Agar Kamu Bisa Terbebas Dari Kacamata, Dan Mata Tetap Sehat, Lakukan Hal Ini!

mata sehatKetika remaja dulu tiba-tiba daya penglihatanku menurun drastis, sampai aku gak bisa melihat tulisan yang ada di papan tulis semasa sekolah ketika itu. Dan mengharuskan memakai kacamata. Tadinya lensa yang aku pakai masih tipis-tipis amat sih, tapi lama-kelamaan makin tebal juga yah. Pernah beberapa bulan aku coba lepasin eh minusnya malah langsung naik drastis. Apa yang sebenarnya terjadi padaku? Tanpa kacamata, huruf-huruf pada bagan yang dipakai untuk mengetes tidak terlihat jelas, sangat buram. Katanya klo bukan karena faktor genetik, yah karena terlalu banyak membaca. Apalagi sampai tiduran atau berada di ruang agak gelap. Iya juga sih, emang aku dari kecil suka nge-baca, sehari aja gak baca buku yah pusing deh, sakit kepala jadinya! Terus aku juga ingat, beberapa tahun sebelumnya ketika itu, bisa sampai tiap hari, tiap saat harus mengkonsumsi obat generik. Itulah efek samping yang juga hingga kini aku mendapatkannya.

Mata adalah jendela dunia. Lewat mata kita bisa mengerti, mengetahui, melihat dan masih banyak lagi. yang terpenting adalah membuat mata kita sejenak beristirahat dari rutinitas. Istirahat di sini bukan berarti saat kita sedang tidur. Karena mata merupakan bagian terpenting dari panca indera kita. Maka perlu dilakukan perawatan khusus agar mata kita tetap sehat.

Sehari-hari, waktu kita dihabiskan di depan layar komputer atau mata sering kemasukan debu bila beraktivitas di luar ruangan, membaca buku, dan sering beraktivitas di luar ruangan. Ini dapat mengakibatkan mata merah dan berair. Hal ini tentunya sangat mengganggu. Cobalah untuk mempraktekkan hal-hal berikut ini untuk menjaga mata Anda tetap sehat :

 

20 detik istirahat dari layar komputer

PC Monitor KomputerMelihat layar komputer terlalu lama bisa menyebabkan mata cepat letih dan kering. Ini dikarenakan mata kita berkedip lebih sedikit bila di depan monitor. Untuk itu, Anda dapat menggunakan aturan 20/20/20 untuk menyiasati mata supaya tidak tersiksa.

Apa itu aturan 20/20/20? Yaitu setiap 20 menit, istirahatkan mata Anda dengan melihat kejauhan sekitar 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Atau Anda dapat memakai layar penggelap dan mengatur kecerahan layar komputer Anda supaya tidak memberatkan mata. Anda juga dapat memejamkan mata sejenak selama 20 detik kemudian lanjut bekerja kembali. Jangan lupa untuk meletakkan layar 25 inci (60 cm) dibawah pandangan mata.

Jangan terlalu lama menggunakan komputer, televisi atau main game. Jika pekerjaan anda memang menggunakan komputer seharian, usahakan anda rutin beristirahat menjauh dari layar komputer, misalnya setiap 30 menit atau satu jam, rilekslah atau berjalan-jalanlah sebentar selama 5 atau 10 menit. Agar mata tak kering, sering-seringlah berkedip dan sesekali alihkan pandangan mata ke luar ruangan. Gunakan monitor LCD untuk PC anda, penggunaan layar LCD cenderung lebih nyaman dan tidak cepat lelah bagi mata dibanding jika menggunakan monitor crt. Setting refresh rate yang tinggi pada monitor anda. Lalu dengan menonton tv terlalu lama dapat membuat mata tegang dan lelah, selain itu radiasi yang terpancar dari layar tv dapat berakibat buruk bagi mata. Anak-anak yang terbiasa nonton tv dan main console game berlebihan, cenderung beresiko lebih besar matanya menjadi minus.TV

Jangan terlalu dekat ketika nonton tv, main game atau membaca buku Nonton tv leyar lebar memang lebih asyik, tapi lebih tidak menyehatkan terutama bagi mata anak-anak. Anak yang sering nonton tv terlalu dekat, matanya beresiko besar mengalami minus ketika anak tumbuh dewasa. Jarak yang aman untuk menonton televisi sekitar 2 meter untuk TV ukuran 14 inchi. Untuk layar yang lebih lebar otomatis jaraknya lebih jauh. Sebaiknya gunakan tv layar kecil untuk hiburan keluarga. Hal ini berlaku juga ketika anak bermain game, PS atau yang lainnya. Begitu juga dengan kebiasaan membaca, janganlah posisinya terlalu dekat, hal ini dapat membuat mata menjadi tegang dan lelah. Gunakan penerangan yang cukup ketika membaca, dan sebaiknya tidak membaca ketika tiduran.

 

Memakai kacamata hitam dengan UV Filter

Radiasi sinar ultraviolet dari matahari bisa berdampak buruk untuk mata. Sinar ultraviolet (UV) pada matahari dapat menyebabkan kerusakan pada mata terutama pada sel-sel mata dan mempengaruhi mekanisme penyembuhannya sehingga dapat menyebabkan kerusakan, degenerasi dan penuaan dini pada mata.

kacamata hitam pelindung mataSolusi untuk mencegahnya adalah selalu memakai kacamata hitam yang akan melindungi mata dari radiasi sinar UV-A dan UV-B. Memakai topi atau payung di saat terik matahari juga membantu perlindungan mata.

Radiasi sinar ultraviolet tidak hanya dapat merusak mata tapi juga merusak kulit. Efeknya dapat menumpuk sehingga dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti katarak, luka pada kornea, bahkan kanker dari kelopak mata. Maka dari itu saat Anda sedang berada diluar usahakan menggunakan kacamata hitam atau kontak lens yang dapat menghalangi 99% hingga 100% dari sinar UV-A dan UV-B.

 Menggunakan kacamata bukan hanya untuk gaya saja, sinar UV adalah salah satu penyebab utama pengerasan lensa, katarak dan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Penggunaan kacamata dengan lensa gelap bisa menyaring sinar UV hingga 100 persen saat berada di luar ruangan. Jika tidak ada kacamata, bisa juga dengan menggunakan topi untuk mengurangi paparan sinar UV.

Memakai kacamata pelindung mata

pelindung mata

Banyak sekali kasus trauma mata yang disebabkan oleh kecelakaan di dalam rumah, bukan di tempat kerjaan. Usahakan menggunakan kacamata pelindung saat Anda ingin mengerjakan sesuatu yang memliki risiko merusak mata seperti terpapar dengan bahan kimia atau benda-benda yang terbang, atau alat-alat yang dapat membahayakan mata. Gunakan juga kacamata pelindung untuk beberapa jenis olahraga seperti basket atau baseball. Jadi gunakan kacamata pelindung mata untuk menghindari risiko trauma fisik atau kimia yang bisa mengakibatkan kebutaan.

 

Konsumsi makanan menyehatkan untuk mata

Rajin mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung beta karoten yang merupakan bentuk awal dari vitamin A seperti: wortel, ubi, labu, bayam dan brokoli. Selain itu sumber hewani seperti daging sapi, hati ayam, ikan, susu dan keju juga mengandung retinil palmitat yang dapat diubah menjadi vitamin A.

Konsumsilah_Makanan_Bergizi_dan_Sehat_200Makanan yang baik untuk sirkulasi merupakan jenis makanan yang baik untuk jantung, mata serta penglihatan. Pilihlah makanan seperti sayuran hijau gelap, gandum, serta makanan yang tinggi akan zinc seperti kacang-kacangan, kerang, daging merah yang tidak berlemak. Wortel pun ternyata dapat membantu proses penglihatan oleh karena vitamin A yang terdapat dalam wortel baik untuk penglihatan. Beberapa jenis nutrisi lainnya adalah beta karoten, lutein dan zeaxanthin.

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau tua Sayuran yang memiliki daun hijau tua seperti bayam, brokoli atau sayuran lain mengandung lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid yang diketahui bisa mengurangi risiko berkembangnya katarak serta penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina. Cobalah untuk mengonsumsinya dua porsi sehari, misalnya satu porsi bayam saat makan siang dan satu porsi brokoli saat makan malam.

Mengonsumsi antioksidan Makanan seperti berry, jeruk, plum dan ceri membantu meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas (seperti dari sinar matahari dan polusi), serta mengurangi risiko pengerasan lensa yang dapat memicu katarak. Konsumsi antioksidan setidaknya 2 porsi dalam sehari.

Mengonsumsi asam lemak omega-3 Bukti menunjukkan asam lemak omega-3 dari ikan tertentu seperti salmon, halibut dan tuna bisa melindungi saluran air mata, melindungi lensa, meminimalkan mata kering dan mencegah katarak. Konsumsi ikan 2-3 porsi seminggu dan mengurangi daging merah, karena diduga bisa meningkatkan risiko gangguan mata di usia tua.

Pertimbangkan multivitamin Jika memang diperlukan, saat ini banyak juga tersedia suplemen yang berguna untuk menjaga kesehatan mata. National Eye Institute menunjukkan bahwa vitamin antioksidan C dan E, vitamin B6 dan B12, beta karoten serta mineral tembaga dan seng bisa memperlambat perkembangan penurunan penglihatan akibat gangguan di pusat retina dan katarak.

 

Merawat lensa kontak

soflensLensa kontak yang kotor bisa menjadi rumah bagi kuman dan bakteri. Makanya selalu jaga kebersihan lensa kontak dengan tangan bersih dan jangan memakainya ketika tidur. Gunakan cairan pembersih lensa kontak yang sesuai dengan memperhatikan tanggal kadaluwarsanya.

 

Menghapus make-up pada mata dan buang rias mata yang kadaluwarsa

menghapus make upPerhatikan tanggal kadaluwarsa dari make up mata Anda. Selalu gunakan riasan mata dalam keadaan bersih dan bersihkan riasan mata sebelum tidur.

Bakteri dapat tumbuh dengan mudah pada makeup yang cair. Juga ingat untuk membuang produk mata setelah 3 minggu. Bila Anda terkena infeksi pada mata juga sebaiknya produk Anda diganti semua. Hindari penggunaan kosmetik bersama dan ingat untuk membersihkan wajah sebelum dan setelah menggunakan make-up.

 

Stop merokok

zat kimia rokokBila Anda merokok, cobalah berhenti. Merokok meningkatkan risiko terjadinya katarak dan menyebabkan mata kering. Selain itu merokok juga menyebabkan perkembangan plak di pembuluh darah, dimana dapat juga merusak pembuluh darah mata.

Kebiasaan merokok tersebut dapat mempercepat risiko terjadinya degenerasi sel-sel mata dan terjadi penuaan dini. Pengaruhnya pada pembuluh darah retina mata juga berbahaya dan dapat menyebabkan kebutaan.

 

Jangan remehkan mata gatal atau merah

Mata gatal atau merah disebabkan oleh benda asing yang masuk ke mata. Jika terjadi kemerahan pada mata, hindari menggosoknya. Tetesi mata dengan obat tetes mata atau bilas dengan air bersih. Anda dapat lakukan tindakan kompres, penggunaan anti-histamin serta tetes mata. Bila Anda merasa seperti ada pasir dimata, Anda dapat bersihkan dengan air bersih mengalir. Bila keluhan ini berlanjut lebih baik Anda mengunjungi dokter mata. Beberapa keluhan yang perlu Anda perhatikan lagi adalah nyeri pada mata, keluarnya cairan pada mata, bengkak, silau pada mata, adanya bayangan hitam pada mata, adanya benda yang terbang, kilatan sinar serta bila ada gangguan penglihatan.

Jangan menggosok mata secara kasar dan berlebihan Ketika mata anda terasa gatal atau kemasukan benda asing, secara otomatis anda akan menggosoknya atau mengucek-nguceknya. Lakukan hal ini secara hati-hati, jangan terlalu kasar dan berlebihan.

 

Membaca label obat

memeriksa label obat1Beberapa obat atau kombinasi dari obat-obatan yang dikonsumsi bisa berdampak pada penglihatan Anda. Segera ke dokter bila Anda mengalami efek samping seperti mata kering, penglihatan ganda, sensitif pada cahaya, mata berair, atau penglihatan kabur setelah meminum obat.

 

Periksa ke dokter mata

memeriksa ke dokter mataRutin periksa ke dokter mata amat dianjurkan biarpun Anda tidak memakai kacamata. Usahakan 2-3 tahun sekali jika Anda tidak memiliki keluhan. Tapi jika Anda memakai lensa kontak, diabetes, hipertensi atau memiliki riwayat penyakit mata, maka pemeriksaan 1 tahun sekali sangat dianjurkan.

Mulai sekarang tetap menjaga mata Anda tetap sehat. Hingga tak terjadi penyesalan belakangan.

Semoga Bermanfaat!

 

Berbagai Sumber – Tips Dokter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: