Larangan Dalam Bersahabat

Punya sahabat memang asyik, soalnya dia akan berusaha untuk selalu ada di saat kamu membutuhkannya, tanpa harus ada pemaksaan dulu. Itu bikin kamu nggak pernah rela untuk kehilangan dia, apapun keadaannya.
But, did you know, ada 7 larangan dalam persahabatan yang harus dijauhi. Kalau kamu mampu melakukannya, dijamin nggak ada satu hal pun yang bisa memisahkan kamu dan sahabat. Pokoknya ‘till death do us apart, deh.

Ini dia tujuh larangan yang wajib kamu buang jauh-jauh itu!

1. Don’t Lie, Please
Nggak ada satu alasan pun yang ngebolehin kamu berbohong ke sahabat. Even itu demi kebaikannya. Misalnya nih, suatu hari kamu melihat pacar sahabat jalan sama cewek lain. Nggak kepengen bikin sahabat kecewa, kamu malah nggak ngasih tahu kejadian itu ke dia.
Come on, masa tega, sih? Coba bayangin kalau akhirnya dia tahu juga dan sadar kalau kamu sempat menyembunyikannya. Siap-siap menerima kemarahannya yah! Cepat atau lambat kamu akan kehilangan dia loh. Are you ready for that?

2. Dilarang Menusuk Dari Belakang
Kalau sampai melakukan hal ini ke sahabat, berarti kamu tuh sahabat yang nggak banget! Di saat ada orang yang ngejelekin ngebahas habis tentang dia, seharusnya kamu nggak gabung dong, apalagi sampai menikmati gosip itu. Kalau iya, berarti sudah secara sah kamu “menikam” sahabat sendiri!

3. Don’t Steal Your Mate’s BF or GF
Kebetulan kamu lumayan lama ngejomblo. Sedang sahabat, makin mesra dengan pacarnya. Awalnya sih, fine-fine saja. Toh, kalian sering kok jalan bertiga ke mana-mana. Dari mulai nonton ke bioskop sampai liburan bareng.
Belakangan, kamu merasa ada yang aneh. Ada rasa gelisah kalau lama nggak ketemu pacarnya sahabat, mulai cemburu saat melihat mereka gandengan tangan, dan grogi saat diajak ngobrol pacarnya sahabat. Wah, tanda-tanda jatuh cinta, tuh. Okelah, cinta nggak bisa ditebak kapan datangnya dan buat siapa. Tapi, jangan pernah ada pikiran kamu untuk merebut dia dari sahabat. Cukup nikmati rasa itu dan simpan dalam pikiran saja, jangan di dalam pikiran. Walaupun susah, kamu pasti bisa melakukannya karena kamu beneran sayang sama sahabat. Ingat cowok itu, datang dan pergi, tapi sahabat selalu ada di samping kita sampai kapan pun. Please don’t forget it!

4. Dilarang Kurang Perhatian
Punya new boyfriend kamu jadi ngelupain sahabat. Kerjaan kamu setiap hari, menit, dan detik, selalu berduaan sama pacar. Nggak ada lagi deh yang namanya seru-seruan bareng. Curhat atau sekedar ngobrol pun sudah lama nggak kamu lakukan, ck ck ck…
hei, punya pacar sih nggak dilarang. Tapi nggak berarti boleh ninggalin sahabat, dong! Pikir deh, bakal lari kemana kamu kalau tiba-tiba punya masalah sama pacar?
So, cobalah membagi waktu untuk keduanya secara adil dan bijaksana. Bayangin betapa nikmatnya bisa shopping bareng sahabat dan nge-date sama pacar di saat kamu mau.

5. Jangan Ember
Kalau punya predikat ini, berarti kamu gampang banget menimbulkan masalah bagi sahabat dan diri sendiri. Dengan mudahnya kamu membeberkan semua rahasia sahabat.
Sebenarnya, kadang kamu nggak sadar kalau yang dilakukan itu salah. Tapi karena sudah kebiasaan “ember” jadi agak susah buat menghilangkannya. Satu hal yang mesti kamu ingat, banyak banget persahabatan yang hancur karena syndrome ember ini. So, be careful, ya!

6. You Shall Not Be Selfish
Dalam persahabatan, harus saling mengisi dan melengkapi. Misallnya nih, sahabat kamu ternyata punya masalah dengan orang tuanya. Tapi karena dia nggak mau membahasnya, ya kamu cuek saja, meski sebenarnya kamu tahu dia sedih karena masalah itu.
Wah, nggak boleh gitu, dong! Nggak cerita, bukan berarti dia nggak butuh kata-kata penenang dari kamu. Cobalah untuk lebih sensitif terhadap apa yang dia rasakan dan mencoba untuk nggak cuma memikirkan diri kamu sendiri.

7. Dilarang Jadi Bad Listener
Sahabat lagi asyik curhat, tiba-tiba kamu merasa bosan ngedengarnya. Apa yang kamu lakukan? Tetap ngedengerin sampai habis atau langsung minta ke dia untuk menghentikan curhatannya?
Paling bener adalah pilihan yang pertama. Dia cerita ke kamu karena dia percaya sama kamu, dia pengen kamu jadi orang pertama yang tahu semua yang dialaminya. Coba bayangin gimana kecewanya dia kalau kamu nge-cut ceritanya?
Nggak susah, toh dia cuma minta kamu ngedengerin. Bukan memaksa kamu mencari jalan keluarnya. Ingat deh, gimana dia juga selalu exccited dengerin curhatan kamu yang kadang juga suka nggak penting, he he he….
Dalam persahabatan itu kan harus ada take and give-nya. Kalau kamu mampu melakukannya, dijamin sahabat bakal makin sayang sama kamu.

6 Komentar (+add yours?)

  1. nahda
    Mar 13, 2013 @ 14:25:39

    kak norma, aku pengen nanya kalo misalnya aku suka sama cowo, cowonya itu mantannya sahabat aku. cowo itu sering curhat sama aku pas mrka udah putus. kalo aku suka sm cowo itu ndapapa kan ka?

    Balas

    • norma07dp
      Mar 17, 2013 @ 11:47:21

      Nah, inilah peristiwa yg sllu saja terjadi..

      Menurut kk ya, sebaikx Kamu menjauhi dulu cowok yg kamu suka itu…
      Klo kamu Benaran jadian sm Mantan shbt kamu, itu tetap namax merebut pacar shbt sendiri, meskipun mereka udah putus,
      tapi, kamu pahamilah perasaan shbt kamu,
      Klo kamu ttp Menjaga perasaan shabat sebaikx kamu jauhi itu..
      Betapa sakitx sahabat kamu, ketika dia melihat kamu bahagia nantix, dan terus bersama dgn cowok itu, otomatis sahabat kamu akan menjauhi kamu
      secara perlahan-lahan….

      Maaf, bukan kk melarang ya,tp itu lah kenyataanx…
      Cowok itu, kamu sekedar suka kan?
      Yang mana kamu pilih kehilangan sahabat kamu atau cowok itu…??
      Itu sih Pilihan Ada di tangan Kamu…

      Balas

  2. sisi
    Mei 07, 2013 @ 21:33:09

    tapi gimana kalo kita yg care dan dngerin curhatan si sobat trus? sdgkn dy ga pernah care dan dgrin curhatan aku

    Balas

    • norma07dp
      Mei 16, 2013 @ 23:03:48

      Setiap orang tuh punya karakter masing-masing, sama dgn kamu dan kamu adalah pendengar yg baik, sedangkn dia tidak…

      kamu jangan lngsung mencap teman kamu itu kurang care sm kamu, mungkin dia gk suka hal2 yg bersifat neko-neko, itu artinya dia simple dan hanya butuh pembuktian…hnya pendapat…bukan curhatan smp berjam-jam yah…^_^

      agak sulit jg sih, ketika kita udah berkutik banyak di depanx, namun kurang di hargai…

      karna kamu udah tau sifat dr sahabat kamu itu, jadi baiknya, kamu gak usah terlalu mengumbar lebih bnyak curhatan kamu ke dia..ada baiknya kamu minta lbh dlu pendapat dia klo ingin mendengarkan curhatanmu..

      Balas

  3. Nurul Hikmah
    Okt 06, 2013 @ 16:23:08

    aku punya sahabat cowok dan sekarang dia lagi deket sama orang yang kurang kusukai. gosip2nya mereka lagi pacaran. aku pernah marah2 sama dia krn aku gak setuju sama hubungan mereka, dia cuma bilang “gak pacaran kok”. sampai2 aku diledekin, dikirain aku suka sama sahabatku sendiri. aku gak peduli sama ledekan itu. besoknya, aku minta maaf sama shbtku, aku kira dengan aku minta maaf dia bakalan cerita semuanya ke aku, ternyata gak! aku makin kecewa sama dia, baru kli ini dia deket sama cewek dan gak cerita2 sma aku. sekarang, dia kyk menjauh gitu, gatau karena apa. gak enak banget lah seharian gak ngobrol sama dia.

    aku harus gimana? apa salah klo aku marah sama dia?

    Balas

    • norma07dp
      Okt 13, 2013 @ 23:48:22

      Tidak ada sesuatu yg kekal dan abadi di dunia ini, dan tak akan ada hubungan apapun yg tak prnh berselisih, ini sama halnya dgn persahabatan kalian.
      ini wajar pun terjadi jika kesalahpahaman menjadi momok perselisihan di antara kalian.
      kamu sebaiknya menenangkan diri dululh, jgn karna kamu mengikuti naluri kamu, hingga kamu dibutakan oleh amarah dan emosi yg bakal memisahkan kalian nantinya jika terjadi perselisihan yg berujung runyam. Tunggu smpai hatinya benar-benar tenang dan normal kembali, kamu bisa mengajaknya ngomong baik-baik, jelasin klo karna masalah sepele seperti itu, persahabatan kalian menjadi korban. atau mungkin dia akan mendatangi kamu untuk meminta maaf ke kamu. tentu kamu pasti maafin kan??

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: