Pneumonia atau Paru – Paru Basah

Mengenal Penyakit Paru – Paru Basah

Paru-Paru basah sebenarnya tidak dikenal dalam dunia medis, istilah ini hanya familiar bagi masyarakat awam. Istilah paru paru basah dalam bahasa medis disebut Pneumonia, yaitu infeksi satu atau kedua paru-paru yang biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Sebelum penemuan antibiotik, sepertiga dari semua orang yang mengembangkan paru-paru basah kemudian meninggal dari infeksi. Saat ini, Meskipun sebagian besar orang-orang yang terinfeksi penyakit paru paru basah sembuh, kira-kira 5% diantaranya memiliki prognosis buruk yang dapat berujung pada kematian. Paru-paru basah adalah penyebab utama kematian keenam di Amerika Serikat.

Paru-paru basah merupakan istilah di masyarakat yang sering digunakan dokter/petugas medis untuk menunjukkan kelainan pada rongga paru-paru yang terisi cairan paru-paru. Proses yang sebenarnya terjadi adalah proses peradangan. Kenapa disebut basah, karena memang paru-paru terisi cairan radang.

Bronchitis akut  atau yang dikenal juga dengan Paru-paru Basah merupakan gangguan kesehatan yang terjadi ketika saluran bronchial dalam paru-paru terendam dengan air. Saluran bronchial ini kemudian akan membengkak dan memproduksi lendir, yang menyebabkan timbulnya batuk-batuk.

Penyakit ini sering timbul setelah adanya infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), seperti pilek. Sebagian besar gejala bronchitis akut seperti sakit di dada, sesak napas, dll biasanya bertahan hingga 2 minggu, namun batuknya bisa terus bertahan hingga 8 minggu pada kasus tertentu.

Beberapa kasus paru paru basah terjadi oleh karena menghirup tetesan kecil yang mengandung organisme yang dapat menyebabkan pneumonia. Tetesan ini masuk ke udara ketika seseorang terinfeksi dengan kuman melalui batuk atau bersin. Dalam kasus lain, disebabkan ketika bakteri atau virus yang biasanya hadir di mulut, tenggorokan, atau hidung tanpa sengaja memasuki paru. Biasanya, respon refleks tubuh dan sistem kekebalan tubuh mereka akan mencegah organisme disedot dari organisme penyebab paru-paru basah.

Setelah organisme memasuki paru paru, mereka biasanya menetap di kantung udara dan bagian-bagian dari paru-paru di mana mereka berkembang pesat jumlahnya. Pada daerah ini paru paru kemudian menjadi terisi dengan cairan dan nanah (sel-sel inflamasi tubuh) karena tubuh berusaha untuk melawan infeksi.

Apa Gejala dan Tanda Paru-Paru Basah?

Kebanyakan orang yang mengalami gejala paru paru basah yang membuat mereka pilek yang kemudian diikuti dengan demam tinggi, menggigil, dan batuk dengan produksi dahak. Dahak biasanya berubah warna dan kadang-kadang berdarah. Ketika infeksi mengendap di saluran udara, batuk dan dahak cenderung mendominasi gejala. Dalam beberapa kasus paru paru basah, jaringan spons dari paru-paru yang mengandung kantung udara lebih terlibat. Dalam hal ini, oksigenasi dari darah dapat terganggu, yang menyebabkan paru-paru menjadi kaku sehingga menyebabkan sesak napas. Hal ini dapat menyebabkan penderita berubah warna kulitnya menjadi kehitaman atau keunguan (kondisi yang dikenal sebagai “sianosis”) karena darah mereka yang kurang oksigen.

Nyeri dada pada penyakit paru-paru basah mungkin berkembang jika aspek-aspek luar dari paru-paru dekat dengan pleura (rongga pada paru-paru). Nyeri ini biasanya tajam dan memburuk ketika mengambil napas dalam-dalam dan dikenal sebagai nyeri pleuritik atau pleuritis. Dalam kasus lain, gejala paru-paru basah tergantung pada organisme kausatif, ada yang dapat menjadikan onset gejala lambat dan lain sebagainya.

Para tanda-tanda Paru-paru basah bisa bervariasi dari ringan sampai berat, sesuai dengan faktor-faktor risiko Anda dan bentuk Paru-paru basah Anda. Gejala yang umum adalah gejala yang sama disebabkan oleh pilek atau mungkin flu.

Ciri-ciri penyakit paru-paru basah adalah :

Batuk
Demam
Membawa lendir setelah batuk
Kesulitan bernapas
Panas dingin
Masalah jantung

Risiko Paru-paru basah

Siapapun bisa mendapatkan Paru-paru basah, tetapi lebih mungkin untuk mengembangkan dalam seseorang yang sudah memiliki mekanisme pertahanan yang lemah dan tidak bisa melawan klamidia.

Orang yang memiliki lebih banyak risiko Paru-paru basah adalah :

Bayi dan anak-anak
Orang yang 65 tahun dan lebih tua
Orang yang memiliki pertahanan lemah natural sebagai akibat dari penyakit (termasuk HIV ) atau minum berlebihan
Orang yang bekerja di konstruksi atau pertanian
Orang yang merokok

Dokter akan mendiagnosis Paru-paru basah tergantung pada riwayat serta berasal dari ujian fisik yang telah dilkukan. Dokter mungkin juga melakukan beberapa tes, seperti sinar-X dada atau tes darah.

Pengobatan Paru-paru basah

Pengobatan tergantung pada jenis Paru-paru basah Anda, seberapa parah gejala-gejala Anda, bagaimana kesehatan Anda secara keseluruhan, juga usia Anda.

Untuk Paru-paru basah bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. Gejala utama mungkin  hanya dalam beberapa hari, meskipun batuk membutuhkan beberapa minggu. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dokter Anda dengan hati-hati. Mengambil setiap salah satu obat antibiotik yang diresepkan dokter.

Bila Anda memiliki radang paru-paru, dokter Anda mungkin akan berbicara kepada anda tentang metode untuk mengobati gejala. Over-the-counter (OTC) obat-obatan tersedia untuk menurunkan demam, meredakan nyeri dan kemudahan batuk anda. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum menggunakan pereda batuk.

Jika Anda memiliki semacam Paru-paru basah, sangat penting untuk mendapatkan banyak tidur dan minum banyak cairan.


Komplikasi Paru-paru basah

Kasus yang parah mungkin memerlukan pengobatan Paru-paru basah di rumah sakit. Dokter mungkin akan memberikan oksigen untuk membantu Anda bernapas atau memberikan antibiotik melalui infus.

Komplikasi Paru-paru basah meliputi efusi pleura dan bakteri di dalam aliran darah. Efusi pleura adalah ketika cairan menumpuk di lapisan jaringan yang berkaitan dengan paru-paru serta dinding dada dan menjadi terinfeksi. Ini bisa membuat sangat sulit bernapas. Untuk mengosongkan cairan, tabung mungkin perlu untuk pergi berhubungan dengan paru-paru bersama dengan dinding dada Anda, atau Anda mungkin perlu operasi.

Bakteri dalam aliran darah terjadi jika infeksi Paru-paru basah pada paru-paru Anda menyebar untuk darah Anda. Hal ini meningkatkan risiko bagaimana infeksi akan menyebar ke organ lain di dalam tubuh Anda. Bakteri di dalam aliran darah dapat diobati dengan antibiotik.

Individu yang memiliki masalah jantung atau paru-paru, perokok, dan orang-orang yang berumur 65 tahun atau lebih tua mungkin mengalami komplikasi akibat Paru-paru basah.

Cara mencegah Paru-paru basah

Anda dapat membantu meringankan masalah dengan Paru-paru basah dengan melakukan hal berikut:

Mendapatkan vaksinasi flu setiap tahunnya. Paru-paru basah sering berkembang setelah seseorang terkena flu. Dengan mendapatkan vaksinasi flu setiap tahunnya, Anda menurunkan kesempatan Anda baik flu dan Paru-paru basah.

Vaksin pneumokokus
Ini direkomendasikan, bahwa kebanyakan anak muda dari 2 tahun dan orang tua berusia diatas 65 tahun mendapatkan vaksinasi untuk Paru-paru basah ini. (Vaksin untuk anak-anak sebenarnya disebut vaksin konjugasi pneumokokus) Vaksin ini juga dapat cocok untuk orang mencakup berbagai usia yang memiliki kondisi termasuk yang berikut:

Jantung kronis penyakit (misalnya untuk masalah jantung)
Kronis paru-paru bermasalah (termasuk emfisema)
Diabetes
Defisiensi kekebalan tubuh penyakit (termasuk HIV dan anemia sel sabit)

Vaksin pneumokokus tidak mencegah semua jenis Paru-paru basah. Namun, studi menunjukkan bahwa hal itu dapat melindungi Anda dari salah satu bentuk yang paling serius dari infeksi bakteri Paru-paru basah. Efek samping dengan vaksin biasanya ringan.

Cuci tangan Anda sesering mungkin
Mencuci tangan adalah membunuh kuman yang dapat memungkinkan Anda untuk sakit, termasuk kuman yang menciptakan Paru-paru basah. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah menggunakan kamar kecil.

Jangan merokok
Merokok merusak paru-paru dan menyebabkan penyakit paru-paru, lebih sulit untuk sistem di tubuh anda untuk menjaga diri dari kuman dan penyakit ini. Jika Anda merokok, berbicara dengan dokter keluarga Anda agar dapat berhenti secepatnya.

Membuat pilihan yang sehat
Tubuh adalah cara yang lebih baik mampu melindungi terhadap infeksi ketika Anda makan makanan yang sehat dan aktif secara fisik/ berolahraga setiap hari.

 

124 Komentar (+add yours?)

  1. Gayatri pasaribu
    Mar 19, 2013 @ 11:16:25

    terimakasih info’a mbak🙂 god bless

    Balas

  2. Mega
    Apr 02, 2013 @ 01:04:30

    Ank sy usia 2bln dia pilek sdh hmpr 2 minggu skrg sdh lbh baik mskpn blm smbh total, skrg dia jg btk tp freku jrg

    Balas

    • norma07dp
      Apr 03, 2013 @ 15:50:50

      Jgn di biarkn yah bu anak menderita batuk selama itu, sebaikx anda periksakan ke dokter.. apalgi anak ibu bru usia dua bln.
      jgn sekalipun memberikan obat apapun, krn bayi ibu blm bs mngkonsumsi obat keras… klo pun hrs minum obat hrs konsultasi dgn dokter trlbh dlu.

      Balas

  3. Rohati
    Apr 09, 2013 @ 19:54:55

    mba suami saya mengdap pnykit ne,, apa pnykit ne bsa smbuh? klo bsa pngobtan pa yg bsa qt tmpuh? kmudian apakah pnykit ne bsa mnular pd ktrnannya? krna sblum mnkah dya dh mengidap pnykit ne,, bls almat fb z ats nama salsa mo0dth

    Balas

    • norma07dp
      Apr 14, 2013 @ 17:44:57

      Iya bisa sembuh, tapi trgantung mekanisme pertahanan tubuh melawannya, dan tergantung metode pengobatan dokter trhadap seberapa besar gejala yg timbul..
      Sebaikx sih untuk pengobatanx melalui resep dokter, atau bisa dengan pemberian antibiotik..
      saya gk berani menyembutkn obat apa yg cocok, takutx nnti salah resep ya.. dan saya jg bukan ahli dlm dunia kesehatan…jadi mohon maaf..:)
      cuman saya dsini hanya bs berbagi ilmu yg saya dapatkn..

      Iya penyakit bisa menular, bukan hanya pada keturunanx tp jg org2 di sekitarx.. menular pada saat penderita batuk,bersin ataupun bicara.

      Balas

  4. Pajar Cacapeedehh
    Mei 03, 2013 @ 09:22:12

    mba. saya udah bertaun taun di tenggorokan sama di hidung banyak dahak dan sering mengeluarkan lendir,,,bagaimana ya mba cara untuk normal lagi ?

    Balas

    • norma07dp
      Mei 16, 2013 @ 22:38:56

      Anda baikx memeriksakan diri ke dokter THT, untuk mengecek lbh jauh apa penyebab dari yang anda keluhkan itu…

      klo semacam flu, kan tidak dalam jangka panjang, pada akhirx akan sembuh sendiri…
      tapi ko smp brtahun2, itu dipertanyakan, ada apa? lebih baik jangan dibiarkan.

      Mungkin sistem imun tubuh anda kurang, jadi mudah terserang penyakit…
      anda baiknya lebih banyak mengkonsumsi vitamin, dan sayur-sayuran segar, kurangi makanan yg berminyak dan makanan atau minuman yg dingin-dingin..

      Balas

  5. wahyu
    Mei 03, 2013 @ 10:06:49

    Maaf saya mau nanya…
    Waktu umur 5tahun saya kejang2 dan sesak nafas, ketika hendak minum susu,, setelah saya di rawat di infus darah dan cairan,,
    Setelah keluar dari rumah sakit saya berobat jalan hampir 6 bulan sampai di nyatakan dokter positif sembuh,, kurang lebih 3x rontsen paru2,, tapi efek nya ketika umur 6 tahun tubuh saya lemah,, bahkan kena angin ja mata saya panas dan bdan lemah,,mata berubah kaya panda,,sekarang saya sudah 22thn,, apakah yg saya alami ini efek dari obat2-an waktu kecil itu,,

    Balas

    • norma07dp
      Mei 16, 2013 @ 22:31:46

      Aku turun prihatin dengan keadaan anda, itu pasti sangat menyiksa menurut saya…

      Jadi, Anda di Diagnosa mengalami penyakit apa? apa gangguan alat pernafasan atau gangguan paru..?

      ini cukup membuktikan, bahwa kita mengkonsumsi obat jangka panjang, pasti ada efek sampingx…

      saya jg prnh mengalami hal yg sama ketergantungan obat dr dokter selama brtahun2, dan smp skrg sy mengalami gangguan penglihatan sjk itu..

      Jadi, jika tdk trlalu parah skit yg kt derita, lbh baik mengurangi mengkonsumsi obat..

      Balas

  6. Febby Threea
    Mei 23, 2013 @ 16:41:47

    Tadi pagi Saya priksa ke RSUD,dan disana Saya dirongten. Hasil mengatakan bahwa paru-paru Saya kotor,tetapi kotornya itu belum diketahui jelas apa titik permasalahannya. Dan gejala yang Saya rasakan sama seperti info diatas.
    Saya sering mendapati gejala seperti itu sejak kecil,tapi ini pertama kalinya Saya priksa. Menurut Anda bagaimana?

    Balas

    • Febby Threea
      Mei 23, 2013 @ 16:51:47

      Bisakah Anda membalasnya lewat:
      FB : Febby Threea
      Atau
      Kakao Talk ID : sj01021998
      Karena Saya jarang sekali membuka situs Web.
      Terimakasih atas perhatiannya dan bantuannya.

      Balas

    • norma07dp
      Jul 12, 2013 @ 21:10:59

      mohon maaf yah mbak, baru sempat ng-bls…

      krn mbak udah periksa ke dokter, proses selanjutnya adalah cek up kmbli hasil prkembangannya,
      krn semakin hari gejala itu akan kelihatan, pengobatan hrus trs mbak lakukan..

      ini mnjdi kewaspadaan yg lbh parah lagi, lbh baik di tangani secepatnya.

      klo memang dr kecil mengalami hal seperti itu, mngkin lingkungan mbak yang kurang bersih, seperti tinggal brsama
      dgn keluarga yg perokok.
      dan mbak mnjdi korbannya..

      ok, thanks udh brkunjung ke sini..^_^

      Balas

  7. rizky vj
    Jun 14, 2013 @ 17:29:36

    tangan saya sering basah2 /berpeluk,kedua telapak kaki juga,batuk berdahak udah 2mingguan ini. .
    kata orng2 sya dpt paru

    Balas

    • norma07dp
      Jul 12, 2013 @ 20:42:36

      Sebaik periksa ke dokter dlu yah..
      jgn langsng mengdiagnosa diri kita sebelum ada pemeriksaan yg akurat,
      klo hanya itu gejalanya mungkin blm bsa di katakan penyakit paru..

      mohon maaf yah, baru sempat balas..
      ok, thanks ya udah berkunjung ke sini..

      Balas

  8. D. Riyan
    Jun 25, 2013 @ 09:17:22

    Aslm..
    Terimakasih informasinya.
    Saya merasa mendapat petunjuk.
    3 Minggu yang lalu saya sakit dada saat batuk.
    saya berobat ke dokter umum keadaannya masih seperti itu sampai 3 dokter. terakhir ada anjuran untuk di rotgen al hasil paru-paru saya tertutup lendir.
    saya merokok dan langsung berhenti. gejalan yang di alami sama dengan apa yang di paparkan.
    Alhamdulillah sudah jarang batuk…
    sudah tidak sulit bernafas yaa.. walau masih ada sedikit.
    tapi masih capek / terasa sesak saat berolahraga…

    Yang ingin saya tanyakan makanan yang boleh dan tidak boleh di konsumsi apa?
    Terimakasih Semoga Allah Merahmati dan Menyayangi Mba Norma. Amin.

    Balas

    • norma07dp
      Jul 12, 2013 @ 19:35:13

      iya sama2..
      alhamdulillah klo udah sembuh, semoga cepat pulih total yah..
      oh ya makanan yg boleh dimakan :
      Makan makanan yang bergizi untuk menguatkan daya tahan tubuh seperti banyak makan sayuran hijau dan kuning
      dan seperti Buah sirsak, manggis yg dipercaya sebagai anti mikroba yang membunuh bakteri penyebab paru-paru basah.
      Mengkonsumsi makanan yang mengandung seng (zinc).

      klo yg gak boleh :
      gorengan
      makanan instan yg mengandung bahan pengawet,
      makanan yg bisa memicu timbulnya batuk seperti air dingin/air es,
      Daging, Ikan asin,
      Makanan yg di bakar, karena bagian yg gosong sangat berbahaya untk paru-paru

      yang lebih penting untuk solusinya adalah :
      Berhenti merokok,
      Berolahraga secara rutin,
      Hindari orang yang batuk dan bersin,
      Melakukan vaksinasi flu,
      Melakukan vaksinasi Streptococcus pneumonia,
      Menjaga kebersihan,
      Menjaga diet yang seimbang.

      makasih udah mampir kesini, maaf ya baru sempat balas..^_^

      Balas

  9. Putry Rihi
    Jul 05, 2013 @ 15:51:53

    mbak,,tangan dan telapak kaki sy sllu basah…
    apkah ini juga gejala pneumonia?sy tdk nyman dgn keadaan ini.:-(

    Balas

    • norma07dp
      Jul 12, 2013 @ 17:20:33

      Keringat Tangan dan kaki disebut Hiperhidrosis Palmaris dan Plantaris.
      aku juga mengalami hal yg sama dgn mbak, dan sampai sekarang aku belum bs menemukan solusi untuk menghentikannya.
      dan aku juga smpai saat ini belum tau apa dampak penyakit yang ditimbulkan dengan keringat tangan dan kaki ini.
      kita gak bisa menyimpulkan dan mendiagnosa diri kita mengidap suatu penyakit.
      dulu aku berpikir klo aku mengalami gangguan pd jantung tapi sampai saat ini aku gak sakit jantung..
      kayak kita butuh penanganan serius untuk mengetahui tentang gejala itu…
      semoga mbak mengerti dgn penjelasan aku ya,
      ok, thanks udah mampir ke sini yah..^_^

      Balas

      • ariezky dwi indiarta
        Nov 20, 2015 @ 23:39:17

        Kalau anda berkenan,,mungkin sya bisa membantu atas keluhan yg ada dalam diri anda,(mba norma) dan mungkin juga unt teman” lainnya,dengan kemoterapi ataupun herbal.saya usahakn semaksimal mungkin.
        WA : 082281498701
        BBM : 26B7D55A

  10. aprilia
    Jul 12, 2013 @ 22:29:15

    Mbak, saya pernah mengalami itu selama beberapa hari kira” 4harian. Kalo mau tidur terlentang itu susah nafasnya nyeri/nyesek dan nafas juga sedikit”. Tapi akhir” ini uda gk ngalamin itu dan kadang” juga kambuh tapi cuma sebentar. Apa saya mengidap penyakit itu ? Dan hrs di chek segera mungkin ?

    Tolong dijwb ya!
    Makasih sebelumnya🙂

    Balas

    • norma07dp
      Jul 13, 2013 @ 05:37:19

      Terkadang kita sangat menyadari ketika mulai mndapatkan gejala2 suatu penyakit, dan kita langsung branggapan klo itu benar…
      aku gk bisa mengatakan bahwa mbak mengidap paru-paru basah, krn kita butuh bukti yg akurat ttg gejala2 yg signifikan untuk dpt mndeteksi kebenaran itu.
      mngkin sebaiknya mbak segera periksa ke dokter, untuk mengetahui lbh jelasx..
      kemungkinan benar, karna menurut aku itu smpai brulang terjadi/kambuh beberapa kali kan?
      karena gejala awal, tkutya nanti akan timbul gejala2 selain itu, klo gak segera diperiksakan. Pengobatan akan lebh mudah ditangani
      jika baru muncul gejala awal.

      mohon maaf yah mbak klo jawaban sya kurang memuaskan..
      karena aku bukan ahli dlm kesehatan dan aku gak punya keahlian apa2 untuk itu..
      Tapi karena aku senang dengan dunia kesehatan, aku bisa berbagi dgn sesama..
      Ok, makasih ya udah brkunjung ke sini..^_^

      Balas

  11. Mercio Ahmad
    Jul 19, 2013 @ 21:57:14

    Aslmalaekun bu,tolong bantuh duluh. aku juga trmask ganguan paru paru saya. soalnya 2 minggu yang lalu kata docter di R-x bilan ada gangusan pd paru. hal2 apa yg aku bisa lakukan dan tidak bisa lakukan( Makanan dan minuman atau aktivitas, utk menyembuhkan penyakit saya. Bu tolong dibalas, makasih sebelumnya.!!

    Balas

    • norma07dp
      Jul 23, 2013 @ 17:30:20

      Waalaikum salam..
      Selama pemeriksaan dokter baiknya mengikuti petunjuk dan resep dokter. Jangan mengkonsumsi obat tanpa ajuran, dokterpun akan dgn hati-hati memberikan obat antibiotik sesuai dgn apa yg anda keluhkan saat ini.

      Makanan dan minuman yg harus dihindari seperti makanan instan, minuman dingin, daging, ikan asin, gorengan lainnya, makanan yg dibakar.
      berhenti merokok jika anda seorang perokok, hindari orang yg batuk/bersin, kurangi begadang dan kena angin malam / mandi malam, tempat yg dingin.

      Balas

  12. ROSILAWATI MUAINI SIDIK
    Jul 22, 2013 @ 12:48:53

    ASSLMKM ..
    MBK, SAYA PUNYA ANAK USIANYA 3 THN 5 BLN, DIA DARI KECIL MEMANG MENDERITA ASMA, TAPI 3 MINGGU INI DIA SERING BATUK2 DAN SAMPAI MUNTAH. BATUKNYA SEMCM LENDIR DAN SUSAH MAU KELUAR..JADI SAYA KONSUL KE DOCTER AND DI BERI OBAT ANTIBIOTIK..AKAN TETAPI BATUKNYA NGGAK SEMBUH. APA BOLEH SAYA MEMBERINYA OBAT SEMCAM AMBROXOL ATAU EXPECTORAN??

    Balas

    • norma07dp
      Jul 23, 2013 @ 18:20:39

      Apa anak Anda di diagnosa penyakit apa, karena tidak semua jenis batuk itu penyebab paru-paru basah?
      klo dokter sudah memberikan obat antibiotik, kemudian tidak ada perubahan setelah itu. Sebaiknya ibu konsultasikan kembali ke dokter tersebut.
      Saya tidak bisa mengatakan obat yg ibu sebutkan itu aman untuk anak ibu. Apalagi masih anak-anak, obat di minum sebaiknya atas petunjuk dan resep dokter tentunya.

      Jika anak-anak didiagnosa menderita pneumonia, maka yg perlu dilakukan adalah :
      Pemberian antibiotik yang sesuai selama 5 hari, Beri pelega tenggorokan dan pereda batuk yang aman. Melakukan kunjungan ulang setelah 2 hari ke dokter.

      semoga anak ibu mendapat perawatan secara intensif…semoga cepat sembuh..

      Balas

  13. *Nandar
    Sep 16, 2013 @ 19:30:11

    ass..likum mba?? sy mu tanya,, ad yg blng susu sama soda ktny baik buat paru paru.. bener apa ngga sih mba..?? terima kasih..??

    Balas

    • norma07dp
      Sep 22, 2013 @ 08:32:46

      Klo susu memang baik untuk kesehatan, tapi belum ada penelitian yg mengatakan bahwa susu dapat menyembuhkan sakit paru-paru.
      Minuman bersoda, minuman yg berkarbonasi, Soft drink seperti itu mengandung zat pewarna buatan, berbau kimia karbonat, asam fosfat, pemanis, bahan pengawet dan kafein yg sngat berbahaya bagi tubuh dpt melemahkan kemampuan sel darah putih untuk melindungi tubuh dari bakteri jahat dan menguras air dalam tubuh karena pemrosesan gula tingkat tinggi akan memerlukan sejumlah besar air dalam tubuh kita.

      Balas

  14. Mawar Megarz
    Sep 24, 2013 @ 13:38:49

    Assalamualaikum ,
    Mba ,,, dulu waktu mawar masih kecil sekitar umur 4-7 th pernah bronkhitis,,
    dokter bilang sudah sembuh total, tetapi sampai saat ini aku kadang sulit bernafas karena sumbatan dahak yang tak pernah hilang, baik dalam cuaca panas ataupun dingin, kalo tidur juga gak bisa telentang karna dahaknya selalu menghalangi bernafas,,, apa ini efek dari bronkhitis atau bukan?? di leher juga ada benjolan , ,, tapi dokter bilang itu cuma radang tenggorokan,,

    Balas

    • norma07dp
      Sep 25, 2013 @ 11:25:19

      Kemungkinan iya, suatu penykit bisa kembali jika ada hal sekecil apapun pemicunya, maka bisa muncul kembali. sama halnya jika pengangkatan tumor namun menyisahkan,meninggalkan sel yg tidak terangkat semua, maka sel itu akan tumbuh lagi hingga membesar.
      Sebaiknya di periksakan ke dokter spesialis paru-paru atau yg menangani penyakit kanker. Masa benjolan tersebut hanya dinyatakan radang tenggorakan. jelas-jelas udah timbul menampakkan benjolan.
      Sebaiknya di cek kembali ke dokter yah..?
      karna aku tidak bisa mengatakan apa penyebabnya, karena aku bukan seorang dokter dan juga bukan dari dunia kesehatan. aku hanya bisa berbagi pengetahuan yg aku tau.

      Balas

  15. khavid al azhar
    Okt 12, 2013 @ 15:12:03

    kalau yang sering keluar air keringat di telapak tagan dah kaki dan kepala sering pusing karna tekanan pikiran tu sakit pa?

    Balas

    • norma07dp
      Okt 14, 2013 @ 00:13:13

      Penyakit tersebut di sebut Hiperhidrosis Palmaris (t.tangan) dan Plantaris (t.kaki). penyakit ini belum ada penyembuhan secara total.
      ada banyak faktor penyebab ketika tiba-tiba tangan dan kaki tiba-tiba berkeringat. Penyebabnya bisa dari makanan dan obat-obatan atau dalam keadaan tegang atau stress memikirkan sesuatu, ketakutan seperti gelisah.
      dan penyebab utamanya adalah saluran kelenjar keringat yg terlalu berlebihan, solusinya adalah dgn operasi dan pemotongan kelenjar keringat tersebut, tapi penuh dgn banyak resiko, dan kalau suntik botox gak menjamin utk smbuh, dan akan kembali lagi.
      Aku gak bisa menjawab solusi dan penyakit apa sebenarnya, karena aku juga mengalami hal yg sama dgn anda. Dan smpai saat belum ada solusi yg tepat yg aku dapatkan.

      Balas

  16. warren
    Okt 17, 2013 @ 23:46:19

    kak..sy mau tanya..klau terlalu bnyak berfikir pun boleh sesak nafas kerr

    Balas

    • norma07dp
      Okt 19, 2013 @ 17:41:14

      Klo banyak berfikir apakah dapat menimbulkan sesak nafas?”
      Ya, krn berfikir dapat akan cepat terganggu pikirannya atau cepat stress maka rasa sesak nafas akan semakin terasa karena digabung dengan rasa gelisah yang memuncak karena ketidaknyamanan, atau terjadi ketidakstabilan emosi hingga sulit untuk menggerakan otot dada, sakit pada dada, merasa tercekik, merasa kejang-kejang di sekitar dada. akan tetapi,penyebab penyakit sesak nafas bermacam-macam.Bila sesak nafas yang biasanya muncul secara mendadak, maka itu adalah gejala penyakit yang membutuhkan perhatian dari dokter, Sesak nafas dapat disebabkan oleh penggumpalan darah pada paru-paru, asma, obesitas karena kehamilan.

      Balas

  17. firqi
    Nov 16, 2013 @ 05:21:31

    mbak mau tanya klo dada kiri nyeri saat bernapas termasuk tanda2 paru basah?

    Balas

    • norma07dp
      Nov 22, 2013 @ 20:50:21

      gak benar jg sih klo kita secara langsung mengdiagnosa diri kita mengidap suatu penyakit tanpa kita melakukan pemeriksaan secara detail ke dokter.
      saya gk bisa mengatakan klo anda mengalami gejala paru-paru basah itu, sebaikx melakukan pemeriksaan yah..

      Balas

  18. Wiky
    Nov 27, 2013 @ 19:14:49

    apa penyakit ini menular ?
    klo iya, cara penularannya gimna?

    ada fase2 atau level dari penyakit ini…terimakasi..

    Balas

    • norma07dp
      Des 06, 2013 @ 01:11:18

      iya, penyakit pneumonia dapat menular melalui percikan ludah yang menyebar lewat udara saat bersin batuk, ataupun bicara.
      Fase timbulx paru-paru basah disebabkan oleh :
      1. Bakteri : Orang – orang dengan gangguan pernafasan, sedang terinfeksi virus atau menurun kekebalan tubuhnya, adalah orang yang paling beresiko. Sebenarnya bakteri penyebab pneumonia yang paling umum adalah Streptococcos pneumonia sudah ada di kerongkongan manusia sehat. Begitu pertahanan tubuh menurun karena sakit, tua, atau malnutrisi, bakteri segera memperbanyak diri dan menyebabkan kerusakan.
      2. virus : Setengah dari kejadian pneumonia diperkirakan disebabkan oleh virus. Saat ini makin banyak saja virus yang berhasil diidentifikasi. Meski virus ini kebanyakan menyerang saluran pernafasan bagian atas.
      3. Mikoplasma : Pneumonia jenis ini berbeda gejala dan tanda fisiknya bila dibandingkan dengan pneumonia pada umumnya. Karena itu, pneumonia yang diduga disebabkan oleh virus yang belum ditemukan ini sering juga disebut pneumonia yang tidak tipikal atau atypical pneumonia.
      4. Jamur

      Gejala Umum yg muncul ketika sudah terjangkit penyakit ini :
      • Batuk
      • Batuk disertai dahak (lendir)
      • Darah di dalam dahak (lendir)
      • Demam
      • Kelelahan
      • Keringat yang berlebihan
      • Menderita Pleurisy
      • Nyeri otot (mialgia)
      • Panas dingin atau menggigil
      • Sesak nafas
      • Suhu tubuh pada manula yang lebih rendah dari suhu normal

      Balas

  19. anonim
    Des 10, 2013 @ 19:48:47

    permisi mbak
    saya sesak napas jika menghirup napas dalam dalam
    tru kalo saya melompat2 paru paru sayasakit bu..
    knp bisa gitu bu
    obat anti biotik buat paru paru ap ya???

    Balas

    • norma07dp
      Des 15, 2013 @ 17:10:59

      itu salah satu gejala paru-paru basah, namun tidak semua gejala yg terjadi dibagian dada itu dikategorikan sebagai penyakit paru-paru. perlu pemeriksaan secara detil baru bisa mendiagnosa suatu penyakit. Perlu diketahui penyakit paru itu memiliki gejala awal seperti • Batuk
      • Batuk disertai dahak (lendir)
      • Darah di dalam dahak (lendir)
      • Demam
      • Kelelahan
      • Keringat yang berlebihan
      • Menderita Pleurisy
      • Nyeri otot (mialgia)
      • Panas dingin atau menggigil
      • Sesak nafas
      • Suhu tubuh pada manula yang lebih rendah dari suhu normal
      Klo soal pemberian obat antibiotik yg cocok untuk penyakit tersebut saya tidak menyarankan anda mengkomsumsi jenis obat apapun tanpa resep dokter. Dan saya juga gak mengetahui, karena saya bukan seorang dokter dan ahli dalam dunia kesehatan. saya cuman berbagi ilmu untuk umum aja.
      terima kasih ya udah berkunjung ke sini..

      Balas

  20. Anita
    Des 13, 2013 @ 11:29:27

    Siang mbak..
    Saya dinyatakan sembuh dari pneumonia akhir bulan november 2013 setelah 6 bulan berobat..
    Jdi dokter saya bilang inti penyembuhan dri penyakit paru2 adalah makanan bergizi krn virus yg mengganggu paru2 paling takut dgn lemak..
    Jd slama pengobatan saya tdk ada pantangan apa2, yg penting makan yg banyak dan bergizi.
    Walau sedikit membosankan setiap harinya harus minum jus, minum susu, buah alpokat, telur ayam kampung 2 butir/hari. Puji Tuhan saya sembuh dan dokter saya tetap bilang jika daya tahan tubuh saya rendah yg bsa diliat dri berat badan, jika turun artinya daya tahan tubuh saya rendah, maka virusnya akan dtg kmbali. Jadi utk teman2 yg ada masalah dgn paru2,selain mengikuti petunjuk dokter,pastikan makan makanan yg bergizi dan pastikan berat badan naik trus. Dan jngan lupa berdoa jga.🙂

    Balas

    • norma07dp
      Des 15, 2013 @ 17:01:04

      Selama Anda menjalani perintah dokter, saya jamin gak akan pernah kembali, tp perlu diingat gak semua saran dokter itu hrs dipatuhi.
      yang lebih penting adalah Berhenti merokok/jauhi rokok,Berolahraga secara rutin,Hindari orang yang batuk dan bersin,Melakukan vaksinasi flu,
      Melakukan vaksinasi Streptococcus pneumonia,Menjaga kebersihan, Menjaga diet yang seimbang sprti yg mbak udh sebutkn.
      dan Pantangan makanan perlu jg diterapkan mbak seperti : gorengan yg berlebihan,makanan instan yg mengandung bahan pengawet,makanan yg bisa memicu timbulnya batuk seperti air dingin/air es, Daging, Ikan asin,Makanan yg di bakar, karena bagian yg gosong sangat berbahaya untk paru-paru.

      terima kasih ya udah berbagi di sini… ^_^ semoga sehat selalu…

      Balas

  21. Endhy
    Des 13, 2013 @ 22:35:47

    Gni guy
    .cew sya pnya penyakit paru2 basah n setiap sebulan sekali penyakit thu kambuh
    .kadang nyampek keluar darah dri mulut.a
    .jdi sy merasa kash.an n prihatin dgan kondisi cew sya
    .klo boleh tau solusi.a gmana ya?

    Balas

    • norma07dp
      Des 15, 2013 @ 16:53:21

      Maaf yah udah telat balasx,
      klo udah mengalami seperti itu itu patut diwaspadai dan segera ditindak lanjuti, jgn dibiarkan saja bisa fatal jadix.. segera di bwa ke dokter. menurut aku, itu sdh gejala kronis karena paru-paru basah gejala awal hanya batuk, demam, sesak nafas dan mengeluarkan lendir setelah batuk, namun gejala itu sudah mengeluarkan darah. Sepertinya bakteri sdh menyebar ke aliran darah yg bisa berisiko menyebar ke organ lain.
      Penanganan harus dilakukan secepatnya karna udh termasuk Pneumonia berat atau pneumonia sangat berat harus dirawat di RS dan diberi antibiotik.

      Balas

  22. Gisell
    Des 14, 2013 @ 17:44:34

    Kakak mau nanya,
    arti `Kesan : Pneumonia` itu apa?

    Balas

    • norma07dp
      Des 15, 2013 @ 16:35:43

      Istilah paru paru basah dalam bahasa medis disebut Pneumonia, yaitu infeksi satu atau kedua paru-paru yang biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur.
      Paru-Paru basah sebenarnya tidak dikenal dalam dunia medis, istilah itu hanya familiar bagi masyarakat awam. Jd untuk menunjukkan kelainan pada rongga paru-paru yang terisi cairan paru-paru itu. Tp proses yang sebenarnya terjadi adalah proses peradangan. Kenapa disebut basah, karena memang paru-paru terisi cairan radang.

      Balas

  23. Fita vit
    Des 14, 2013 @ 18:36:45

    Tangan San kaki sya serg sekali basah, ini gejala paruh Bukan ya mbak?😦

    Balas

  24. joan
    Jan 01, 2014 @ 20:50:04

    intinya agar tidak mudah terserang penyakit, kita harus meningkatkan sistem imun kita. Caranya:
    1. makan makanan bergizi tinggi,lengkap dan seimbang.
    2. mengurangi/menghindari paparan polusi udara di sekitar kita.
    3. sering2 lah minum air putih.
    4. konsumsi suplemen sbg pelengkap gizi contohnya Elken spirulina.
    5. Jangan terlalu bergantung dengan obat2an semacam antibiotik,dan sebagainya, karena terlalu sering dikonsumsi dapat menyebabkan kerusakan organ lain.
    Semoga bermanfaat
    Semoga bermanfaat…

    Balas

    • norma07dp
      Jan 24, 2014 @ 07:16:09

      Sangat setuju dgn anda, itulah manfaatnya untuk berbagi.
      semoga orang-orang dapat berubah pola hidup sehat mereka.

      terima kasih udah berbagi ya…

      Balas

  25. Galuh Tyas P
    Jan 11, 2014 @ 01:03:34

    assalamualaikum. mba saya mau tanya apa penyakit paru paru basah memiliki kemungkinan besar bisa sembuh? apakah penularannya bisa cepat ? dan apakah pengobatan penderita bisa melewati rawat jalan saja atau harus dirawat di rs?

    Balas

    • norma07dp
      Jan 24, 2014 @ 07:13:05

      Waalaikum salam.
      ya bisa sembuh tapi tergantung pertahanan tubuh seorang penderita, tergantung seberapa akutnya. jika masih ringan kemungkinan bisa sembuh.
      ada sedikit tips untuk mempercepat penyembuhannya,
      -Dari pengalaman sesorang, berenang adalah salah anternatif, ada dokter menyarankan untuk melakukan olahraga renang tersebut, dgn rutin olahraga renang, iapun sembuh, paru-parunya pun bersih dilihat dari hasil rontgennya.
      -tetap berkonsultasi dgn dokter dan patuhi perintah dokter dgn mengkomsumsi obat-obatan yg dianjurkan
      -beristirahat dgn cukup
      -menghirup udara bersih
      -berada di ruang yg lembab
      -kurangi kontak dgn org yg sakit.

      Penularannya cukup cepat, penderita pneumonia sangat riskan untuk mengalami infeksi sekunder. Karena itu, sebaiknya Anda menghindari berada di sekitar orang yang sedang sakit, terutama bila mereka terkena infeksi saluran pernafasan, walaupun itu hanya pilek ringan.
      Pengobatan rawat jalan itu, sesuai dgn prosedur dan permintaan anda kepada dokter yg telah menangani anda.
      terima kasih udah berbagi di sini, dan mohon maaf udah telat ngebalas pesannya..

      Balas

  26. thoni
    Jan 12, 2014 @ 20:57:39

    mau tanya mbk.. saya kan baru medical. saya gk lulus medical kena radang paru2. padahal saya gk merasan tanda2 yg d sbutkn d atas. apa ada kmungkinan salaj rodgen ya mbk…

    Balas

    • norma07dp
      Jan 24, 2014 @ 06:55:22

      Menurut saya sih, pemeriksaan dokter itu gak mungkin salah ya, apalagi hasilnya rodgenx sprti itu. memang sih gk semua penyakit itu dapat diketahui lebih awal. nanti jika sudah akut baru bisa kita merasakan keluhan-keluhan yg berat.
      Sebaiknya konsultasi kembali ke dokter tersebut, jika anda kurang percaya dgn hasil pemeriksaan tersebut. Jika memang terbukti kena radang paru-paru, maka anda tentunya harus sigap untuk melakukan pengobatan lebih lanjut.

      Balas

  27. Anita
    Jan 24, 2014 @ 10:26:28

    @thoni: teman saya juga penah kejadian seperti itu. dinyatakan ada bercak di paru2nya sewaktu medical.. jadi kami pergi ke dokter paru2 lainnya dan ternyata yang salah bukan pada paru2nya tetapi pada lembar rontgennya yang kotor. jadi kami kembali lagi ke perusahaan t4 dy melamar dgn membawa surat dari dokter paru2 yang baru dan akhirnya dy diterima kerja. jdi saran saya coba periksakan ke dokter yang lain dulu. tq

    Balas

  28. hyeva
    Feb 23, 2014 @ 08:50:39

    aku udah seminggu batuk berdahak tpi dahaknya gk keluar trus sering sakit dibagian perut bawah sama paru-paru kalo batuk nafsu makan aku juga berkurang. apa itu gejala paru paru basah atau nggk??

    Balas

    • norma07dp
      Feb 26, 2014 @ 15:24:22

      Sebaiknya diperiksakan ke dokter yah..
      takutx nnti salah diagnosa, soalnya aku bukan dari kesehatan yg mengerti segalanya mengenai dunia kesehatan..
      tapi, trima kasih udah berbagi di sini..
      maaf udh telat ngebalasx..^_^

      Balas

  29. alyn
    Mar 26, 2014 @ 06:25:44

    dok,saya sejak berumur 3 thn sdh terinfeksi dri ibu sya yg sbelumnya jga terkena paru2 basah,lalu 2thn belakangan ini sya sering batuk berdahak susah hilang dok,lalu sekarang ini,saya sedang mengalami,dermam selama 1 minggu,lalu saya batuk sdh hmpir 3 mnggu dok,yg saya rasakan,saya susah utk tidur,yg biasanya jam tidur saya 8 jam,ini hanya 5 jam bahkan 4 jam dok,saat ini saat bernafas dada saya sakit,perut juga sakit,badan saya suka lemah dan lesu dok,saya harus bgaimana dok ? Apakah penyakit saya parah dok ? Apakah tubuh saya menerima obat ini dok ?

    Balas

    • norma07dp
      Mar 30, 2014 @ 17:22:04

      hehehe sblmx saya minta maaf yah, saya bukan seorang dokter dan saya juga bukan dari bidang kesehatan. saya disini hanya berbagi pengetahuan saja.
      maaf jg udah telat balas pesanx.. untuk lebh mengetahui lebih jauh ttg apa dan bagaimana menghadapi dan mengobati penyakit yg anda derita. Sebaiknya anda anda ke dokter langsung untuk melakukan pemeriksaan yang lebih intensif…
      makasih udah berbagi di sini..

      Balas

  30. tedy
    Apr 09, 2014 @ 21:06:46

    Sya mu nanya ni mba , sya mengalami penumpukan cairan di efusi plura, tes leb dahak TBC negatif, tp sya bingung knp di bri obat sma dengan obat TBC, gmn tu ap krn salah diagnosa atw salah obat

    Balas

  31. fa
    Apr 23, 2014 @ 15:16:46

    mbak saya mau tanya, orang yang waktu kecil pernah punya penyakit paru- paru basah tapi sudah sembuh, apakah penyakit itu bisa muncul kembali sewkatu waktu atau setelah dewasa juga?-

    Balas

  32. Ronal Pasaribu
    Mei 02, 2014 @ 18:48:14

    adakah makanan yang dihindari kalau menderita paru-paru basah

    Balas

    • norma07dp
      Mei 17, 2014 @ 09:21:34

      Maaf yah telat ngebalasx,,
      Makanan yg gak boleh dikomsumsi sprti:
      gorengan
      makanan instan yg mengandung bahan pengawet,
      makanan yg bisa memicu timbulnya batuk seperti air dingin/air es,
      Daging, Ikan asin
      Makanan yg di bakar, karena bagian yg gosong sangat berbahaya untk paru-paru

      yang lebih penting untuk solusinya adalah :
      Berhenti merokok,
      Berolahraga secara rutin,
      Hindari orang yang batuk dan bersin,
      Melakukan vaksinasi flu,
      Melakukan vaksinasi Streptococcus pneumonia,
      Menjaga kebersihan,
      Menjaga diet yang seimbang.

      Balas

  33. rudi
    Jun 23, 2014 @ 08:36:50

    thanks you ats info nya….

    Balas

  34. ve
    Agu 05, 2014 @ 11:34:16

    maaf mba saya mau tanya. penyakit radang paru-paru sangat berbahaya tidak untuk org yang mengidap kanker ovarium ? apakah orang yang sakit radang paru-paru bisa menularkan virus ke org yang mengidap sakit kanker ovarium ? trus jika seorang yang mngidap sakit radang paru2 naik di mobil yg sama dgn org yang ngidap kanker ovarium bisa tertular virus melalui udara ? saya mohon penjelasannya mba.. mohon maaf. terima kasih mba..

    Balas

    • norma07dp
      Agu 10, 2014 @ 23:16:28

      jujur sih, sya bru dengar ada pengaruhnya penyakit paru-paru dengan kanker rahim..
      klo radang paru-paru mngkin bisa dipastikn menular lwt udara, jika penderita batuk..
      tp klo kanker ovarium/rahim trjadi kontaminasi lwt hubungan seksual dan dari gen/keturunan dari anggota keluarga..
      Saya bukan dokter dan ahli kesehatan mbak, jd maaf jika saya salah memaparkan..
      makasih udah brbagi dsini, maaf udah telat ngebalasx..

      Balas

  35. Dr. Koentjahja SpP
    Agu 19, 2014 @ 09:31:37

    Saya Dr. Koentjahja SpP dokter dan ahli paru malang. Bagi anda yang ingin berobat atau berkonsultasi silahkan mengunjungi docplanner.com atau melalui website saya di :
    koentjahja.com

    Balas

    • norma07dp
      Agu 27, 2014 @ 12:08:29

      Terima kasih Dok, ini sangat membantu mereka yang mengalami berbagai keluhan penyakit paru-paru..
      disini saya hanya bisa meng-share ilmu yang saya ketahui, Dok. Jadi saya serahkan kepada ahlinya.

      Balas

  36. dwi
    Agu 30, 2014 @ 05:59:25

    Ass..
    Mkasih infonya..
    Suamiku waktu msh bayi kena paru2 basah tp udah brobat jln slama 6 bln & dokter blg udah sembuh total..
    Skrg batuk2 trus n sesak nafas,pas di cek lg ktny ada cairan di paru2nya? Apakah mungkin setelah 27 thn penyakit ini bs timbul lg?? Apa solusi terbaiknya mbak? Skrg ini suami sya di diagnosa ada tumor di ginjal kananny?
    Mkasih.

    Balas

    • norma07dp
      Agu 30, 2014 @ 16:54:11

      waalaikum salam mbak.
      Kemungkinan besar sudah terinfeksi virus/bakteri kembali, meskipun sudah dinyatakan smbuh total. Tpi banyak hal yang dapat memicu kembali berkembangnya bakteri sehingga terjadi pada saluran bronchial dalam paru-paru hingga terendam dengan air. Saluran bronchial ini kemudian akan membengkak dan memproduksi lendir, yang menyebabkan timbulnya batuk-batuk.
      Penanganan yg trbaik adalah tetap brkonsultasi dgn dokter untuk tindak lanjut pengobatan yg tepat agar penanganannya lbih cepat pula.
      Solusinya adalah , tetap brkonsultasi dgn dokter, Jangan merokok (apabila perokok), jaga kebersihan, hindari makanan yg brminyak (gorengan), hindari makanan&minuman yang memicu batuk (air dingin/es), hindari makanan yg dibakar, makanan instan, istirahat yg cukup, menghirup udara bersih, berada di ruangan lembab, hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit…
      Untuk Diagnosa ginjal, sebaiknya konsultasikan dengan dokter yg menangani paru-parunya, apakah perlu penanganan khusus sprti pengangkatan tumor, apabila tidak menjadi efek permasalahan dgn kasus paru-parunya trsebut.
      Semoga dapat membantu suami mbak.. Semoga cepat sembuh..
      Terima kasih sudah share ke sini…mkasih jg atas kunjungannya..🙂

      Balas

  37. siti masriah
    Des 16, 2014 @ 20:00:23

    apakah penderita paru paru basah bagi laki laki ,apa mungkin dapat mempunyai keturunan ??

    Balas

    • norma07dp
      Des 21, 2014 @ 15:13:55

      Klo masalah keturunan itu brhubungan dengan sistem reproduksi anda, kesuburan anda. Gak ada hubungannya dengan organ paru-paru. kecuali memang anda sudah tak mampu berusaha mendapatkan keturunan, krn kondisi kesehatan paru-paru anda memburuk. tpi semoga gak terjadi seperti itu yahh…

      Balas

      • siti masriah
        Feb 08, 2015 @ 11:50:01

        makanan dan minuman apa yang dapat membuat paru paru basah membaik ??

      • norma07dp
        Feb 09, 2015 @ 20:14:31

        Makanan yg mengandung Omega 3 sprti lemak ikan, kedelai, Perbanyak sayur dan buah yg brserat dan mengandung antioksidan : Apel minimal 5 buah dlm seminggu, buah jeruk, buah bit,delima, anggur sayuran seperti kubis hijau, wortel, brokoli, kacang-kacangan, labu, ketela,almon, kembang kol, tauge..bawang merah dan kunyit..
        terima kasih atas kunjunganx mbak..🙂

  38. lisna
    Des 28, 2014 @ 15:21:24

    Makanan yang harus dihindari untuk penyakit pneumonia apa aja ya ?

    Balas

    • norma07dp
      Des 28, 2014 @ 19:41:46

      Seperti :
      gorengan,
      makanan instan yg mengandung bahan pengawet,
      makanan yg bisa memicu timbulnya batuk seperti air dingin/air es,
      Daging, Ikan asin,
      Makanan yg di bakar, karena bagian yg gosong sangat berbahaya untk paru-paru.

      Balas

  39. azky
    Jan 30, 2015 @ 09:05:48

    ass.saya sudah rontgsen mbk,dan saya mengalami gejala sprti diatas menggigil batuk berlendir g smbuh2 slama 1 bln lebih di paru2 ad cairanya trus kata dokter dsruh disedot.klo disedot apa bisa ditutup kembali di paru2nya mbk.makanya berat badan saya turun 9 kg.saya kaget.tp kata dokter jgn lambat secepatnya ditangani.mohon saranya?

    Balas

    • norma07dp
      Jan 31, 2015 @ 16:04:00

      Waalaikum salam..
      klo masalah sedot lendir, saya juga kurang tau yah…🙂
      Tp menurut saya, menyedot lendir bisa saja dilakukan, tp tidak menjamin munculnya kembali di suatu hari.
      sebaiknya, semua yg anda khawatikan di konsultasikan dgn dokter yg udah menangani. Jangan di biarkan berlarut-larut, seceptnya lbh baik agar penanganannya akan lebih mudah..
      Semoga lekas sembuh yah.. Semangat!!

      Balas

  40. Win sukran
    Feb 03, 2015 @ 22:02:46

    Asalamualaikum,,
    saya igin bertnya,,
    Saya sering megalami jika suhu dingin kdg2 tubuh sya tersaa hagat minsal naik kendaran roda dua kenak hjan tpy ngak da sedikit pon tersa dingin tpy jikalau siang hri kdg2 tersa dingin dan keluar kerigat dingin dri tgn dan telapak kaki kdg kalau menulis buku itu mw sampai lembab basah,,
    apakah itu termasuk ke dlm paru2 basah

    Balas

    • norma07dp
      Feb 07, 2015 @ 16:31:18

      Waalaikum salam,
      Intinya, jgn mudah mendiagnosa diri kita mengalami suatu penyakit yg belum diketahui secara jelas tanpa ada pemeriksaan kesehatan yg lebih detail.
      Tidak semua gejalah yg anda sebutkan bisa langsung mengetahui penyakit apa. Saya pun mengalami hal sama dengan anda, dengan mengeluarkan keringat di bagian telapak tangan dan kaki,yg sangat berlebihan tanpa peduli di saat cuaca dingin pun tetap mengeluarkan keringat di bagian telapak tangan dan kaki. penyakit ini dinamakan Hiperhidrosis Palmaris(tangan) dan Plantaris(kaki). Sampai saat ini, belum diketahui penyebab yg pasti, apakah terdapat hiperaktivitas pada rantai sistem saraf simpatis sebagai pengendali pembentukan keringat atau hiperaktivitas pada kelenjar keringatnya sendiri.
      Jadi, yg anda alami bukan paru-paru basah, jika hanya itu keluhan yg anda alami. Yg perlu di waspadai jika, anda baru mengalami hal tersebut secara mendadak, disertai dengan gejala lainya.

      terima kasih sudah berkunjung ke sini, mohon maaf udah telat ngebalasnya..🙂

      Balas

  41. Ahmad
    Feb 09, 2015 @ 09:04:03

    Selamat pagi
    Mohon bantuan untuk menghapus komentar di atas dengan nama Dr. Koentjahja SpP, dikarenakan komentar tersebut tidak diperkenankan oleh pihak yang bersangkutan.
    Atas bantuannya, saya ucapkan terima kasih

    Balas

    • norma07dp
      Feb 09, 2015 @ 09:24:35

      Iya Selamat pagi juga..
      Mohon maaf komentar yang mana maksud Anda itu?

      Balas

      • Ahmad
        Feb 09, 2015 @ 09:36:22

        Yang ini mbak :

        Dr. Koentjahja SpP
        Saya Dr. Koentjahja SpP dokter dan ahli paru malang. Bagi anda yang ingin berobat atau berkonsultasi silahkan mengunjungi docplanner.com atau melalui website saya di :
        koentjahja.com

        Mohon bantuan untuk menghapus komentar tersebut, dikarenakan tidak diperkenankan oleh pihak yang bersangkutan.

        Terima kasih atas bantuannya

      • Nikita Safina Widiningtyas
        Mar 05, 2015 @ 18:57:34

        tolong d bls komentar saya kk😀

      • norma07dp
        Mar 09, 2015 @ 11:58:02

        Mohon maaf dek, udah telat balasnya…kk habis menjalani operasi bedah jg, jd baru aktif sekarang..
        Saya juga sama seperti kamu, punya penyakit seperti itu keluar keringat di tangan dan kaki setiap hari tanpa peduli suasana cuaca panas atau dingin. ini di sebut hiperhidrosis untuk permasalahan dengan gejala yang kamu rasakan saat ini, mungkin hanya pengaruh dari faktor penyakit lain. Jika memang gejala sakitnya baru muncul. Tapi jika, Hiperhidrosis itu sudah ada sejak lama, maka itu gak ada hubungannya dengan paru-paru basah. Jika kamu, kurang yakin penyakit apa itu sebaiknya, periksa ke dokter yah, karena gak semua gejala seperti itu merupakan paru-paru basah, kita gak bisa mendiagnosa diri kita tanpa adanya pemeriksaan secara akurat oleh dokter.
        Semoga kamu cepat sembuh yah.. ^_^

  42. wuri p
    Feb 28, 2015 @ 12:08:37

    mbak kata mama saya waktu saya masih bayi pernah terserang paru” basah
    apakah kemungkinan bisa kambuh lagi ?

    Balas

    • norma07dp
      Mar 09, 2015 @ 14:34:19

      Kemungkinan iyaa, kebanyakan penderita mengalami semasa kecil terulang kembali disaat dewasa. Ini sih tergantung ketahanan tubuhnya yah, dapat melawan atau tidak..

      Balas

  43. Nikita Safina Widiningtyas
    Mar 05, 2015 @ 18:54:55

    boleh nanya kk ? tangaan sama kaki aku setiap hari basah , apa itu penakit paru2 basah juga ya ? selalu pusing, tenggorokan sakit trus keluar lendir, badan lemes, apa bener pnyakit paru2 basah bisa buat penderitanya meninggal ? sekian aja prtanyaan aku , makasi ya kk ?^_^

    Balas

    • norma07dp
      Mar 09, 2015 @ 11:58:26

      Mohon maaf dek, udah telat balasnya…kk habis menjalani operasi bedah jg, jd baru aktif sekarang..
      Saya juga sama seperti kamu, punya penyakit seperti itu keluar keringat di tangan dan kaki setiap hari tanpa peduli suasana cuaca panas atau dingin. ini di sebut hiperhidrosis untuk permasalahan dengan gejala yang kamu rasakan saat ini, mungkin hanya pengaruh dari faktor penyakit lain. Jika memang gejala sakitnya baru muncul. Tapi jika, Hiperhidrosis itu sudah ada sejak lama, maka itu gak ada hubungannya dengan paru-paru basah. Jika kamu, kurang yakin penyakit apa itu sebaiknya, periksa ke dokter yah, karena gak semua gejala seperti itu merupakan paru-paru basah, kita gak bisa mendiagnosa diri kita tanpa adanya pemeriksaan secara akurat oleh dokter.
      Semoga kamu cepat sembuh yah.. ^_^

      Balas

  44. bachtiaryangkhy
    Mar 06, 2015 @ 15:00:50

    bu… saya pencari kerja… dan sedang proses seleksi… saya dihadapkan dengan tes rongent sedangkan saya mempunyai riwayat peunomia atau paru” basah…dan sudah berobat dan meminum obat selama 6 bulan… yang teryata flek dari penyakt itu membekas… gimana ya bu… apakah saya tidak bisa lolos tes rongent???

    Balas

    • norma07dp
      Mar 09, 2015 @ 11:49:59

      Untuk masalah riwayat kesehatan yang kurang baik, dan apabila menjalani seleksi kerja dalam tes kesehatan, itu sih saya kurang tau, tergantung pada perusahaan atau tempat kerja yang akan di lamar. Mungkin sebaiknya, konsultasikan dulu dengan panitia seleksi ketika tes kesehatan sedang dijalani nanti. Mungkin ada pengecualian bagi penderita sakit sperti anda.

      Balas

      • siti masriah
        Mar 27, 2015 @ 06:30:56

        jika teman kita ada yang mengidap pnyakit paru paru basah , lalu dengan kita yang slaku teman dekatt bngttt harus gimana ?? karena kata nya paru paru basah dapat menular

      • norma07dp
        Mar 27, 2015 @ 17:41:07

        Tentunya dengan menjadi teman yang baik, jelas kita memberikan dia dukungan dan motivasi untuk tetap menjaga kesehatan lalu membantunya menyarankan melakukan pemeriksaan ke dokter.
        Penyakit paru-paru basah / pneumonia dapat menular melalui percikan ludah yang menyebar lewat udara saat bersin batuk, terkena flu, ataupun berbicara. Sebaiknya kita menghindari dan menjaga jarak jika teman anda itu lagi mengalami gejala seperti itu. Dia akan mengerti kok, klo takut anda akan tertular.
        makasih yah mbak udah share ke sini..🙂

  45. widiyatno
    Mar 24, 2015 @ 11:42:09

    mba saya mw bertanya jika seseorang pengidap penyakit paru-paru kronis apah kemungkinan dia bisa sembuh dan apabila dia sudah dirawat di rs aph kemungkinan dia bisa pulih kembali….???

    Balas

    • norma07dp
      Mar 27, 2015 @ 20:58:17

      Paru-paru basah sudah tergolong berat yah, seharusnya emang dirawat di RS dan diberi antibiotik. Untuk kemungkinan pulih, yah masih memungkinankan sih, tergantung pertahanan tubuhnya, klo mekanisme pertahanan tubuhnya lemah, maka akan berpotensi tidak bisa melawan virus yang memicu terjadinya infeksi. Maka dari itu, perlu pengobatan yang tepat dengan antibiotik dan terapi oksigen, pada kasus berat, diperlukan untuk mencegah komplikasi yang berpotensi menjadi fatal, seperti gagal nafas dan sepsis, suatu keadaan yang ditandai dengan infeksi bakteri dalam darah yang dapat mengakibatkan gagal organ. Dan menyebabkan komplikasi.
      Tetap jaga pola hidup sehat. Moga cepat sembuh..🙂

      Balas

  46. siti masriah
    Apr 02, 2015 @ 12:15:20

    pola hidup seperti apa yang bisa mencegah pnyakitt paru paru basah ?
    ..

    Balas

    • norma07dp
      Apr 02, 2015 @ 18:33:54

      Lakukan pencegahan dgn pola hidup sehat, berhenti merokok yg perokok aktif dan hindari asap rokok yg perokok pasif, rajin olahraga secara rutin, hindari kontak dgn orang yg batuk dan bersin, melakukan vaksinasi flu, melakukan vaksinasi Streptococcus pneumonia, jaga kebersihan tubuh dan lingkungan, menjaga diet yang seimbang.
      Lalu makanan dan minuman yg harus dihindari sprti gorengan, makanan instan yg mengandung bahan pengawet, makanan yg bisa memicu timbulnya batuk seperti air dingin/air es, daging, ikan asin, makanan yg di bakar, karena bagian yg gosong sangat berbahaya untk paru-paru…

      makasih yah mbak udah mampir ke sini..🙂

      Balas

  47. Ari
    Apr 03, 2015 @ 08:50:41

    Assalamualaikum
    mba, olahraga ringan apa yg baik bagi penderita paru-paru basah,? Dan apa boleh penderita konsumsi susu serta makanan yg bahannya tercampur dengan mentega seperti roti?
    Sebelumya terima kasih

    Balas

    • norma07dp
      Apr 05, 2015 @ 17:41:32

      Waalaikum Salam..
      Sebaiknya sih yg olahraga ringan aja yah, seperti jogging atau sekedar jalan-jalan biasa yg penting bisa mengeluarkan keringat..
      Mungkin klo olahraga yg berat, bisa memicu sesak nafas dan kelelahan yg berlebihan..

      Balas

  48. siti masriah
    Apr 03, 2015 @ 10:28:04

    makasih mba atas jawaban yg mba brikan🙂

    Balas

  49. siti masriah
    Apr 03, 2015 @ 10:31:21

    eh iya mba , gimana cara nya membujuk orang yg trauma sama darah dan dia mmpunyai pnyakit paru paru basah , supaya dia mau pergi di ajak ke rumah sakitt ?? sangat sulit untuk membujuk orang yg trsebut ??

    Balas

  50. deni supriadi
    Apr 07, 2015 @ 17:39:16

    ba, saya mau tanya, sudah lama saya nengalami ini, sering kali saya bernafas kemudian terasa dingin di dada saya seperti diberi es, apa ini salah satu gejala paru² basah, kemudian bagaimana cara mengobatinya?

    Balas

    • norma07dp
      Apr 26, 2015 @ 21:44:53

      Sebaiknya periksakan ke dokter yah, saya gak bisa memberi diagnosa apakah itu sebagai gejala paru-paru basah. Karena banyak yg menyerupai gejala-gejala lain yg juga dapat ditimbulkan oleh penyakit lain. Pemeriksaan lebih intensif dan akurat dari dokter yg bisa mengetahuinya. Untuk masalah pengobatan, tentu dengan penanganan dan saran dokter terlebih dahulu setelah melakukan pemeriksaan.
      makasih yah udah mampir kesini, mohon maaf baru sempat balasnya..

      Balas

  51. andella
    Apr 18, 2015 @ 12:05:09

    mbk saya mau tanya, kakak saya umur 21th menderita tb,
    saat dilakukan ronsen, ada flek d paru-parunya, dokter menyarankan minum obat rutin selama 6 bln.
    apa tb bisa smbuh total? dan seberapa bahaya penyakit itu?

    Balas

    • norma07dp
      Apr 26, 2015 @ 21:17:46

      Sebenarnya gak ada yg mustahil jika kita percaya akan keajaiban itu, tentu di barengi dengan usaha dan doa. Tentu dengan rutin melakukan pemeriksaan dan melakukan pengobatan sesuai saran dan anjuran dokter. Dokter akan lebih tau dan memberikan saran kepada anda, apa harus dilakukan untuk penanganannya. Setiap penyakit ada resikonya, dan tentu akan ada bahaya jika sudah masuk ke tahap kronis, maka dari itu penanganan lebih lanjut perlu di lakukan.

      makasih udah berbagi di sini, maaf udah telat balasnya..

      Balas

  52. arum
    Apr 20, 2015 @ 14:08:22

    assalamualaikum…..mau tanya efek samping ji
    ka operasi paru paru…..dan kekurangan apa yg timbul jika hanya memiliki satu paru paru….terima kasih sblm.a

    Balas

    • norma07dp
      Apr 26, 2015 @ 21:12:06

      Waalaikum salam..
      Efek samping jika sudah melakukan setiap operasi tentu akan ada resikonya, seperti rasa sakit atau bisa terjadi infeksi dan juga bisa menyebabkan bronchitis kronis apalagi jika perokok aktif. Apalagi klo sudah menjalani radiasi atau kemoterapi pasti banyak efek samping yg di timbulkan tentang masalah kulit, mual, muntah, kelelahan, diare, anemia, hilang nafsu makan, rambut rontok dan juga pendarahan.
      Emang manusia memiliki 2 paru-paru, tapi apa yg terjadi jika salah satunya gak berfungsi? Sebenarnya masih bisa melakukan segala aktivitas, namun terbatas karena perkembangan sistem dan fungsi organ tubuh tidak maksimal, karena setiap organ vital memiliki fungsi yang memadai dan saling berhubungan satu sama lain. Lalu kondisi kesehatannya pasti terganggu, seperti mudah sesak nafas.

      terima kasih juga udah berbagi di sini..🙂

      Balas

  53. Endry wahyudi
    Apr 25, 2015 @ 06:37:04

    Sya bngung mbk
    kmarin sya r0nsend ktanya paru-paru saya ada sdkit cairan.
    Pdhl sya tdk skit btuk,demam,sesk npas,dll
    n sya jg bkn pr0kok n peminum alkh0l. .

    .pa mungkin waktu r0nsen sya sblum.e bnyak bnget minum air putih

    Balas

    • norma07dp
      Apr 26, 2015 @ 20:31:24

      Sebenarx saya kurang tau yah, dokter yg memeriksa pasti lebih tau untuk penanganan lebih lanjut. Klo itu sih bukan hanya faktor penentu terjadi ada cairan di paru-paru. Banyak faktor lain dari lngkungan sekitar yg bisa menyebabkn. Klo menurut saya sih, air yg kt minum bukan penyebab masalah itu. Untuk lebih mengetahuinya tentu harus lebih banyak berkonsultasi pada dokter yg menangani anda.
      mohon maaf, jika kurang jelas jawabannya.

      Balas

  54. Sandra Novialita
    Mei 06, 2015 @ 15:28:17

    mbak, saya sharing aja, saya ini akhir” ini kalau bernafas agak susah, dan saya sering menelan seperti riak, saya jadi parno sendri, apa saya terkena penyakit paru-paru?

    Balas

    • norma07dp
      Mei 06, 2015 @ 20:40:40

      Gejala paru-paru basah tergantung pada organisme yg memasuki paru-paru, karna gejala yg timbul sangat menyerupai gejala pilek diikuti dgn gejala lainnya.
      Saya gak bisa mengatakan anda terkena penyakit paru-paru tanpa pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Gejala itu juga kurang akurat untuk bisa mendiagnosa suatu penyakit.
      Ada banyak gejala yg ditimbulkan, tapi juga patut di waspadai yah..
      Batuk kering yang berubah menjadi batuk berdahak yg berubah warna atau berdarah, Nyeri pada dada,Sering mengalami demam tinggi dan mengigil, Nafsu makan yang hilang,Berat badan menurun, Berkeringat meski di waktu tidur, Sesak nafas dengan frekuensi yang sering,Mengalami kelelahan,Mudah sekali mengantuk, Kulit yang berubah pucat,Mengalami mual, Kalau tarik nafas panjang ingin muntah, Muntah, Nyeri pada sendi dan nyeri otot.

      Balas

  55. fajarudin haq
    Jul 26, 2015 @ 14:06:10

    jika seseorang sudah sembuh dari paru paru basah, setelah itu dia merokok kembalui, kemungkinan kambuh lagi besar tidak?

    Balas

  56. iis nurjanah
    Agu 16, 2015 @ 20:37:25

    bgini mba saya mau tanya saya berobat sudah tuntas tp sering gg di minum obat.a trus skrng masih parah ditambah gg minum obat gmna mba cara pnyembuhan.a

    Balas

  57. iis nurjanah
    Agu 16, 2015 @ 20:42:46

    saya terkena pnyakit sbnernya dri umur 17 tp saya biarin kira saya pnyakit biasa umur saya skrng 18 saya menyusul ortu dijakarta krna suara saya sudah tidak ada pas diperiksa dirsud jakarta saya divonis tbc krna kturunan dan sudah dirwat ..brobat jlan selama 3 bulan dijakarta krna sya skolah dikmpung brobat.a dipindahin stlah brobat dikmpung gg ada ngalamin perubahan malah kaya semakin parah kata.a sih obat dikmpung itu minim .. saya skrng sudah tuntas tp masih parah belom sihh smpe kluar darah mah amit2.. gmna nih mba saya hrus k dokter lagi dirwat lagi apa bagaimna

    Balas

    • norma07dp
      Agu 17, 2015 @ 18:37:55

      Tuntas gmn yah maksudnya?
      Gmn mau sembuh mbak, klo anjuran obat gk di minum.
      Sebaiknya yah, ikutin segala saran dan anjuran dokter, lebih baiknya tetap berkonsultasi dgn dokter untuk penanganan lebih jauh. bisa Sebelum semakin parah. Susah lho mbak bs di atasi untuk pemeriksaan lebih detil klo slalu menunda-nunda melakukan pengobatan.
      Maaf jika solusix krng tepat, so aku bukan tenaga medis dari kesehatan, aplagi seorang dokter. Hanya berbagi ilmu aja.
      Moga lekas sembuh yah..🙂

      Balas

  58. aminudin azis
    Agu 24, 2015 @ 06:10:10

    Membantu sekali infonya.., kalau saya disertai dengan produksi keringat yang berlebihan lewat telapak tangan dan kaki, sangat mengganggu dalam kegiatan sehari hari. Sudah bertahun tahun saya menderita batuk pilek dan sesak nafas ini, kata dokter sih terkena bronkitis kronis, dulu pernah berobat dalam waktu yang lama kurang lebih setengah tahun konsumsi obat dari dokter, akan tetapi blom sembuh juga sampai sekarang. Kata doktet harus berhenti merokok, inilah kebiasaan yang teramat sulit tuk saya hindari. Tolong saranya….

    Balas

    • norma07dp
      Sep 02, 2015 @ 10:45:58

      Yang jelas jika ingin sembuh tentu di mulai dengan niat dan menghentikan segala kebiasaan buruk yg biasa kita lakukan dalam hidup kita. Ingat orang-orang di sekitar yg menyayangi kita, mereka tak ingin melihat kita sakit.
      Untuk keringat telapak tangan dan kaki itu adalah Hiperhidrosis Palmaris dan Plantaris, penyebab yang pasti tidak diketahui, apakah terdapat hiperaktivitas pada rantai sistem saraf simpatis sebagai pengendali pembentukan keringat atau hiperaktivitas pada kelenjar keringatnya sendiri.
      Kemungkinan gk terlalu berhubungan dgn Bronkitis, karena saya jg penderita Hiperhidrosis Palmaris dan Plantaris tapi gk mengalami penyakit lain yg berhubungan dgn itu.
      mohon maaf bru smpt balas, dan makasih udah share di sini yah..🙂

      Balas

  59. Galuh Yunika
    Sep 06, 2015 @ 17:26:00

    dok saya mau tanya nih, udh 3 minggu ini saya mengalami demam tinggi, batuk yang disertai dengan sesak nafas, kalau tidur malem saat mengambil nafas paru2 saya ada suara “kruk kruk” padahal saya sudah 2 kali berobat ke dokter awalnya sih pulih sebentar tapi kalau tidak minum.obat badan saya jd panas dan batuk batuk..
    penyakit apa ya dok yang saya derita. 😞
    mohon jawabannya dokter.
    terima kasih banyak dokter.

    Balas

    • norma07dp
      Sep 11, 2015 @ 10:50:49

      Hehehe.. Mohon maaf yah, saya bukan seorang dokter, atau dari tenaga kesehatan lainnya. Di sini saya gak pernah mendiagnosa sesorg dari setiap keluhan yg mereka tanyakan, di sini saya hanya membantu berbagi ilmu pengetahuan saja.
      Ok, permasalahan yg anda keluhan itu, hanyalah seorg dokter yang tau, untuk itu jika emang pernah memeriksakan tentu dokter akan memberikan gambaran kemungkinan anda itu menderita penyakit apa. Sebaiknya di cek kembali, untuk pemeriksaan secara detil, lalu utarakan semua keluhan yg di alami, jangan di biarkan hingga bisa semakin parah. Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?
      tapi, terima kasih yah udah share di sini..🙂

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: