“Stop SMOKING!!” 38 Tips Ampuh Cara Ingin Berhenti Merokok

“Merostop merokokkok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin.” Itu yang dulu, sekarang “Merokok Membunuhmu!!” Begitulah tulisan yang ada disetiap iklan dan bungkus rokok. Sayangnya, hingga saat ini belum ada bukti kalau peringatan ini efektif. Buktinya, jumlah perokok tidak banyak berkurang dan selalu ada perokok baru.  

Yah, seperti yang kita ketahui dimana-mana kita dapat menemukan orang-orang yang ada disekeliling kita yang sedang merokok tanpa menghiraukan orang-orang yang ada disekitarnya yang sangat membahayakan mereka. Ada banyak hal, yang menjadi akibat dari kebiasaan merokok itu sebagai suatu kewajiban yang tak bisa terlewatkan…

Anda bahwa setiap kali menghirup asap rokok, entah sengaja atau tidak, berarti juga anda telah mengisap lebih dari 4.000 macam racun. Karena itulah, merokok itu sama dengan memasukkan racun-racun tadi ke dalam rongga mulut dan tentunya paru-paru. Merokok mengganggu kesehatan, dan sangat berbahaya, kenyataan ini tidak dapat kita mungkiri. Banyak penyakit telah terbukti muncul karena seseorang merokok, baik secara langsung maupun tidak langsung. Kebiasaan merokok bukan saja merugikan si perokok, tetapi juga bagi orang di sekitarnya.

Saat ini jumlah peroKandungan Racun pada Rokokkok, terutama perokok remaja terus bertambah, khususnya di negara-negara berkembang. Keadaan ini merupakan tantangan berat bagi upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Bahkan organisasi kesehatan sedunia (WHO) telah memberikan peringatan bahwa dalam dekade 2020-2030 tembakau akan membunuh 10 juta orang per tahun, 70% di antaranya terjadi di negara-negara berkembang.

 Melalui resolusi tahun 1983, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan tanggal 31 Mei sebagai Hari Bebas Tembakau Sedunia setiap tahun.

Bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh telah diteliti dan dibuktikan oleh banyak orang. Efek-efek yang merugikan akibat merokok pun sudah diketahui dengan jelas. Banyak penelitian membuktikan bahwa kebiasaan merokok meningkatkan risiko timbulnya berbagai penyakit. Seperti penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah, kanker paru-paru, kanker rongga mulut, kanker laring, kanker osefagus, bronkhitis, tekanan darah tinggi, impotensi, serta gangguan kehamilan dan cacat pada janin.

 

Penelitian terbaru juga menunjukkan adanya bahaya dari secondhand-smoke, yaitu asap rokok yang terhirup oleh orang-orang bukan perokok karena berada di sekitar perokok, atau biasa disebut juga dengan perokok pasif.

zat kimia rokok

Beberapa hal atau zat berbahaya dari rokok adalah :

– Zat Kimia

– Nikotin

– Timah Hitam (Pb)

– Karbon Monoksida (CO)

Ini beberapa dari sekian dampak dan akibat yang ditimbulkan efek rokakibat rokokok terhadap kesehatan tubuh kita :

 

     1. Merokok dapat menyebabkan kanker payudara bagi wanita perokok aktif dan pasif

save cancers

Merokok bisa menimbulkan kanker paru-paru. Ah,itu sudah biasa dengarnya. Saking seringnya hingga merokok mungkin sudah kebal. Namun sebuah penelitian di Jepang memberikan fakta baru, perokok aktif dan pasif (mereka sering terkena asap rokok) mengalami peningkatan risiko terkena kanker payudara pada masa premenopause.

Para peneliti dari National Cancer Center, Tokyo Jepang, memperkirakan kadar estrogen yang lebih tinggi dalam tubuh wanita premenopouse dan diluar penyebab kanker,seperti tembakau, bekerja bersama-sama dan menjadi bahan bakar bagi perkembangan kanker payudara.

Yang telah menjadi obyek penelitian adalah 22.000 wanita di Jepang berumur 40-59 tahun. 5,7% adalah perokok,1,7% bekas rokok, dan 92,6% belum pernah merokok. Dari yang belum pernah merokok, 69% tinggal atau sering berada di lingkungan penuh asap rokok. Ternyata dari pengamatan diketahui bahwa,dibandingkan dengan wanita bukan perokok dan tidak sering terkena asap rokok, wanita yang pernah merokok dan akan memasuki masa menopause, tiga kali lipat lebih berisiko mengalami perkembangan kanker payudara. Peningkatan risiko perkembangan kanker payudara pada bekas perokok ini, justru tidak didapati pada wanita postmenopause. Sedang wanita premenopause, yang belum pernah merokok tapi sering terekspos asap rokok,memiliki risiko 2,6 kali lipat mengalami perkembangan kanker payudara.

 

  1. Rokok Menyala, Cinta pun Meredup

putus cinta1

Kebanyakan wanita jika menjalin hubungan dengan pasangannya, tidak sedikit yang mempermasalahkan yang melarang untuk tetap merokok. Berbagai alasan yang dilontarkan para pria jika berusaha untuk menolak peringatan para pasangannya. Itu justru statement yang baik lho,mereka peduli dengan pasangannya. Tapi, tak keren jika tak ada setangkai rokok merangkai dijari-jari mereka dengan seuntai kata-kata keluar dari mulutnya sambil menghembuskan segerombolan asap.

Ingin sukses menggaet seseorang yang ditaksir? Buang rokok jauh-jauh. Dalam survey di Inggris menunjukkan bahwa hampir 80% orang lajang Skotlandia lajang memilih orang yang tidak merokok. Bau apek rokok merupakan alasan utama mengapa mereka menjauhi perokok, selain itu, bergaul di lingkungan yang penuh asap rokok mengganggu setidaknya 4 dari 10 orang. Sedangkan sepertiga (31%) mengatakan, mereka tidak mau berkencan dengan perokok karena tahu bahaya merokok, yaitu menyebabkan penuaan dini, gigi dan kuku kuning, nafas bau, dan impotensi. Jadi, beri ciuman selamat tinggal pada rokok kalau ingin mendapatkan ciuman dari pacar. Percaya deh, tidak ada sisi romantis dari rokok.

 

  1. Istri kena getah

Para pria boleh tidak peduli dengan kesehatan mereka dengan memilih untuk terus merokok. Tapi ketahuilah, tindakan anda bisa “mencederai” istri yang berusaha hidup sehat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Vanderbilt University, Nashville, Tennessee menunjukkan kebiasaan merokok pada para suami meningkatkan kejadian stroke pada istri mereka yang tidak merokok.

Analisa lebih lanjut menunjukkan wanita yang tinggal dengan orang yang masih merokok memiliki 47% risiko lebih tinggi terkena stroke. Dan risiko kejadian stroke juga semakin meningkat sesuai dengan jumlah rokok per hari yang dihisap oleh para suami.

 

  1. Keriput datangkeriput

Kalau iklan menampilkan wanita cantik berkulit kencang dan mulus. Jangan percaya! Mungkin model itu baru sekali merokok. Kenyataan justru rokok “merampok” kalogen sebagai bahan yang membuat kulit elastis.

Merokok 10 menit saja mampu menurunkan suplai oksigen ke tubuh dan kulit selama hamper satu jam. Nikotin, zat dalam dalam rokok mempersempit pembuluh darah dan mencegah darah bersirkulasi ke pembuluh darah kecil pada lapisan atas kulit. Akibatnya kulit perokok lebih cepat berkerut, kerutan pun akan lebih dalam. Bahkan pada umur 40-50 tahun kerutan pada wajah perokok akan sama dengan yang tidak merokok pada saat berumur 60 tahun.Wah, gawat ya!

Parahnya lagi, kerutan tidak akan hilang meski sudah berhenti merokok. Bahkan kerutan yang berat juga pada wanita umur 40-50 tahun yang hanya merokok saat masih remaja. Selain efek pada kulit, merokok juga menyebabkan rambut lebih cepat menipis dan memutih. Bahkan pria yang merokok dua kali kemungkinan mengalami kebotakan dibanding bukan perokok. Dan pertumbuhan uban lebih dini, 3-6 kali lebih sering terjadi pada perokok.

 

  1. Luka tak sembuh

luka tak sembuh

Merokok sama dengan gaya atau keren? Ah, itu sih omong kosong. Bagaimana mau keren kalau wajah penuh bekas jerawat. Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California, Riverside, menunjukkan bahwa asap rokok dapat menunda pembentukan jaringan penyembuh luka. Ini artinya asap rokok memperlambat penyembuhan luka dan meningkatkan risiko terjadinya bekas luka. Akhirnya para peneliti menyimpulkan asap tembakau memperlambat perbaikan luka karena tidakmampuan fibroblasts untuk berpindah ke wilayah luka serta mengarah pada akumulasi sel pada pinggiran luka. Dengan demikian menghalangi pembentukan jaringan penyembuh.

Lebih jauh lagi, asap rokok menyebabkan sel yang harusnya mati malah terus bertahan hidup sehingga terbentuk gutaran. Itulah pulalah yang terjadi pada luka bekas jerawat. Bila seharusnya luka bekas jerawat sedikit demi sedikit memudar, namun bila terkena asap rokok akan lebih lanjut sembuh atau malah menimbulkan bekas.

 

  1. Otak tambah tua

otak makin tua

Merokok berguna saat mencari inspirasi atau berpikir, itu alasan beberapa orang untuk menghisap rokok. Padahal secara ilmiah, rokok justru berefek sebaliknya. Membuat otak menjadi malas berpikir.

Penelitian di Eropa yang melibatkan orang tua menemukan, perokok rata-rata lima kali lebih cepat kehilangan kemampuan kognitif dibanding yang tidak merokok.

Jumlah rokok yang dihisap juga mempengaruhi kecepatan penurunan. Menurut Dr. Alewijn Ott, epidemiologist dan biostatistician dari Erasmus Medical Center, Rotterdam, Belanda, semakin banyak rokok yang dihisap, semakin cepat penurunan.

Pada penelitian mereka, 9209 orang berumur 65 tahun ke atas diberi tes syaraf untuk mengukur fungsi kognitif. Para responden juga diberi pertanyaan mengenai sejarah merokok. Kemudian mereka dites kembali dua atau tiga tahun kemudian untuk melihat penurunan intelektual seiring waktu. Hasilnya, ada perbedaan signifikan pada fungsi mental antara perokok dan bukan perokok. Mereka yang tidak merokok hanya mengalami penurunan kemampuan mental 0,03 poin per tahun. Angka yang normal akibat pertambahan usia.

Sedangkan perokok kronis mengalami kehilangan intelektual tertinggi, yaitu 0,16 poin per tahun. Lima kali lebih banyak dibanding yang tidak merokok. Dan yang bekas perokok mengalami penurunan 0.06 poin per tahun.

Namun mekanisme pasti mengapa perokok bias mengakibatkan penurunan kognitif, belum jelas. Para peneliti hanya menjelaskan, nikotin yang menumpuk menyebabkan Atherosclerosis (penyemptan pembuluh darah). Atherosclerosis ini menyebabkan mini stroke yang membunuh jutaan sel otak. Jika seseorang terkena mini stroke secara berulang, dapat menyebabkan performa otak jadi menurun.

 

  1. Diabetes mengintai

diabetes

Kalau dulu,obesitas atau kelebihan berat badan dan factor genetic selalu dianggap penyebab diabetes mellitus tipe 2, kini rokok juga bias jadi pencetus. Ini sudah dibuktikan oleh dua penelitian, penelitian pertama dilakukan oleh ilmuwan dari University of Science and Tecnology, Norwegia. Penelitian tersebut mempertimbangkan factor gender, umur, berat badan, aktivitas fisik, dan alcohol. Ternyata, hasilnya perokok yang menghabiskan sedikit satu pak sehari memilki risiko 64% lebih tinggi terkena DM 2 dibanding yang tidak merokok. Kondisi sama juga ditemukan pada mereka yang menggunakan rokok berkadar tembakau rendah.

Menurut para peneliti, meningkatnya risiko terjadinya DM 2 karena peningkatan resistansi insulin akibat nikotin pada rokok. Nikotin juga diperkirakan memiliki efek negative terhadap pengeluaran insulin.

Hasil ini diperkuat para peneliti dari Johns Hopkins. Mereka menemukan, orang yang lama merokok menghadapi risiko 50% lebih tinggi mengalami diabetes dibanding yang tidak merokok.

Namun penelitian di Norwegia tidak berhenti begitu saja. Hasil penelitian ternyata mengejutkan. Merokok justru berhubungan dengan penurunan risiko terhadap dua jenis diabetes yang langka, yaitu autoimun diabetes (diabetes karena disfungsi system kekebalan) dan diabetes tipe 1. Nikotin dipergunakan membantu mencegah pemicu autoimun diabetes.

Namun para ahli dari kedua lembaga penelitian tersebut tetap berkesimpungan merokok lebih banyak mudharat daripada manfaatnya. Apakah hasil penelitian ini akan membuat para perokok kapok? Hmmm….sepertinya kecil kemungkinan. Kalau kanker dan serangan jantung saja dianggap angin lalu, apalagi diabetes.

 

  1. Pengaruhi enzim

Ingin tubuh tetap awet muda sampai tua? Hindari rokok. Tak ada tawar menawar untuk yang satu ini. Penelitian terbaru oleh National Institute on Drug Abuse, National Institutes of Health, dan The Department of Energy, menunjukkan kalau asap rokok menurunkan tingkat enzim yang penting, disebut monoamine oxidase (MAO B), pada ginjal, jantung, paru-paru dan limpa. Para peneliti tersebut membandingkan hasil PET (Positron Emission Tomography) scan, yaitu alat teknologi computer dan radioaktif untuk memproduksi gambar proses biokimia dalam system kehidupan. PET scan digunakan untuk manggambarkan aktivitas MAO B pada 12 perokok dan 8 bukan perokok. Peneliti melihat, aktivitas MAO B dalam organ-organ berkurang sepertiga hingga hamper setengah pada perokok dibanding bukan perokok. MAO B sangat penting karena enzim ini memecah bahan-bahan kimia sehingga dapat digunakan oleh sel-sel syaraf untuk berkomunikasi dan mengatur tekanan darah. Selain untuk menurunkan tekanan darah, enzim ini juga dibutuhkan untuk meningkatkan senyawa kimia pada makanan tertentu. Terlalu banyak atau sedikit enzim yang penting ini mempengaruhi kondisi mental dan fisik. Akibatnya, kondisi tubuh jadi lebih cepat tua.

 

  1. Perlu gambar seram

peringatan gambar

Gemas dengan berbagai peringatan bahaya merokok yang selalu bagai angin lalu bagi perokok, komisi Eropa meminta pada pemerintah Negara-Negara Eropa untuk menampilkan gambar pada kata-kata peringatan bahaya merokok. Tindakan ini diambil untuk membujuk perokok agar berhenti dan meyakinkan anak-anak supaya tidak pernah mencoba merokok.

Empat puluh dua gambar dikirim kepada kementrian kesehatan nasional negara-negara Eropa. Gambar-gambar tersebut berupa foto-foto penyakit dan kematian, juga gambar besifat humor dan abstrak. Contoh gambar abstrak adalah gambar apel berkerut yang menandakan penuaan dini pada kulit serta rokok yang melengkung mengilustrasikan tentang impotensi.

Kanada, merupakan pionir penggunaan gambar dalam peringatan bahaya merokok ini. Kanada telah menggunakan peringatan dengan gambar selama empat tahun. Menurut mereka, telah ada peningkatan yang cukup berarti terhadap kesadaran bahaya rokok terhadap kesehatan.

Penelitian yang telah dilakukan oleh Canadian Cancer Society selama satu tahun setelah penggunaan gambar pada bungkus rokok, menemukan, 43% perokok lebih peduli pada kesehatan. Dan 44% perokok mengatakan, gambar tesebut meningkatkan motivasi untuk menghentikan kebiasaan merokok. Dan bagi yang sudah berhenti merokok, 38% mengatakan, peringatan tersebut merupakan factor yang memotivasi mereka untuk berhenti.

 merokok membunuhmu

Ada banyak alasan mengapa kamu harus berhenti merokok. Salah satunya sudah jelas bahwa kebiasaan merokok akan berakibat buruk bagi kesehatan. Menurut data epidemiologi kanker paru dari Ikatan Dokter Paru Indonesia menunjukkan bahwa 3 dari seribu perokok berpotensi terkena kanker paru tiap tahun. Sementara yang tidak merokok menunjukkan hanya 6 dari seratus ribu yang berpotensi terkena kanker paru. Itu artinya bahwa jumlah perokok beresiko lebih besar terkena kanker paru-paru. Sebagian besar perokok sebenarnya telah menyadari bahaya yang ditimbulkan dari kebiasaan merokok. Namun karena kurang memiliki motivasi untuk berhenti, tidak tahu cara berhenti serta kecanduan akut yang menyebabkan kebiasaan merokok tetap terus dilakukan.

Lebih parahnya lagi adalah ketika seseorang yang sudah menjadi pecandu rokok hingga orang tersebut mengatakan bahwa jika disuruh memilih antara makan nasi atau rokok, orang tersebut lebih memilih rokok daripada nasi. Ini berarti rokok sudah mengakar dan menancap menjadi candu di dalam tubuh seseorang.

Merokok adalah candu. Para ahli setuju bahwa keputusan untuk berhenti merokok diambil saat perokok benar-benar merasakan keinginan untuk perubahan. Ketika perokok merasa terancam oleh kebiasaan merokok bagi dirinya dan orang lain di sekitarnya dan ketika ia percaya bahwa menjauh dari nikotin akan membawa manfaat yang signifikan baginya, dan juga ketika ia merasa mampu mengatasi perubahan. Sederhananya adalah keputusan ada di pikiran kita dan harus ada yang terlaksana. Setiap upaya dipengaruhi oleh cara dan larangan tertentu, serta jika tidak berasal dari keinginan kita pasti akan gagal.

 no smoke

Inilah Tips Agar Anda bisa Berhenti Merokok secara perlahan-lahan :

 

  1. Kuatkan niat bulatkan tekad Anda

Bagi seseorang yang sudah kecanduan rokok, berhenti merokok memang akan terasa sangat sulit. Meskipun hanya 15 menit, pasti akan terasa sukar. Tapi bukan berarti anda tidak bisa berhenti merokok, tidak ada yang tak mungkin di dunia ini. Langkah pertama yang harus anda lakukan jika memutuskan untuk berhenti merokok yaitu menguatkan niat dan tekad anda untuk berhenti merokok.  

Di hari pertama anda perlu membulatkan tekad dan niat anda. Untuk tujuan apa anda berhenti merokok? Untuk siapa? Untuk diri sendiri, keluarga dan orang-orang yang mencintai anda. Awali niat dan tekad anda dengan berdoa kepada Allah yang maha pembolak-balik hati. Pada hari pertama ini anda harus menemukan alasan yang kuat kenapa berhenti merokok. Beberapa alasan antara lain:

  • Untuk kesehatanmu! sudahlah tidak perlu banyak bukti dan perdebatan. Ada ribuan fakta bahwa rokok akan segera membunuh anda. Semakin cepat anda berhenti merokok dan hidup sehat, maka semakin cepat organ tubuh anda yang rusak akibat rokok akan sedikit demi sedikit pulih.
  • Menghemat uang anda. Bulatkan tekad anda bahwa tidak ada gunanya membeli mahal-mahal hanya untuk kepulan asap. Kalau hanya ingin kepulan asap, bakar saja kertas atau barang di rumah anda lalu sedot asapnya, sama bukan? tidak sama donk, khan tembakau rokok wangi dan nikmat?!  Ah itu alasan anda saja, coba ingat-ingat pertama kali anda merokok! batuk-batuk bukan? terasa pahit? nah apa bedanya dengan hirup asap kertas yang dibakar tadi, toh lama kelamaan juga enak. Persepsi merokok itu nikmat karena kita melakukannya secara terus menerus dan menjadi kebiasaan. So, lebih baik uang anda gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat.
  • Anda bisa melihat orang di sekeliling anda, ibu, anak, istri atau pacar anda. Apakah anda tidak kasihan jika tiap hari harus menghirup asap rokok anda? Bacalah berbagai fakta bahwa perokok pasif jauh lebih berat resikonya. Ah khan merokoknya agak jauhan dari mereka, jadi aman. Hai, buktinya anak meninggal gara-gara Pneumonia? Penyakit itu muncul gara-gara racun asap rokok yang menempel di baju sang ayah, padahal tidak pernah sekalipun merokok di dekat anaknya.
  1. Minta bantuan teman dan keluarga

Publikasikan keinginan anda untuk berhenti merokok kepada keluarga dan teman anda. Dapatkan dukungan dari keluarga dan teman dekat untuk berhenti merokok, minta mereka untuk selalu mengingatkan bahaya merokok untuk kesehatan tiap kali keinginan anda untuk merokok datang lagi. Dan minta para keluarga dan teman yang memang pecandu rokok untuk tidak merokok didepan anda atau meninggalkan rokok didepan anda. ini bisa menjadi salah satu awal yang baik untuk cara  jitu berhenti merokok. Selain itu ini akan menguatkan tekad anda untuk berhenti merokok ketika dukungan banyak datang dari orang yang anda sayang seperti keluarga dan teman terdekat anda.

  1. Atur target waktu Anda

Jika anda sudah memutuskan untuk berhenti merokok, pastikan target waktu untuk benar – benar bisa berhenti merokok. Anda tidak bisa langsung berhenti begitu saja, itu akan menjadi sangat sulit dan akan terasa menyiksa anda. Jika anda ingin berhasil untuk berhenti merokok anda bisa mulai dengan cara mengurangi sedikit demi sedikit, namun anda juga diharuskan untuk menentukan waktunya. Pasang target waktu sekitar 2 – 3 minggu untuk benar – benar bisa berhenti tidak merokok. Ini merupakan salah satu yang ampuh untuk cara ampuh berhenti merokok tanpa harus menyiksa anda, karena anda melakukannya dengan cara bertahap namun tetap ditargetkan waktunya.

  1. Rubah Mindset Anda

Mindset ini perlu untuk diubah. Banyak yang bilang bahwa berhenti merokok itu sulit. Coba bayangkan ketika anda makan nasi. Tiba-tiba nasi tersebut kejatuhan kotoran cicak dari atap rumah anda. Apa yang akan anda lakukan? Memakan kotorannya?? Iih tidak mungkin. Tentunya anda akan serta merta dan spontan menghentikan makan anda dan bahkan anda akan berhenti makan seketika itu juga. Padahal mungkin sebelumnya anda sangat lapar tapi karena ada kotoran cicak, seketika itu juga perut anda malah jadi kenyang dan tidak nafsu makan. Inilah mindset. Tanamkan dalam pikiran anda bahwa anda pasti bisa menghentikan rokok. Lihat orang-orang di sekitar anda yang mereka tidak pernah merokok. Apakah mereka mati kalau tidak merokok? Jawabannya adalah tidak. So, tanamkan segera ke dalam pikiran anda bahwa anda bisa berhenti merokok. Carilah informasi-informasi seputar bahaya merokok. Bahwa merokok dapat menyebabkan penyakit asma, kanker paru-paru dan yang lain efek negatif yang tentunya merugikan tubuh anda.

  1. Tanamkan Rasa Malu

Tanamkan rasa malu pada diri anda. Caranya adalah ketika anda akan merokok carilah tempat yang sepi yang tidak ada seorang pun yang melihat anda merokok. Jika ada orang lain yang lewat di depan anda segera sembunyikan dan matikan rokok anda. Ulangi cara ini setiap kali bertemu orang. Setiap anda merokok anda hanya boleh melakukannya di tempat sepi dan tidak ada seorang pun. Jika ada orang yang melewati atau melihat anda, segera matikan rokok tersebut dan sembunyikan. Lama-kelamaan anda akan terbiasa dan anda akan malu yang pada akhirnya anda akan meninggalkan rokok anda dimana pun anda berada.

  1. Jauhi Teman Yang Merokok

Teman adalah pengaruh eksternal. Ibarat pepatah mengatakan jika seorang berteman dengan tukang pandai besi dia akan mendapat aroma besi di tubuhnya tapi jika seorang berteman dengan penjual minyak wangi, dia akan mendapat aroma wangi juga. Begitulah pepatah mengatakan. Mulai hari keempat jauhilah teman-teman anda yang suka merokok. Batasi hubungan anda dengan mereka. Mulailah mencari teman-teman yang baik yang tidak merokok.

  1. Buang Semua Rokok

Di hari kelima ini anda harus membuang semua rokok anda. Anda paksa untuk tidak merokok lagi. Stress?? Bisa jadi. Tapi ingatlah tekad dan niat anda. Untuk apa anda merokok? Yaitu untuk agama anda, untuk diri anda sendiri dan untuk keluarga anda serta orang-orang yang anda cintai. Jika anda sakit karena rokok tentu anda dan keluarga akan sama-sama susah. Bayangkan jika anda terkena kanker paru-paru akibat terlalu banyak merokok. Siapa yang susah dan menderita? Anda dan keluarga anda sendiri.

  1. Hisaplah Permen

Mungkin di hari kelima anda mengalami yang namanya stress karena belum terbiasa untuk tidak merokok. Cara mengatasinya adalah dengan menghisap permen. Beberapa orang yang telah berhasil berhenti merokok melakukan cara ini dan terbukti berhasil. Menghisap permen sebagai bentuk pengalihan pikiran anda terhadap rokok itu sendiri.

  1. Pertahankanlah!!

Pertahankan usaha anda dari hari pertama hingga hari keenam. Banyak-banyaklah berdoa dan minta dukungan orang-orang terdekat anda terutama keluarga, istri, anak bahwa anda benar-benar akan berhenti merokok selamanya. Tentunya mereka juga akan senang karena melihat perubahan baik pada diri anda sendiri. Lihatlah dalam beberapa hari ke depan, tubuh anda semakin sehat, pikiran anda semakin fresh dan produktivitas anda akan meningkat tajam.

Itulah beberapa cara berhenti merokok dalam waktu seminggu. Lakukan tips di atas. Bertindaklah segera dan jangan ditunda-tunda lagi, sebelum semuanya terlambat. Orang-orang di sekitar anda menantikan perubahan besar dalam diri anda sendiri, oke demikian tips berhenti merokok, cobalah mulai sekarang.

  1. Dimulai dari cara yang mudah

Bisa anda lakukan dengan cara memberikan tanda untuk keadaan anda. Jika anda sedang dalam kondisi yang sangat stress anda diperbolehkan untuk merokok namun tidak dalam porsi yang sama dan banyak. Anda bisa merokok dengan kadar yang dikurangi, jadi tidak sama dengan porsi yang dulu. Jika anda dulu dalam kondisi stress mampu menghabiskan rokok dalam satu bungkus dengan cepat, saat ini coba lah hanya merokok lima batang dalam satu hari. Namun jika kondisi anda baik-baik saja dan tidak dalam keadaan stress anda lebih baik tidak mengkonsumsi sama sekal. Jadi anda merokok dalam keadaan tertentu dan sebutuhnya saja, ini bisa sangat membantu anda untuk berhenti merokok dengan  mudah.

Rokok1

  1. Hindari kebiasaan untuk memancing rasa ingin merokok

Hindari beberapa kebiasaan yang bisa membuat anda merokok seperti minum kopi, alkohol, begadang dan juga bedebat. Namun jika anda tidak mampu untuk menghindari itu semua anda bisa memulai untuk mengkonsumsi buah-buahan dan juga susu karena itu akan memberikan kesan yang tidak enak jika didampingin dengan rokok. Selain itu jangan kombinasikan merokok dengan kegiatan yang santai seperti menonton tv, membaca majalah sampai dengan sufing internet, itu akan memperburuk kebiasaan anda dan juga tidak bagus bagi kesehatan anda.

  1. Cari kesibukan

Jika anda ingin berhasil untuk berhenti merokok anda bisa memulai dihari pertama dengan cara menyibukkan diri anda dengan aktifitas anda. Jangan sampai terjebak dalam kesendirian sehingga timbul keinginan anda untuk merokok lagi, cari kegiatan yang lebih intens dan membuat anda lupa untuk merokok seperti bersepeda, berolahraga, berenang dll. Dengan aktifitas yang banyak dan terlalu padatnya waktu akan membuat anda semakin melupakan keinginan untuk merokok karena tidak ada waktu untuk melakukan itu.

  1. Minum lebih banyak air putih

Dengan mengkonsumsi air putih yang banyak itu akan membuat racun rokok dalam tubuh anda dengan cepat. Selain itu mengkonsumsi air juga bisa membantu anda untuk berhenti merokok karena tidak akan nikmat rasanya jika merokok dengan ditemani air putih. Jadi perbanyak minum air putih, selain bagus untuk kesehatan tubuh anda air putih juga akan sangat membantu anda untuk berhenti dari kebiasaan buruk merokok yang bisa merusak kesehatan tubuh anda.

  1. Sibukkan diri Anda setelah makan

Banyak perokok yang setelah makan mereka lebih memilih untuk menghisap rokok, namun jika anda sudah memutuskan anda harus benar-benar berhenti. Caranya mudah, kebiasaan anda setelah makan merokok hilangkan dengan cara setelah makan langsung pergi untuk menggosok gigi atau berjalan-jalan dengan begitu anda bisa melupakan keinginan anda untuk merokok setelah makan. Meskipun agak berat jika anda lakukan secara rutin dan bertahap anda akan terbiasa dengan itu semua.

  1. Hindari tempat tanpa asap rokok

Menghindari tempat yang bebas asap rokok memang sangat sulit dilakukan saat ini, namun anda bisa melakukannya dengan memilih tempat yang bebas asam rokok seperti perpustakaan, atau toko buku. Dan jika anda sedang bersama  teman-teman anda, ajak mereka ketempat yang no smoking area. 

  1. Mengganti rokok (nikotin) dengan yang lain

Biasanya orang-orang akan merokok dipagi hari ditemani dengan segelas kopi, selain itu orang biasa merokok setelah selesai makan. banyak yang bilang “wis mangan ora udud enek”. Jika anda termasuk kedalam kategori orang-orang seperti itu, makan mulai dari sekarang, gantilah rokok dengan makanan lain, bisa dengan perment karet, coklat, dsb. Mungkin awalnya akan sulit tapi jika dibiasakan, lama-lama juga akan terbiasa.

  1. Tetap Berfikir Positif

Jika anda berniat untuk berhenti merokok, maka jangan anggap itu sebagai pengorbanan. anggaplah hal tersebut sebagai langkah untuk meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat.

  1. Perbanyak tidur atau istirahat

Setelah seharian berusaha menahan kebiasaan merokok anda, tubuh anda pasti akan terasa lelah. Jadi alangkah baiknya jika anda menambah waktu istirahat anda. Selain itu, dengan cara tidur, anda tidak akan berfikir lagi untuk merokok.

  1. Berhenti merokok dari sekarang

Anda sedang membaca tips bagaimana cara untuk berhenti merokok, anda sudah punya kemauan untuk berhenti merokok, langkah selanjutnya yaitu tentu saja memulai untuk berhenti merokok sekarang juga! Yakinlah bahwa berhenti merokok adalah keputusan yang tepat dan akan lebih bermanfaat bagi anda sendiri dan juga orang-orang yang anda cintai.

  1. Publikasikan keputusan Anda untuk berhenti merokok

Biarkan teman-teman dan keluarga tahu keputusan anda untuk berhenti merokok. Dapatkan dukungan ke orang dekat anda untuk selalu mengingatkan anda tentang target anda berhenti merokok dan manfaat kesehatan setiap kali anda merasakan keinginan yang kuat untuk merokok. Juga, yang sangat penting, mintalah teman dan keluarga untuk tidak merokok di depan anda dan tidak meninggalkan rokok di sekitar anda.

  1. Tetapkan target waktu

Tetapkan target waktu selama 2-3 minggu dimulai saat anda mengambil keputusan untuk berhenti merokok. Pastikan bahwa periode ini tidak bertepatan dengan kondisi stres yang mungkin akan anda alami agar usaha anda berhenti merokok lebih mudah untuk dijalani. Cobalah untuk secara bertahap mengurangi jumlah rokok yang anda hisap dalam beberapa minggu mendatang sampai akhirnya anda berhenti sama sekali pada target waktu yang sudah anda tetapkan.

  1. Buat jadwal

Atur jadwal tertentu, yang tidak terlalu ketat atau terlalu pendek durasinya, untuk mentoleransi kemungkinan terjadinya “pelanggaran”, dimana anda memiliki keinginan yang kuat untuk merokok dan jangan kecewa jika anda tidak berhasil melakukannya dalam tiga hari pertama. Teruslah berusaha. Sedikit orang yang berhasil pada percobaan pertama mereka.

  1. Hindari kebiasaan yang membuat Anda merokok

Hindari alasan utama yang menyebabkan keinginan anda untuk merokok seperti kopi, alkohol, acara malam, berdebat dll. Jika anda tidak bisa melawan godaan, cobalah untuk mengkonsumsi produk susu, buah-buahan dan sayuran lebih banyak, seperti telah ditunjukkan dalam survei bahwa makanan tersebut akan memberikan cita rasa yang kurang enak dalam merokok.
Juga hindari kebiasaan yang selalu anda kombinasikan dengan merokok seperti menonton televisi, membaca majalah atau surfing internet.

  1. Carilah kesibukan

Terutama di hari-hari awal anda mencoba, carilah kesibukan dengan hal-hal yang anda sukai dan cobalah untuk tidak meninggalkan banyak waktu untuk menyendiri sehingga terpikir keinginan untuk merokok. Juga, cobalah untuk mengalihkan keinginan tersebut dalam kegiatan yang intens, misalnya dengan melakukan beberapa kegiatan olahraga, berjalan atau bersepeda.

  1. Tidur lebih banyak

Cobalah untuk tidur lebih banyak dari yang biasanya anda lakukan. Tubuh dan jiwa menjadi lebih lelah karena upaya untuk berhenti merokok sehingga membutuhkan istirahat lebih banyak. Disamping itu, jam tidur adalah saat dimana anda tidak berpikir untuk merokok.

  1. Minum lebih banyak air

Cobalah untuk minum lebih banyak air. Air membantu dalam menghilangkan racun dari merokok yang telah terakumulasi dalam tubuh anda lebih cepat, sekaligus mengurangi keinginan anda untuk merokok.

  1. Kunjungi tempat tanpa asap rokok

Cobalah untuk menghabiskan berjam-jam sehari di tempat dimana merokok tidak diperbolehkan, seperti perpustakaan atau toko buku. Jika anda mengambil istirahat untuk duduk minum kopi bersama teman-teman, pilihlah non-smoking area.

  1. Buatlah tangan Anda sibuk

Buatlah tangan anda sibuk. Telah terbukti bahwa salah satu alasan orang-orang tetap merokok adalah karena kebiasaan merokok mereka terhubungan dengan apa yang mereka lakukan dengan tangan mereka. Buatlah tangan anda memegang apa saja, kecuali rokok, seperti memegang pena, secarik kertas, atau apapun yang dapat mengelabui diri anda, yang digunakan untuk membuat gerakan mekanis merokok (sebuah gerakan yang sama berulang-ulang ketika merokok).

  1. Hindari godaan merokok setelah makan

Kebanyakan perokok cenderung untuk merokok segera setelah makan. Berdiri segera dari meja anda setelah makan untuk sikat gigi atau berjalan-jalan. Cobalah untuk tidak masuk ke dalam godaan merokok.

  1. Jangan jatuh ke dalam “perangkap satu batang rokok”

Cobalah untuk menahan godaan untuk merokok “hanya satu batang”. Hal ini untuk memastikan bahwa sekali anda merokok satu batang saja maka anda akan merusak usaha anda untuk berhenti merokok, karena rokok berikutnya akan segera mengikuti.

Jika anda jatuh dalam perangkap, jangan menghukum diri anda terlalu keras. Cobalah untuk tidak membuat kesalahan yang sama lagi dan selalu ada dalam pikiran anda bahwa ini hanya kesalahan langkah sementara dalam upaya anda untuk berhenti merokok selamanya.

  1. Coba gunakan pengganti nikotin

Jika anda merasa bahwa kurangnya nikotin menciptakan gangguan, atau jika dalam beberapa hari pertama anda tidak berhasil berhenti merokok, cobalah gunakan pengganti nikotin, seperti permen karet nikotin. Ini akan membantu anda untuk menyingkirkan kebiasaan mencari rokok dan pada akhirnya akan membantu anda untuk berhenti merokok.

  1. Cobalah akupunktur

Akupunktur adalah metode alami pengobatan ketergantungan nikotin, tanpa rasa sakit dan aman. Dengan satu sampai lima kunjungan akan mengurangi intensitas gejala seperti tekanan psikologis, kecemasan, ketegangan, depresi, dan perasaan kosong yang disebabkan oleh penggunaan obat jangka panjang seperti nikotin. Survei juga menunjukkan bahwa akupunktur meningkatkan vitalitas dan kesuburan serta membantu otak untuk berpikir jernih. Namun jika anda kesulitan dengan cara ini, lakukanlah dengan cara lain yang lebih mudah.

  1. Beri penghargaan untuk diri sendiri atas upaya keras Anda

Hadiahi diri anda sendiri untuk setiap hari tanpa rokok. Sebuah ide yang baik ke arah ini adalah dengan menggunakan uang tabungan karena tidak merokok untuk membeli sesuatu atau pergi berjalan-jalan.

  1. Perhatikan diet Anda

Pertimbangkan konsultasi pada ahli gizi dan mengikuti program gizi untuk beberapa bulan pertama, mengingat mayoritas perokok mendapatkan tubuh mereka naik beberapa kg karena mereka cenderung makan/mengemil lebih banyak sebagai tindakan pengganti untuk tidak merokok.

  1. Berpikirlah positif

Jangan anda berpikir berhenti merokok sebagai sebuah pengorbanan. Pikirlah bahwa anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat dengan tidak merokok.

  1. Terima kelemahan Anda

Rekonsiliasi dengan kelemahan anda, dan jangan mengucilkan diri anda karena anda merasa tergantung pada tembakau. Kenyataannya memang jika merokok tidak ada gunanya, maka tidak ada seorang pun yang akan merokok. Solusinya adalah dengan mampu secara bertahap menjejali otak anda dengan efek-efek negatif dari merokok dan pada akhirnya mampu merubah persepsi menjadi keuntungan-keuntungan karena berhenti merokok.

  1. Merokok secara sadar

Maksudnya adalah ketika anda melakukan aktivitas-aktivitas dimana anda selalu kombinasikan dengan merokok, katakan “sekarang saya akan merokok”. Cara ini akan membantu anda secara perlahan-lahan melepas rokok dari kegiatan bersamaan lainnya, seperti mengemudi, surfing di internet atau berbicara di telepon. Menyadari merokok dalam jangka panjang akan membantu mengatasi masalah “merokok tanpa sadar”.

  1. Berhenti merokok mulai dari sekarang

Anda sudah membaca cara untuk berhenti merokok dan anda juga memiliki kemauan untuk melakukannya, mengapa tidak memulai usaha anda dari sekarang. Tetapkan target tanggal anda dan ikuti langkah-langkah di atas. Berhenti merokok benar-benar bermanfaat untuk anda dan kesehatan anda.rokok

 

Kenapa harus berhenti merokok?

Kita tahu bahwa ditinjau dari segi mana pun, rokok sangat berbahaya bagi kehidupan diri sendiri maupun orang lain. Berbagai penelitian dilakukan oleh berbagai pihak dan semuanya mengacu pada sebuah benang merah yakni, rokok itu sangat berbahaya bukan hanya untuk diri sendiri bahkan juga orang-orang disekitar yang tidak bersalah. Selain itu, jika penghasilan anda pas-pasan tentu merokok ini merupakan hal-hal yang sangat menyiksa keuangan.

Efek Berhenti Merokok

Untuk efek jangka pendek, bagi pengguna rokok yang sudah sangat kecanduan mungkin akan merasakan hal-hal yang sangat menyakitkan. Mulai dari jantung yang berdegup kencang, mata berkunang-kunang, bibir mengering, kurang gairah dan semangat, hingga akan mengalami stres berat. Hanya orang-orang yang memang mempunyai niat kuat yang mampu menahan godaan untuk merokok kembali.

Manfaat Berhenti Merokok

Namun demikian, meski akan menyiksa pada awalnya, berhenti merokok tentu akan menimbulkan hal-hal positif. Tenaga dan stamina akan bertambah kuat. Hidup anda pun akan menjadi lebih bugar dari sebelum anda berhenti merokok. Mungkin yang dulunya anda ngosngosan ketika berlari keliling lapangan, setelah sekian lama tidak merokok akan tidak terasa ngos-ngosan lagi.

Selain itu bagi anda yang sering merasa pusing dan sesak nafas, gejala tersebut mungkin tak akan kembali lagi setelah anda sekian lama merokok. Ini dikarenakan jantung dan paru-paru serta organ penting tubuh anda sudah mulai menemukan kondisi terbaiknya.

 

Sekali lagi ini adalah pilihan Anda…. Jika Anda benar-benar menyayangi orang-orang di sekitar Anda. Pasti Anda menyadarinya, kesalahan yang Anda lakukan untuk Anda Sendiri dan Orang-Orang yang Mencintai Anda!!

Lakukanlah Yang Terbaik, Selamat Mencoba!!!

 

2 Komentar (+add yours?)

  1. dear
    Jun 30, 2015 @ 13:13:16

    mantapp, jadi ada niat tuk berhenti merokok.

    Balas

    • norma07dp
      Jul 07, 2015 @ 12:55:48

      Makasih udah mampir yah..
      semoga niat-nya trkabulkan..optimis klo anda bisa gak ketergantungan lagi dgn rokok. hidup lebih sehat tuh jauh lebih baik demi masa depan anda dan keluarga.

      Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: