Memperbaiki Laptop Yang Berisik dan Panas

fanBagi kamu yang menggunakan laptop pasti pernah mengalami kalau laptop yang mengeluarkan suara yang berisik dan panas yang berlebihan. Salah satu sebab dari masalah itu terletak pada kipas pendingin yang bekerja non stop dan berputar dalam kecepatan tinggi.

Jika pernah membuka komputer desktop, kamu mungkin sudah tahu seberapa banyak debu dapat terhisap ke dalamnya. Laptop meski terlihat begitu tertutup rapat, juga sama mudahnya dimasuki debu. Debu-debu itu terus menumpuk sebelum akhirnya menyumbat kipas pendingin dan bagian lain di sekitarnya, yang membuat kipas itu berputar sambil mengeluarkan suara keras dan panas. Kalau sudah begini, laptop tinggal menghitung waktu aja untuk mulai kepanasan dan bisa hang sewaktu-waktu.

Kotoran debu yang melekat pada fisik kipas laptop dapat mengurangi kemampuan kipas processor dalam mendinginkan processor laptop. Dan jika dibiarkan processor akan overheat hingga performa yang semakin melambat yang tiba-tiba hang dan ter-restart sendiri. Ini kasusnya sama dengan laptopku lumayan berisik, sudah di bersihkan dengan bermodalkan obeng dan kuas kecil. Menyebabkan laptopnya suka mati sendiri, bahkan dengan mudahnya blue screen dan ter-restart sendiri. Mungkin karena pemakaian yang sudah lumayan lama, menyebabkan kondisi fisiknya tidak memadai lagi. Kurang bisa bekerja secara optimal lagi, dan mengharuskan menggantikan yang baru lagi…hehehe

fan kotor

Nah berikut akan aku jelaskan caranya. Yang dibutuhkan cukup obeng keci, komproses atau kuas kecil.

  • Matikan laptop, cabut AC adapter-nya juga. Balikkan laptop-nya dan lepaskan baterainya. Cari lubang ventilasi udara yang ada di bagian tepi luar dari laptop. Lepaskan panel penutup yang ada di dekat lubang ventilasi itu dengan menggunakan obeng. Kamu akan melihat kipas pendinginnya.
  • Sekarang saatnya untuk menyingkirkan debu-debunya. Sebaiknya lakukan ini di luar ruangan. Tiuplah kipas pendinginnya dengan kompresor angin dengan tekanan rendah. Arahkan ke semua bagian dari kipas terutama bagian yang menghadap ventilasi udara. Pastikan dulu tekanan tiupan anginnya rendah agar tidak merusak kipas dan bagian lainnya.
  • Setelah itu pasang kembali panelnya beserta bautnya dengan obeng. Kemudian yang terakhir pasang kembali baterainya.
  • Cukup mudah, kan?

Hasilnya setelah Anda hidupkan lagi, laptop kamu akan tenang sekali seperti yang seharusnya. Jika laptop kamu sudah terpakai lebih dari setahun, memang sudah saatnya untuk melakukan pembersihan.

Berikut Penyebab Utama Kipas Laptop bisa Berbunyi Bising :

  1. Prossessor

Prosessor bisa saja menjadi penyebab hal ini terjadi. Jika kamu membuka banyak program dalam satu waktu, maka prossesor akan bekerja keras untuk melaksanakan program yang di jalankan. Dengan begitu membuat kinerja prosessor menjadi sangat sibuk dan dapat menyebabkan panas. Oleh karena itu fan yang bertindak sebagai pendingin meminimalisir panas yang terjadi dengan berputar sangat cepat sehingga menimbulkan bunyi yang bising.

Untuk hal ini sebaiknya jalankan program sesuai kebutuhan. Selain itu perhatikan juga spesifikasi hardware yang dibutuhkan untuk menjalankan suatu software.

  1. Fan/Kipas Kotor

Untuk mengeceknya, kamu dapat membongkar sendiri laptop. Fan yang kotor dapat menghambat sirkulasi udara yang keluar dari dalam laptop. Sehingga menyebabkan panas yang berlebihan. Jika kamu punya cukup keterampilan dan keberanian mungkin dapat mencoba untuk membukanya sendiri dan membersihkannya. Namun, jika tidak seperti itu kamu dapat memanfaatkan jasa orang lain yang lebih terampil untuk menangani masalah ini. 

Untuk membongkar laptop di sarankan jika masa garansi dari laptop tersebut sudah berakhir, untuk menghindari kerusakan yang terjadi jika garansi hilang.

  1. Fan/Kipas Rusak

Penyebab ketiga mungkin juga dari fan/kipas yang rusak. Fan yang terpasang tidak bekerja sepenuhnya sehingga menyebabkan suara yang bising. Untuk masalah ini kamu dapat memeriksanya pada jasa perbaikan laptop/komputer. Mungkin saja fan tersebut dapat diperbaiki, namun jika memang sudah rusak tentunya, kamu pun harus menyiapkan dana untuk sebuah fan yang baru.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: