47

    ajarin aku ngehack fb dong please..

    Balas

  38. khozin
    Agu 23, 2015 @ 23:56:18

    Artikel yang kerenn
    Terima kasih infonya mudah mudahan bermanfaat

    Balas

  39. Randi Rai
    Agu 24, 2015 @ 17:42:28

    trima kasih kak atas info nya, saya baru pemula 😀 yang saya tahu cuma main game aja hehehe tapi sekrang saya bakalan berusaha menjadi seorang ahli komputer walaupun saya gak punya komputer, ini akan mengubah semuanya. ini akan engubah HIDUP saya

    Balas

  40. yakub
    Agu 25, 2015 @ 13:33:57

    sippp kita bisa dan pasti bisa,,,,, 😀 7410x tetap kembali pada alloh yang maha esa…………….

    Balas

  41. Syahrial Wahyu
    Agu 26, 2015 @ 21:59:08

    Keren bgt infonya bingung nih mau bilang apa lagi hehe ,makasih infonya kaka 😀

    Balas

  42. rian
    Agu 30, 2015 @ 06:52:48

    boleh di coba nih artikel,bagus!!!

    Balas

  43. Hacker
    Agu 31, 2015 @ 23:52:35

    Bagi penulis, dalam menulis artikel yang memang bukan asli milik sendiri, tolong dicantumkan sumber aslinya ya. Kami bisa dengan mudah menemukan artikel sejenis yang isinya persis sama di blog lain. Itu adalah etika dalam menulis blog 🙂

    Balas

    • norma07dp
      Sep 02, 2015 @ 10:18:35

      Yah terima kasih atas masukannya, tapi sejauh ini artikel saya, gk pernah memiliki kesamaan dan menyalin isinya sama persis kayak artikel org lain.
      Saya jg tau jiblakan terus trjadi dimana-mana, dan udah sering trjadi..
      Bisa saja sy jg korbannya yah.. 😦
      Makasih atas kunjungannya 🙂

      Balas

  44. Fr13nd5
    Sep 04, 2015 @ 12:04:25

    kasih cara yg mudah donk :3

    Balas

  45. Robert Morino Putra Walukow
    Sep 09, 2015 @ 09:09:00

    msih bingung saya.saya jga ingin jdi hacker.

    Balas

  46. Bisma Ridho
    Nov 14, 2015 @ 19:29:45

    Bahasa Pemograman yg paling bawah apa kk?

    Balas

  47. Cadaz Cadaz
    Nov 16, 2015 @ 10:33:12

    trimakasih atas info nya lengkap banget ? thans info

    Balas

  48. Cadaz Cadaz
    Nov 16, 2015 @ 10:34:43

    thanks info yng bermanfaat y

    Balas

  49. indra
    Nov 17, 2015 @ 15:02:24

    bagus banget artikelnya,,,,
    membuat saya menjadi bersemangat untuk belajar bahasa mesin

    Balas

  50. rizalfahmi
    Nov 19, 2015 @ 00:13:34

    keren kali informasi nya gan,terima kasih,,,apakah anda seorang hackker???

    Balas

  51. egyfarizdfauzi
    Nov 23, 2015 @ 07:05:25

    Mbak, artikelnya ok..

    saya bisa sedikit tanya dan belajar?

    Balas

  52. Sharon Natasya (@SharonNatasya3)
    Nov 23, 2015 @ 16:54:32

    makasih kak

    Balas

  53. Preman-keren'kayakJustienbiber Numpak'sekuterKesrimpet-daster Playune'banter-setengahKlenger Nabrak'pager-manukeMlungker
    Nov 29, 2015 @ 19:26:30

    Embak nhi benran bsa jdi hacker 99%? 😀

    Balas

  54. syahrul
    Nov 30, 2015 @ 15:24:00

    keren artikelnya mbak ,, jadi lebih semangat untuk bisa jadi hacker

    Balas

  55. MR.(...)
    Des 06, 2015 @ 22:09:13

    Foolished

    Balas

  56. anas
    Des 07, 2015 @ 21:05:58

    yg bikin males itu BINER hadeh

    Balas

  57. Rama Nuril Anwari
    Des 08, 2015 @ 14:35:13

    ajari aku menjadi Hacker terbaik Sensei!!!

    Balas

  58. rahmad hidayat
    Des 08, 2015 @ 19:15:38

    aku suka dan salah satu pengemar hacker 😀

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: