Pengen Cerdas, Asah Otakmu & Lakukan Kebiasaan Hari-Harimu!!

14238780781086090045Seberapa cerdas kah Anda?

Kecerdasan gak bisa di dapat secara instan, akan tetapi ada yang sejak balita, anak-anak hingga dewasa sudah dapat menampakkan sisi kecerdasannya. Pasti sering kan, bertanya-tanya, “Orang tuanya memberikan makanan apa sih, kok bisa anaknya sepintar itu?” Aku pun sejak kecil emang suka milih-milih makanan sih..hehehe… Gak suka ini gak suka itu. Namun otak ini sudah cukup banyak memberikan kemampuan wawasan dan ilmu yang selalu mendorong aktif dan aktif untuk terus belajar dan berinteraksi menstimulasi otak agar selalu berkembang dengan baik.

Yah, memiliki otak yang cerdas adalah dambaan setiap orang. Otak manusia itu pada dasarnya seperti komputer canggih. Namun harddisk komputer masih memiliki keterbatasan kapasitas. Dibanding dengan memori otak kita mampu menyimpan semuanya dan juga mampu mengendalikan semua aktivitas di tubuh kita.Cara-dan-Tips-Membuat-Otak-Agar-Menjadi-Ceras-dan-Pintar-e1403662022722

Lalu apa, pada dasarnya kecerdasan itu bisa terjadi pada anda, ketika ada kemauan untuk belajar dan mampu melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan stimulasi otak kita. Intinya ada, kecerdasan dapat terbentuk ketika rasa malas dapat anda lawan. Dan dapat memberikan kemampuan untuk terus berlatih dan mengasah otak anda untuk berpikir memunculkan ide-ide baru yang dapat di bangun secara bertahap.

 

Nah, lakukan aktivitas seperti ini setiap hari agar semakin cerdas yah :

Rangsang otakmu untuk memunculkan beberapa ide tiap hari

217338_ilustrasi-wanita-berpikir_209_157Idenya bisa tentang apa aja. bisa gimana caranya membuat karya yang menarik perhatian orang, mengentaskan kemiskinan, caranya biar bisa begadang tapi tetap sehat, ide buat video, apapun deh! Gak masalah idenya tentang apa, masuk akal atau enggak, yang penting otakmu tetap jalan. Siapa tau dari ide itu kamu bisa mengubahnya jadi sesuatu. Oh iya, jangan lupa catat idemu.

 

Follow akun yang membagikan informasi menarik

Udah banyak laman yang membagikan artikel mendidik dan inspiratif (contohnya situs blog https://norma07dp.wordpress.com ). Kamu bisa mengikuti akun-akunnya di media sosial, biar kamu bisa belajar bermacam hal lewat linimasa atau newsfeed-mu. Atau, kalau kamu merasa media sosial adalah distraksi, kamu juga bisa berlangganan newsletter mereka yang akan langsung dikirimkan ke e-mailmu.

 

Jangan malas baca koran

imagesAku suka banget baca Koran, apalagi kalau topiknya sangat menarik. Pasti betah deh duduk berlama-lama. Kalo kamu menganggap baca koran itu kerjaannya bapak-bapak, kamu salah besar. Koran (dan media berita lainnya) membantumu untuk lebih peka pada hal-hal penting dan apa yang terjadi di dunia. Dari situ, kamu bisa belajar membentuk opinimu sendiri dan mengaitkan sesuatu dari hal yang kelihatannya gak berkaitan. Dan yang pasti wawasanmu lebih luas.

 

Bagikan pengetahuanmu ke orang lain

Aku suka membagikan apapun pada orang lain, apalagi jika emang ilmu dan pengetahuan yang banyak aku miliki, pasti deh aku langsung share ke kamu, seperti sekarang ini, kan! Hehehe…

Setelah kamu mempelajari suatu hal yang baru, bagikan ke orang lain agar ilmumu itu makin tajam. Temukan teman yang bisa diajak bertukar pikiran biar pengetahuanmu nambah dan kamu bisa menemukan perspektif yang berbeda.

Tuliskan ulang apa yang sudah kamu pelajari. Agar ilmumu tak membeku

Topik-topik menarik yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Itu bagusnya dipelajari dan kita bisa memberikan tanggapan dan kita memberikan solusi dalam menghadapi permasalahan yang terjadi. Di tuang dalam tulisan, seperti pada bolg atau website kamu.

Kamu bisa membuat posting blog tentang apa aja yang udah kamu pelajari hari itu. Memposting di blog membantu kamu untuk menelusur hal-hal yang udah kamu pelajari selama ini. Dan kamu pun akan belajar lebih serius, karena harus mempostingnya di blog yang akan dibaca banyak orang.

 

Rutinkan kebiasaan membaca buku fiksi dan non fiksi

Menulis_Buku_Non_Fiksi

Sejak kecil aku emang suka baca buku, buku apa aja deh. Semasa sekolah waktunya istirahat, bukannya main, tapi malah nongkrong di perpustakaan sekolah. Di rumah pun, terkadang sakit kepala jika gak pernah baca buku. Tapi dengan berkembangnya teknologi saat ini, aku lebih banyak baca artikel di media internet. Disitu kita lebih bisa memilih-milih berbagai pengetahuan yang sangat bermanfaat.

Cobalah untuk membaca sebuah buku setiap minggu. Kamu bisa membaca kapanpun kamu ada waktu, bisa di kendaraan umum atau saat kamu mengantri. Buku fiksi bagus untuk memahami karakter dan menyelami perspektif berbeda, sedangkan buku nonfiksi membantumu memperkenalkan topik-topik baru, seperti hukum dan politik.

 

Matikan TV-mu, beralihlah ke video edukatif yang banyak bisa kamu temui di YouTube

bunuh-tvKarena tontotan acara televisi saat ini, lebih banyak yang kurang mendidik, apalagi dengan anak-anak mereka lebih suka nongkrong di depan tv sambil ngemil. Mereka pun tak bisa memilah mana tontonan yang bermanfaat bagi perkembangan dirinya. Maka kita, sebagai orang lebih dewasa atau orang tua-nya memberikan arahan dan bimbingan agar dia, tak mencontoh apa yang terjadi dalam acara tv yang kurang mendidik. Sebaiknya, atur jadwal anak-anak untuk lebih banyak menonton edukasi. Sedangkan kita yang udah dewasa, pastinya tau mana yang lebih baik menjadi tontonan yang lebih bermanfaat. Maka jangan membuang waktumu, dengan hal-hal yang kurang pantas dan dapat merusak pemikiranmu.

Kadang lebih asik dan lebih mudah menangkap suatu subjek lewat menontonnya dibanding membaca, terutama kalo kamu tipe visual learner. Kamu bisa menonton video- video seminar motivator dan belajar dari pengalaman mereka yang jadi pembicara di sana, yang memberikan pengetahuan dengan cara yang seru, jadi lebih gampang nempel di kepala..

 

Bikin dua daftar: daftar skill yang berhubungan dengan pekerjaanmu dan skill yang ingin kamu kuasai di masa mendwriting_thumbatang

Kita pasti punya mimpi-mimpi di masa depan, lalu apa salahnya mulai sekarang mulai merancang apa yang mesti kita akan lakukan di masa depan itu. Jangan pernah takut memulai mimpi-mimpi itu. Gagal pun tak masalah, yang jelas kita akan berusaha nantinya untuk bangkit lagi dan lagi.

Meski kamu saat ini punya pekerjaan, namun terkadang kita ingin menjalani kehidupan yang lebih baik di masa mendatang. Yang lebih produktif dan sejahtera dalam hal kebutuhan finansial.

Usahakan daftar ini gak pernah kosong, agar kamu terdorong untuk mempelajari hal baru tiap hari. Ambil masing-masing satu dari daftar di atas, temukan sumber-sumber yang relevan, lalu pelajarilah.

 

Buat daftar hal-hal yang telah kamu lakukan

Jika setiap hardiary-147191_150inya kamu dapat menulis tulis-tulisan tentang hal-hal yang telah kamu selesaikan hari itu. Kegiatan ini bisa membantu kamu merasa lebih baik dengan hal-hal yang udah kamu capai, terutama kalau kamu lagi badmood, menulis adalah salah satu solusi menghilangkan stress. Daftar ini juga bisa untuk mengevaluasi seberapa produktif kamu tiap harinya. biar kamu bisa merencanakan kegiatan besok dengan lebih baik. Jadi punya planning setiap hari untuk dijalani, jadi hari-hari mu akan lebih menyenangkan, tentunya!

 

Mainkan game yang bisa menstimulasi pikiranmu

ttsAku suka banget ngisi TTS, biasanya kalau ke toko buku, gak sempat dapat buku, yah beli cuman buku TTS doang, hehehe… atau pun biasannya di Koran-koran tuh, aku dapatin juga.

Dengan itu, kita tetap mengasah otak kita, lebih banyak belajar menyerap pengetahuan yang lebih luas lagi. Sempatkan waktu istirahatmu buat sekedar bermain games agar tetap aktif.

Latih otakmu dengan soal-soal atau kuis, misalnya TTS, sudoku, atau situs asah otak, biar otakmu tetap encer dan mentalmu tetap terjaga. Pasti ilmu dan pengetahuanmu akan bertambah lagi.

 

Ikut kursus online

Kalau ini mungkin gak semua orang bisa yah, mungkin terlalu rumit dan butuh lebih banyak waktu dan biaya juga sih. Tapi gak ada salahnya juga, kalau emang orang-orang pengen maju dan memiliki otak cemerlang, apapun pasti dilakukan. Ilmu itu emang mahal, tapi gak sebanding dengan pengetahuan yang akan kita dapatkan.

Lewat internet, kamu bisa kursus macam-macam secara online, baik berbayar maupun gratis. Lewat kursus, pembelajaranmu akan lebih fokus dan terstruktur. Tapi, jangan ambil banyak-banyak, fokuskan ke satu atau dua materi aja.

Nongkrong sama orang-orang yang lebih cerdas dari kamu

Kamu perlu nongkrong sama orang-orang cerdas, biar wawasanmu juga lebih luas. Tapi, bukan berarti kamu gak boleh berteman dengan orang yang biasa-biasa saja. Toh, mencari teman yang baik itu gak harus dia lebih pintar dari kita. Namun lebih banyak sisi positifnya bersama dengan orang-orang yang memiliki IQ tinggi. Siapa tau, kamu bisa ketularan otak cerdasnya. Bersikaplah rendah hati dan mau belajar dari mereka. Kalau kamu sering nongkrong sama orang-orang yang pengetahuannya di atas kamu, mau gak mau kamu juga harus banyak belajar buat mengimbangi mereka. Belajarlah secara bertahap dari mereka.

 

Ikuti rasa ingin tahumu. Jadilah manusia kepo dalam konteks yang bagus

Terkadang terlintas di depan mata, apa yang aku liat tapi aku kurang tau dan gak paham. Pasti aku kepo banget pengen tahu apa itu? Jadinya, lebih cepat mencari tahu dan rasa ingin tahu berhenti menjadi sesak ketika aku sudah mampu menemukannya.

Makanya, kalau kamu berpapasan dengan sesuatu yang keren atau bikin kamu penasaran, cari tahu. Jangan cuma dibiarkan berlalu. Ikuti rasa ingin tahumu dan temukan jawabannya.

Semisal, kamu suka baca dan ingin tahu siapa penulis terbaik yang bukunya menjadi top dunia. Jangan cuma berhenti di rasa gatal ingin tahu. Coba cari tahu dan kamu akan tau motivasi hidupnya kok bisa menjadi topic utama dunia. Kok bisa se keren itu yah??

 

Giatilah hobi yang kamu sukai setiap hari

hobi-baca-bikin-anak-lebih-cerdas-saat-dewasaSebenarnya hobi aku lebih banyak sih, tapi yang lebih dominan seperti ini, aku lebih banyak menghabiskan waku menulis dan menulis apa aja yang terlintas di pikiranku.

Memang lebih asik kalau kita mempelajari sesuatu yang kita suka. Kenapa gak pelajari sesuatu yang sesuai sama hobimu aja? Kalau kamu suka menulis, buat tulisan yang semenarik mungkin, atau menulis sebuah novel, lalu kamu suka musik, pelajari lagu baru atau malah alat musik baru.

 

Lawan rasa takutmu

rasa+takut

Nah, ini lebih banyak yang terjadi pada orang-orang yang gak mau maju dan memiliki ide-ide dan hasil yang baru. Rasa takut membuat sesuatu bagi banyak orang gagal dalam membangun impian mereka. Takut akan gagal, takut orang-orang akan membencinya, mencemoohnya, itu bukan perkara yang sulit. Cukup jadi diri sendiri, jangan jadi panutan orang lain. Optimis untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Lawan rasa takut dengan keluar dari zona nyamanmu. Setiap hari, dorong dirimu melakukan hal yang kurang menyenangkan tapi bisa membuatmu berkembang,

 

Jelajahi tempat-tempat baru

Kamu mungkin gak bisa traveling tiap hari, tapi kamu bisa menjelajah sudut-sudut kota tempat tinggalmu dan menemukan hal baru atau berkenalan dengan orang baru. Itu lebih produktif daripada cuman nongkrong sama teman-teman, atau sekedar berdiam diri di rumah. Meratapi hidupmu yang kurang beruntung.

Tapi, lebih bagusnya menjelajahi tempat-tempat baru yang menarik, juga sebagai olahraga dan refresing dari rutinitas kamu sehari-hari yang sangat membosankan.

 

Ajak ngobrol orang yang kamu anggap menarik

Jangan ragu untuk berkenalan dan mengajak ngobrol orang lain, meski gak kamu kenal. Tetap rendah hati, karena kamu bisa menemukan perspektif dan wawasan baru bahkan dari orang-orang yang gak terduga, meskipun itu hanya petugas kebersihan, pedagang asongan dan kamu akan tau seberapa kuat dan hebatnya mereka mencari kehidupan yang lebih baik, mereka berjuang mati-matian untuk menghidupi keluarga mereka yang serba terbatas.

 

Duduklah dalam diam, kemudian refleksikan pencapaianmu seharian

sun rising meditationMungkin bersemedi lebih tepatnya, entah itu di rumah yang hening atau di manapun yang lebih tenang dan hening. Di situ kamu mampu mengistirahatkan otakmu sejenak. Hilangkan dan buang semua pikiran-pikiran yang mengganggu.

Pada waktu-waktu tertentu, berhentilah melakukan rutinitasmu sejenak dan duduklah dalam hening. Refleksikan semua yang udah kamu lakukan hari itu. Melakukan refleksi adalah cara jitu untuk mengetahui apakah harimu memang berjalan dengan tepat.

 

Terapkan langsung apa yang sudah kamu pelajari selama ini

Misalnya kamu belajar mendapatkan teori membuat sebuah kue lezat, yah tentu itu gak bermanfaat tanpa ada prakteknya, dan kamu tidak akan pernah bisa membuat kue lezat itu tanpa harus mencobanya.

Ilmu yang kamu pelajari akan terasah kalo kamu terapkan sesering mungkin. Learning-by-doing adalah salah satu cara efektif untuk tambah cerdas dan tajam.

 

Cobalah terapkan devil’s advocate

Devil’s advocate itu bukan berarti kamu membela iblis lho, tapi mengambil argumen tandingannya terhadap suatu opini, untuk menguji keabsahan opini tersebut.

Temukan suatu hal yang barusan kamu pelajari, lalu bangunlah opini yang berbeda dari orang kebanyakan, semacam opini yang gak biasa, yang baru muncul kalau kamu kritis. Terus, temukan bukti-bukti yang mendukung opinimu dan terbukalah dengan ide-ide yang bisa mengubah opinimu. Kalau kamu sering melakukan ini, kamu akan terlatih berpikir kritis kan!

Kalo kamu masih mampet juga, cobalah baca bagian editorial di koran dan evaluasilah secara kritis. Itu akan membantumu untuk mengerti bagaimana orang lain membentuk argumen dan mengekspresikan pendapat.

 

 

Mengapa cara meningkatkan IQ otak kita itu penting?

 CT_Quartz-IQ_SPOTLIGHT

Setiap manusia memiliki kecerdasan intelektual atau IQ (intelligence quotient) yang berbeda-beda. IQ bisa diukur untuk menunjukkan tingkat kecerdasan seseorang walau tak ada ukuran pasti karena kecerdasan seseorang bisa menurun.

Berhubung kita memiliki banyak kebutuhan dan keinginan, maka konsekuensinya agar itu semua terwujud adalah tentu harus berusaha dan berjuang mati-matian. Namun, ketika tengah berusaha itu serasa sulit, bahkan serasa mustahil, itulah yang disebut sebagai masalah. Gagal gak masalah, coba mencari tahu, apa masalahnya, mengubah dan belajar dari kesalahan yang telah terjadi, lalu mencoba bangkit kembali. Itulah perjuangan hidup yang sesungguhnya.

Agar kesulitan menghadapi masalah dapat terhindarkan, tentunya berhubungan dengan kecerdasan yang kita miliki. Seperti yang telah aku jelasin beberapa kebiasaan yang harus dilakukan setiap harinya.

Maka, pertanyaannya adalah bagaimana meningkatkan kecerdasan (IQ) Anda itu?

Berikut penjelasannya satu-persatu :

 

Senantiasa Memulai Aktivitas dari Menentukan Tujuan

 Tak sedikit orang yang pintar, namun sayangnya ia dikendalikan orang lain. Soalnya, dia gak punya tujuan yang kokoh. Itu sebabnya, penting bagi Anda menentukan keadaan seperti apa yang Anda inginkan. Sehingga Anda bisa memetakan keadaan sekarang, kemudian memikirkan bagaimana keadaan sekarang menjadi keadaan yang diinginkan. Kemampuan menganalisa seperti itulah, hal yang mutlak ditingkatkan, untuk meningkatkan IQ Anda.

 

Senantiasa Berangkat dari Membahas Defenisi

 Banyak pula orang yang merasa ragu dengan apa yang ia kerjakan. Buktinya, ketika kerjaannya disindir-sindir, dia jadi “keringetan”. Gak bisa mempertanggung jawabkan pilihannya berupa melakukan pekerjaan tersebut.

 Karena, kebanyakan orang tidak tahu defenisi dari suatu kata. Misal, apa sih defensi “Semangat”? Apa sih defenisi “standart”? Misalnya, “Semangat” itu artinya, tidak akan berhenti sampai dapat.

 

Senantiasa Membaca

 Dengan membaca, Anda jadi terpacu untuk menggambarkan teks-teks yang Anda baca. Otomatis, otak Anda akan “memanggil” informasi terdahulu, untuk dikaitkan dengan informasi yang tengah Anda konsumsi itu (bacaaan yang dibaca).

 

Senantiasa Mengetahui Ciri-Ciri Dari Sesuatu

 Ketika aku katakan “Buku!” apa yang ada di benak Anda? Yah, tentu sebuah kertas berlapis-lapis yang berisi tulisan-tulisan yang mempunyai makna yang sangat berarti.

Kalau aku katakan, “Bersungguh-sungguh”, apa yang ada di benak Anda? Yaps, kurang-lebih, tidak mudah menyerah karena halangan-halangan, rela mengeluarkan uang, rela capek, dan seterusnya.

 Segala sesuatu, kenapa disebut seperti itu, pasti karena punya ciri-cirinya. Kenapa Anda bisa membedakan piring dengan gelas, handphone dengan remote TV, pasti kan ada ciri-cirinya. Nah, dengan mengetahui ciri-ciri seperti itu, Anda jadi lebih jernih dalam berpikir, dan tentunya Anda akan tahu membedakan segala sesuatu dari kemasan sebuah produk misalnya.

 

Senantiasa Menghitung

menghitung

Kemampuan berhitung merupakan suatu kemampuan yang jelas dimiliki orang-orang yang tingkat IQ-nya tinggi. Makanya mereka kadang tidak begitu sulit menyelesaikan tugas-tugas mereka. Karena mereka mampu memetakan aspek “Diketahui”, “Ditanya”, “Dijawab” dalam hidup mereka.

 

Senantiasa Konsentrasi pada Satu Hal Dulu

Suatu smartphone itu punya buku petunjuknya. Harus dipakaikan kartu SIM, harus dicharge baterainya, jangan direndam air, dan lain-lainnya. Begitu pula benda-benda lainnya, memiliki aturan main tertentu. Nah, termasuk, otak kita. Otak kita itu, bukan digunakan untuk multi-tasking. Agar optimal, ia sebaiknya digunakan untuk fokus memperhatikan suatu hal dulu, kalau udah beres, baru ngurusin hal lain. Karena otak kita bukan robot yang serba bisa, karena segalanya gak di program sebelum dalam otak kita.

 

Senantiasa Tidur yang Cukup

tidur%20sehat1

Tidur itu, ibarat sebuah detox kecil bagi otak kita. Dengan kata lain, di dalam tubuh Anda, akan terjadi regenerasi sel-sel dan menghilangkan racun-racun yang timbul ketika siang harinya. Tidur yang baik, tidurlah yang cukup, ini sangat baik untuk kesehatan anda dan tentu juga dengan otak yang kita miliki satu-satunya.

 

Senantiasa Menulis

 Menulis, adalah aktivitas yang konkrit untuk membuat Anda berpikir, sehingga IQ pun meningkat. Lagipula, zaman sekarang, Anda semakin mudah dan terpicu untuk menulis. Contoh kecilnya, menulis di blog, nge-tweet, nulis status facebook, chatting, BBM-an, dan lain-lain. Tentunya, lebih bagus lagi kalau tulisan yang Anda buat dalam rangka memecahkan suatu masalah. Dengan memberikan solusi apa yang terjadi pada orang-orang yang memiliki masalah.

 

Senantiasa Beranalogi

Dengan analogi, aktivitas berpikirkan pun menjadi lebih mudah, enak, efektif, dan efisien. Misal, Anda bilang orang yang hobi mengeluh itu ibarat orang yang lagi jalan, tapi karena di depannya ada tembok, dia jadi berhenti berjalan. Padahal, dia hanya tinggal harus mencari jalan lain yang tidak ada temboknya, atau lompati temboknya, atau hancurkan temboknya, atau minta tolong orang buat singkirkan temboknya, dan lain-lain. Intinya, jika menemukan jalan buntu dalam suatu permasalahan, pasti ada jalan lain untuk menyelesaikannya.

 

Senantiasa Mempelajari Bahasa Baru

1505037-belajar-bahasa-asing-620X310

Banyak pula cendikiawan yang mengatakan, bahwa kemampuan seseorang menguasai bahasa, berbanding lurus dengan kecerdasanya. Seperti halnya Muhammad Al-Fatih yang pada usianya yang ke-16, sudah mampu menguasai 8 bahasa: bahasa Arab, Turki, Persia, Ibrani, Latin, Yunani, dan lain-lain, dengan lancar. Jadinya, ketika umurnya 21 tahun, ia berhasil menaklukkan Konstantinopel, yang notabene merupakan kota termaju di dunia saat itu.

 Kalau kita? Kita, biasanya cuman bisa 2 bahasa. Bahasa Indonesia sama bahasa daerah asal kita.

Coba untuk mempelajari bahasa-bahasa di dunia yang lebih memungkinan banyak digunakan untuk segala aktivitas dalam hidup kita.

 

Senantiasa Mengonsumsi Makanan yang Sehat

Konsumsilah_Makanan_Bergizi_dan_Sehat_200

Pokok makanan bergizi porsi buah, sayur, Omega-3, vitamin E, oksigen, antioksidan, dan lain-lainnya, adalah makanannya otak. Kalau otak tidak makan, maka tidak dapat berfungsi secara optimal. Dengan kata lain cara meningkatnya IQ Anda, harus diusahakan dengan perantasa berupa makanan-makanan yang baik bagi otak Anda.

Ini bukan hanya kita sebagai orang dewasa, tapi ini juga pada wanita hamil yang ingin memiliki anak yang cerdas.

Senantiasa Berpikir Positif

30

Stress dan kecemasan sangat ampuh menghancurkan neuoran otak Anda, sekaligus menghalangi proses produksi neuron tersebut. Kalau gitu terus, gimana cara bisa meningkat IQ-nya? Sebaliknya, dengan berpikir positif dan cendrung solutif, akan mempercepat proses produksi neuron tersebut.

 

Senantiasa Penasaran

Penasaran akan membuat Anda menjadi bertanya-tanya, hingga kemudian Anda jadi terpicu untuk berpikir mencari tahu jawabannya. Dengan cara seperti itu, Anda berpeluang untuk menemukan sesuatu yang baru. Mirip seperti halnya para penemu-penemu terdahulu, yang notabene IQ mereka tinggi-tinggi.

 

Senantiasa BerolahragaOlah-Raga

Otak Anda akan berterimakasih kepada Anda, sekiranya Anda hobi berolahraga. Karena ketika tubuh Anda bergerak, oksigen semakin terpompa, proses neurogenesis pun menjadi lebih optimal. Jadinya, terciptakan sel-sel otak yang baru. Sehingga jalan peningkatan IQ pun semakin terbuka lebar.

 

Senantiasa Berpikir Kreatif

kreatif

Berpikir kreatif, artinya Anda think without the box. Bukan inside the box, maupun out of the box. Nggak pakai box, nggak pakai perbandingan, agar lebih joss. Berpikir kreatif itu mudah sebenarnya. Misal, ketika orang membaca 2 buku dalam satu bulan, namun Anda membaca 4 buku, itu kreatif juga namanya. Menjadi lebih baik, itu pulalah tujuan dari kreativitas. Karena biasanya yang tidak kreatif itu tidak bisa survive. Bila bisa survive, bukankah itu pertanda IQ Anda tinggi?

 

Senantiasa Melibatkan Indra

matabiru

Kadang seseorang akan lebih paham suatu tulisan, bila dibarengi dengan gambar. Karena, mata Anda (indra Anda) jadi ikut terlibat untuk mengolah informasi. Apalagi, kalau sebuah teori itu dilanjutkan dengan praktek. Makin terberdayalah indra-indra Anda. Jadinya, semakin paham Anda.

 

Senantiasa Mencoba Hal Baru

 Otak Anda sangat senang dengan hal-hal yang baru. Seperti halnya ketika Anda coba memakan makanan yang belum pernah Anda makan, melewati jalan yang belum pernah Anda lewati, dan lain-lain. Dengan mengetahui informasi yang baru, dan pengalaman baru, neuron Anda akan bekerja semakin baik.

 

Senantiasa Berkasih Sayang

kasih-sayang-suami-isteri-300x240

 Apalagi dengan berkasih sayang, otak Anda akan semakin fresh jadinya. Perhatikan saja, sebaliknya, ketika Anda bermasalah, kemudian panik, Anda malah cenderung tidak menggunakan akal.

 

 

Senantiasa Bermain Puzzle

menyusun-kepingan-puzzle-jigsaw-bisa-menjadi-aktivitas-yang-menyegarkan-_130313174407-705

Bermain puzzle manfaatnya banyak banget. Karena terdapat aktivitas berupa melatih daya ingat, kecepatan berpikir, kejelian, pemahaman informasi, dan lain-lain sebagainya. Untungnya, zaman sekarang Anda semakin mudah mendapatkan game-game puzzle.

 

Senantiasa Mengevaluasi

 Seberapa sering hal-hal yang Anda butuhkan dan inginkan terpenuhi? Nah, biasakanlah, untuk mengevaluasi kebutuhan dan keinginan Anda yang tak tercapai. Anda pahami dulu, apa sih yang ingin Anda capai? Apa cara yang Anda gunakan untuk mencapainya? Apakah caranya tidak sesuai? Atau, mungkin caranya belum benar-benar dilakukan?

Karena memang, orang-orang jenius ber-IQ tinggi itu tentu hobi mengevaluasi kegiatan-kegiatan mereka. Makanya, bisa tumbuh terus. Sehingga mereka tidak terus-terusan mengulangi kesalahan lama yang sama. Dapatnya masalah yang baru. gak heran, akhirnya mereka menjadi orang yang hebat, bukan!!

 

IQ adalah kemampuan nalar, atau pikiran orang sering menyebutnya dengan kemampuan otak kiri, yaitu kemampuan kita untuk mengetahui, memahami, menganalisis, menentukan sebab akibat, berpikir abstrak, berbahasa, menvisualkan sesuatu. Namun konsep dan batas-batasan tersebut terlalu mempersempit kecerdasan.

Maka, ini diperjelas arti yang sesungguhnya. Otak kiri bertanggung jawab untuk pekerjaan verbal, kata-kata, bahasa, logika, angka-angka, matematika, urut-urutan, analisa dan penilaian dengan cara berpikir linier. Melatih dan membelajarkan otak kiri akan membangun kecerdasan intelektual. Sedangkan otak kanan bertanggung jawab dan berkaitan dengan gambar, warna, music, emosi, seni, artistic, imajinasi, kreativitas, dan intuitif.

 

Namun banyak faktor yang bisa membuat kecerdasan otak menurun seperti :

Stressstress_ball-300x300

Stress bisa memicu penurunan kemampuan otak seseorang. Banyak hal yang bisa meningkatkan hormone stress, seperti adanya masalah keuangan, pertengkaran dengan pasangan dan masalah pekerjaan, dll.

Tingkat stress tinggi tak hanya dapat membuat fungsi otak yang menurun, tapi berkaitan dengan meningkatnya resiko penyakit Alzheimer.

Obesitas

obesitas-300x206

Berdasarkan sejumlah penelitian, kelebihan berat badan atau obesitas dapat menurunkan fungsi kognitif seseorang. Obesitas juga dapat meningkatkan resiko demensia di kemudian hari. Obesitas yang berkaitan dengan rendahnya kemampuan intelektual seseorang ini telah dibuktikan pada studi yang diterbitkan dalam American journal of epidemiology.

 

Banyak Makan Manis

makanan-manis

Manfaat konsumsi gula tak semanis rasanya. Menurut dokter ahli saraf, konsumsi gula atau makan makanan manis dalam jumlah banyak bisa mempengaruhi sel-sel otak. Karena gula dapat menyebabkan peradangan pada bagian otak. Banyak makan manis juga bisa membuat anda jadi gemuk, menderita diabetes tipe 2, dan meningkatkan resiko demensia atau pikun.

 

Makanan Cepat Saji

challangesmall

Banyak sekali makanan cepat saji yang bisa memanjakan lidah dan membuat ketagihan. Makanan cepat saji memang disukai banyak orang di berbagai Negara. Namun ketahuilah bahwa makanan itu bisa menyebabkan Anda mengalami obesitas. Selain itu, makanan siap saji atau disebut juga dengan junk food bisa mempengaruhi dopamine di dalam otak yang mendukung fungsi kognitif, memori, kewaspadaan dan motivasi.

 

Makanan Olahan dan Gorengan

gorengan

Hampir semua makanan olahan mengandung bahan kimia berbahaya, seperti zat pewarna, zat adiktif, perasa buatan dan penyawet yang tentunya sangat berbahaya bagi organ tubuh manusia. Kandungan berbahata itulah yang mempengaruhi fungsi kognitif otak, begitupun dengan gorengan. Makanan tersebut juga bisa meningkatkan resiko gangguan otak degeneratif seperti Alzheimer.

 

Multitasker

multitasker_420-420x0

Menjadi multitasker atau melakukann banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan justru dapat menghambat kerja otak. Otak juga memiliki batas kemampuan sama halnya seperti computer yang tiba-tiba menjadi lambat ketika kita membuka banyak program di dalamnya.

 

Terpapar Asap Rokok

kena+asap+rokok

Merokok maupun menjadi perokok pasif juga dapat merusak sel-sel otak. Racun dari asap rokok dapat mengganggu kemampuan sel otak untuk menyimpan informasi yang diterima dan komunikasi secara efektif.

Terlalu lama terpapar asap rokok dapat meningkatkan karbon monoksida dalam tubuh, menggantikan oksigen yang penting untuk otak dan tubuh.

 

Jet Lagjetlag

 

Sering bepergin dengan pesawat terbang dan melewati zona waktu yang berbeda-beda sering membuat seseorang jet lag. Jet lag ini mengganggu rtmegsirkadian tubuh. Jet lag tak hanya menyebabkan gangguan tidur makan, tapi juga perubahan hormon dalam tubuh yang dapat mempengaruhi memori otak.

 

Alkohol

food

Mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung alkohol berlebihan bisa membahayakan fungsi hati. Selain itu, alkohol juga menurunkan kecerdasan otak atau dapat membuat Anda bodoh. Karena menyebabkan gangguan pada otak, hanya meminum satu atau dua gelas alkohol dapat menyebabkan penglihatan kabur, bicara cadel, gangguan memori dan kehilangan. Ini merupakan salah satu efek jangka panjang dapat menyebabkan gangguan otak kronis yang serius.

 

Kecerdasan itu sangat penting, karena sangat berkaitan dengan perkembangan otak. Otak ini memegang peranan besar dan penting dalam kehidupan manusia karena otak merupakan pusat pengendali berbagai aktivitas fisik dan mental. Hal ini karena otak memiliki system kerja yang sangat kompleks.

Otak memiliki system komunikasi yang dapat bereaksi dengan cepat untuk mengadakan respon terhadap setiap informasi yang masuk.

Maka sayangilah otak Anda, seperti Anda menjaga kesehatan dan penampilan pada diri Anda!!

Selamat mencoba, moga bermanfaat!!

 

 

 

6 Komentar (+add yours?)

  1. zulkifli1618@gmail.com
    Apr 30, 2015 @ 19:57:51

    bagus kak

    Balas

  2. zulkifli1618@gmail.com
    Apr 30, 2015 @ 19:58:47

    bagus nya jg blognya…?

    Balas

  3. Sujamak
    Mei 08, 2015 @ 23:11:35

    Makasih mbak

    Balas

  4. Ikbal Kerenz Abiez
    Mei 14, 2015 @ 13:08:23

    Good job

    Balas

  5. Robiyana
    Des 07, 2015 @ 19:49:35

    Bookmark ya ka blognya 🙂

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: