Menghilangkan Kebiasaan Merokok

musnahkan rokok

Racun pada Rokok
Rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen-elemen, dan setidaknya 200 diantaranya dinyatakan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida.

* Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.
* Nikotin adalah zat adiktif yang mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini bersifat karsinogen, dan mampu memicu kanker paru-paru yang mematikan.
* Karbon monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Efek Racun

Efek racun pada rokok ini membuat pengisap asap rokok mengalami resiko (dibanding yang tidak mengisap asap rokok):

* 14x menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan
* 4x menderita kanker esophagus
* 2x kanker kandung kemih
* 2x serangan jantung

Rokok juga meningkatkan resiko kefatalan bagi penderita pneumonia dan gagal jantung, serta tekanan darah tinggi.

Batas Aman

Menggunakan rokok dengan kadar nikotin rendah tidak akan membantu, karena untuk mengikuti kebutuhan akan zat adiktif itu, perokok cenderung menyedot asap rokok secara lebih keras, lebih dalam, dan lebih lama.

TIDAK ADA BATAS AMAN BAGI ORANG YANG TERPAPAR ASAP ROKOK.

Cara Berhenti Merokok

Analisis Kebiasaan

Lakukan analisis atas kebiasaan-kebiasaan merokok yang telah dilakukan selama ini. Misalnya:

* Kapan waktu tersering Anda untuk merokok
* Kapan Anda secara otomatis ingin merokok

Hasil analisis ini akan membantu dalam mengerem keinginan merokok.

Susun Daftar Alasan

Lakukan segala hal yang membuat Anda tidak kembali merokok. Selalu ingat alasan-alasan yang mendasari Anda untuk tidak merokok. Jika perlu susun daftar alasan itu.

* Menghindari kanker, gagal jantung, gangguan pencernaan
* Kehidupan sosial yang lebih baik
* Ingat kesehatan dan kepentingan anak / keluarga
* Makan lebih enak

Langsung Berhenti

Pilihlah sebuah hari di mana Anda akan berhenti. Dan pada hari itu, langsung berhenti total tanpa melakukan tahapan-tahapan. Umumkan rencana Anda kepada orang-orang dekat Anda agar mereka bisa membantu.

Waspada Pada Hari-Hari Awal

Hari-hari awal akan terasa sangat berat. Cobalah mengalihkan perhatian dengan mengkonsumsi permen atau permen karet tanpa gula. Sementara waktu, kurangilah kegiatan yang berkaitan dengan rokok, seperti pergi ke bar.

Nikmati Hidup

Uang yang seharusnya dipakai untuk membeli rokok dapat dipakai untuk membeli hadiah bagi diri sendiri, seperti membeli buku, membeli kaset, nonton bioskop, dan hal-hal menyenangkan lainnya.

Konsumsi Rendah Kalori

Selama minggu-minggu pertama (sampai kira-kira empat minggu), makanlah makanan yang mengandung kalori rendah.

Fakta tentang rokok :

1.Rokok tidak mengandung candu
2.Merokok adalah kebiasaan, dimulai dari melihat orang lain kemudian mencoba dan akhirnya terjebak dalam kebiasaan tersebut.
3.Merokok tidak dapat menghilangkan stress, sugesti kitalah yang membuat seolah-olah stress hilang ketika merokok.
4.Merokok adalah satu kegiatan, masih ada ratusan kegiatan lain yang dapat dilakukan selain merokok, minum air putih, mengunyah permen dan-lain-lain.
5.Abu rokok kotor dan jorok.
6.Rokok dapat mendatangkan penyakit.
7.Rokok hanyalah gaya hidup yang tidak ada manfaatnya.
8.Bau dan asap rokok mengganggu orang lain.

Berdasarkan survey, yang terjadi setelah anda berhenti merokok :

1. 20 menit: Tekanan darah dan denyut nadi kembali normal.
2. 8 jam: Tingkat tar dan karbon monoksida dalam darah menurun setengahnya, tingkat oksigen kembali normal.
3. 24 jam: Karbon monoksida hilang dari tubuh.Paruh-paruh mulai menjadi bersih, lendir dan kerak mulai hilang.
4. 48 jam: Tidak ada lagi tar yang tinggal di dalam tubuh.Kemampuan indra perasa dan penciuman meningkat pesat .
5. 72 jam: Bernafas menjadi lebih mudah.Saluran pernafasan mulai rileks dan tingkat energi meningkat.
6. 2 – 12 minggu: Sirkulasi meningkat.
7. 3 – 9 bulan: Batuk, serak dan masalah pernafasan menurun sementara fungsi paru-paru meningkat sampai di atas 10%.
8. 1 tahun: Resiko terhadap serangan jantung menurun sampai sekitar setengah dari resiko perokok.
9. 10 tahun: Resiko terhadap kanker paru-paru menurun sampai sekitar setengah dari resiko perokok.
10. 15 tahun: Resiko terhadap serangan jantung sama seperti orang yang tidak pernah merokok.

Ingin menghilangkan kebiasaan merokok, anda harus mencoba cara ini yaitu berhenti merokok dengan makanan ini :

1. Susu. Ternyata dapat menghilangkan ketagihan merokok, penyebabnya adalah susu dapat membuat rasa hambar ketika akan merokok. Cara ampuhnya, coba celupkan batang rokok ke dalam segelas susu, kemudian keringkan. Ini dapat menurunkan tingkat ketagihan rokok anda.
2. Jus Jeruk, orang yang sering merokok umumnya kehilangan banyak vitamin C. Hal ini dikarenakan dari pengaruh nikotin tetapi ada cara lain untuk menghilangkan pengaruh dari zat nikotin yaitu dengan banyak mengkonsumsi vitamin C seperti jus jeruk.
3. Seledri, tidak hanya berguna sebagai pemanis hidangan makanan agar lebih berselara. Ternyata tumbuhan sayuran ini sangat cocok untuk menghilangkan kecanduan nikotin. Seringlah untuk mengunyah batang daun seledri.

12 Komentar (+add yours?)

  1. diyana
    Nov 08, 2011 @ 23:43:57

    thanks ya… :’)
    ini untuk pacar aku tersayang…

    Balas

  2. deden
    Mei 15, 2013 @ 20:53:17

    thanks ya mbak atas informasinya…………..

    Balas

  3. Tri Ahadinnur Asri
    Sep 16, 2013 @ 23:52:30

    kalo roko mengandung kalori ngga mba ??
    maksih sebelumnya

    Balas

    • norma07dp
      Sep 18, 2013 @ 12:32:41

      Kalori hanya ada pada makanan, coba aja cek sendiri ada gak komposisi yg tertera dlm rokok..
      gak ada kan yg tertera disitu, makanya kenapa rokok tdk mencantumkan kompsisinya, karena rokok itu mengandung 4.000 zat kimia beracun yg tidak layak untuk dipublikasikan.

      Balas

  4. Bo'im Akanmenyayangimoe Part II
    Des 03, 2013 @ 11:15:56

    maf y mb,
    saya juga heran sebnrnya, udah jelas rokok dapt menyebabkn hal yg kurang baik, ko msh d jual bebas, malh d ijinkn peredarannya,
    maf kata, cba kita lyt ganja, sebgyan jga ada yg buat bumbu masak tp secukpnya ga berlebihan, tp malah di larang,

    Balas

    • norma07dp
      Des 06, 2013 @ 00:50:51

      hehehe..itu karena pemerintah indonesia gak berperan penting dlm menangani pelarangan bebas rokok, dan undang2 yg merealisasikan pelarangan rokok itu gak sepenuhx dpatuhi oleh masyarakat indonesia karena msh kurangx sanksi hukum yg dpt membuat mereka jera. meskipun ada larangan di tempat2 khusus namun masih banyak jg yg melanggar.
      Intinya sih dari kesadaran masing2 org yah..jgn jd org egois dgn membuat org lain lebih berisiko menghirup asap rokok anda.

      Balas

  5. jeedinata
    Mei 02, 2014 @ 14:50:24

    thanks penjabrannya
    mudah2an sukses,,lagi dalam tahap panas dingin nih menahan keinginan merokok dalam beberapa hari ini hahaha

    Balas

    • norma07dp
      Mei 17, 2014 @ 09:24:32

      iya sma2…Amieen mkasih doanya..
      semoga anda bisa smp brhenti total, gak apalah trsiksa dulu, nnti akan sembuh sendiri, perlahan tp pasti, anda akan bisa merasakan manfaat kelak.
      maaf udah telat ngbalasnya…

      Balas

  6. cupi
    Agu 23, 2014 @ 02:36:02

    ba tawwa, tappa ka saya

    Balas

  7. nurbaeti
    Jun 22, 2015 @ 00:08:13

    bagaimana mengilangkan setres yg di derita suamiku ketika mau brhenti merokok.
    Tiap malam marah-marah tidak jelas dan menggerung-gerung seperti kesakitan

    Balas

    • norma07dp
      Jul 07, 2015 @ 11:28:09

      Stress bukan hanya pemicu akibat gangguan berhenti merokok. Jika emang dari awal udah berniat untuk menghentikan aktivitas merokok, berarti harus menanggung segala beban penderitaan, perlu di ingat komitmen sejak awal untuk bisa dan berusaha menjalaninya, perlahan tapi pasti. Hilangkan pikiran yg bisa mengarah kpd rokok. Luangkan segala aktivitas lain agar pikiran untuk merokok teralihkan ke hal-hal lain yg lbih berguna. Beri pemahaman, bila rasa sakit yg di alami akan berangsur-angsur berubah menjadi lebih baik. Rasa sakit akan lebih menyakitkan anda dan suami anda jika nanti rokok yg menjadi suatu penyakit yg dapat menyerang suami anda, dan anda pun jauh lebih membahayakan diri anda jika anda berada di sekitar orang yg merokok.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: