Fakta Menarik Seorang Kidal Yang Wajib Kamu Tau!

left-handedKarena saya orang kidal (Left Handed), tapi sekarang justru saya merasa bangga. Tapi, ketika masa lampau saya mengalami banyak diskriminasi dari keluarga, lingkungan dan sekolah. Ketika SD, guru saya memaksa tangan kanan saya untuk menulis, setiap hari Almarhum Beliau menyuruh saya memegang suatu benda di tangan kiri, agar gak beralih ke kiri ketika menulis sampai akhir saya terbiasa menggunakan tangan kanan. Sampai saat ini, saya sungguh sangat menyesal, andaikan pengetahuan saya ketika itu sama seperti sekarang ini, saya akan mempertahankan kiri saya untuk tetap menulis meski harus di tentang sama guru saya. Di lingkungan keluarga juga di paksa menggunakan tangan kanan ketika makan, melakukan aktivitas harus menggunakan tangan kanan. Lalu ejekan teman-teman juga begitu sangat mengganggu. Andaikan pengetahuan saya lebih jauh pada saat itu, saya akan tetap menjadi diri saya sendiri. Meski orang-orang udah memutar-mutar sistem otak saya bekerja. Terkadang saya sering menjadi gagap dan depresi akibat pemaksaan dari perubahan motorik saya ketika beraktivitas. Meskipun saya tetap unggul dalam prestasi di banding teman-teman saya ketika itu. Tapi sisi psikologis saya sangat sangat terganggu.

Di Asia, pemilik Tangan Kidal sangat banyak mendapatkan diskriminasi budaya. Di India misalnya, tangan kiri ditabukan untuk makan, dan di beberapa negara muslim tangan kiri digunakan untuk memegang sesuatu yang kotor dan di anggap haram. Lalu bagaimana Anda bisa mengubah dan memutar sistem kerja otak kami yang kidal? Ini sama aja bisa jadi kriminal lho, karena justru melakukan pemaksaan dengan sengaja. Padahal sudah kodratnya sejak kami di lahirkan sebagai kidal. Bahkan sejak janin pun struktur gen kami di bentuk menjadi dominan kidal. Lalu bagaimana Anda bisa mengubah takdir kami itu? Dalam hal ini, jangan pernah menghubungkan Agama dengan sisi kepribadian kami. Agama hanya sebagai anutan yang dibentuk oleh manusia sendiri sedangkan Kidal sudah terjadi ketika gen di mutasi menjadi sel-sel membentuk struktur organ manusia ketika masih di dalam rahim. Sedangkan agama baru lahir dan terbentuk ketika Anda sudah baligh dan mengerti dengan keyakinan Tuhan bahkan masih dengan keraguan pula.

Hanya satu aja perubahan di diri saya sampai saat ini, yaitu ketika menulis bisa menggunakan tangan kanan, meski tangan kiri ini juga masih tetap bisa tapi tulisannya masih acak-acakan. Mungkin karena gak terbiasa. Tapi semua aktivitas yang ku lakukan sepenuhnya 99 % kidal.

“Saya dilahirkan sebagai Left Handed. Ini sama halnya ketika Kamu dilahirkn untuk terbiasa mengerjakan sesuatu dengan Tangan Kanan.”

“Jangan ada lagi DISKRIMINASI bagi Kami dalam melakukan Segala Hal!!”

Saya tak pernah menganggap bahwa Kidal itu adalah sebuah kelainan tapi sebaliknya Kidal itu adalah Keajaiban dari Tuhan. Saya menganggap bahwa Kidal itu Keren, Cerdas, Kreatif, Imajinatif, Pemikir, Bijak, Mudah Mengontrol Emosi, Konseptual, Inovasi, Penuh Gagasan, Jiwa Seni, dan lain-lain, dibandingkan dengan tangan kanan pada umumnya.

Ikutin kami di K.O.K.I (Komunitas Orang Kidal Inonesia)

Silahkan bergabung bagi kalian yang bertangan kidal di seluruh Indonesia, untuk sharing sesama kidal tentunya. Tapi bagi yang ingin kenal dengan kami siapapun (tangan kanan), silahkan bergabung di group Kidal Indonesia di Panpage Facebook.

 

Apa sih Kidal itu dan bagaimana perilakunya?

brainorg

Kidal adalah individu yang lebih cenderung menggunakan tangan kiri untuk melakukan berbagai tugasan. 15 % populasi di dunia ini adalah manusia yang kidal (left handed). Hubungan kidal dengan otak secara alami lebih menguasai otak di sebelah kanan. Ini karena otak kita berfungsi menyongsong otak kita di sebelah kiri dan menguasai bagian tubuh di sebelah kanan dan otak sebelah kanan pula menguasai bagian tubuh di sebelah kiri. Otak sebelah kiri (cenderung menggunakan tangan kanan) menguasai matematik, bahasa, membaca, tulisan, logika, urutan, sistematis, analitis sains. Otak sebelah kanan (cenderung menggunakan tangan kiri) menguasai kreativitas, konseptual, inovasi, gagasan, gambar, warna, musik, irama, melodi, mimpi, imajinasi, seni, tanggapan, emosi dan kebijaksanaan. Dengan penguasaan otak ini dikatakan individu kidal lebih bijak dari segi kreativitas dan seni berbanding bagi mereka yang menggunakan tangan kanan.

Kidal adalah suatu kebiasaan kita yang selalu menggunakan tangan kiri untuk melakukan pekerjaan, karya menulis, makan atau memegang sesuatu kecenderungan seseorang untuk lebih aktif menggunakan anggota tubuh sebelah kiri di bandingkan sebelah kanan. Kidal bukanlah suatu kecacatan sesungguhnya hal ini di sebabkan karena dominasi fungsi belahan otak yang berbeda. Dalam anggota tubuh kita otak mempunyai dua bagian yaitu bagian kiri dan bagian kanan.

Kidal suatu kebiasaan kita yang selalu (lebih sering) menggunakan tangan kiri untuk melakukan pekerjaan, seperti menulis, makan, atau memegang sesuatu. Menurut The Left Handers Club, sebuah organisasi orang-orang kidal tak pernah menganggap bahwa kidal itu adalah sebuah kelainan, tapi sebaliknya, mereka berkata bila kidal itu adalah keren!

Beberapa Orang Kidal terkenal seperti :

  • Presiden Ronald Reagan, George HW Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama, Pangeran Charles dan Pangeran William dari Inggris.
  • Musisi dan Seni : Julius Caesar, Alexander the Great, Napoleon Bonaparte dan Isterinya, Leonardo Da Vinci, Michelangelo, Jimi Hendrix, Kurt Cobain dan Paul McCartney, Michelangelo Buonaroti, Beethoven.
  • Teknologi : Bill Gates
  • Ilmuwan : Isaac Newton, Marie Curie dan Benjamin Franklin.
  • Tokoh-Tokoh Sejarah : Alexander Agung, Charlemagne dan Julius Caesar.
  • Aktris dan Selebriti : Angelina Jolie, Oprah Winfrey, Amitabh Bachchan, Tom Cruise, Charlie Chaplin, Nicole Kidman, Marilyn Monroe, Keanu Reeves, Sylvester Stallone
  • Olaragawan : Pelé -Edson Arantes do Nascimento (sepakbola), Diego Armando, Maradona (sepakbola), Lieonel Messi (sepakbola), Rafael Nadal (tenis), John McEnro (tenis), Lin Dan (badminton), Valentino Rossi (moto)

Kidal atau sering dikenal dengan “Left Power” adalah sebuah kejadian dimana seseorang cenderung lebih sering menggunakan anggota tubuh bagian kiri, dimana otak kanan mereka bekerja lebih sering dan efektif.

Otak manusia beratnya hanya 1400 gram, sedangkan volumenya 1400 cc, di dalamnya terdapat 50 milyar syaraf yang tersusun rapi. Dalam waktu 2 detik, 2 milyar sinyal listrik dihantarkan bolak-balik. Tetapi umumnya manusia hanya menggunakan sekitar 5 % dari otaknya dan masih banyak sekali yang harus dipelajari tentang organ ini.

Pada umumnya otak manusia, penglihatan di sebelah kiri di atur oleh otak kanan dan penglihatan di sebelah kanan di atur oleh otak kiri. Jadi otak kanan sangat berperan dalam pengambilan keputusan

Otak kiri (tangan kanan) ketika berbicara sangat logis, seperti tak ada yang terlewatkan sia-sia, meski keliatan pintar, tapi orang seperti itu hanya menggunakan otak kiri saja, tanpa menggunakan otak kanan sama sekali. Orang yang biasa seperti itu akan mudah pikun.

 

Karena otak manusia sangat mudah di bodohi, misalnya warna tipuan mata, walaupun kita fokus ke tulisan, tapi warna yang mengelilinginya menarik perhatian kita, dan mempengaruhi keputusan kita. Nah, saat otak manusia melihat sesuatu apakah lebih mudah mengenal warna daripada tulisan? Atau sebaliknya? Tapi ketika kita melakukannya, maka otak kita dipengaruhi oleh situasi dan keadaan, daripada huruf dan tulisan.Otak lebih mudah melihat warna dan sudah terbukti. Kita akan terkecoh tidak lagi bisa membaca tulisannya tapi hanya melihat warnanya.

 

Otak kiri kita mengatur pergerakan dominasi dan bagian kanan tubuh kita mengatur pergerakan dominasi  dari bagian kiri kita. Pada anak hampir 80% pada perkembangannya akan menggunakan dominasi belahan otak sebelah kiri sehingga anak  akan aktif dengan tangan kanan dalam beraktivitas sisanya dapat menjadi kidal. Menurut THE LEFT HONDERS CLUB sebuah organisasi orang-orang kidal mereka tidak pernah mengganggap bahwa Kidal adalah sebuah kelainan tapi justru sebaliknya kidal itu adalah keren.

Kemungkinan penyebab yang menimbulkan orang bertangan Kidal :

GARA-GARA USG

Sampai saat ini, belum ada satupun dokter atau ilmuwan yang tau pasti apa penyebab kidal. Ada beberapa teori yang mencetuskan alasan kenapa seseorang bisa kidal, tapi kebenarannya belum teruji secara pasti.

Menurut Fabiola Priscilla Setiawan, M.Psi., psikolog anak dan remaja, kidal terjadi bila otak kanan seseorang lebih dominan dibanding otak kirinya.

“Otak kanan itu mengatur bagian tubuh sebelah kiri, sedangkan otak kiri mengatur tubuh sebelah kanan. Orang yang lebih nyaman menggunakan tubuh sebelah kiri, termasuk tangan kiri, berarti otak kanannya yang lebih dominan.

Apa penyebabnya? Bisa jadi karena faktor lingkungan, kalau seorang anak memang dibiasakan pakai tangan kiri dari kecil, atau bisa juga karena faktor genetis. “Kalau di satu keluarga ada yang kidal, kemungkinan ada anggota keluarga lain yang akan kidal juga. Misalnya anaknya, atau keponakannya,” ujar psikolog yang juga kidal ini. Yah, persis sama denganku dan juga adik bungsuku bertangan kidal. Ini karena gen kami banyak yang kidal dalam sisi keluarga.

Ibu yang melewati proses melahirkan yang sulit, dan yang terlalu sering melakukan USG saat sedang hamil, juga disebut-sebut sebagai hal yang menyebabkan kidal. Persalinan yang sulit menyebabkan bayi kekurangan oksigen di otak. “Terlalu sering USG juga dicurigai bisa menimbulkan perubahan di otak janin. Akibatnya, bayi yang dilahirkan jadi kidal,” jelas psikolog ini.

JAGO GAMBAR

Gara-gara didominasi otak kanan, orang kidal jadi jauh lebih kreatif dibanding orang-orang yang biasa menggunakan tangan kanan. Otak kiri fungsinya mengatur hal-hal yang berhubungan dengan logika, sedangkan otak kanan mengatur hal-hal yang abstrak kayak seni, bahasa, musik, dan emosi.

“Itulah sebabnya, orang-orang yang kidal biasanya jago gambar. Jadi, gak heran kalau banyak musisi, pelukis, aktor, dan seniman yang bertangan kidal,” kata psikolog yang berpraktek di Lembaga Psikologi Terapan UI ini.

Akibat otak kanan lebih dominan, anak-anak yang kidal juga biasanya punya daya khayal dan imajinasi yang tinggi, yang bikin mereka jadi lebih kreatif dibanding anak-anak bertangan kanan.

Itu kelebihannya. Nah kalau kekurangannya?

“Anak yang kidal biasanya lebih sensitif. Mereka juga cenderung gak pede, apalagi kalo lingkungannya gak menerima dia sebagai orang kidal. Penelitian menunjukkan kalo kompetensi orang yang kidal dan orang yang “normal” itu sebenarnya sama kok!

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Alan Searleman dari St Lawrence University di New York, menunjukkan bahwa orang kidal mampu mendukung sisi kiri tubuhnya untuk semua kegiatan fisik.

Orang Kidal juga dua kali lebih terampil dalam pemecahan masalah dan memiliki IQ lebih tinggi dari orang yang aktif dengan tangan kanan. Karena anak yang kidal lebih aktif menggunakan tangan kiri daripada tangan kanan. Anak kidal ini memang tidak banyak populasinya, hanya 10%, dan sisanya adalah anak-anak yang menggunakan tangan kanan. Anak kidal juga lebih banyak berjenis kelamin laki-laki daripada perempuan (dikutip dari Elizabeth B. Hurlock dalam bukunya Child Development, 1987).

Meski sudah konsisten menggunakan salah satu tangan sejak usia 18 bulan, anak baru dapat dipastikan kidal setelah usianya melewati 3 tahun. Sebelum usia tersebut, anak masih bereksplorasi dengan kedua tangan. Baru pada usia 5 tahun, anak terlihat mantap dengan pilihan tangan yang lebih banyak ia gunakan. Kendati demikian, Anda dapat melakukan pengamatan sejak dini dengan memperhatikan beberapa hal berikut :

  • Tangan mana yang digunakan anak untuk meraih mainan yang diletakkan di depan mereka.
  • Tangan mana yang dipakai untuk menggosok gigi dan menyisir rambut.
  • Tangan mana yang digunakan untuk makan.
  • Tangan mana yang digunakan untuk mengaduk. Anak kidal biasanya mengaduk dengan arah yang berlawanan dengan arah putaran jarum jam.
  • Ketika menggambar, apakah anak memulai dari kanan.
  • Apakah anak lebih suka berdiri di atas kaki kiri ketika diminta berdiri di atas satu kaki.

Kidal tidak bisa dilepaskan dari perkembangan otak. Otak besar kita terdiri dari belahan kiri dan kanan. Masing-masing belahan berbeda fungsinya. Bagi kebanyakan orang, belahan kiri bertanggung jawab atas kemampuan verbal seperti bahasa lisan atau tulisan, dan emosi positif seperti perasaan senang. Belahan kanan bertanggung jawab atas kemampuan spasial seperti kemampuan baca peta, dan emosi negatif seperti perasaan sedih, stres, dll. Fungsi ini dapat terbalik pada anak kidal, dan biasanya tidak terspesialisasi secara jelas seperti anak-anak yang dominan tangan kanan.

Yang jelas, setiap anak memang terlahir dengan kecenderungan tangan kanan atau tangan kiri. Usaha berlebihan untuk mengubahnya akan menyebabkan kecemasan, gagap, atau kesulitan belajar pada anak. Jadi, tidak dianjurkan untuk mengubahnya. Apabila, ada anak anda yang lebih dominan ke kiri, jangan pernah mengubah karakter mereka. Itu sama aja, anda memutar balik otaknya bekerja.

Dengan penerimaan dan dukungan yang baik, anak kidal tetap dapat berkembang sama baik dengan anak-anak yang tidak kidal. Mereka tetap dapat mengembangkan diri dalam olahraga, musik dan aktivitas seni di mana mereka dapat memperoleh kebebasan berekspresi dan tidak ada keharusan untuk menggunakan tangan tertentu.

Membantu anak kidal

Inilah yang bisa dilakukan orangtua pada si kidal:

  • Ajarkan anak untuk menggunakan tangan kanan dalam konteks sosial, mengingat kita hidup di tengah budaya tangan kanan. Misalnya, ketika bersalaman dengan tamu, memberi atau menerima sesuatu dari orang lain.
  • Hindari memberi perintah pada anak untuk menggunakan tangan kanan. 
  • Hindari menegur anak di depan orang lain, jika ia terlanjur menggunakan tangan kiri. Anda dapat menegur anak nanti setelah tidak ada orang lain. 
  • Hindari terlalu sering menasehati anak untuk menggunakan tangan kanan karena anak justru akan membentengi diri dan menolak sama sekali.
  • Pakai trik dalam mengajarkan keterampilan seperti mengikat tali sepatu. Caranya, duduk berhadapan dengan anak sehingga anak mudah meniru gerakan tangan kanan Anda. Cara ini lebih efektif daripada duduk di samping anak.  
  • Konsultasikan pada guru anak di sekolah tentang kondisi kidalnya agar guru juga dapat menyikapi dengan bijak dan membantu anak beradaptasi dengan dunia yang dominan kanan.

Fakta-Fakta Tentang Orang Kidal Yang Harus Anda Tau

Ini beberapa fakta mengenai orang Kidal :

  1. Orang kidal punya otak yang lebih terstruktur, sehingga mempunyai kemampuan yang lebih dari orang biasa. Kemampuan disini bukan hanya kemampuan intelektual, tapi juga kemampuan Seni,Sastra, olahraga dll
  2. Anak kidal biasanya sensitif.
  3. Juga anak kidal itu cenderung menjadi tidak percaya diri, ketika lingkungannya tidak menerimanya sebagai orang kidal.
  4. Anak kidal punya daya imajinasi dan khayal yang tinggi, sehingga mereka lebih kreatif daripada anak-anak yang bukan kidal.
  5. Hasil penelitian dari universitas di amerika membuktikan pada dasarnya SEMUA MAKHLUK HIDUP ITU KIDAL. Semua makhluk hidup di planet ini seharusnya kidal, karena bergantung pada asam amino essensial yang berorientasi kidal. Karena faktor evolusi dan genetika jumlah makhluk hidup khususnya manusia yang kidal terus berkurang.
  6. Studi baru – baru ini mengatakan bahwa orang kidal yang duduk di bangku kuliah menerima input 10 %- 15% lebih banyak dari mitranya.
  7. Menurut sebuah studi, orang kidal hidupnya 9 tahun lebih pendek dari yang tidak kidal
  8. Entah mengapa, namun orang kidal katanya lebih tidak suka buku berjilid spiral dibanding yang tidak kidal.
  9. Jika kedua orangtua kidal, maka ada kemungkinan 50% keturunan mereka juga akan kidal. Sementara jika kedua orangtua tidak kidal, kemungkinan tadi akan turun menjadi 2% saja 
  10. Jumlah Penderita Kidal meningkat pesat setelah tahun 1910. 
  11. Jumlah orang kidal di dunia sekitar 5%-15% dari jumlah penduduk dunia.
  12. Orang kidal memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk kecanduan alkohol.
  13. Pria biasanya dua kali lebih cenderung kidal daripada wanita. 
  14. Semakin tua seorang Ibu saat melahirkan, semakin besar kemngkinan anaknya lahir kidal. 
  15. Pada abad pertengahan, menulis dengan tangan kiri bisa dihukum mati.
  16. Orang kidal yang terkena Stroke lebih cepat sembuh dari orang yang normal.
  17. Mereka yang kidal pintar dalam Musik dan Matermatika.
  18. Orang kidal umumnya unggul dalm renang, tenis, dan Baseball.
  19. Orang yang menggunakan tangan kiri cenderung menggunakan otak kanan.
  20. Umumnya IQ anak kidal lebih dari 131.
  21. Kebanyakan orang kidal menggambar obyek menghadap ke kanan.
  22. Stuktur orang kidal berbeda dengan orang normal.
  23. Satu dari empat Astronot Apollo adalah orang kidal.
  24. Orang kidal lebih mudah mengontrol emosi daripada yang bukan kidal
  25. Seperti yang di kutip Ehow bahwa kidal cenderung lebih atletis memiliki kesadaran yang lebih spesial dan berfikir lebih cepat.
  26. Ibu modern di Amerika saat ini sangaat ingin anaknya menjadi kidal karena berbagai keunggulannya.
  27. Para pakar ber-teori bahwa orang kidal memiliki mental lebih baik disaat usia tua.
  28. Mudah dalam menulis bahasa Arab, karena bahasa arab di tulis dari kanan ke kiri.
  29. Menurut hasil penelitian, orang kidal bisa melakukan 2 pekerjaan sekaligus.
  30. Lebih cepat dalam berpikir baik dalam penguasaan komputer, game, teka-teki, dan analisa kasus dan sebagainya.
  31. Orang kidal memiliki kemungkinan lebih besar untuk menjadi jenius. 
  32. Jika seseorang kecenderungan kidal, jangan dipaksakan untuk menggunakan tangan kanan, karena dapat menyebabkan hal yang buruk baik secara psikologis maupun prestasi, hal ini pernah dialami oleh Raja Inggris King George VI yang jadi gagap dan dyselexia karena dipaksa menggunakan tangan kanan.
  33. 4 dari 5 desainer komputer Mac dilaporkan kidal.
  34. Ada Toko khusus untuk orang-orang kidal seperti : http://www.anythinglefthanded.co.uk/ dan http://www.leftyslefthanded.com/
  35. Tanggal 13 Agustus adalah Hari perayaan bagi orang Kidal International di UK.
  36. Albert Einsten dan Isaac Newton adalah seorang kidal
  37. Bill Gates dan Oprah Winfrey juga kidal.
  38. McCartney, Angelina Jolie, Valentino Rossi, Marilyn Monroe, dan Presiden AS Obama juga kidal.
  39. Pemusik yang kidal : Kurt Cobain, Zacky Vengeance, Dominic Howard, Noel Gallagher (member Oasis) , Ringo starr, dll
  40. Menurut statistik, dari sebuah populasi, 15%-nya termasuk kidal.
  41. Orang kidal memiliki kemungkinan lebih besar untuk mejadi jenius. 20% dari jumlah anggota organisasi MENSA, sebuah organisasi untuk orang-orang dengan IQtertinggi sedunia, dilaporkan kidal.
  42. Jika Kamu pria, kidal, dan sedang kuliah, maka diperkirakan Kamu akan 15% lebih kaya daripada pria yang tidak kidal. Nah, kalau sampai tamat kuliah, pria kidal akan 20% lebih kaya.
  43. Psikolog dari Universitas Queen di Belfast menyatakan bahwa kucing betina cenderung tidak kidal, sementara kucing jantan cenderung kidal.
  44. Orang kidal dapat merespon stimulasi (rangsangan) dengan lebih baik sehingga kebanyakan orang kidal jago bermain game.
  45. Banyak orangtua di tahun 70-an dan 80-an yang keberatan anaknya kidal sehingga memaksa anaknya yang kidal untuk dapat menggunakan tangan kanan. Tetapi sekarang diketahui bahwa orang kidal lebih unggul, seperti menjadi pilot pesawat tempur atau kemampuan berbicara dan mengemudi pada saat yang sama. Tetapi sebaliknya ibu modern di Amerika saat ini 120% ingin anaknya kidal karena berbagai kelebihannya.
  46. Menurut Scientific American, ada sekitar 15 % orang yang aktif menggunakan tangan kiri atau kidal. Alasan sebagian orang kidal tidak sepenuhnya jelas, tergantung pada campuran faktor genetik dan lingkungan.
  47. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuropsychology menunjukkan bahwa orang kidal lebih cepat memproses beberapa rangsangan ketimbang orang yang menggunakan tangan kanan. Hal ini juga membuat orang kidal lebih kreatif. Penelitian yang dilakukan di Australian National University (ANU) tampaknya mendukung studi sebelumnya yang menunjukkan bahwa kebiasaan menggunakan tangan kanan atau kiri ditentukan sejak dalam rahim.
  48. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang Kidal lebih cepat dan kreatif karena menggunakan kedua belahan otaknya, berbeda dengan orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan yang hanya menggunakan otak kiri. Kedua belahan otak sebenarnya hampir sama, dan sebagian besar untuk memproses informasi yang sama, dengan data lewat bolak-balik di antara keduanya terutama melalui jalur saraf utama. Namun, tugas-tugas tertentu, seperti pengolahan bahasa, cenderung terjadi pada satu belahan saja. Bagi kebanyakan orang, pengolahan bahasa terjadi di bagian kiri. Untuk orang kidal, tugas-tugas tersebut mungkin terjadi di kedua belahan otak.
  49. Bidang keahlian lain adalah pengolahan data indra, biasanya data yang dikumpulkan di sisi kanan tubuh, seperti mata kanan, telinga kanan, dan lainnya, akan menuju ke belahan kiri untuk pemrosesan. Dan sebaliknya, data yang dikumpulkan di belahan kiri akan menuju belahan otak kanan. Penelitian ini menunjukkan bahwa orang kidal yang terbiasa menulis dengan tangan kiri mungkin memiliki otak yang lebih kondusif untuk simultan atau rangsangan dan pengolahan di kedua bagian otak. Orang kidal lebih mudah menggunakan kedua belahan otak untuk mengelola rangsangan, sehingga keseluruhan proses dan waktu respon lebih cepat. Ini juga bisa berarti bahwa ketika salah satu belahan otak mendapat kelebihan beban dan mulai melambat, belahan otak lain bisa lebih mudah memilih mengisi kekosongan itu.
  50. Para pakar juga berteori bahwa orang kidal memiliki mental lebih baik saat di usia tua dan saat proses otak secara keseluruhan mulai melambat.
  51. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Dr Alan Searleman dari St Lawrence University di New York, menunjukkan bahwa orang kidal mampu mendukung sisi kiri tubuhnya untuk semua kegiatan fisik. Orang kidal juga dua kali lebih terampil dalam pemecahan masalah dan memiliki IQ lebih tinggi dari orang yang aktif dengan tangan kanan.
  52. Orang dengan tangan kidal relatif lebih cerdas dari pada bukan kidal (Guardian UK).
  53. Orang Kidal lebih mudah mengontrol emosi dibandingkan bukan kidal (National Geographic).
  54. Jumlah Penderita Kidal meningkat pesat setelah tahun 1910 (BBC).
  55. Penderita Kidal jumlah sampai saat ini sekitar 15 % dari seluruh populasi dunia (National Geographic).

Fakta menarik lainnya yang di miliki oleh seorang Kidal

  • Individu kidal cenderung merasa cemas ataupun malu dengan apa yang ingin dilakukan atau dikatakan. Kajian dari Abertay University Skotlandia menemukan bahwa orang kidal cenderung lebih setuju dengan pernyataan seperti : “Saya khawatir membuat kesalahan.” Mereka yang kidal juga sepakat dengan penyataan : “Kritik atau omelan membuat saya sedikit sakit hati.”. Dr Lynn Wright, yang menjalan kajian tersebut di Dundee, Skotlandia, percaya fenomena ini disebabkan adanya perbedaan bagian otak antara orang kidal dan orang tangan kanan. “Orang kidal cenderung lebih bimbang, sedangkan mereka yang memakai tangan kanan cenderung sedikit bergerak cepat. Pada orang kidal, bagian otak kanannya lebih dominan, dan inilah bagian yang sepertinya mengendalikan aspek negatif dari emosi. Mereka yang lebih banyak memakai tangan kanan, bagian otak kirinya lebih dominan,” jelas Dr Lynn Wright.
  • Hubungan kidal dengan otak, ini karena otak kita berfungsi secara menyongsang otak kita di sebelah kiri menguasai bagian tubuh di sebelah kanan dan otak sebelah kanan pula menguasai bagian tubuh di sebelah kiri. Otak sebelah kiri (cenderung menggunakan tangan kanan) menguasai pertuturan, bahasa, tulisan, logika, matematik dan sains. Otak sebelah kanan (cenderung menggunakan tangan kiri) menguasai musik, seni, kreatifitas, tanggapan, emosi dan kebijaksanaan. Dengan penguasaan otak ini dikatakan individu kidal lebih bijak dari segi kreasi dan seni berbanding bagi mereka yang menggunakan tangan kanan.
  • Orang kidal pintar, memang individu kidal yang terkenal tetapi kepintaran mereka bukan hanya karena kidal tetapi karena mereka menggunakan 80% – 90% otak. Individu kidal bukan saja menggunakan otak kanan secara maksimal, tetapi juga menggunakan otak kiri lebih banyak dari orang biasa yang menggunakan otak kanannya. Orang Kidal menggunakan lebih banyak bagian otak karena secara ringkas mereka juga melakukan beberapa pekerjaan menggunakan tangan kanan selain menggunakan tangan kiri mereka dan secara otomatis mereka menggunakan kedua belah bagian otak lebih dari orang biasa.
  • Orang kidal lebih dipengaruhi oleh rasa takut, dalam satu percobaan baru-baru ini, lefties (kidal) menonton klip 8 menit dari film Silence of the Lambs menunjukkan lebih banyak gejala gangguan stress pasca-trauma dibandingkan dengan rekan mereka righties (dominan tangan kanan). Itu mungkin karena sisi kanan otak, yang dominan di orang kidal, lebih terlibat dalam respon ketakutan. Menurut Dr Carolyn Choudhary dari Queen Margaret University di Edinburgh, seperti dikutip dalam The Telegraph. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan, Choudhary memperingatkan.
  • Mereka pemarah, orang kidal dan ambidextrous lebih rentan terhadap emosi negatif, termasuk marah. Sebuah studi kecil yang telah diterbitkan dalam Journal Penyakit saraf dan mental menemukan bahwa otak orang kidal memproses emosi berbeda dibandingkan dengan righties, dengan komunikasi yang lebih antara dua belahan otak. Akibatnya, daerah yang menghasilkan emosi negatif mengalami aktivitas yang lebih besar, menurut Daily Mail. Kemungkinan lagi orang kidal marah karena segala hal di dunia ini dirancang untuk pengguna tangan kanan.
  • Mereka lebih terhambat, kaitan emosional itu juga dapat menjelaskan mengapa righties cenderung untuk menatap depan, sementara lefties (orang Kidal) “cenderung gentar,” menurut psikolog perilaku Lynn Wright, seperti dikutip dalam NewScientist. Sebuah studi yang dilakukan oleh Wright di Abertay University di Skotlandia menemukan bahwa lefties lebih terkendali dan lebih khawatir tentang membuat kesalahan.
  • Mereka menghubungkan “kiri” dengan hal baik, kebanyakan orang cenderung memiliki asosiasi positif dengan konsep asosiasi “kanan itu baik ” dan “kiri itu buruk.” Lefties adalah sebaliknya. Penelitian terbaru, peneliti Stanford Daniel Casasanto meminta peserta untuk menggambar zebra dalam kotak yang paling mewakili hal-hal yang baik, sementara menggambarkan panda dalam sebuah kotak yang mewakili hal-hal buruk. Orang tangan kanan cenderung menaruh posisi zebra di sisi kanan kotak, sementara lefties meletakkannya di sebelah kiri. Itu menunjukkan bahwa orang kidal percaya “hal baik adalah pada hal-hal kiri dan buruk adalah di sebelah kanan,” Casasanto mengatakan, seperti dikutip oleh Laporan Stanford, meskipun begitu banyak sinyal dari bahasa dan budaya “mengatakan kepada mereka hal yang berlawanan.”
  • Orang kidal memiliki keuntungan dalam politik, kesimpulan Casasanto sebenarnya bisa mendukung politisi Kidal, setidaknya dalam acara-acara televisi seperti debat, kata Jocelyn Rousey di Mediaite. Casasanto menemukan bahwa politisi cenderung berbicara oleh isyarat dengan tangan dominan mereka. Ketika rightie menggunakan tangan yang dominan untuk memberikan acungan jempol, pemirsa televisi – yang melihat gambar secara terbalik – melihatnya isyarat di sisi kiri layar mereka. Lefties, sementara itu, “tampaknya menempatkan citra lebih positif untuk 90% dari pemirsa tangan kanan.”

kelebihan otak kanan-kidal

 

Kelebihan dan Kekurangan Kidal

Kelebihan :

  1. Mudah dalam menulis bahasa arab, karena bahasa arab di tulis dari kanan ke kiri.
  2. Bisa melakukan 2 pekerjaan sekaligus (menurut hasil penelitian).
  3. Lebih kreatif dan pemikir, sehingga cocok di bidang seni, musik, dan menulis.
  4. Lebih cepat dalam berpikir baik dalam bidang olahraga, permainan komputer dan sebagainya.
  5. Memiliki keuntungan lebih di bidang olahraga. Bidang olahraga tersebut seperti Baseball, Tenis, Badminton dan sebagainya. Karena kalau kidal, lawan akan menjadi lebih kesulitan dalam bermain, karena posisi memegang alatnya yang berbeda dari yang lain. Contohnya Bao Chunlai di bidang badminton dan Ted Williams di bidang Baseball. Mereka berdua merupakan orang kidal yang menjadi salah satu pemain terbaik di bidangnya.
  1. Dalam Kreativitas individu kidal menggunakan otak sebelah kanan yang menguasai musik, seni, kreativitas, tanggapan, emosi dan kebijaksanaan.
  2. Dalam bentuk kamera SLR yang memerlukan kedua-dua belah tangan sedikit menyenangkan individu kidal. Karena tangan kidal akan digunakan untuk memegang lensa dan menyokong berat kamera tersebut. Oleh itu, mereka lebih cepat mengubah fokus kamera dan kamera dapat disokong dengan mudah.
  3. Mudah beradaptasi, karena semua di dunia ini di dominasi produk alat-alat khusus pengguna kanan, kidal akan dengan mudah beradaptasi dengan alat tangan kanan, sedangkan tangan kanan tak bisa menggunakan alat-alat kidal. Kidal saat ini sangat membutuhkan alat-alat khusus pengguna kidal untuk memudahkan mereka dalam beraktivitas, tapi setidaknya sudah di mulai memproduksi alat-alat khusus kidal.
  4. Sewaktu peperangan zaman dahulu, apabila dua individu bertemu, mereka akan saling memegang tangan kanan antara satu sama lain. Ini akan menunjukkan mereka tidak membawa senjata. Individu kidal saja yang dapat mengambil kesempatan memegang pedang di belakangnya. Kebanyakan pahlawan kidal terpaksa berlatih pedang dengan pahlawan tangan kanan. Oleh itu, mereka bersedia bertempur dengan pahlawan tangan kanan manakala mayoritas pahlawan tangan kanan tanpa persediaan ketika menentang pahlawan kidal.

Kekurangan :

  1. Sulit dalam menggunakan gunting. Selain itu, bila terlalu lama menggunakan gunting, tangan akan terasa sakit.
  2. Tulisan yang di tulis akan terhapus/tercoret apabila dalam menulis kita menggunakan tinta/pulpen cair. Itu terjadi karena, gaya menulis dari kiri ke kanan, sehingga tulisan yang sudah di tulis akan tersentuh oleh tangan yang sedang menulis.
  3. Sulit menemukan barang yang cocok untuk kidal, karena kebanyakan barang-barang di buat untuk orang yang bertangan kanan.
  4. Menurut hasil penelitian, orang kidal lebih banyak memiliki masalah psikologis karena orang yang kidal kebanyakan menggunakan otak kanan, dan otak kanan tersebut terfokus pada emosi, intuisi, dan pemikiran artistik.
  1. Kesukaran dalam menulis di dalam buku tebal (diari, buku laporan,dll ) akan menyulitkan kidal ketika menulis di bagian kiri. Tulisan yang bermula dari kiri ke kanan juga merupakan salah satu faktor kidal menulis dengan gaya dan cara yang unik.
  2. Penggunaan peralatan lain tangan kanan seperti gunting, senjata api, alat memanah, dll, komputer, peralatan dapur, dan lain-lain.
  3. Kursi meja kuliah, dalam penggunaan meja kursi di dalam kelas diciptakan khusus untuk orang tangan kanan. Maka, kidal kesulitan dan harus memiringkan sedikit badan ketika menulis.
  4. Intinya kidal memiliki kelemahan dalam berbagai aspek seperti pengurusan kesehatan, pendidikan, pekerjaan rumah tangga dll.

 left handed

Hari Orang Kidal Internasional

Kidal juga punya hari besar, yang jarang di ketahui banyak orang. Ini berarti kami sangat di akui oleh seluruh dunia, bahwa kidal itu lebih unggul, lebih menarik dan sangat banyak membawa perubahan dunia.

Tanggal 13 Agustus dunia memperingati hari yang unik yaitu Hari Orang Kidal Internasional (International Lefthanders Day). Saat ini orang kidal populasinya mencapai sekitar 7-15 persen dari total penduduk dunia. Meski orang kidal masih terpinggirkan, namun banyak di antara mereka yang sukses menjadi tokoh dunia. Di Amerika ada kebanggaan tersendiri. Empat dari lima presiden Amerika terakhir adalah kidal yaitu Barack Obama (presiden ke-44), Bill Clinton (ke-42), George Bush (ke-41), dan Ronald Reagan (ke-40). Dari dunia hiburan kita mengenal Paul McCartney (Beatles), Jimi Hendrix, Phill Collins, dan sebagainya. Masih banyak tokoh seniman dunia yang juga kidal, mulai dari pelukis legendaris Leonardo da Vinci dan Michelangelo, hingga ke aktor Robert deNiro dan Tom Cruise. Di olahraga, yang tampak kekidalannya adalah seperti di cabang bulutangkis. Lin Dan (China), pemenang medali emas tunggal putra Olimpiade 2012 adalah kidal. Dua legenda sepakbola yang paling masyhur yaitu Pele (Edson Arantes do Nascimento) dan Diego Maradona juga kidal. Legenda tenis seperti Jimmy Connors dan John McEnroe (putra) serta Martina Navratilova dan Monica Seles (putri) adalah kidal.

Hari Kidal Internasional pertama kali diselenggarakan pada 13 Agustus 1976 sebagai ajakan untuk tidak melakukan diskriminasi pada mereka. Meski di lingkungan masyarakat sudah mulai mendapat tempat, secara ekonomi masih tersisihkan. Semisal, sejumlah produk di pasaran kerap tak mempertimbangkan untuk menyediakan keperluan serupa bagi para kidal. Seperti gitar, misalnya, bagi mereka yang kidal akan kesulitan memainkan gitar yang biasa digunakan orang normal. Begitu pun sarana umum. Karena itulah sambil memperingati Hari Orang Kidal Internasional kita dituntut untuk tidak melakukan diskriminasi pada mereka dalam segala hal.

Klub Tangan Kidal (The Left-Handers Club) mendesak Presiden AS Barack Obama dan PM Inggris David Cameron (keduanya bertangan kidal), untuk menciptakan zona tangan kiri di rumah mereka dan tempat kerja mereka.

“Klub ini merayakan Hari Kidal Internasional untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kelebihan dan kekurangan mereka,” tulis Telegraph.

Hari Kidal Internasional berlangsung 13 Agustus, dimulai oleh sebuah grup di AS tahun 1976, ditandai dengan acara informal di seluruh dunia. Peserta dapat men-download poster, lagu, dan kuis yang ditujukan pada perayaan kemampuan mereka yang unik.

Para kidal selama ini sering mengeluh bahwa peralatan rumah tangga seperti gunting, lubang kunci, dan bahkan pena dirancang untuk digunakan dengan tangan kanan, mengabaikan mereka yang bertangan kidal. Ini sih, curang banget yah!!

Mereka mengklaim bahwa kecenderungan fisik menyimpan kemampuan mental yang unik. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan mereka rata-rata lebih cerdas ketimbang orang yang tidak kidal.


Yang lebih kerennya lagi, bahwa ada kelebihan lain yang juga menjadi dominasi kidal dan kanan yang sangat jarang terjadi.

Ambidexterity, Bakat Langka Manusia

Ambidexterity adalah keadaan dimana seseorang yang mahir menggunakan kedua tangan dalam kegiatan orang tersebut (contohnya menulis). Ambidexterity adalah bakat manusia dimana manusia tersebut mampu melakukan perubahan dominasi pergerakan pada salah satu sisi. Orang-orang yang terlahir Ambidexterity biasanya disebut Penwald ambidextrous. Dan mereka juga bisa berhenti menggunakan kedua tangan mereka dan hanya menggunakan satu tangan saja.

Meskipun Ambidexterity itu sangat jarang, tapi orang yang memiliki bakat ini masih memungkinkan untuk melakukan beberapa tugas dengan tangan tertentu. Tingkat fleksibilitas dengan masing-masing tangan umumnya faktor kualitatif dalam menentukan seseorang yang Ambidexterity.

Di zaman yang modern ini, lebih mudah untuk menemukan orang yang mengalami Ambidexterity yang dulunya kidal, dan yang berlatih agar bisa menjadi Ambidextrous baik secara berlatih mandiri maupun diajarkan pada institusi pendidikan yang menekankan untuk menggunakan tangan kanan. Dan juga karena banyaknya alat yang bentuknya asimetris (contoh pembuka kaleng, gunting, gitar, dll.) dan di desain untuk orang yang menggunakan tangan kanan saja. Hal ini menyebabkan banyak orang kidal yang belajar untuk menggunakan alat tersebut dengan tangan kanan karena sedikitnya alat yang di desain khusus untuk orang kidal. Dan hal ini menyebabkan orang kidal dapat menggunakan tangan kanannya secara bersamaan dengan tangan kiri.

Ambidexterity sering didorong dalam kegiatan-kegiatan yang memerlukan banyak keterampilan di kedua tangan, seperti juggling, berenang, perkusi, keyboard musik, mengetik, bisbol, lacrosse, pembedahan, tinju, bola basket dan pertempuran.

TERNYATA CARA KERJA OTAK ORANG KIDAL JUGA TERBALIK (STUDI TERBARU)

Tahukah Anda bahwa cara kita menggunakan tangan dan kaki dapat menentukan bagaimana emosi diatur dalam otak? Demikian menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan oleh psikolog Geoffrey Brookshire dan Daniel Casasanto dari The New School for Social Research di New York.

Motivasi, yaitu dorongan untuk mendekati atau menarik diri dari rangsangan secara fisik dan sosial, sejatinya adalah sebuah dasar pembangun emosi manusia. Selama beberapa dekade ilmuwan percaya bahwa motivasi awalnya diproses di belahan otak kiri, lalu ditarik ke belahan kanan. Studi Brookshire dan Casasanto menentang ide ini dengan menunjukkan bahwa pada aktivitas otak dengan pola mapan (bukan kidal) ternyata ditemukan berkebalikan dengan yang kidal.
Penelitian ini menggunakan Electroencepahlography (EEG) untuk membandingkan aktivitas di belahan kanan dan kiri subjek penelitian selama istirahat. Setelah gelombang otak mereka diukur, para subjek menyelesaikan survei mengukur tingkat motivasi, aspek inti dari kepribadian kita. Pada pengguna tangan kanan, motivasi kuat dikaitkan dengan aktivitas lebih besar di otak kiri ketimbang kanan, konsisten dengan penelitian sebelumnya. Namun, pada subjek kidal menunjukkan pola yang berlawanan, motivasi dikaitkan dengan aktivitas lebih besar di belahan kanan.
Sebagian besar fungsi kognitif tidak membalik akibat penggunaan tangan. Bahasa, misalnya, terutama diproses di belahan kiri untuk sebagian besar pengguna tangan kanan dan kidal. Namun hasil ini bukan di luar dugaan.

“Kami memperkirakan pembalikan ini karena kami mengamati bahwa orang cenderung menggunakan tangan berbeda untuk melakukan tindakan tertentu,” kata Casasanto. Tindakan pendekatan sering dilakukan dengan tangan dominan, sedangkan penghindaran dengan tangan yang tidak dominan. Misalnya, pengguna tangan kanan bila mekakukan aksi yang disenanginya menggunakan tangan kanan, tapi memakai tangan kiri untuk hal-hal yang tidak disenangi. Mungkin ini sebabnya orang yang habis buang air dengan tangan kiri padahal makan dengan tangan kanan? Kalau benar, apakah itu artinya orang kidal membersihkan sehabis buang air dengan tangan kanan?

“Motivasi pendekatan dilakukan di belahan yang mengendalikan tangan kanan (otak kiri) untuk pengguna kanan, sementara untuk orang kidal sebaliknya.”

Apa manfaat dari studi ini? Salah satunya punya implikasi bagi pengobatan gangguan depresi dan kecemasan yang selama ini biasa dilakukan.

Mengingat apa yang telah ditunjukkan Brookshire Casasanto ini, metode pengobatan yang terbukti membantu bagi pengguna tangan kanan boleh jadi berdampak sebaliknya bagi si kidal. Namun mereka belum bisa memastikan apakah temuan mereka itu sudah bisa diterapkan atau belum. Studi lebih lanjut perlu dilakukan sebelum penemuan ini diaplikasikan dalam dunia medis. Untuk mengobati depresi dan gangguan kecemasan, stimulasi otak digunakan untuk meningkatkan aktivitas saraf di otak kiri pasien. Pengobatan ini yang membantu benar handers, tapi dapat merugikan kidal.

“Pendekatan motivasi dihitung dengan belahan bumi yang mengendalikan tangan kanan di kanan handers, dan pada belahan bumi yang mengontrol tangan kiri di kidal,” kata Casasanto. “Kami tidak berpikir ini adalah kebetulan sirkuit saraf untuk motivasi dapat fungsional berhubungan dengan sirkuit yang mengontrol tindakan tangan -. Emosi dapat dibangun di atas sirkuit saraf untuk tindakan, dalam waktu evolusi atau perkembangan.”

Di kutif dari ScienceDaily (2 Mei 2012). Cara menggunakan tangan kita dapat menentukan bagaimana emosi diatur dalam otak kita, menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di PLoS ONE oleh psikolog Geoffrey Brookshire dan Daniel Casasanto dari The New School for Social Research di New York Emosi Terbalik di Otak kidal. 

Berbagai Sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: