Surganya, Pesona Pantai Tarere ~ My Trip My Adventure

1aObjek wisata ini pertama kalinya saya di perkenalkan oleh seseorang dari tahun 2014 lalu. Ya, masih barulah! Maklumlah di sini saya gak pernah tau tempat-tempat indah itu, dan itu pertama kalinya saya menginjakkan kaki yang namanya di pantai, hahaha.. πŸ˜€ Cuman taunya nge-mall hampir setiap hari, dulunya, atau cuman ke tepi danau, ngadem! Klo ke Pantai Losari mah, cuman berdiri aja di tepinya, gak bersatu banget dengan alamnya. Dan hingga sekarang Pantai Tarere ini menjadi tempat tongkrongan saya hampir setiap akhir pekan. Jaraknya tidak terlalu jauh sih dari rumah saya juga, sekitar kurang lebih sejam lah menempuh perjalanan.

1b

1

Sejak merantau ke salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan, ternyata di Kabupaten Luwu menyimpan wisata yang indah dan mempesona. Yah, pesona pantai yang menjadi andalan wisata masyarakat setempat selain Bone Pute, Ponnori, Pantai Lalombo di Palopo, Permandian Latuppa, Batu Lotong-Buntu Matabing Pantai Tarere dan masih banyak lagi yang saya gak pernah tau. Maklumlah saya bukan penduduk asli dari sini, tapi saya bangga bisa menikmati pesona alam mereka. Tapi yang saya bahas di sini adalah Pantai Tarere, sebagai objek wisata Batu Lotong Buntu Matabing yang berada di ujung selatan Kabupaten Luwu, setelah Siwa, Kabupaten Wajo. Tepatnya di Kecematan Larompong sekitar 27 km dari kota Belopa.

2

3

Ciri khas Pantai Tarere ini adalah perpaduan panorama alam pegunungan dan pesisir pantai. Dengan fasilitas lengkap menurut saya, berupa villa (bisa Anda sewa untuk menginap), Gasebong (Galampang, balai tempat duduk untuk acara santap makanan), Balai pertemuan (Baruga), Cottage, tempat bermain anak-anak, Mussolah, Toilet, fasilitas air seperti Jetsky. Di sekitar pantai terdapat warung-warung kecil yang menjadi tempat Anda berbelanja makanan kecil dan minuman jika tak membawa bekal, di pesisir pantai juga berjejer bangku tempat duduk yang paling enak sambil memandangi pesona pantai yang indah, lautan seperti berwarna warni, biru hijau jingga dengan sejuknya hembusan angin laut di bawah pepohonan yang rindang. Dan hanya batu karang yang berada tepat di tepi pantai itu, juga sangat bagus menjadi tempat duduk sambil menikmati makanan kecil atau bisa sambil bakar-bakar ikan tentunya. Sedappnya!! Di tengah-tengah lautan tersebut terdapat rumah-rumah nelayan yang mengapung, dan juga bisa melihat perahu-perahu nelayan lewat di kala mereka ingin menangkap ikan segar. Gelombang air yang setiap kali pasang surut, air mulai naik biasanya dari pagi sampai siang hari, bagus untuk waktu berenang dan ketika sore baru mulai surut kembali. Atau malah sebaliknya. Para nelayan sibuk dengan aktifitas mereka untuk menangkap ikan sebagai sumber mata pencaharian penduduk setempat.

4

5

Tempat objek wisata yang popular ini, kita bisa melihat matahari terbit, juga ada taman yang indah. Di pesisir pantai juga masih terdapat pohon-pohon bakau yang tampak subur penangkal erosi. Namun sepotong dari jalanan masuk tepat menuju pantai agak sedikit rusak dan hanya terdapat kerikil biasa, tapi semua kendaraan bisa masuk ke dalam kok.

6

7

Seharusnya objek wisata seperti ini, layak untuk mendapat bantuan dari pemerintah juga sih. Ini juga termasuk pendapatan daerah hasil dari pesona alam mereka. Sayangnya, perhatian pemerintah setempat terhadap pengelolaan objek wisata sangat minim. Selain pembangunan infrastrukturnya kurang memandai juga kurangnya pengelolaan promosi, hingga minimnya pengetahuan orang tentang tempat ini. Siapa lagi yang akan peduli kalau bukan kita. Termasuk saya juga kan, yang pada akhirnya turut β€œMempromosikan” keindahan objek wisata Pantai Tarere ini.

8

9

Pantai Tarere, Buntu Matabing ini sangat di minati banyak wisatawan, baik dari warga setempat maupun dari tetangga kabupaten lain bahkan dari propinsi lain. Di hari libur seperti hari minggu biasanya biaya tiket masuk cuman 5 ribu / kelompok saja. Tapi jika hari lain biasanya sih loket tiketnya gak terbuka. Bebas, terus gak mahal dong pastinya!!

10

Kuliner paling terkenal dari Kabupaten Luwu adalah Kapurung (Bugalu), yang terbuat dari sagu putih, bersama sayuran, ikan, udang, kuah yang di campur kacang beserta sambal. Anda bisa mencari resep sendiri untuk mengetahuinya atau bisa mencari langsung untuk mencicipinya. Klo saya mah cuman bisa makan doang, gak tau cara bikinnya, hahaha πŸ˜€

11

12

13

Di Pantai Tarere, Anda bisa bermain sepuasnya, sambil mandi-mandi atau sekedar menikmati pemandangan indah bersama keluarga atau teman-teman Anda, lebih indah lagi jika bersama pasangan Anda, tentunya…hehehe

14

Yuk Ajak keluarga dan teman-teman Anda berlibur ke sini! Di jamin puas dong!

15

Mohon maaf bila gambarnya sedikit blur, maklum cuman bermodalkan camera ponsel aja nih..

Nah, bagi di luar Sulawesi Selatan wajib dong tau, wisata apa aja yang paling menarik untuk dikunjungi di Sulawesi Selatan :

  1. Pantai Losari – Kota Makassar
  2. Taman Laut TakaBonerate – Kepulauan Selayar
  3. Taman Nasional (air terjun) Bantimurung – Maros
  4. Air terjun, taman pohon pinus, kebun teh – Malino
  5. Pantai Tanjung Bira – Bulukumba
  6. Kawasan Adat Ammatoa – Bulukumba
  7. Ke’te Kesu – Toraja
  8. Wisata Bahari di Pulau Bulupoloe – Luwu
  9. Museum Balla Lompoa – Gowa
  10. Pulau Kapoposang – Makassar
  11. Pulau Dutungeng – Barru
  12. Permandian Alam Air Panas Lejja – Watansoppeng
  13. Pusat Kerajinan Perahu Phinisi – Bulukumba
  14. Pulau Samalona – Makassar
  15. Benteng Somba Opu – Makassar
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: