Tentang Sejarah Penemuan Internet dan Jenis Internet

sejarah internetDalam perkembangannya Internet sudah mulai merambah kedunia informasi dan teknologi untuk umum bukan lagi hanya untuk kepentingan militer.

Internet berkembang dan terus berkembang dari waktu-kewaktu, hingga sekarang semua kebutuhan bisa kita dapatkan dari Internet, mulai dari Informasi, Jejaring Sosial, belanja online, bahkan sumber pendapatan Online dari Internet pula.

Internet Telah  Membantu dalam Pendidikan

“Internet is  my life”, itu cocok dengan orang yang maniak akan Dunia Internet.Sampai aku  berjam-jam di depan komputer atau ponsel untuk browsing dan searching Internet berbagai macam informasi yang berhubungan dengan apa saja yang bersifat mendidik, menambah wawasan, pengetahuan. Selain itu, aku juga suka membuat postingan di Blog aku, setiap hari  kusempatkan mencari ide-ide baru untuk dijadikan bahan postingan nantinya. Aku berharap ilmu yang aku dapatkan bisa dapat bermanfaat untuk semua kalangan.

Dulu aku gak terlalu ngerti tentang internet semasa sekolahan, aku lebih suka nge-baca buku berjam-jam di rumah atau di sekolah dari pada harus mencari bahan pelajaran lewat internet. Masa itu juga, belum marak-maraknya tentang internet, sekolah pun belum menyediakan fasilitas computer bahkan mata pelajaran belum ada pula tentang teknologi informasi dan komunikasi. Yah, iyalah itu kan masa dulu, kira-kira tahun 2000 – an sih…mungkin di daerah lain sudah menyebar luas tapi di wilayah tempat tinggal dan sekolah pun belum menyediakan fasilitas seperti warnet, jadi kita masih sangat membutukan buku-buku sebagai bahan materi pelajaran dan tugas-tugas.

Dunia Internet membuat anak-anak semakin bodoh dan malas. Itu anggapan sebagian orang-orang yang kurang paham apa sebenarnya manfaat yang bisa kita ambil dari segi positifnya. Di dunia maya tidak akan menjadikan kita ke arah yang lebih negatif  jika memang kita  lebih pintar memilih jalan yang bersifat non-edukatif seiring dengan berkembangnya fasilitas-fasilitas yang semakin maraknya  perkembangan teknologi yang lebih murah dan mudah didapat sampai saat ini. Aku berpikir bahwa anak-anak  yang suka menjadikan internet sebagai tempat bermain,  ini merupakan awal dari terbentuknya sisi kreatif  anak itu sendiri di masa yang akan datang di sertai dengan bimbingan kedua orang tuanya. Internet membuat mereka lebih cepat berkembang dibandingkan dengan orang yang kurang bergaul di dunia maya.

Internet Tempat Berbagi Ilmu Pengetahuan

Di sini Internet mempunyai dua peranan penting yaitu sebagai sumber data dan informasi, dan sebagai sarana pertukaran data dan informasi.

  • Sebagai sumber data dan informasi, internet menyimpan berbagai jenis informasi dalam jumlah yang tidak terbatas. Kita dapat secara bebas mencari informasi yang kita inginkan.
  • Internet sebagai sarana pertukaran data dan informasi artinya kita dapat saling bertukar data dengan sesama pengguna internet tanpa di batasi oleh letak geografis, misalkan mengirim email antar negara, dan lain-lain

Internet mempunyai manfaat yang sangat banyak sekali, karena penggunaan internet sudah hampir masuk di dalam segala aspek kehidupan, adapun manfaat dari internet yang selama ini aku dapatkan antara lain :

  1. Sebagai Sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi yang cepat dan murah. Hal ini di dapat dengan menggunakan aplikasi email, situs web, dll.
  2. Sebagai pusat pembelajaran dan pendidikan. Membantu mencari sumber pengetahuan secara cepat,  misalnya membantu dalam dunia pendidikan, mencari jawaban atas tugas-tugas yang diberikan di sekolah atau kampus.
  3. Dapat mengetahui dunia kerja dan seperti dengan diadakannya lomba menulis seperti ini melalui internet.
  4. Dapat mengembangkan potensi dalam diriku seperti ingin jadi penulis yang professional.
  5. membantu tentang kepedulian belajar dan mengembangkan teknologi informasi.
  6. Sebagai media promosi, internet di manfaatkan untuk beriklan dan menampilkan profil perusahaan serta produk-produknya .
  7. Sarana komunikasi interaktif.
  8. Sarana penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Di sini aku memberikan sedikit penjelasan apa sih, pengertian dari Internet itu?

Internet-Interconnected-Network

Internet merupakan kepanjangan dari interconected network. Pengertian secara mudahnya adalah jaringan yang saling terhubung. Secara definisi internet adalah sebuah dunia maya jaringan komputer di seluruh dunia dengan menggunakan media penghubung, sehingga antar komputer bisa saling berkomunikasi. Internet merupakan kumpulan dari jaringan yang saling terhubung. Internet merupakan sebuah dunia yang tidak mempunyai penguasa, artinya semua orang mempunyai hak yang sama ketika sedang online.

Internet menyediakan akses untuk layanan telekomnunikasi dan sumber daya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar di seluruh dunia. Layanan internet meliputi komunikasi langsung (email, chat), diskusi (email, milis), sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar yang digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dan mengalamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error handling), lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja diatas segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.
Sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan memiliki nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dengan format tertentu sebagai pengenal. Internet juga memiliki gateway ke jaringan dan layanan yang berbasis protokol lainnya.

Untuk lebih memahami tentang Internet lebih jauh,  maka di bawah ini ada berbagai informasi yang perlu Anda ketahui :

jenis internet

Tentang Sejarah Penemuan Internet

Pada tahun 1960-an departemen pertahanan amerika serikat khawatir akan kemungkinan terjadinya perang nuklir. Hal ini membuat dimulainya penelitian untuk menghubungkan komputer-komputer yang dimiliki departemen pertahanan dalam satu isntansi. Pada bulan Oktober tahun 1962 dimulailah riset komputer dari advanced reseach project agency ( ARPA) dengan Joseph Licklider sebagai ketua

Pada tahun 1965 dengan dana bantuan dari ARPA, Larry Robert dan Thomas marill mencoba membuat koneksi WAN (wide area network ) yang pertama dengan menghubungkan komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 dan Santa Monica melalui jaringan telepon. Dari percobaan tersebut di simpulkan bahwa jaringan telepon dapat melewatkan data, namun tidak efisien karena menghabiskan bandwith dan mahal. Pada tahun 1966, Bob taylor dari menerima bantuan dana dari beberapa universitas yang ada di amerika seriakat untuk melakukan percobaan membuat jaringan yang menghubungkan komputer-komputer dari sejumlah universitas yang memberi dana dalam percobaan ini. Tiga tahun kemudian percobaan ini berhasil. Komputer-komputer yang ada di universitas yang memberi dana dapat saling terhubung. Jaringan ini di namakan dengan ARPANET. Jaringan ARPANET inilah yang dikatakan sebagai cikal bakal lahirnya internet.

Nah, kalau kita berbicara tentang Internet saat ini, itu berarti kita bicara tentang WORD Wide Web (WWW) atau yang sering dikenal dengan WEB. Nama itu begitu popular karena sejak web ditemukan pada tahun 1992, Internet tumbuh dengan sangat pesat. Namun sebenarnya, internet sudah ada sejak tahun 1969. Waktu itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat Membangun sebuah Jaringan computer melalui proyek yang disebut ARPanet (Advanced Research Project Administrastion Network). Jaringan computer adalah kumpulan dari sejumlah computer yang terhubung satu sama lain dan bisa saling bertukar data, oleh sebab itu masing-masing computer bisa berhubungan dengan computer lain melewati berbagai jalur aternatif. Jaringan tersebut kemudian diberi nama internet.

Fasilitas di Internet

Internet pada saat ini sangat banyak kegunaannya dalam rangka membantu manusia untuk mencapai berbagai kebutuhannya, namun secara umum fasilitas yang digunakan antara lain :
1.Surat Elektronik (e-mail)
Fasilitas ini merupakan alat bantu untuk mengirim berita, surat, antar file computer. Dengan menggunakan fasilitas e-mail sebetulnya kita dapat menjangkau lebih banyak pemakai jaringan computer karena masih ada pengguna jaringan computer yang hanya dapat berkomunikasi yang digunakan masih terlalu lambat.
2.Kelompok Diskusi (mailing list)
Fasilitas ini dibangun menggunakan teknik yang sama dengan proses penyebaran surat elektronik. Hanya dengan menggunakan fasilitas ini sebuah berita/file dapat disebarkan ke banyak pengguna sekaligus. Dengan cara ini kita dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat pada dimensi ruang dan waktu. Diskusi dapat berlangsung setiap hari tanpa henti. Hasil yang diperoleh jauh akan lebih efektif daripada penyelenggara seminar atau konferensi yang konvensional.
3.Fasilitas File server/Transfer file
Fasilitas ini memungkinkan kita menyimpan berbagai file computer. Dengan cara ini kita dapat dengan mudah melakukan desiminasi informasi.
4.Fasilitas Web (Distributed Multimedia Database)
Fasilitas web barangkali merupakan terobosan yang sangat penting bagi pesatnya perkembangan internet di dunia saat ini. Fasilitas ini menjadi sangat menarik karena adanya fasilitas Search Engines yang sangat memudahkan kita dalam melakukan navigasi informasi di internet.

5.Video Conference
Teknologi video conference maupun transmisi video melalui internet adalah hal yang sangat mungkin sekali, sekitar US$/jam dibanding dengan cara yang sama melalui indosat harus membayar lebih dari USS$ 1000/jam. Konfigurasi yang dikembangkan juga relative sederhana dengan berbekal multimedia PC menggunakan peralatan kamera CCD tambahan tidak sampai RP. 300.000,- fasilitas video conference menggunakan standard internet CU-see-Me telah beroperasi dengan baik di ITB.
6.E-Commerce
Fasilitas e-comerce (belanja lewat internet) akhir tahun 2000 sampai saat ini marak dilakukan para pengusaha di kota-kota besar dunia untuk melakukan service belanja langsung diantar ke tempat pemesan, costumer cukup memesan barang lewat internet, pihak toko akan langsung mengantar ke tempat tujuan pemesan.

 

Kemampuan dari Internet

Kemampuan dan keandalan internet dapat memberi banyak kemudahan bagi berbagai aspek kehidupan kita. Beberapa aplikasi yang memanfaatkan internet antara lain :

E-commerce
Atau disebut juga perdagangan secara elektronik adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi , terutama internet. Hal semacam ini memungkinkan seseorang dapat melakukan sebuah transaksi secara online. Contoh dari e-commerce adalah internet banking, toko online, lelang online

Keuntungan e-commerce bagi produsen/perusahaan
1. Dapat menjual produknya kebanyak orang
2. Tidak perlu memuka cabang yang banyak untuk promosi
3. Biaya menjadi kecil missal tidak perlu membuka took yang besar
4. Harga menjadi lebih rendah/murah
5. Barang yang dijual dapat meingkatkan daya saing perusahaan

Keuntungan e-commerce bagi konsumen antara lain :
1. Konsumen tidak perlu mendatangi took
2. Menghemat waktu dan biaya
3. Mempunyai lebih banyak pilihan
4. Dapat membeli barang di Negara lain yang di dalam negeri mungkin belum tersedia
5. Harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah
Contoh situs yang menyediakan belanja online adalah amazon.com, glodokshop.com.

Internet Banking
Disebut juga dengan istilah cyberbanking, virtualbanking, home banking, online banking. Internet banking adalah aktivitas perbankan yang dilakukan dari rumah, kantor atau tempat-tempat lain dengan memanfaatkan internet.
Keuntungan bagi nasabah
1. Tidak perlu ke bank untuk melakukan transaksi
2. Dapat melakukan transaksi kapan saja dan dimana saja
Keuntungan bagi bank
Mengurangi biaya operasional

Belajar jarak jauh
Internet memungkinkan terjadinya dialog seseorang dengan orang lain atau dialog seseoarang dengan orang banyak/kelompok. Internet juga dapat berkomunikasi secara tatap muka dengan teleconference. Kemampuan dan karakteristik internet tersebut memungkinkan internet dapat dimanfaatkan sebagai media belajar jarak jauh. Pemanfaatan internet akan membuat belajar jarak jauh menjadi efektif dan efisien dan hasil yang dicapai akan lebih baik.

Jenis – Jenis Internet

jenis int

Aplikasi internet adalah hal-hal yang bisa di lakukan ketika seseorang sedang online, atau sedang mengoprasikan internet.

WWW
Word wide web (www) adalah dokumen-dokumen internet yang di simpan di server –server yang terdapat di seluruh dunia. Dokumen web yang tersimpan di server tersebut biasanya di buat dengan bahasa pemprograman web misal HTML, PHP,dll .Dokumen web yang di simpan bisa dalam bentuk teks, gambar, animasi, video, audio.

Electronic Mail (E-Mail)
E-mail adalah aplikasi internet untuk sarana komunikasi surat menyurat dalam bentuk elektronik. Isi dari pada email bisa berupa teks, gamber, video, audio. Kita dapat mengirimkan surat ke seluruh dunia dengan cepat dan murah dengan menggunakan email. Contoh situs yang menyediakan email (web mail) adalah gmail.com, yahoomail.com, telkom.net

Mailing list (Milis)
Mailing list sering juga di sebut Milis. Pengertian mailing list ( milis ) adalah aplikasi internet yang di gunakan sebagai sarana diskusi dalam satu kelompok melalui email. Setiap email yang di kirim ke alamat milis akan dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis tersebut. Milis mempunyai sifat yang sama seperti email.

Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi internet yang digunakan untuk berkomunkasi satu sama lain dalam sebuah forum.Biasanya anggota forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan yang sama serta membahas topik-topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap seperti buletin board dimana setiap anggota dapat memaparkan gagasanya untuk di baca oleh sesama anggota. Sarana yang mungkin di gunakan dalam newsgroup bisa berupa multimedia dengan menggunakan fasilitas konferensi video atau dapat berupa teks saja dengan menggunakan fasilitas chat

Internet Relay Chat (IRC)
Adalah aplikasi internet yang di gunakan untuk bercakap-cakap di internet. Kegiatan bercakap-cakap di internet di sebut sebagai chating. Chating dilakukan dengan cara mengetik apa yang kita katakana pada teman chating kita, kemudian mengirimkanya dalam bentuk teks. Saat ini beberapa layanan chat sudah dilengkapi dengan sarana untuk menampilkan gambar yang diambil melalui web cam. Dengan fasilitas gambar ini, kita dapat bercakap-cakap sambil melihat gambar dari lawan chat kita.

File Transfer Protocol
Sering disebut juga dengan FTP. FTP adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengirim atau mengambil file ke atau dari komputer lain. Dengan fasilitas ini, kita dapat mengambil data, terutama ketika kita sedang mencari sebuah informasi. Kita juga dapat memasang informasi ke internet sehingga bisa di baca orang ketika di internet. Dengan adanya falititas ini kita bisa melakukan pengambilan file (download) dari sebuah server atau mengupload file ke sebuah server

Telnet
Telnet adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mengakses komputer yang letaknya jauh. Telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai alamat IP dari komputer yang akan di akses dan kita juga harus mempunyai user id dan password untuk dapat mengakses komputer tersebut.

Gopher
Gopher adalah aplikasi internet yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, namun informasi tersebut hanya terbatas pada teks saja. Untuk dapat menggunakan gopher, kita harus menghubungkan diri dengan gopher server yang ada di internet.

Ping
Ping kepanjangan dari packet internet gopher. Ping digunakan untuk memeriksa apakah komputer yang kita gunakan terhubung dengan komputer lain di internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

 

Adapun Istilah – Istilah dalam Internet adalah :

 

1.TCP (Transmission Control Protocol)
Yang memastikan bahwa semua hubungan telah bekerja dengan benar.

2.ISP ( Internet Service Provider)
Lembaga penyedia jasa internet.

3.IP (internet protocol)
Untuk mentransfer data dari satu computer ke computer lainnya, biasanya berupa nomor-nomor khusus (unik) sebagai pengenal untuk masing-masing komputer.

4.WEB
Fasilitas Hypertex untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi data dan data multi lain.

5.WEB Browser
Suatu program aplikasi yang digunakan untuk navigasi/menjelajah berbagai data informasi pada WWW.

6.(Word Wide Web)
Kumpulan web server dari seluruh dunia, yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama.

7.HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
Sebuah teknologi yang membuka jalan untuk menghubungkan browser yang ada di server yang menyimpan website.

8.Website (situs Web)
Tempat menyimpan data dan informasi.

Keamanan Data di Internet :

 Seiring dengan pesatnya penggunaan internet dalam berbagai macam aplikasi membuat bebepara pihak ingin memanfaatkan internet untuk tujuan yang tidak benar. Tindakan-tindakan kejahatan di internet menjadi marak. Kejahatan di internet sering disebut juga sebagai cybercrime. Contoh kejahatan di internet antaralain :
• Membobol rekening
• Merusak website orang lain
• Mencuri password dan username yang bukan hak milik.
Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar terhindar dari pihak yang melakukan cybercrime :
1. Jangan meninggalkan komputer ketika sedang transaksi
2. Pasanglah antivirus
3. Gunakan komputer pribadi untuk melakukan transaksi
4. Jaga informasi yang penting tentang username, password, PIN milik Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: