Kode Etik Seorang Programmer

Hc3Benarkah seorang programmer kebal akan hukum apabila melanggar Kode Etik Programmer ?

Rawannya penggunaan computer terhadap hal yang merugikan bagi pengguna, pengetahuan tentang pelanggaran programmer dan etika seorang programmer di harapkan mampu memberikan gambaran bagi pengguna umum untuk lebih mewaspadai kejahatan di dunia IT dan bagi seorang programmer agar tahu kode etik sehingga tidak merugikan diri sendiri dan orang lain terhadap hukum yang telah berlaku.

Programmer adalah orang yang bekerja membuat atau merancang sebuah system untuk membantu memudahkan pekerjaan manusia yang menggunakan media Komputer.

Programmer Komputer adalah profesi yang bertugas untuk membuat sebuah program melalui bantuan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan melalui otomasi dengan bantuan perangkat lunak atau software. Pada intinya tugas seorang programmer komputer adalah menolong manusia menyelesaikan kegiatan sehari-harinya dengan bantuan komputer.

Tugas utama bagi seorang Programmer adalah individu yang bertugas dalam hal rincian implementasi, pengemasan, dan modifikasi algoritma serta struktur data, dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu.

Association for Computing Machinery (ACM) atau Asosiasi untuk permesinan computer adalah sebuah serikat ilmiah dan pendidikan computer pertama di dunia yang di dirikan pada tahun 1947 SIG dan ACM mensponsori konferensi yang bertujuan untuk memperkenalkan inovasi baru dalam bidang tertentu. ACM juga membahas mengenai etika dari programmer lalu komitmen terhadap perilaku professional etika yang diharapkan dari setiap anggota berbagai golongan dari ACM, yang terdiri dari 24 imperatif di rumuskan sebagai pernyataan tanggung jawab pribadi serta mengidentifikasi unsure-unsur dari komitmen tersebut.

Lahirnya etika computer sebagai sebuah disiplin ilmu baru dalam bidang teknologi tidak dapat di pisahkan permasalahan seputar penggunaan computer yang meliputi kejahatan computer, pelanggaran HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual), netiket, e-commerce dan tanggung jawab profesi.

Salah satu profesi dibidang IT adalah Programmer. Seorang Programmer harus memiliki pengalaman yang cukup dan benar-benar menguasai ilmu dibidangnya, selain itu seorang Programmer juga harus mematuhi kode etik yang berlaku. Maka dari itu kode etik Programmer perlu dipelajari, dimengerti, dan dijalankan.

Hc4

Untuk menjadi seorang Programmer komputer tidaklah gampang mereka harus menguasai bahasa pemrograman dan menghasilkan program maupun sebuah system yang dapat memenuhi kebutuhan si pengguna atau klien, Programmer juga harus memikirkan matang-matang apa yang dibutuhkan oleh si pengguna atau klien dan prospek ke depannya. Dalam berprofesi sebagai Programmer terdapat kode etik dan kebanyakan dari kode etik ini berdasarkan kode etik yang kini digunakan oleh perkumpulan Programmer Internasional.

Programmer terbagi menjadi beberapa Profesi :

  1. Programmer
  2. Database Programmer
  3. Web Programmer
  4. Multimedia Programmer
  5. Embedded Programmer

Inilah penjelasannya dari bidang Profesi tersebut

  1. Programmer

Programmer adalah individu yang bertugas dalam hal rincian implementasi, pengemasan, dan modifikasi algoritma serta struktur data, dituliskan dalam sebuah bahasa pemrograman tertentu. Deskripsi. Dengan kata lain sebagai Profesi yang menulis program dengan bahasa pemrograman seperti Php, Java, C, C++, Delphi, dll.

Pekerjaannya seperti :

  1. Menulis program (coding) dengan menggunakan pemograman tertentu (VB, VB.NET, Java ).
  2. Memahami konsep basis data.
  3. Mampu mengoperasikan aplikasi basis data.
  4. Melakukan pengujian terhadap aplikasi program.
  5. Melakukan analisis terhadap aplikasi program.
  6. Melakukan riset , desain, dokumentasi dan modifikasi aplikasi software.
  7. Melakukan analisis dan memperbaiki kerusakan (error ) pada software dengan tepat dan cara yang akurat.
  8. Menyediakan status laporan aplikasi yang diperlukan.

  1. Database Programmer

Programmer yang menguasai perancangan dan pemrograman database menggunakan Aplikasi Ms. Access dan Ms. SQL Server ATAU PL/SQL dan Oracle Form Developer 10g.

Database Programmer adalah profesi yang membuat, memanipulasi, menghapus, maupun memelihara database itu sendiri dengan menggunakan pemograman database seperti MySQL, Postgre SQL, dll.

  1. Web Programmer

Programmer web yang menguasai pengembangan aplikasi web berbasis HTML dan ASP.Net ATAU aplikasi web berbasis HTML dan J2EE serta Struts Framework ATAU aplikasi web berbasis MySQL dan PHP.

Web Programmer adalah profesi yang membuat suatu web, situs yang mana agar bisa di upload dan dapat ditampilkan melalui internet.

  1. Multimedia Programmer

Programmer multimedia yang menguasai penggunaan teknologi dan pengembangan aplikasi berbasis multimedia.

Multimedia Programmer adalah profesi yang membuat suatu media multimedia dengan tampilan yang di dalamnya berupa teks, gambar, suara, audio atau video. Bentuknya seperti web atau YouTube yang terdapat video di dalamnya.

  1. Embedded Programmer

Programmer yang menguasai arsitektur sistem mikroprosesor, interfacing dan pemrograman embedded.

KODE ETIK YANG HARUS DIMILIKI OLEH SEORANG PROGRAMMER :

Pemrograman komputer membutuhkan sebuah kode etik, dan kebanyakan dari kode-kode etik ini disadur berdasarkan kode etik yang kini digunakan oleh perkumpulan programmer internasional.

Kode etik seorang programmer adalah sebagai berikut :

  1. Seorang programmer tidak boleh membuat atau mendistribusikan Malware.
  2. Seorang programmer tidak boleh menulis kode yang sulit diikuti dengan sengaja.
  3. Seorang programmer tidak boleh menulis dokumentasi yang dengan sengaja untuk membingungkan atau tidak akurat.
  4. Seorang programmer tidak boleh menggunakan ulang kode dengan hak cipta kecuali telah membeli atau telah meminta izin.
  5. Tidak boleh mencari keuntungan tambahan dari proyek yang didanai oleh pihak kedua tanpa izin.
  6. Tidak boleh mencuri software khususnya development tools.
  7. Tidak boleh menerima dana tambahan dari berbagai pihak eksternal dalam suatu proyek secara bersamaan kecuali mendapatkan izin.
  8. Tidak boleh menulis kode yang dengan sengaja menjatuhkan kode programmer lain untuk mengambil keuntungan dalam menaikkan status.
  9. Tidak boleh membeberkan data-data penting karyawan dalam perusahaan.
  10. Tidak boleh memberitahu masalah keuangan pada pekerja dalam pengembangan suatu proyek.
  11. Tidak pernah mengambil keuntungan dari pekerjaan orang lain.
  12. Tidak boleh mempermalukan profesinya.
  13. Tidak boleh secara asal-asalan menyangkal adanya bug dalam aplikasi.
  14. Tidak boleh mengenalkan bug yang ada di dalam software yang nantinya programmer akan mendapatkan keuntungan dalam membetulkan bug.
  15. Terus mengikuti pada perkembangan ilmu komputer.

Keterampilan juga diperlukan dalam profesi, berikut ini beberapa suatu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang Programmer, yaitu :

  1. Memahami kode sumber yang ditulis sendiri pada saat ia tidak lagi mengingat detail mekanisme dari program tersebut.
  2. Melanjutkan pengelolaan, menyesuaikan, mengembangkan dan (bila perlu) merombaknya untuk menyesuaikan program dengan kebutuhan pengguna tanpa mengorbankan kemudahan perawatan di masa mendatang.
  3. Membaca program untuk memperkaya perkakas yang dimiliki seorang Programmer untuk memecahkan masalah.

Tujuannya membentuk suatu etika profesi terutama dalam bidang teknologi informasi , agar bisa memberikan pedoman apa saja yang harus dilakukan dan di pelajari dalam bidang IT yang semestinya harus di lakukan. Ini juga di peruntukkan untuk organisasi, etika profesi juga di harapkan bisa berguna agar seorang programmer bisa memberikan pemahaman gambaran umum tentang tugas-tugas yang harus di lakukan dalam dunia IT. Sehingga siapa pun, pada masyarakat pada umumnya yang ingin belajar dan menjadi professional dalam bidang IT, mudah mendapatkan gambaran mengenai persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk bisa menjadi seorang programmer yang handal dan professional.

Prinsip Dasar Etika

  • Kontribusi terhadap masyarakat dan kesejahteraan manusia.
  • Hindari menyakiti orang lain
  • Jadilah pribadi yang jujur dan dapat di percaya
  • Bersikap adil dalam setiap mengambil keputusan dan tindakan
  • Tidak melakukan diskriminasi
  • Hak milik kehormatan, hak cipta dan paten
  • Berikan loyalty kredit untuk property intelektual
  • Menghargai rahasia dan privasi orang lain
  • Pemberian honor kerahasiaan.

Meskipun sudah di atur dalam Undang-Undang tentang pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, namun masih banyak pelanggaran yang terjadi hingga saat ini. Maka diperlukan kesadaran oleh setiap individu atau kelompok pengguna IT yang memanfaatkan teknologi informasi agar terbentuk kesadaran social di dalam lingkungan masyakat umum tentang pentingnya pengendalian terhadap penggunaan teknologi itu sendiri, agar bisa di gunakan dengan baik dan bermanfaat untuk orang lain.

Iklan

2 Komentar (+add yours?)

  1. S Wag Yott
    Agu 29, 2015 @ 18:44:45

    hei.. apa kamu bisa menghack website ata apa gitu

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: