Apa sih Intranet, Extranet dan Internet itu ??

Perbedaan-Internet-Intranet-dan-ExtranetPastinya kita udah tau kan, tentang Internet itu yang selama ini kita gunakan. Tapi tau kah anda tentang Intranet dan extranet yang sangat berhubungan erat dengan Internet tersebut. Nah, berikut ini, saya sedikit memberikan pemahaman kepada anda mengenai perbedaan di atas.

Kita tau bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Implementasi internet, electronic commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine, intranet, dan lain sebagainya telah menerobos batas-batas fisik antar negara. Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi. Data atau informasi yang pada jaman dahulu harus memakan waktu berhari-hari untuk diolah sebelum dikirimkan ke sisi lain di dunia, saat ini dapat dilakukan dalam hitungan detik.

Intranet adalah sebuah jaringan internal (private network) perusahaan yang dibangun menggunakan teknologi internet.  Arsitektur dari intranet berupa aplikasi web dan menggunakan protocol Internet TCP/IP.

Dengan tujuan untuk membagi informasi rahasia perusahaan atau operasi dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang, istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan. Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

Extranet merupakan jaringan intranet perusahaan yang ingin mengekspose informasi yang mereka miliki ke jaringan luar.

Extranet atau Ekstranet adalah jaringan pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.

Extranet dapat juga diartikan sebagai intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan. Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.

 

Sementara Internet ( Interconnected Network ) adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer diseluruh dunia.

Internet (interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking (antar-jaringan).

 

 

  • INTRANET

intranet

Keuntungan penggunaan intranet antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Adanya standar dalam menyajikan informasi karena semua informasi diakses melalu browser. Pemakai informasi tidak perlu menginstall program untuk mengakses informasi.
  2. Memudahkan siapa saja menyajikan informasi.
  3. Memudahkan untuk melakukan koneksi internet

Kadang kala internet juga dihubungkan ke jaringan internet dengan dilengkapi firewall, Firewall adalah program yang dijalankan pada komputer yang berkedudukan sebagai server dengan tujuan untuk mencegah akses internet dari internet, tetapi memungkinkan pemakai di dalam intranet mengkases internet.

  1. Intranet menjadi alat bantu untuk meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan produk industri
  2. Intranet lebih meningkatkan tanggapan terhadap keluhan dan kebutuhan pelanggannya.
  3. Intranet mampu menurunkan biaya atas kebutuhan informasi kolaborasi, workflow, dan enterprise connectivity.
  4. Intranet mendapat banyak keuntungan karena adanya suksesnya dukungan world wide web yang memungkinkan penggunaan yang luas karena digunakan masyarakat luas yang menggunakan internet. Caranya adalah dengan membuat website. Intranet menjadi tren saat ini karena kefleksibelan webnya yang mudah digunakan.

Pada awalnya teknologi intranet datang bersama dengan teknologi internet. Perbedaannya adalah pada penggunaan firewall bagi jaringan local intranet yang terkoneksi ke internet, agar dapat melindungi asset sistem informasi yang dimiliki oleh perusahaan dari serangan pihak luar. Hal ini menjadikan intranet benar-benar dapat berfungsi dengan baik secara independen dari pada internet, karena intranet tidak terhubung dengan jaringan luar.

Dengan kata lain yang membedakan antara intranet dan internet adalah dari sisi penggunaannya. Aplikasi dan informasi dari intranet ditujukan hanya untuk perusahaan itu sendiri sedangkan internet untuk kalangan umum atau mendunia.

Komponen pembentukan dari intranet adalah

  1. Aplikasi browser
  2. Komputer sever
  3. Perangkat jaringan
  4. Protocol TCP/IP
  5. Bahasa pemrograman
  6. Komputer client
  7. Perangkat bantu (development tool) untuk manajemen jaringan local.

 

  • EXTRANET

 

 extranet

Tipe-tipe dari Ekstranet

 

Tipe-tipe utama dari ekstranet adalah (berdasarkan rekan bisnis yang terlibat dan tujuannya) :

 

  1. Perusahaan dan dealernya, pelanggannya, dan suppliernya. Ekstranet seperti ini dipusatkan pada satu perusahaan
  2. Sebuah ekstranet industri. Beberapa industri bergabung membuat ekstranet yang berguna untuk mereka
  3. Joint Venture dan kemitraan bisnis lainnya. Beberapa mitra bisnis bergabung untuk membentuk ekstranet yang digunakan sebagai alat untuk berkolaborasi dan berkomunikasi

 

Hampir semua manfaat internet maupun intranet bisa didapatkan pada extranet, tentunya dengan berbagai kelebihan, karena pada dasarnya extranet adalah konsep intranet yang di perluas jangkauan geografisnya :

  1. File Sharing – Mungkin manfaat terbesar dari extranet adalah kemampuan mereka untuk berbagi file besar dengan mudah dan mulus. jauh lebih mudah, dari sudut pandang TI, untuk memberikan akses penerima data dari sumbernya, daripada mencoba untuk mengirimkan file besar melalui email, fax, atau surat kertas. Juga, jika informasi sensitif, terbatas akses pada jaminan extranet bahwa hanya mereka dimaksudkan untuk melihat file dapat melihatnya, dan informasi ini tidak terlihat dalam terjemahan oleh pihak ketiga yang tidak diinginkan.
  2. Virtual Private Networks – Extranet memungkinkan untuk pelaksanaan Virtual Private Networks (VPN) bagi karyawan yang ingin bekerja dari jarak jauh. Sebuah VPN memberikan pengguna berwenang akses ke data yang mereka butuhkan pada extranet, terlepas dari lokasi mereka. Ini berarti untuk peningkatan produktivitas untuk bisnis, karena memungkinkan bagi karyawan untuk bekerja secara efisien saat bepergian, dari rumah, atau dari perangkat mobile mereka.
  3. Web-Hosting – Menurut sebuah laporan tahun 2006 tentang penggunaan extranet oleh Majalah Inc, Karen Leavitt, wakil presiden WebEx mengatakan extranet merupakan ukuran penghematan biaya baik untuk usaha kecil. Karena semua data di-host di web, meminimalkan TI penyimpanan dan biaya pelaksanaan. Extranet memungkinkan untuk akses data real-time, yang bermanfaat untuk hosting web-rapat jarak jauh, jauh lebih murah daripada tatap muka komunikasi bisnis.
  4. Keamanan – Tingkat keamanan yang diperlukan untuk extranet bervariasi pada fungsi dari situs dan jaringan. Menurut Ray Wagner, wakil presiden penelitian Gartner Inc untuk, situs publik dalam teori merupakan extranet. Tingkat keamanan ditempatkan pada extranet adalah apa yang membuatnya begitu berguna untuk bisnis. Administrator dari sebuah extranet dapat menentukan tingkat akses dan interaktivitas pengguna atau kelompok pengguna dapat memiliki di situs. Hal ini memungkinkan mereka untuk menyediakan fungsionalitas yang diperlukan untuk pengguna eksternal, sementara dengan mudah melindungi akses data sensitif, semua tanpa harus mengambil pendekatan padat karya untuk pengguna dan manajemen jaringan.

 

  • INTERNET

 internet

Internet yang berasal dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.

Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet Instan.

Fungsi dan Manfaat internet secara sederhana adalah sebagai media komunikasi, akses informasi, berbagi sumber daya atau data, dalam hal ini berarti dengan internet bisa menyiarkan dan mengakses secara langsung baik berita informasi dan bertukar data dengan akses internet online ke seluruh penjuru dunia tanpa ada batasan wilayah geografis dari setiap penggunanya. Internet bisa diibaratkan seperti komputer yang saling berbicara satu sama lain dan juga bisa bertukar data secara langsung setelah komputer terhubung pada jaringan internet menggunakan TCP/IP.

Kegunaan internet dari waktu ke waktu semakin dibutuhkan oleh berbagai element masyarakat maupun badan usaha untuk berbagai kebutuhan yang disesuaikan, baik untuk meningkatkan produktivitas ataupun sarana bertukar data dan juga akses informasi maupun sarana hiburan online yang sangat lengkap. Berbagai media cetak sudah banyak yang beralih ke media online dalam memberikan berita dan informasi.

 

Dengan memanfaatkan internet, pemakaian komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk salingberkomunikasi dan pemakaian bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan lain-lain.

 

 

Teknologi yang menghubungkan PC atau komputer dijaringan ke sebuah internet, antara lain adalah Public Line (jalur umum) dan Dedicate Line (jalur khusus internet).

Public Line (jalur umum) menggunakan teknik dial-up melalui PTSN, teknologi GPRS, CDMA, DSL, ADSL, ISDN hingga PLC. Teknologi ini menggunakan sebuah perangkat yang dinamakan modem yang berfungsi sebagai penghubung/koneksi ke penyedia jasa internet (ISP).

Dedicate Line merupakan jalur khusus yang hanya digunakan untuk keperluan koneksi internet, koneksi dapat menggunkan media kabel (leased line maupun teresterial). Wireless (Wifi, Microwave, WIMAX), Frame realy, VSAT maupun MPLS.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: